Connect with us

TNI AL

KRI Siribua- 859 Satrol Lantamal XII Pontianak
Tangkap Kapal TB. Mantap 07 / TK Sinar Harapan di Perairan Teluk Air Hitam

Published

on

  • Pontianak – TNI AL – Lantamal XII. TNI Angkatan Laut melalui KRI Siribua- 859 jajaran Satrol Lantamal XII Pontianak berhasil menangkap Kapal Mantap 07 / TK. Sinar Harapan yang diduga melakukan pelanggaran dengan muatan CPO sebanyak 219 ton di Perairan Teluk Air Hitam selatan Kendawangan Kalimantan Barat. Rabu 10 Januari 2024.
  • Penangkapan ini bermula pada pukul 20.45 Wib ketika KRI Siribua-859 berlayar di perairan Teluk Air Hitam diketahui ada kontak 2 kapal yang sedang tender, karena mencurigakan maka diadakan pemeriksaan dan penggeledahan yang diketahui kapal tersebut adalah TB. Mantap 07 / TK. Sinar Harapan bermuatan CPO 219 ton yang sedang melaksanakan ship to ship dengan TB. Karya Tangguh 2203 / TK. Citra Mandiri 2015.
  • Setelah diperiksa oleh tim pemeriksa KRI Siribua-859 kedua kapal tersebut diketahui untuk TB. Karya Tangguh 2203 / TK. Citra Mandiri 2015 dokumen kapal dan personel lengkap tidak ditemukan dugaan pelanggaran, sedangkan untuk TB. Mantap 07 / TK. Sinar Harapan ditemukan dugaan pelanggaran.
  • “Kapal TB. Mantap 07 / TK. Sinar diamankan diduga melakukan pelanggaran karena tidak memiliki sejumlah dokumen yang sah seperti alat navigasi dan radar, radio kapal, alat keselamatan liferaft, jangkar, apar kadaluarsa, tanda selar, tanda pendaftaran kapal yang tidak sesuai dengan dokumen kapal, dokumen manifest muatan juga tidak ada” ujar Komandan KRI Siribua-859 Mayor Laut (P) Remon Pinem.
  • Selain itu Dansatrol Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (P) Abdul Rajab juga menyampaikan bahwa pada saat KRI Siribua-859 melaksanakan pemeriksaan terhadap TK. Sinar Harapan telah melaksanakan bongkar CPO ke TK. Mandiri 2015 kurang lebih 1 jam sehingga ada pengurangan jumlah muatan CPO dalam TK. Sinar Harapan.
  • Selanjutnya kapal dan tersangka atas nama Muhammad Gozali Rahman Nakhoda TB. Mantap 07/ TK. Sinar Harapan berbendera Indonesia ini akan dibawa ke Dermaga Kendawangan Lanal Ketapang dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku. ( Dispen Lantamal XII )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Bhabinkamtibmas Berikan Imbauan Kamtibmas Satpam Kawasan GBK Senayan

Published

on

By

Jakarta Pusat – Bhabinkamtibmas Kelurahan Gelora Aiptu Teguh Yuliyanto melaksanakan sambang ke satuan pengamanan kawasan GBK Senayan di Gedung Elevated B Senayan Kelurahan Gelora Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Senin (15/7/2024).

Dalam kesempatan sambang sekaligus berikan imbauan kamtibmas agar satuan pengamanan kawasan GBK Senayan dapat berperan aktif dalam menciptakan keamanan kepada para pengunjung dan agar tidak melakukan arogansi yang berlebihan saat mengamankan pelaku maupun di duga pelaku kejahatan, ujar Teguh.

Aiptu Teguh juga menyampaikan pesan dari Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro agar memberikan informasi terkait kamtibmas untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pengunjung.

Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan agar melaporkan ke Bhabinkamtibmas atau Polsek Metro Tanah Abang atau Call Center 110, untuk di tindak lanjuti oleh petugas kepolisian.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Continue Reading

TNI AL

SATLINLAMIL 2 TERIMA TIM INSPEKTORAT KOLINLAMIL DALAM RANGKA PEMBUKAAN AUDIT KINERJA TAHUN 2024

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 15 Juli 2024 ——- Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil 2) yang merupakan satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyambut kedatangan Tim Audit Kinerja It kolinlamil yang dipimpin oleh Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Tjatur Hendrawidjaja, S.T., M.M, beserta tim pada hari Senin (15/7) dalam rangka Pembukaan Audit Kinerja dan diterima langsung oleh Komandan Satlinlamil 2 Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentius,M.Tr.Hanla.,M.M beserta Wadan di Ruang Rapat Mako Satlinlamil 2 Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini turut pula diikuti oleh Komandan Unsur KRI dipangkalan beserta Perwira Staf yang dimulai dari tanggal 15 s/d 19 Juli 2024.

Pada acara ini Dansatlinlamil 2 memberikan sambutan yang intinya berterima kasih atas kedatangan tim audit Kinerja It kolinlamil yang telah sampai di Satlinlamil 2 dalam keadaan selamat dan sehat. Dan kesempatan ini juga Dansatlinlamil 2 memberikan penjelasan mengenai keadaan Satlinlamil 2 saat ini, sesuai dengan fasilitas yang menjadi tanggung jawab Satlinlamil 2, yang meliputi jumlah gedung, fasilitas pendukung dan Unsur KRI jajaran Satlinlamil 2 serta memperkenalkan Perwira pendukung di jajaran Satlinlamil 2 yang ada saat ini.

Inspektur Kolinlamil dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan Inspektorat Kolinlamil selaku APIP bertugas untuk melaksanakan Pengawasan melalui proses Audit, Reviu, Evaluasi pemantapan dan pengawasan kegiatan lainnya terhadap penyelenggaran Tupoksi Organisasi di Satker jajaran Kolinlamil, adapun sasaran dan ruang lingkup audit kinerja yang akan dilaksanakan adalah laporan perkembangan dari TW III Tahun 2023 s/d Laporan TW II Tahun 2024 yang meliputi bidang Opslat, umum dan perbendaharaan, “Kegiatan audit kinerja ini lebih ditekankan pada upaya pendampingan dan pemberian saran masukan agar program di Satlinlamil 2 dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna untuk mendukung tugas-tugas Kolinlamil, kami berharap melalui audit kinerja ini dapat terjalin kerja sama, kemitraan keterbukaan dan adanya komunikasi dialogis. Sehingga dapat diperoleh informasi dan masukkan yang obyektif, serta rekomendasi yang tepat guna dalam peningkatan kinerja Satlinlamil 2” ucap Ir Kolinlamil dalam sambutannya. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

TIBA DI KOLINLAMIL, KRI DEWARUCI SUKSES LAKSANAKAN PELAYARAN MUHIBAH BUDAYA JALUR REMPAH TAHUN 2024

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 15 Juli 2024 ——- Kapal legendaris TNI Angkatan Laut, KRI Dewaruci disambut dengan bangga oleh Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla didampingi Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP bersama Pejabat Utama Mabesal, Pimpinan Kotama TNI Angkatan Laut dan Kemendikbudristek di Dermaga Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada hari Senin (15/7), setelah sukses melaksanakan misi pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah Tahun (MBJR) tahun 2024 yang dilepas oleh Kepala Staf Komando Armada RI Laksamana Muda TNI Didong Rio Duto Purwo Kuntjoro, S.T., M.A.P., M.Tr.(Han) pada 07 Juni 2024 lalu.

Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 yang mengangkat tema “Jalur Rempah Dalam Konteks Konektivitas Budaya Melayu” merupakan kerja sama TNI Angkatan Laut dengan Kemendikbutristek RI dengan rute pelayaran berangkat dari Jakarta – Belitung Timur – Dumai – Sabang – Melaka (Malaysia) – Tanjung Uban – Lampung – dan kembali lagi ke Jakarta. Dengan jarak tempuh pelayaran sejauh 2.962 NM, dengan lama pelayaran selama 38 hari mulai dari tanggal 7 Juni sampai dengan 15 Juli 2024. Kegiatan pelayaran ini bertujuan untuk menumbuhkan kebanggaan akan jati diri daerah-daerah di Indonesia dan memperkuat jejaring interaksi budaya antar daerah sehingga memperteguh ikatan ke-Indonesiaan.

Selain itu juga guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya jalur rempah untuk pembangunan berkelanjutan, dengan diikuti 150 orang yang terdiri dari peneliti, media, influencer, content creator, mahasiswa dan staf Kemendikbud. Dari 150 peserta ini akan terbagi menjadi tiga gelombang, dimana setiap gelombangnya terdiri dari 50 personel yang akan ikut berlayar dengan kapal legendaris TNI AL KRI Dewaruci. TNI AL sendiri dalam kegiatan ini melibatkan sebanyak 87 personel yang terdiri dari personel KRI, personel pengamanan, personel penerangan, personel Kesehatan, hingga penyelam TNI AL.

Asops Kasal dalam amanatnya mengatakan selama lebih dari 38 hari, para laskar rempah telah melaksanakan pelayaran dengan aman dan lancar sehingga hari ini dapat kembali ke Pangkalan dengan memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga. Lebih dari itu, para laskar rempah mampu dan berhasil menjadi duta bangsa dalam memperkenalkan kembali kejayaan maritim dan kekayaan budaya dan tradisi jalur rempah Indonesia kepada dunia Internasional, meningkatkan promosi pariwisata maritim Indonesia serta meningkatnya hubungan diplomasi antar negara tetangga. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

Trending