Connect with us

TNI AL

KS KOLINLAMIL HADIRI ACARA KEGIATAN PELEPASAN JEMAAH UMRAH, ZIARAH ROHANI DAN TIRTAYATRA TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2024

Published

on

Berita Kolinlamil TNI AL, 04 Maret 2024 ——- Kepala Staf Kolinlamil LaksmaTNI Mochammad Riza, S.E., M.Tr. Opsla., CRMP dalam hal ini mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j)., M.A., M.M.S., CHRMP menghadiri undangan acara pelepasan ibadah jemaah Umrah, Ziarah Rohani dan Tirtayatra TNI Angkatan Laut Tahun 2024 pada hari Senin (04/03) bertempat di Gedung Auditorium Yos Sudarso Denma Mabesal Cilangkap Jakarta Timur, yang dilepas secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla serta dihadiri sejumlah Pejabat Utama Mabesal, Para Pimpinan Kotama TNI Angkatan Laut serta para peserta ibadah Umrah, Ziarah Rohani dan Tirtayatra.

Para peserta yang mengikuti pelepasan ibadah jemaah Umrah, Ziarah Rohani dan Tirtayatra TNI Angkatan Laut Tahun 2024 ini terdiri dari prajurit dan PNS TNI AL yang beragama Muslim, Kristen Protestan dan Katolik serta Hindu dengan jumlah keseluruhan 83 peserta dengan rincian antara lain, 64 peserta melaksanakan ibadah Umrah ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, 15 personel akan melaksanakan Ziarah Rohani ke Kota Suci Betlehem dan Yerusalem serta 4 personel akan melaksanakan Tirtayatra ke Bangkok dan New Delhi. Dengan jadwal keberangkatan ibadah diawali dengan keberangkatan peserta Umrah pada tanggal 17 Februari, 4 s.d 12 Maret, keberangkatan peserta Tirtayatra pada 14 s.d 24 Maret dan keberangkatan peserta Ziarah Rohani 16 s.d 27 Maret.

Kasal dalam amanatnya mengatakan Ibadah Ke Tanah Suci maupun Kota Suci merupakan jawaban atas panggilan Tuhan untuk melakukan perjalanan spiritual guna mencapai tingkat keimanan dan ketakwaan yang lebih tinggi sehingga dapat memberikan manfaat yang berarti terhadap nilai kehidupan, ahlak dan perilaku. Setiap orang harus menyadari bahwa hal tersebut dapat terlaksana atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa melalui petunjuk dan hidayah-Nya. “Saya berpesan kepada seluruh jamaah untuk tetap menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah Negara setempat, untuk menjaga nama baik Indonesia. Disamping itu, pelihara rasa persaudaraan di antara para jamaah sehingga dapat saling menolong dan bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan ibadah tidak kalah pentingnya, agar para jamaah senantiasa menjaga kesehatan, mengingat pelaksanaan rangkaian kegiatan ibadah ke tanah suci membutuhkan kondisi fisik yang prima” pungkas Kasal dalam sambutannya. (Dispen Kolinlamil).

tniprima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

WUJUD PEMBINAAN TERITORIAL, SATGASMAR PAM AMBALAT XXIX TNI AL BERIKAN LAYANAN KESEHATAN GRATIS MASYARAKAT SEBATIK

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 22 April 2024,—- Sebagai wujud Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah penugasan, TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui tim kesehatan Satuan Tugas Marinir Pangamanan (Satgasmar Pam) Ambalat XXIX TA. 2023 memberikan pelayanan kesehatan gratis di Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara, Senin (22/04).

Pelayanan kesehatan terbuka dan gratis bagi seluruh masyarakat wilayah Sebatik yang sebagian besar bekerja sebagai petani sawit, rumput laut, pedagang dan nelayan ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian prajurit Satgasmar Pam Ambalat XXIX.

Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tim kesehatan Satgasmar Pam Ambalat XXIX dilaksanakan diseluruh Pos Marinir yang tergelar di Pulau Sebatik. Masyarakat yang datang rata-rata menderita sakit seperti demam, dehidrasi serta luka-luka ringan akibat bekerja.

Selain memberikan pengobatan, tim kesehatan juga melaksanakan pengecekan kesehatan seperti tekanan darah, kolesterol dan juga kadar gula dalam darah. Selain masyarakat yang datang ke pos, tim kesehatan juga bersedia datang ke rumah warga apabila diperlukan.

Komandan Satgasmar Pam Ambalat XXIX Lettu Mar Presly Brisky Musak, S.,T.Han menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud perhatian dan kepedulian Satgasmar Pam Ambalat XXIX dan juga sebagai pembinaan teritorial di wilayah perbatasan.

“Kepada seluruh masyarakat Sebatik yang ingin berobat kapanpun dan dimanapun akan dilayani. Bila membutuhkan pengobatan, silahkan datang ke pos-pos Satgarmar Pam Ambalat XXIX yang tersebar di Kecamatan Sebatik”, pungkas Komandan Satgasmar Pam Ambalat XXIX.

Sementara itu masyarakat Sebatik menyampaikan rasa terimakasih kepada prajurit TNI AL Satgasmar Pam Ambalat XXIX. Dengan adanya layanan kesehatan gratis yang diberikan, masyarakat merasa sangat terbantu sekali karena untuk berobat terutama sakit ringan tidak perlu datang ke rumah sakit ataupun Puskesmas, mengingat jarak dari pemukiman yang relatif jauh.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali untuk memberikan yang besar bagi masyarakat sekitar. Dalam berbagai kesempatan, Kasal menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah menjalankan tugas di daerah operasi agar selalu meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam bertugas.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

TNI AL

Danlanal Bintan Hadiri Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Bintan Kw XIII TA. 2024

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan, Kecamatan Bintan Timur, Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri undangan Bupati Bintan dalam rangka Pawai Ta’aruf Musabaqah Tiwatatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Kabupaten Bintan ke XIII Tahun 2024, Senin (22/04/2024).

Untuk memeriahkan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) Ke XIII Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024 juga diisi dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut berupa Pawai Ta’aruf Kafilah, Rangkaian Lomba, Pelantikan Dewan Hakim, dan Bazar UMKM. Pawai Ta’aruf dilaksanakan dengan berjalan kaki dan kendaraan hias dengan rute disekitar wilayah Kecamatan Bintan Timur dimulai dari Jalan Barek Motor Kijang Kota hingga Finish di depan Gedung LAM Bintan, sekitar Kawasan Relief Antam Kijang.

MTQH Ke XIII Tingkat Kabupaten Bintan akan digelar selama 5 (lima) hari tanggal 22 hingga 26 April 2024. Pesertanya dari seluruh perwakilan kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan. Dari kegiatan tersebut tentunya akan mempererat tali silahturahmi antara masyarakat dengan seluruh jajaran FKPD Bintan.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., Bupati Bintan Roby Kurniawan, SPWK, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsit, S.Ip., Sekda Kabupaten Bintan Ronny Kartika, M.M., Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., Kafasharkan Mentigi diwakili Letkol Laut (P) Falatehan, Danlanud RHF diwakili Lettu Lek Hadi Sutikto, Kapolres Bintan Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., Kajari Bintan Fajrian, Lurah dan Kades Se-Kecamatan Bintan Timur, dan Tokoh Masyarakat Bintan Timur.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Komandan Lanal Bandung Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI Angkatan Udara Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Bandung,– Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI Angkatan Udara dengan tema “TNI AU Yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul dan Humanis Serta Dicintai Rakyat Dalam Menjaga Kedaulatan Nasional”. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kadislitbangau Marsekal TNl Tjatur Pudji H, bertempat di Depo Har 10 Lanud Husen Sastranegara Bandung, Senin (22/04/2024).

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa selaku Panglima TNI dan atas nama Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia, saya menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-78 kepada segenap Prajurit, Pegawai Negeri Sipil, dan Keluarga Besar TNI Angkatan Udara dimanapun kalian berada dan bertugas. Selanjutnya masih dalam suasana Idul Fitri, saya juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Minal ‘Aizin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin kepada segenap personel TNI Angkatan Udara yang beragama Islam.

Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya, saya berikan kepada seluruh Prajurit TNI Angkatan Udara atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas. Khususnya saya sangat bersyukur dan berbangga terhadap capaian Prajurit TNI Angkatan Udara yang telah berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusiaan ke Palestina baru-baru ini. Misi yang dilaksanakan adalah logistik air drop di Jalur Gaza, dengan menggunakan pesawat C-130 J Super Hercules, dalam rangka membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina. Partisipasi TNI dalam misi bantuan kemanusiaan ke Palestina dengan tajuk Solidarity Path Operations bersama dengan 8 negara lainnya.

Sedangkan pada tataran regional, Laut China Selatan hingga saat ini masih memiliki konflik yang belum dapat diselesaikan hingga tuntas. Kepentingan setiap negara atas wilayah Laut China Selatan memberikan dampak terhadap keseimbangan
politik di Kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Kondisi global dan regional yang saya sebutkan tadi secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak pada negara kita. TNI Angkatan Udara sebagai pengawal dirgantara nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya ingin memberikan beberapa penekanan pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI Angkatan Udara ini sebagai berikut, Bekerjalah dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas, Wujudkan TNI yang PRIMA dan TNI AU yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, Humanis), Pertahankan tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh Alutsista dengan tetap mengedepankan budaya safety, Lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Udara yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, pupuk dan perteguh komitmen sinergitas dan soliditas TNI dengan Polri serta Kementerian/Lembaga lain dengan berbasis Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

Trending