Connect with us

TNI AU

LANTAMAL III JAKARTA HADIRI PAMERAN DAN SEMINAR EMERGENCY DISASTER REDUCTION AND RESCUE

Published

on

Fokusindonesia.com, TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (K) dr. Arie Widiyasa Sp.Og., MARS, Sp.Og(K).Obginsos menghadiri pameran dan seminar emergency disaster reduction and rescue (EDRR) yang dibuka Kepala Badan Search and Rescue Nasional (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M. bertempat di JIExpo hall B3 Jl. Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Kabasarnas dalam sambutannya mengatakan “Badan SAR Nasional memiliki tugas dan fungsi menyelenggarakan SAR yang tertuang dalam UU Nomor 29 Tahun 2014 yaitu mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi korban kegawatdaruratan saat terjadinya kecelakaan pesawat, kapal, kecelakaan di darat, penanganan khusus dan bencana serta menindaklanjuti bahaya-bahaya dalam situasi kondisi yang membahayakan manusia. Basarnas dalam pelaksanaan tugasnya didukung oleh stakeholder baik dari kementerian, lembaga, TNI, Polri, organisasi masyarakat dan seluruh stakeholder yang kompeten di bidang SAR yang terangkum dalam potensi SAR atau sukarelawan”.

Selanjutnya Kabasarnas menjelaskan “Basarnas juga aktif dalam melaksanakan kerja sama dengan luar negeri khususnya dengan negara-negara di perbatasan, selain itu Basarnas juga berperan aktif dalam organisasi internasional. Saya berharap EDRR ini untuk menjadikan platorm logistic dalam rangka membangun public perception guna membangun relationship nasional terhadap penanganan bencana melalui kerja sama dan latihan bersama antara pemerintah, lembaga internasional dan masyarakat sehingga dapat membangun pondasi yang lebih kuat dalam menerapkan praktik yang terbaik untuk melindungi dan menyelamatkan masyarakat”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AU

The Roulettes Visit : Everlasting Bonding from Jogja

Published

on

By

(Puspen TNI). Bermalam di Kota Istimewa Jogjakarta, Tim Aerobatic Angkatan Udara Australia (RAAF) “The Roulettes” disambut hangat oleh Jupiter Aerobatic Team, di Lanud Adisucipto, Jogyakarta, beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, The Jupiters dan The Roulettes juga melaksanakan program Subject Matter Expert Exchange (SMEE) yang membahas berbagai topik tentang manuver aerobatik yang baru di kedua tim, prosedur manuver di berbagai bentuk display area,  serta bertukar pengetahuan tentang sistem pengajaran siswa Sekolah Penerbang khususnya “Z” Generation.  Hal ini merupakan momen yang saat baik untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman antara  tim aerobatik kedua negara ini.

Setelah pertemuan yang hangat tersebut “The Roulettes”, pada keesokan harinya kembali melanjutkan home flight menuju Australia.

#tniprima

#profesional

#responsif

#integratif

#modern

#adaptif

Autentikasi: Kabidpeninter Letkol Cba Tedi Rudianto

Continue Reading

TNI AU

Danlantamal I Asah Kemampuan Menembak Pistol

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., beserta Wadan, para Pejabat Utama Lantamal I, Danyonmarhanlan I, melaksanakan latihan menembak pistol, bertempat di Lapangan Tembak Pistol Yonmarhanlan I, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Sumatera Utara, Rabu (21/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal I menyampaikan bahwa dengan latihan menembak yang dilaksanakan ini diharapkan dapat menjaga naluri tempur serta mengasah kemampuan dan insting ketajaman dalam menembak pistol.

Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit adalah kemahiran dalam menembak dengan target tepat sasaran guna mengukur kemampuan menembak individu.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AU

Perkuatan Dua Pangkalan Angkatan Laut Baru, TNI AL Terus Bangun Kekuatan

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe,

Jakarta, 10 November 2023— Dalam mengimplementasikan perencanaan strategis TNI AL dalam membangun kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan kekuatan secara profesional, modern dan tangguh, TNI AL menambah kekuatan dengan membangun dua Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Kamis (09/11).

Pangkalan Angkatan Laut yang berada di Samudera Hindia adalah Lanal Pacitan yang berada di bawah Lantamal V ini dibangun, bertujuan untuk mengembangkan potensi maritim wilayah pesisir pantai, mendorong pemberdayaan nelayan melalui pengamanan laut dan pengawasan keamanan, serta membangun pertahanan laut yang dimulai dari masyarakat maritim. Selain peresmian Lanal Pacitan, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin sebagai Komandan Lanal Pacitan yang pertama.

“Pangkalan TNI AL Pacitan bertugas melaksanakan dukungan operasi, dukungan logistik, dan administrasi serta dukungan khusus kepada satuan-satuan operasional TNI AL di wilayah kerja Lanal Pacitan serta menjaga keamanan dan melaksanakan penegakan hukum di laut sesuai wilayah kerjanya, pemberdayaan wilayah pertahanan laut menjadi kekuatan pertahanan negara di laut”, ujar Pangkoarmada II.

Selanjutnya juga diresmikan Lanal yang berada di Samudera Pasifik adalah Lanal Nabire. Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan, letak wilayah kerja Lanal Nabire berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik yang merupakan salah satu jalur pelayaran nasional dan internasional, serta mencakup wilayah pesisir yang terletak pada dua Provinsi, yaitu Papua Barat dan Papua Tengah, maka tantangan keamanan di wilayah ini kedepan akan semakin kompleks.

“Sejarah pembangunan Pos TNI AL (Posal) Nabire yang didirikan pada tahun 2005 di daerah Kampung Samabusa, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire, adapun berdirinya Posal ini adalah keinginan dari masyarakat dan Bupati Nabire periode 2004-2009, yaitu Anselinus Petrus Youw, yang juga dilanjutkan oleh Isaias Douw, Bupati Nabire periode selanjutnya”, terang Pangkoarmada III.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa, peresmian ini merupakan implementasi nyata dari pembangunan pertahanan negara, serta merupakan wujud dari terjalinnya sinergitas TNI AL bersama dengan komponen pemerintah daerah dan institusi lainnya dengan sangat baik, Kasal juga berpesan agar di manapun prajurit TNI AL berada mampu memberikan manfaat pada masyarakat.

Demikia berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

Trending