Connect with us

Fokus Botabek

Korem 052/Wkr , Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 115

Published

on

Fokusindonesia.com, Kodam 052 – Tangerang, Dalam rangka memperingati Hari kebangkitan Nasional ke – 115 Tahun 2023, Danrem 052 /Wkr , Brigjen TNI Putranto Gatot SH,S.Sos.M.M.bertidak selaku Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh anggota Makorem 052/Wkr baik Prajurit TNI maupun PNS bertempat dilapangan apel Makoem Jln. Beulevard Diponegoro No 108 , Kelapa Dua Kabupaten Tangerang.Senin (22/05/23).

Danrem 052/Wkr yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Mentri Kominfo “tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja.

“Pada tanggal 20 Mei 1908, merupakan tonggak kebangkitan nasional dimana perkumpulan Boedi Oetomo membangkitkan semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.”

“Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908; Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.”

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya adalah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

“Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.”

Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan.

Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan.

Dari sisi produksi, tiga Lapangan Usaha mengalami pertumbuhan tinggi yakni:Sektor Usaha Transportasi dan Pergudangan 15,79%,sektor Jasa-jasa lain 8,29%
dan sektor Informasi dan Komunikasi 7,14%

Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional indonesia.

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.

Mengutip ucapan Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga.”

Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat.

Ditempat yang sama selesai melaksanakan kegiatan Upacara Bendera,Danrem 052 /Wkr memberikan pengarahan dan jam Komandan kepada seluruh peserta Upacara.Dalam arahannya Danrem menyampaikan, menghadapi tahun politik yang dengan ditandai mulai mendeklarasikan calon presiden kita sebagai anggota TNI harus tetap netral.Jangan sampai kita terpengaruh dengan senior-senior kita yang sudah pensiun,yang terjun ke dunia politik mempengaruhi kita untuk mendukung salah satu calon atau partai.Fasilitas yang ada di institusi TNI apapun bentuknya tidak boleh di gunakan untuk kegiatan politik.

“Sebagai institusi pemerintah TNI tidak boleh arogan dan harus tetap menjalin sinergitas TNI-POLRI yang selama ini sudah baik di wilayah Tangerang dan sekitarnya harus ttp kita jaga.” Pesannya.

“Sebagai seorang Prajurit TNI aktif kita harus menjaga penampilan kita,mulai dari sikap,cara berpakaian dan berperilaku, sehingga menimbulkan citra positif dimata masyarakat.”

“Korem 052/Wkr ,yang ada sekarang ini walaupun merupakan Korem terkecil se – Indonesia harus kita jaga dan kita rawat.Lngkungan perkantoran, lapangan,tempat parkir dan taman dibuat senyaman mungkin dan enak di pandang, sehingga kita bisa hidup sehat dan betah di kantor.” Jelas Danrem

Danrem juga berpesan agar seluruh personil Makoem tetap menjaga kesehatan.Diusia yang sudah tidak muda lagi ini tentunya mulai banyak penyakit yang timbul,untuk itu pola hidup sehat dengan tetap menjaga pola makan dan olahraga yang seimbang.

(Sumber penrem52)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fokus Botabek

Danrem 052/Wkr Hadiri Event Karya Kreatif Banten

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Korem 052, Tangerang – Upaya meningkatkan kreativitas UMKM di Banten, Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Putranto Gatot SH. Sos. Didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 052 PD Jaya ,Ny. Henny Putranto Gatot menghadiri langsung event Karya Kreatif Banten (KKB) yang di gelar di Atrium Forum SMS 2 Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, Minggu (21/05/2023).

Kegiatan event Karya Kreatif Banten (KKB) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) mengambil tema “Transformasi UMKM Fesyen dan Kriya Banten Berkelanjutan dan Go Digital, Serta Diseminasi Model Bisnis UMKM Hijau”. yang di hadiri sebanyak 300 orang.

Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Putranto Gatot SH. Sos, M.M menyampaikan acara ini sangat penting karena melihat bagaimana UMKM ini menjadi utama dalam mendukung pemulihan ekonomi, dalam perekonomian ini melihat masih banyak ruang bagaimana mendorong UMKM untuk lebih meningkatkan nilai tambah.

“Maka saya sangat apresiasi dengan adanya kegiatan event Karya Kreatif Banten khusunya untuk para UKM di provinsi Banten, event untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM dan pariwisata lokal Banten, agar mampu bertransformasi secara go digital, go export dan go green,” ujarnya.

Menurut Danrem, hari ini diberikan nikmat yang sangat luar biasa sekali hadir di tempat event yang dihadiri cukup banyak para pengunjung dan ini adalah event yang sangat luar biasa sekali promosi dan belanja ini juga menambah salah satu program pendapatan para pelaku UMKM.

Hadir dalam kegiatan, Ir. M. Muhamad Pramintohadi Sukarno, M. SC mewakili Menhub RI, Rudy Salahudin mewakili Menko Bid. Ekonomi, Agus Santoso mewakili menteri Koperasi dan UKM RI, Odo Manuhutu mewakili Menko Bid Kemaritiman dan Investasi RI, Liz zeny Mery Ass Deputi Pengembangan ekonomi kreatif Kemenkomarvest, Bambang Widjanarko mewakili Ketua Komisioner OJK, Ali Muktabar Pj. Gubernur Banten, Imaduddin Sahabat Kepala perwakilan BI Prov. Banten, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, S.H,. S.I.K,.M.Si Kapolresta Tangerang mewakili Kapolda Banten, Kolonel Inf Saut Batara mewakili Danrem 064/MY, Novie Irawati Helmi Purnama Kepala perwakilan BPK Prov. Banten, H. Syafrudin, S.Sos Walikota Serang, H. Helidy Agustian,SE Walikota Cilegon, H. Arief Rachadiono Wismansyah B.Sc,.M.Kes Walikota Tangerang, Drs H. Benyamin Davnie Walikota Tangsel, Hj. Iti Octavia Jayabaya,SE,.MM Bupati Lebak, Irna Narulita, SE,.MM Bupati Pandeglang, Hj. Ratu Tatu Chasanah,SE,.M.Ak Buapti Serang, Ahmed Zaki Iskandar Bupati Tangerang danAndra Soni Wakil Ketua DPRD Prov. Banten.

Sumber penrem52

Continue Reading

Fokus Botabek

Upacara Bendera Tujuh Belasan, Kasrem 052/Wkr Bacakan Sambutan Kasad

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Korem 052, Tangerang – Tepat pada hari Rabu tanggal 17 Mei 2023 Korem 052/Wkr menggelar upacara tujuh belasan di bulan mei. Dalam upacara bendera merah putih Kasrem 052/Wkr Kolonel Inf Dr Indarto Kusnohadi, S.I.P.S.H.M.H.M.M selalu Irup membacakan sambutan Kasad Jendral TNI Dudung Abdurrahman, upacara di gelar di Lapangan Makorem 052/Wkr.Rabu (17/05/2023)

Dalam Sambutan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurahman yang dibacakan oleh Kasrem 052/Wkr Kolon l inf Dr Indarto Kusnohadi,S.I.P.,S.H.,M.H.,M.M. mengucapkan, Selamat hari raya Idul Fitri 1444 H mohon maaf lahir batin, bagi segenap prajurit dan PNS TNI -AD jadikan momentum Idul Fitri sebagai ajang Silahturami saling memaafkan antar sesama dan mempererat hubungan serta kerjasama baik dalam lingkungan intansi sendiri maupun dengan komponen bangsa lainnya.

“Pada Upacara Bendera kali ini saya mengucapkan Terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan didikasi yang ditunjukan oleh seluruh Prajurit dan PNS Angkatan Darat sehingga dapat melaksanakan tugas yang diamanatkan kepada kita dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, patut bersyukur, event regional KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah berlangsung dengan lancar dan aman.Hal ini tentu saja tidak terlepas dari pelaksanaan tugas dalam Pengamanan VVIP yang telah terselenggara secara profesional, proporsional dan humanis serta selalu bersinergi dengan POLRI dan semua unsur yang terlibat Suksesnya penyelenggaraan KTT ASEAN2023 ini akan membuat citra Bangsa Indonesia di mata ASEAN dan dunia semakin baik.

“Keberhasilan Pengamanan VVIP pada KTT ASEAN ini juga menjadi salah satu bukti bahwa sinergi antar institusi merupakan salah satu kunci utama dalam keberhasilan pelaksanaan tugas, yang tentu saja harus juga dilaksanakan dalam berbagai bidang yang lain,” jelasnya.

Disamping itu, kebijakan-kebijakan TNI AD untuk mendukung program- program pemerintah di bidang sosial kemasyarakatan juga terus dilaksanakan secara serius oleh seluruh jajaran dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini tentu saja memberikan kontribusi positif sehingga tingkat kepercayaan masyarakat saat ini terhadap Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih menempati posisi teratas, sekaligus menjadi indikator yang menunjukkan bahwa masyarakat menaruh harapan yang besar kepada TNI.

“Oleh karenanya saya ingatkan kepada seluruh prajurit dan PNS maupun keluarganya, jangan membuat tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik TNI dan melukai hati rakyat dengan perilaku arogan maupun emosi iyang tidak terkontrol saat bersinggungan dengan masyarakat,” pintanya.

Ia menegaskan, meski banyak tugas yang berhasil diemban dengan baik oleh TNI AD, namun kita juga harus mengakui bahwa masih terdapat berbagai kekurangan yang harus segera diperbaiki.Diantaranya masih banyak personil TNI AD yang gugur di medan tugas karena kelengahan maupun kurangnya disiplin tempur, banyaknya personil yang meninggal karena laka lalin, penganiayaan, bunuh diri dan bentrok antara TNI dan Polri serta pelanggaran-pelanggaran lain yang dilakukan oleh oknum personil TNI AD, yang dapat merusak citra TNI.

“Berbagai permasalahan tersebut harus menjadi koreksi kita bersama dan diperbaiki, agar tidak terulang di masa mendatang.Kemampuan dasar keprajuritan harus tetap dipelihara dan ditingkatkan ditengah-tengah gelombang perkembangan teknologi informasi,agar tidak terjadi kelengahan dalam pelaksanaan tugas-tugas operasi yang menyebabkan kerugian personel maupun materiil. Disamping itu, disiplin dan perilaku prajurit harus dijaga dalam berinteraksi dengan masyarakat maupun institusi lainnya sebagaimana kewajiban yang tertuang dalam 8 Wajib TNI,” tutupnya.

Hadir dalam upacara bendera, Para Kasi jajaran Korem 052/Wkr, para pasi jajaran Korem 052/Wkr,Para Kabalak, Perwira, Bintara Tamtama dan PNS Korem 052/Wkr.

  1. (Sumber penrem052)
Continue Reading

Fokus Botabek

Danrem 052/Wkr Gelar Jum’at Berkah di Ponpes Modern Darur Rosid

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Korem 052, Jakarta Barat – Membantu kesulitan rakyat, Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Putranto Gatot SH,S.Sos.,M.M. di dampingi Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 062 PD Jaya, Ny Henny Putranto Gatot, menggelar Jum’at berkah di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darur Rosyid Jalan Lingkungan Kelurahan Tegal Alur Kalideres Jakarta Barat, Jum’at (12/05/2023).

Jum’at berkah Korem 052/Wkr berupa memberikan bantuan kepada anak-anak Yatim Piatu dan kaum Dhuafa, bantuan di berikan langsung Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Putranto Gatot SH. Sos. M.M kepada anak-anak Yatim Piatu dan Dhuafa di dampingi KH. Rosidi Djaelani LC. Pimpinan Pondok Pesantren Darur Rosyid.

Dalam sambutanya Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Putranto Gatot SH. Sos. M.M mengucapkan syukur bisa bertemu dengan anak-anak Yatim Piatu dan bisa berbagi di Ponpes Darur Rosyid ini.

“Saya berharap nantinya anak-anak yatim piatu ini menjadi orang-orang yang sukses, kunci orang sukses adalah disiplin dalam segala hal, jujur, bersyukur apa yang kita terima, jangan melihat kehidupan orang lain lebih baik dari kita, bersyukur atas apa yang kita miliki,” katanya.

Ia menambahkan, Do’a orang tua sangat penting, orang tua adik-adik saat ini adalah pengurus Ponpes di mana adik-adik bisa bernaung.

Sementara, KH. Rosidi Djaelani Pimpinan Ponpes Darur Rosyid mengucapkan terimakasih, kepada Danrem 052/Wkr dalam program Jum’at berkah ini dapat mengunjungi Ponpes Darur Rosyid dan memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu dan dhuafa.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Danrem dan rombongan yang telah peduli terhadap anak yatim piatu yang kami asuh,” ucapnya.

Hadir dalam Jum’at berkah, Kolonel Arm Mulyadi Kasiter Kasrem 052/Wkr, Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar Dandim 0503/JB, Mayor Kav Dwi Joko Pasi Komsos Ter, Korem 052/Wkr, Mayor Inf Misin Pasi Pasi Intel Kodim 0503/JB, Mayor Arh Wahyu Sukosasongko Pasiter Kodim 0503/JB, Kapten Arh Yahya Danramil Kalideres dan Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar.

Sumber penrem052

Continue Reading

Trending