Connect with us

TNI AL

Lantamal I Gelar Latihan Search And Rescue (SAR) Laut

Published

on

TNI AL, Belawan,- Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal I Kolonel Laut (P) Sarkolim, S.T., M.Tr. Hanla., M.M., selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat) yang diwakili Pasminlog Letkol Laut (H) R Johan Edy Syahputra, S.H., memimpin Pembukaan Latihan Search And Rescue (SAR) Laut, bertempat di Ruang Serbaguna Satrol Lantamal I, Jalan Bengkalis No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Senin (11/12/2023).

Pasminlog Lantamal I membacakan amanat Dansatrol Lantamal I menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengukur dan mengevaluasi hasil pembinaan kemampuan dan keterampilan prajurit Lantamal I serta Unsur Lantamal I. Pelatihan ini sangat penting dalam membimbing anggota dalam menghadapi perkembangan situasi yang mungkin terjadi diantaranya tenggelamnya kapal, orang, nelayan tradisional yang jatuh di laut akibat cuaca buruk, dan bencana alam lain yang terjadi di darat seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.

Latihan SAR Laut ini melibatkan instruktur dari instansi samping antara lain dari Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan instruktur dari intern TNI AL, Diskes Lantamal l dan Yonmarhanlan l.

Diharapkan dalam pelaksanaannya agar seluruh prajurit sungguh-sungguh mengikutinya serta jalin kerjasama yang baik dengan pelatih serta instruktur, sehingga tujuan dari Latihan SAR ini dapat terwujud sesuai harapan kita.

Latihan Search And Rescue (SAR) ini akan dilaksanakan selama 9 hari dimulai tanggal 11 sampai dengan 19 Desember 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan BPBD Sumut, perwakilan Basarnas Sumut, Kepala BMKG Belawan, para Komandan KRI dan ABK KRI, Prajurit Lantamal I dan Yonmarhanlan I, serta PNS Lantamal I.

(Dispen Lantamal I)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

SANDAR DI DERMAGA KOLINLAMIL, PANGLIMA KOLINLAMIL KUNJUNGI KRI DEWARUCI

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 16 Juli 2024 ——- Selepas melaksanakan olah raga pagi, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP bersama Pejabat Utama Kolinlamil mengunjungi Kapal legendaris TNI Angkatan Laut, KRI Dewaruci yang saat ini tengah sandar di Dermaga Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada hari Selasa (16/7). Kedatangan orang nomor satu di Kolinlamil ini, tidak lain ingin bernostalgia mengingat momen sewaktu menjadi Taruna AAL. Dalam kunjungannya, Panglima Kolinlamil beserta Pejabat Utama Kolinlamil melaksanakan ship tour dan melihat dokumentasi pelayaran jalur rempah 2024 dan diakhiri dengan foto bersama di anjungan KRI Dewaruci.

Kehadiran KRI Dewaruci di Dermaga Kolinlamil setelah melaksanakan program Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 yang berakhir di Jakarta. Sebagai informasi, kapal cagar budaya ini sebelumnya telah mengarungi jalur rempah di lautan Sumatera selama 38 hari, dengan membawa 150 laskar rempah yang terdiri dari anak-anak muda, para ahli dan media. Dengan rute pelayaran berangkat dari Jakarta – Belitung Timur – Dumai – Sabang – Melaka (Malaysia) – Tanjung Uban – Lampung – dan kembali lagi ke Jakarta. Dengan jarak tempuh pelayaran sejauh 2.962 NM, dengan lama pelayaran selama 38 hari mulai dari tanggal 7 Juni sampai dengan 15 Juli 2024. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

Danlanal Bengkulu Hadiri Penutupan Festival Tabot 2024

Published

on

By

TNI AL, Bengkulu,– Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Yudo Mewah Angkasa, M.Tr.Opsla., menghadiri Penutupan Festival Tabut 2024 yang ditutup Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di Lapangan Merdeka Bengkulu, pada Senin malam (15/7/2024).

Festival Tabut ini diadakan sebagai tradisi turun temurun masyarakat Bengkulu dan masih dilestarikan hingga saat ini dalam bentuk festival dan juga merupakan tradisi khusus dalam menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram. Acara tersebut menampilkan sejumlah kegiatan budaya tradisional Bengkulu, seperti prosesi budaya ritual “Ambil Tanah”, kegiatan musik dol, tari kesenian daerah, dan arak-arakan bangunan tabut, serta telong-telong.

Acara yang merupakan Event Nasional tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain nampak hadir Kabakamla RI Laksdya TNI Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., dan Forkopimda Provinsi Bengkulu, serta Bupati dan Walikota se-Provinsi Bengkulu.

Danlanal Bengkulu mendukung penuh dan sangat mengapresiasi atas pelaksanaan event Festival Tabut 2024 yang menampilkan perpaduan antara nuansa kebudayaan, wisata dan potensi Bengkulu, yang juga berturut-turut masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Ini merupakan acara tradisi turun temurun masyarakat Bengkulu dan masih dilestarikan hingga saat ini dan dikemas dalam bentuk festival serta dipadukan sebagai tradisi khusus dalam menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram. Kegiatan ini juga mengundang animo masyarakat Provinsi Bengkulu ataupun dari luar Provinsi Bengkulu untuk menyaksikan Festival Tabut setiap tahunnya, dengan atraksi dan penampilan yang semakin menarik dan berkualitas,” ujar Danlanal Bengkulu.

Rangkaian kegiatan Festival Tabut 2024 diakhiri dengan tradisi Pelepasan arak-arakan Tabot Tebuang yang dilepas oleh Gubernur Bengkulu untuk menuju Komplek Pemakaman Umum Karabela. Tempat ini menjadi lokasi acara ritual Tabot Terbuang karena disana dimakamkan Imam Senggolo (Syeh Burhanuddin) Pelopor Upacara Tabot di Bengkulu. Dengan berakhirnya Tabot Terbuang maka berakhirlah semua prosesi ritual upacara Tabot.

(Pen Lanal Bengkulu)

Continue Reading

TNI AL

Kerja Bakti Babinsa Cakung Bersama PPSU dan Warga Bersihkan Lingkungan

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Kebersihan lingkungan tempat tinggal warga, Babinsa Koramil Cakung, di Pimpin Bati Tuud Pelda Haris bersama PPSU dan Warga Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung melaksanakan kerja bakti bersihkan lingkungan warga, Selasa (16/07/24).

Kapten Inf Hasim Ashari Hutabarat Danramil Cakung pada Giat Kerja bakti tersebut mengatakan, kegiatan kerja bakti ini merupakan upaya bersama dalam mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di wilayah RT.03/05 Kelurahan Rawa Terate.

“Kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil Cakung bersama PPSU dan Warga tersebut, karena banyaknya sampah ranting dan daun di sisi jalan Raya Bekasi yang menumpuk, sehingga harus segera diangkat menggunakan gerobak sampah dan mobil sampah yang diawaki oleh PPSU Rawa Terate.

Kerja bakti ini juga sebagai upaya mengedukasi serta mengajak warga, agar peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar lingkungan perumahan tempat tinggal warga.

“Kerja sama yang baik antara Babinsa Rawa Terate dengan PPSU dan warga yang terjalin dengan baik dalam kegiatan kebersihan, kedepannya akan lebih baik lagi guna meningkatkan Silaturahmi, kebersamaan antara Babinsa, warga masyarakat dan Tiga pilar Rawa Terate dalam meningkatkan kebersihan lingkungan, tandasnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

Trending