Connect with us

TNI AL

LATIHAN PENGAMANAN PEMILU 2024, WUJUD KESIAPAN TNI AL DUKUNG PESTA DEMOKRASI INDONESIA

Published

on

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 20 November 2023,—- Sebagai wujud kesiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, TNI Angkatan Laut (TNI AL) yakni Lantamal III Jakarta melaksanakan manuver lapangan guna melatih para prajurit untuk menghadapi situasi terburuk yang mungkin terjadi dalam Pemilu 2024 bertempat di Markas Komando Lantamal III Jakarta, Jakarta Utara pada Senin (20/11). Pelaksanaan dengan melatihkan berbagai skenario tersebut guna memastikan Pemilu berjalan tertib dan aman ini merupakan salah satu wujud kesiapan TNI AL dalam mendukung pesta demokrasi Indonesia.

Pada manuver lapangan pesta demokrasi Indonesia ini, Lantamal III mensimulasikan Pemilu pada awalnya berlangsung dengan aman dan tertib. Masyarakat berbondong-bondong memberikan hak suaranya diberbagai Tempat Pemungutan Suara (TPU) atau TPS-TPS yang disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satu TPS yang berada disekitar Basis TNI AL Lantamal III Jakarta melaksanakan Pemilu dengan dijaga ketat oleh Polres Metro Jakarta Utara dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Namun saat dilaksanakan perhitungan suara sementara, hasil pemungutan suara terjadi peningkatan eskalasi kedaruratan akibat ketidakpuasan oleh salah satu massa pendukung yang menilai adanya kecurangan perhitungan suara. Massa yang tidak puas semakin banyak dan barikade kepolisian disiapkan untuk menghalau massa yang mulai anarkis dengan merusak TPS dan menghancurkan kotak suara.

Selanjutnya, pihak Kepolisian kemudian meminta bantuan kepada Kodam Jaya selaku Pangkoops Pam Pilpers yang ditindak lanjuti dengan permintaan kepada Koarmada I dalam hal ini Lantamal III yang masuk dalam wilayah kejadian untuk membantu perkuatan pengamanan Polri. Tim Pasukan Huru Hara (PHH) TNI AL yang terdiri dari Polisi Militer, Intelijen, Pemadam Kebakaran dan tim medis serentak turun melaksanakan barikade dan dengan tegas serta terukur melaksanakan pengamanan dari sekelompok massa yang anarkis. Masing-masing tim bertindak sesuai dengan fungsinya dilapangan. Akhirnya massa bisa dikendalikan dan para demonstran membubarkan diri dengan tertib.

Wakil Komandan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto mewakili Danlantamal III yang bertindak sebagai Wakil Komandan Latihan menyampaikan bahwa Latihan Pengamanan Pemilu ini disiapkan dengan serius guna memastikan masyarakat dapat memberikan hak suaranya dalam Pemilu dengan aman dan tertib.

Tujuan dari penyelenggaraan manuver lapangan yang diikuti oleh lebih dari 805 personel yang terdiri dari 33 personel penyelenggara, 128 personel pendukung dan 644 personel pelaku ini adalah untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh prajurit Jalasena di jajaran TNI AL dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu. Kegiatan ini juga merupakan implementasi tugas TNI AL, yang tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis yang begitu kompleks dan dinamis, baik di lingkup global, regional, maupun nasional.

Hal ini tentunya sejalan dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam berbagai kesempatannya menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL bahwa netralitas TNI merupakan komitmen dan wajib dilaksanakan oleh seluruh prajurit dengan tidak terlibat dalam politik praktis menjelang tahun politik 2024. Netralitas TNI tidak bisa ditawar, karena TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlanal Bengkulu Hadiri Penutupan Festival Tabot 2024

Published

on

By

TNI AL, Bengkulu,– Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Yudo Mewah Angkasa, M.Tr.Opsla., menghadiri Penutupan Festival Tabut 2024 yang ditutup Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di Lapangan Merdeka Bengkulu, pada Senin malam (15/7/2024).

Festival Tabut ini diadakan sebagai tradisi turun temurun masyarakat Bengkulu dan masih dilestarikan hingga saat ini dalam bentuk festival dan juga merupakan tradisi khusus dalam menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram. Acara tersebut menampilkan sejumlah kegiatan budaya tradisional Bengkulu, seperti prosesi budaya ritual “Ambil Tanah”, kegiatan musik dol, tari kesenian daerah, dan arak-arakan bangunan tabut, serta telong-telong.

Acara yang merupakan Event Nasional tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain nampak hadir Kabakamla RI Laksdya TNI Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., dan Forkopimda Provinsi Bengkulu, serta Bupati dan Walikota se-Provinsi Bengkulu.

Danlanal Bengkulu mendukung penuh dan sangat mengapresiasi atas pelaksanaan event Festival Tabut 2024 yang menampilkan perpaduan antara nuansa kebudayaan, wisata dan potensi Bengkulu, yang juga berturut-turut masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Ini merupakan acara tradisi turun temurun masyarakat Bengkulu dan masih dilestarikan hingga saat ini dan dikemas dalam bentuk festival serta dipadukan sebagai tradisi khusus dalam menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram. Kegiatan ini juga mengundang animo masyarakat Provinsi Bengkulu ataupun dari luar Provinsi Bengkulu untuk menyaksikan Festival Tabut setiap tahunnya, dengan atraksi dan penampilan yang semakin menarik dan berkualitas,” ujar Danlanal Bengkulu.

Rangkaian kegiatan Festival Tabut 2024 diakhiri dengan tradisi Pelepasan arak-arakan Tabot Tebuang yang dilepas oleh Gubernur Bengkulu untuk menuju Komplek Pemakaman Umum Karabela. Tempat ini menjadi lokasi acara ritual Tabot Terbuang karena disana dimakamkan Imam Senggolo (Syeh Burhanuddin) Pelopor Upacara Tabot di Bengkulu. Dengan berakhirnya Tabot Terbuang maka berakhirlah semua prosesi ritual upacara Tabot.

(Pen Lanal Bengkulu)

Continue Reading

TNI AL

Kerja Bakti Babinsa Cakung Bersama PPSU dan Warga Bersihkan Lingkungan

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Kebersihan lingkungan tempat tinggal warga, Babinsa Koramil Cakung, di Pimpin Bati Tuud Pelda Haris bersama PPSU dan Warga Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung melaksanakan kerja bakti bersihkan lingkungan warga, Selasa (16/07/24).

Kapten Inf Hasim Ashari Hutabarat Danramil Cakung pada Giat Kerja bakti tersebut mengatakan, kegiatan kerja bakti ini merupakan upaya bersama dalam mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di wilayah RT.03/05 Kelurahan Rawa Terate.

“Kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil Cakung bersama PPSU dan Warga tersebut, karena banyaknya sampah ranting dan daun di sisi jalan Raya Bekasi yang menumpuk, sehingga harus segera diangkat menggunakan gerobak sampah dan mobil sampah yang diawaki oleh PPSU Rawa Terate.

Kerja bakti ini juga sebagai upaya mengedukasi serta mengajak warga, agar peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar lingkungan perumahan tempat tinggal warga.

“Kerja sama yang baik antara Babinsa Rawa Terate dengan PPSU dan warga yang terjalin dengan baik dalam kegiatan kebersihan, kedepannya akan lebih baik lagi guna meningkatkan Silaturahmi, kebersamaan antara Babinsa, warga masyarakat dan Tiga pilar Rawa Terate dalam meningkatkan kebersihan lingkungan, tandasnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AL

TNI AL BERHASIL GAGALKAN PENYELUNDUPAN LEBIH DARI 11KG NARKOBA JENIS SABU SENILAI 41 MILYAR

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 16 Juli 2024, —— TNI AL terus berkomitmen dalam memberantas upaya peredaran narkoba di Indonesia. Kali ini, upaya Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai bersinergi dengan Tim Penindakan dan Penyidikan KPP Bea Cukai TMP B Dumai kembali membuahkan hasil, dengan berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba berjenis Sabu-sabu dengan berat sekitar 11,668 Kg di Perairan Selinsing, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (15/07) kemarin.

Dihadapan awak media, Komandan Lanal (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel menyampaikan bahwa penggagalan tersebut berawal dari informasi bahwa akan adanya penjemputan barang yang diduga Narkoba menggunakan Speed Boat mesin 60 PK jenis Pompong dari Malaysia.

“Berdasarkan informasi tersebut, saya segera memerintahkan Tim F1QR Lanal Dumai bergerak dari Pos Babinpotmar Sungai Dumai menuju perairan Selinsing Kab. Bengkalis menggunakan speed boat patrol, mesin 200 PK yang dipimpin oleh Danposal Tj. Medang Letda Laut (P) Tuko Wijaya guna melaksanakan pendalaman, penyelidikan dan penyekatan di jalur yang akan dilalui sebagai perlintasan speed boat penyelundup narkoba,” ujar Danlanal Dumai.

Tidak berselang lama, Tim F1QR Lanal Dumai melihat ada speed boat yang mencurigakan sehingga terjadi aksi kejar-kejaran. Tim F1QR Lanal Dumai juga mencoba memberikan tembakan peringatan sebanyak 1 kali ke udara dan menabrakkan speedboat patroli ke speedboat pelaku, yang diduga membawa Narkoba. Kemudian salah satu personel F1QR Lanal Dumai melompat ke speedboat pelaku dan berhasil mengamankan 3 (tiga) orang ABK terduga pelaku.

Dari hasil pemeriksaan, terduga pelaku mengakui bahwa mereka menggunakan modus membawa barang masuk/diambil melalui Sungai Pak Itam, Selangor Malaysia dan dibawa di lokasi yang ditentukan dengan tanda kayu. Terduga tersangka juga mengakui bahwa barang diduga narkoba tersebut disembunyikan dalam tas bentuk karung warna biru dari Sungai Pak Itam Selangor Malaysia yang ditenggelamkan untuk mengelabui petugas.

Terduga pelaku mengaku telah meletakkan barang diduga narkoba tersebut pada sekitar 350 meter dari titik lokasi penangkapan. Dilokasi tersebut tim berhasil menemukan 1 buah tas berisi 11 bungkus teh cina yang diduga berisi narkoba jenis methamphetamine.

Dalam penangkapan ini, tim gabungan TNI AL berhasil mengamankan 3 (satu) orang terduga pelaku/kurir berinisial S (41 tahun), A (55 tahun) dan L (20 tahun) beserta barang bukti narkoba berjenis Sabu-sabu dengan berat ± 11,668 kg, satu unit speedbot pancung warna abu-abu Mesin 60 PK merk Yamaha, satu tas hitam, satu tas pinggang kecil warna hitam, satu tas karung warna biru, satu parang, serta satu hp merk Nokia.

Selanjutnya terduga tersangka dan barang bukti dibawa ke Mako Lanal Dumai untuk dilaksanakan pemeriksaan sebelum diserahkan ke pihak terkait guna pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut. Dari hasil Hasil penyelidikan awal terduga A dan S masing-masing mendapatkan upah Rp.5.000.000 per Kg, sedangkan L mendapatkan upah Rp.1.000.000 per Kg.

Dari hasil pemeriksaan laboratorium bersama dengan Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Kota Dumai terhadap barang bukti 11 bungkus teh cina, barang tersebut positif berisi Narkoba berjenis Sabu-Sabu dengan berat 11,668 Kg, dan prediksi nilainya hampir mencapai Rp 41 Miliar. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti akan diserahkan kepada BNN Provinsi Riau untuk proses lebih lanjut,

Keberhasilan dalam pengagalan penyelundupan ini merupakan implementasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan merespon cepat informasi yang diterima, dalam hal ini upaya penyelundupan narkoba di wilayah Perairan Indonesia.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

Trending