Connect with us

TNI AL

Lanal Bandung Ikuti Sosialisasi dan Consulting Bidang Penguatan dan Pengawasan Reformasi Birokrasi TNI Angkatan Laut TA 2024

Published

on

TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr. Hanla., beserta seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanal bandung mengikuti Sosialisasi dan Consulting Bidang Penguatan dan Pengawasan Reformasi Birokrasi TNI Angkatan Laut TA. 2024 dalam rangka Audit Kinerja Inspektorat Jenderal Angkatan Laut (Itjenal) kepada Personel Perwakilan Satuan Kerja (Satker) Lanal Bandung dengan narasumber Inspektur Utama Reformasi Birokrasi (Irut RB) Itjenal Kolonel Laut (S) Eko Setijono, S.E., M.Sc., bertempat di Aula Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No.8 Kota Bandung, Selasa (28/05/2024).

Irut RB Itjenal dalam paparannya mengatakan “Reformasi Birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah terutama menyangkut aspek-aspek Kelembagaan (Organisasi), Tata Laksana (Business Process) dan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur agar menjadi lebih baik, efektif, dan efisien sehingga dapat melaksanakan tugas dengan lebih cepat, tepat dan profesional. Kebijakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) TA. 2023 difokuskan pada lima agenda utama, yaitu penguatan kualitas SDM unggul yang produktif, inovatif dan berdaya saing, akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi, pemantapan efektivitas implementasi reformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi, pelaksanaan revitalisasi industri, dan mendorong pembangunan dan pengembangan ekonomi hijau”.

Selanjutnya, Irut RB Itjenal menjelaskan “Perintah Harian Panglima TNI merupakan penjabaran dari Visi Panglima TNI “PRIMA” yaitu Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif sebagai suatu hal yang sangat penting dalam menjawab tuntutan reformasi birokrasi. Sedangkan Perintah Harian Kasal poin ke-7 dalam mendukung reformasi birokrasi adalah mendukung program pembangunan nasional dan program prioritas Panglima TNI dimana salah satunya adalah percepatan agenda reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas.

Penataan dan penguatan terhadap delapan area perubahan reformasi birokrasi meliputi manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan organisasi, penataan tata laksana, penataan SDM aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan pelayanan publik. Zona Integritas adalah instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya telah berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) khususnya dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima”.

(Pen Lanal Bandung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Sumatera Utara

Published

on

By

TNI AL, Belawan, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni, dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, bertempat di Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan bahwa Agus Fatoni pantas menjadi Pj. Gubernur Sumut. Menurutnya, Agus memiliki pengalaman yang mumpuni, apalagi Agus pernah dua kali menjadi Pj. Gubernur, yakni di Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan. Agus juga merupakan seorang Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Pada kesempatan tersebut, Tito juga melantik Hassanudin yang sebelumnya menjabat Pj. Gubernur Sumut menjadi Pj. Gubernur Nusa Tenggara Barat. Bersama dengan Agus Fatoni dan Hassanudin, Elen Setiadi juga dilantik sebagai Pj. Gubernur Sumatera Selatan. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Ny. Tyas Agus Fatoni sebagai Pj. Ketua TP PKK Sumut oleh Ketua TP PKK Ny. Tri Tito Karnavian.

(Dispen Lanrmal I)

Continue Reading

TNI AL

Wadan Lantamal I Hadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Event

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., yang diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., beserta Forkopimda Sumatera Utara menghadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Event yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo melalui vicon, bertempat di Ruang Vicon Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan bahwa objek wisata di Indonesia sangat bagus, yang paling baik adalah mendatangkan wisatawan mancanegara dalam jumlah yang besar, salah satu caranya ialah menggelar banyak event berskala internasional mulai dari konser dan event olahraga sehingga kemudahan perizinan perlu dilakukan.

Kegiatan dihadiri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Olahraga Dito Ariotedjo, Menkominfo Budi Ari, dan Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

KETUA KORCAB III DJA I MENGUNJUNGI PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENYAMBUT HUT KE-78 JALASENASTRI

Published

on

By

Ketua Korcab III DJA I, Ny. Neneng Harry Indarto mendampingi Kasi sosial Pengurus Pusat Jalasenastri Ny Aviani Akmal mengunjungi kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenastri Ke-78 tahun 2024 bertempat di Lapangan RT 09 RW 01 Komplek TNI AL Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Senin (24/06/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut : Wadan Lantamal III beserta PJU dan Kasatker Lantamal III. Turut serta Ur Sosial PP Jalasenastri,
Pengurus Korcab III DJA I, Ibu Ketua RW 01,
Ibu Ketua RT 09 dan Pengurus RT 09.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dilanjutkan dengan penyuluhan kriteria lingkungan rumah Sehat, serta pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat kepada warga.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga kunjungan ke Posyandu RT 09 RW 01.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

Trending