Connect with us

TNI AD

Kostrad Bangun 20 Titik Air Bersih Tersebar di Wilayah Kepulauan Bangka Belitung

Published

on

Jakarta. Program TNI AD Manunggal Air merupakan wujud nyata kehadiran TNI AD di tengah masyarakat sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan air yang bersih.

Hal tersebut disampaikan Panglima Kostrad (Pangkostrad) Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang didampingi Direktur Utama PT Timah Tbk. Bapak Ahmad Dani Virsal, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, SIK., M.Si, dan Komandan KOREM 045 Garuda Jaya, Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo., saat meresmikan Gerakan TNI AD Manunggal Air kerjasama Kostrad dan PT Timah di Desa Batu Beriga, Kec. Lubuk Besar, Kab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jumat (15/12/2023).

Program TNI AD Manunggal Air merupakan implementasi dari perintah KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, dan juga Pangkostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa serta program pemerintah dalam rangka menurunkan angka stunting khususnya Wilayah Bangka Belitung, karena melalui pembuatan sumber air bersih ini dapat membantu kebutuhan masyarakat akan air bersih.

Program ini merupakan program utama TNI AD manunggal dalam mengentaskan masalah kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat. Karena air bersih menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat.

Selain itu dengan air bersih ini dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Bangka Belitung, saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya fasilitas air bersih yang ada dan sama-sama menjaga agar hasil Program TNI AD Manunggal air ini dapat terjaga hingga di masa yang akan datang dan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Dalam menyukseskan program tersebut, Pangkostrad menitikberatkan pada penyediaan air bersih dengan dasar permintaan dari beberapa tokoh adat/masyarakat setempat ataupun inisiatif sendiri.

Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA, mengungkapkan bahwa Air adalah kebutuhan hakiki, semoga program TNI AD Manunggal Air ini membawa keberkahan dan kenikmatan untuk Warga Bangka Belitung.

Sementara Direktur Utama PT Timah Tbk. Bapak Ahmad Dani Virsal, berharap progam ini dapat meberikan titik awal pencerahan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

” Mohon dukungan dari masyarakat, pemerintah dan stakeholder agar dapat mendukungnya, saya ucapkan terima kasih sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Salah satu warga RT O4/RW O2, Dusun Beriga, Desa Batu Beriga, Kec. lubuk Besar, Kab Bangka Tengah, Bapak Manan menyampaikan, bahwa masyarakat sangat senang dengan diadakan program TNI AD Manunggal Air yang sangat mendukung kehidupan sehari- hari, mayarakat menyambut baik karena masyarakat sudah bisa menikmati air putih bersih yang cukup di rumah masing-masing untuk kehidupan sehari-harinya.

” Kami warga mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sudah memberikan bantuan air bersih. Selama ini kami memang kesulitan air putih, air sumur disini berwarna merah tidak berani menggunakan untuk memasak apalagi untuk konsumsi jadi untuk mandi dan mencuci saja, kalau kami memerlukan air putih yang bersih itu kami harus mengeluarkan modal untuk membeli air putih yang dijual seperti air mineral ataupun air Aqua, kami mau ambil air saja jauh dua kilo jaraknya, tetapi dengan adanya bantuan TNI AD Manunggal Air telah membantu kami, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada TNI karena sudah ada air bersih jadi warga tidak jauh-jauh lagi ambil air,” pungkasnya.

Kepala Desa Lubuk Besar Bapak Supiri Yahuda mengungkapkan mendapat bantuan titik air, karena titik air sangat jauh dan dalam, sebagain warga juga membutuhkan titik air juga karena Desa Lubuk Besar bebatuan jadi tidak bisa ditembus dengan sumur gali dan bor kecil.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada TNI AD atas program Manunggal Air ini. Kami merasa sangat terbantu karena ada bantuan seperti ini jadi harapan kami kedepannya semoga masyarakat kami yang kekurangan air putih bersih bisa terpenuhi, kami harap juga bantuan titik air bersih ini masih ada dan berlanjut karena masih banyak warga-warga kami yang membutuhkan air bersih,” harapan
Kepala Desa Lubuk Besar.

Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P., menjelaskan, bahwa sampai saat ini Gerakan TNI AD Manunggal Air kerjasama Kostrad dan PT Timah sudah mengerjakan sebanyak 20 titik air bersih di wilayah Provinsi Bangka Belitung, tersebar di beberapa wilayah, antara lain 15 titik di Kab. Bangka Selatan dan 5 titik di Kab. Bangka Tengah. Dengan jumlah penerima manfaat kurang lebih 2.906 Kepala Keluarga (KK) atau 8.129 jiwa.

“Sampai saat ini Kostrad sudah mengerjakan sebanyak 861 titik air bersih di seluruh Indonesia. Jumlah penerima manfaat air bersih kurang lebih 195.369 KK atau 577.115 jiwa dari Aceh sampai Merauke,” ujar Kapen Kostrad

“Semuanya dikerjakan oleh Prajurit Kostrad terlatih berkolaborasi dengan masyarakat dan aparat teritorial setempat,” pungkas Kapen Kostrad.

Untuk diinformasikan, selain kegiatan peresmian Gerakan TNI AD Manunggal Air, dilaksanakan juga kegiatan Pembagian 500 paket sembako, Pengobatan masal, santunan 50 anak yatim, Penyerahan 1.200 Bibit produktif (mangga dan sirsak), penyerahan bantuan Sumur Gali sebanyak 15 titik, dan diakhiri dengan kegiatan Vicon dengan 20 titik lokasi air bersih di wilayah kepulauan Bangka Belitung.

Turut hadir dalam kegiatan ini Irkostrad, para Asisten Kaskostrad, Kaku Kostrad, Kapal Kostrad, Bupati Kab. Bangka Tengah, Bupati Kab. Bangka Selatan, Dandim 0413/Bangka, Dandim 0432/Bangka Selatan, Kapolres Bangka Tengah, Kajati, Kepala Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri Bangka Tengah dan Danyonif 147/KGJDAN, para tokoh dan masyarakat Desa Beriga (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Serda Predison Haganta Sitepu Raih Juara 1 di Event Lomba Lari 5 KM Road to Tangsel Marathon 2024

Published

on

By

Jakarta. Prajurit Atletik Yonarhanud 1 Kostrad, Serda Predison Haganta Sitepu, berhasil meraih Juara 1 dalam Event Lomba Lari 5 KM Road to Tangsel Marathon 2024 yang diadakan pada Minggu (14/7/2024). Perlombaan ini berlangsung di Kantor Camat Setu, Tangerang Selatan.

Dengan catatan waktu 16 menit 45 detik, Serda Predison Haganta Sitepu menunjukkan prestasi gemilangnya di ajang tersebut. Komandan Yonarhanud 1 Kostrad, Letkol Arh Roma Laksana Yudha, S.A.P., M.Sos., menyampaikan apresiasinya atas pencapaian prajuritnya.

“Kami akan terus mendukung prajurit yang berpotensi dan berprestasi agar mereka dapat mengembangkan diri, mencari pengalaman, dan meraih prestasi sebanyak-banyaknya,” ujar Letkol Arh Roma Laksana Yudha.

Prestasi ini tidak hanya membanggakan satuan, tetapi juga menjadi motivasi bagi prajurit lainnya untuk terus berprestasi di berbagai bidang. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI AD

Bebas Buta Huruf, Belajar Sambil Bermain di Sekolah Darurat Beoga, Papua

Published

on

By

Jakarta. Dalam upaya membangun generasi muda Papua yang berguna bagi bangsa dan negara, Satgas Mobile Yonif 323 Buaya Putih mengadakan kegiatan belajar sambil bermain di Sekolah Darurat Pos Beoga, yang berlokasi di Kampung Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Sabtu (13/07/2024).

Danpos Beoga, Lettu Inf Ari Surahman, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian, cinta, dan kasih dari Satgas kepada anak-anak di Kampung Milawak, terutama di tengah keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan di wilayah tersebut. “Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan adik-adik di sini, dengan cara menghibur, bermain sambil belajar,” ungkap Danpos.

Anak-anak di sekitar Pos diajarkan mengenal huruf, membaca, hingga berhitung. Selain itu, mereka juga diberikan motivasi dan semangat untuk rajin belajar demi meraih cita-cita dan masa depan yang lebih baik. Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap anak-anak di Kampung Milawak, yang masih banyak di antaranya belum mendapatkan pendidikan yang layak karena ketiadaan sarana pendidikan dan tenaga pendidik.

Untuk menumbuhkan antusiasme anak-anak, personel Pos Beoga juga menyelipkan permainan di sela-sela waktu belajar agar mereka lebih tertarik dan bersemangat mengikuti pembelajaran. “Kami menciptakan suasana yang menyatu dengan alam dan ketenteraman dengan harapan mereka bahagia dan ceria dengan kehadiran kami, karena keceriaan mereka adalah kebahagiaan kami,” terang Danpos. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI AD

Prajurit Yonzipur 9 Kostrad Raih Medali Emas di Sukoharjo Boxing Open

Published

on

By

Jakarta. Prajurit Yonzipur 9 Kostrad kembali mengukir prestasi dengan meraih medali emas di ajang Sukoharjo Boxing Open. Kejuaraan tersebut berlangsung di GOR Bung Karno Sukoharjo, Jawa Tengah. Minggu, (14/7/2024).

Prajurit berprestasi tersebut adalah Prada Khairul Munazar yang berhasil memenangkan kelas 67 Kg. Kemenangan ini diraih dengan hasil menang TKO atas lawannya, Geray, yang merupakan petinju dari Sukoharjo Boxing.

Prestasi yang dicapai Prada Khairul Munazar sangat membanggakan keluarga, satuan, dan TNI AD.

Danyonzipur 9/LLB Letkol Czi Nanang Sujarwanto, memberikan apresiasi tinggi terhadap pencapaian prajuritnya. Beliau berpesan agar prestasi ini menjadi motivasi bagi Prada Khairul Munazar untuk terus menggali dan mengembangkan potensi dalam olahraga tinju.

“Semoga keberhasilan Prada Khairul Munazar ini dapat memotivasi rekan-rekannya untuk berprestasi lebih tinggi lagi, sehingga dapat membanggakan keluarga, satuan, dan TNI AD,” ujarnya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

Trending