Connect with us

TNI AL

Mengenang Jasa Pahlawan, TNI AL Bersama Menteri Sosial Laksanakan Upacara Tabur Bunga di Atas KRI

Published

on

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 10 November 2023 — Hari Pahlawan 2023 merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan kontribusi kita dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pahlawan dengan mengorbankan jiwa dan raganya.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma mendampingi Menteri Sosial RI Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M. T. pada Upacara Tabur Bunga di Laut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2023 dari atas KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) di tengah Perairan Laut Jakarta, Jumat (10/11).

Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, yang bermakna supaya kita sebagai bangsa Indonesia dapat merenungkan peran para pahlawan kusuma bangsa dalam memandu kita menuju masa depan yang lebih baik. Para pahlawan tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan fisik tetapi juga untuk kemerdekaan ekonomi dan intelektual.

Seperti dikatakan Mensos RI dihadapan awak media mengatakan, “pengambilan tema tersebut untuk pahlawan saat ini yang sedang memerangi kemiskinan dan kebodohan karena itu adalah musuh utama ke depan supaya bangsa Indonesia bisa lebih semangat memerangi kemiskinan dan kebodohan”, ungkap Tri Rismaharini.

Lebih lanjut Mensos RI menyampaikan bahwa semua bisa jadi pahlawan. Seperti contoh saat media memberikan informasi untuk seseorang yang mempunyai masalah dan kemudian mereka terselamatkan karena informasi itu, maka media tersebut dapat dikatakan sebagai seorang pahlawan.

Pintu gerbang kemerdekaan yang telah diperjuangkan dan dibuka lebar oleh para pahlawan harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para generasi muda penerus bangsa untuk bergerak dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Dengan semangat para pahlawan yang dapat memperjuangkan bangsa Indonesia, harus bisa menjadi inspirasi bagi semua generasi penerus bangsa dalam memerangi kemiskinan dengan menciptakan kesetaraan dan lapangan pekerjaan, serta menginspirasi generasi muda penerus bangsa memerangi kebodohan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dengan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui ilmu pengetahuan dan literasi.

Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November oleh seluruh bangsa Indonesia ini erat kaitannya dengan peristiwa pertempuran yang terjadi di Surabaya. Pertempuran ini berkobar setelah rakyat Surabaya mendapat ultimatum sekutu yang isinya bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus menyerahkan senjata, menghentikan perlawanan dan datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan.

Namun ultimatum itu tidak digubris oleh rakyat Surabaya, sehingga terjadilah pertempuran Surabaya yang sangat dahsyat pada tanggal 10 November 1945, selama lebih kurang tiga minggu lamanya. Peristiwa ini merupakan konflik militer antara pasukan Indonesia dan pasukan Sekutu yang mencoba menguasai kembali Indonesia.

Pertempuran itu merupakan salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme.

Pertempuran tersebut juga membangkitkan semangat nasionalisme dan tekad bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaannya. Sehingga pada akhirnya tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Palawan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati dan mengenang jasa serta pengorbanan para pahlawan.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Lantamal I Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Qurban

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Senin (17/6/2024).

Bertindak selaku Imam dan Penceramah pada pelaksanaan yakni Ustadz Untung Auliya, S.S., M.Ag., yang menyampaikan isi Hutbahnya yakni, Idul Adha dinamakan Hari Raya Haji, juga dinamakan Hari Raya Qurban karena merupakan Hari Raya yang menekankan pada arti berkorban.

Qurban itu sendiri artinya dekat, sehingga Qurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala, diberikan kepada fuqoro’ wal masaakiin.

Selesai Shalat Idul Adha dilaksanakan ramah tamah di Gedung Yos Soedarso Mako Lantama I. Kemudian acara dilanjutkan penyerahan Hewan Qurban oleh Danlantamal I didampingi Ketua Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, sejumlah 2 ekor sapi dan 17 ekor kambing kepada Panitia Qurban di Dermaga Lantamal I Untuk dilaksanakan penyembelihan dan dibagikan kepada masyarakat sekitar Belawan, anak yatim piatu dan tukang becak, serta Phl Mako Lantamal I.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wadan, para Prjanat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal I, para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal I, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Masyarakat Berbondong-Bondong Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Mako Lanal Bintan Bersama Forkopimda Bintan

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Bintan bersama jajaran Forkopimda Bintan melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 H/ 2024 M, bertempat di Lapangan Hang Tuah Mako Lanal Bintan, Jalan Jenderal Sudirman No.10, Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau. Bertindak sebagai Khatib adalah Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K., dan Iman Ustadz Beni Pratama, S.H., Senin (17/06/2024).

Dalam khotbahnya Khatib menyampaikan bahwa keagungan hari ini ditandai dengan bergemanya takbir, tahmid, dan tahlil dari orang-orang mukmin seantero dunia, sejak diawali malam 10 Zulhijjah, terus bergema, menembus hati yang suci orang-orang yang beriman, kita memuji keagungan Allah, kita menyadari bahwa kita adalah makhluk-Nya hamba-Nya yang lemah, penuh dengan noda dan dosa. Semoga hari ini dapat kita jadikan sebagai momentum indah untuk menanamkan kembali akan eksistensi diri sebagai raga yang wajib mengabdi kepada-Nya.

Hari Raya Haji ini, juga dikenal dengan Hari Raya Qurban, disebut demikian karena hari ini, umat Islam setelah melaksanakan Sholat Idul Adha, disunahkan memotong hewan qurban. Memang, qurban bukanlah merupakan ibadah yang wajib, namun sangat diutamakan bagi yang mempunyai kemampuan, sehingga Rasulullah menganggap tidaklah sepantasnya, seorang mukmin yang mampu namun enggan berqurban untuk mendekati tempat Shalat Idul Adha. Shalat dan Qurban adalah dua perintah yang sejajar harus dilakukan, sebagai pertanda rasa syukur atas berbagai nikmat yang diberikannya.

Selesai pelaksanaan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan acara penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Bupati Bintan yang didampingi Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., beserta Forkopinda lainnya kepada Ketua Panitia Ibadah Qurban Dansatma Lanal Bintan Kapten Laut (PM) Hadi Kuswanto, untuk selanjutnya dilaksanakan pemotongan hewan qurban dan penyaluran daging kurban kepada masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih kepada Bupati atau Pemerintah Kabupaten Bintan yang telah menyelenggarakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Mako Lanal Bintan, serta ucapan terima kasih kepada Panitia Perayaan Idul Adha dari Pemda Kabupaten Bintan, personel TNI, swasta maupun masyarakat yang telah turut serta berpartisipasi dalam merayakan Sholat Idul Adha. Selanjutnya hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada yang berhak menerima.

Demikian juga ucapan Alhamdulillah bahwa tahun ini kita semua dapat menyelenggarakan Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban, serta ramah tamah jajaran Forkopimda Bintan bersama masyarakat sekitar yang ada di Tanjung Uban, sehingga hubungan harmonis antara aparat pemerintah di Bintan dengan masyarakat semakin terasa.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Teladani Sikap dan Perilaku Nabi Ibrahim A.S, Lanal Sabang Selenggarakan Qurban

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., ikut serta merayakan Hari Raya Idul Adha bersama Prajurit Lanal Sabang, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (17/6/2024).

Hari Raya Idul Adha atau yang familiar disebut dengan Hari Raya Qurban merupakan salah satu point dalam bermuamalah kepada Allah SWT, datangnya Hari Raya Qurban memberikan kebahagiaan bagi seluruh umat Islam diseluruh dunia, tak terkecuali umat Islam yang ada di Indonesia.

Perayaan Hari Raya Qurban di Kota Sabang dan momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M Tahun ini terasa sangat spesial dikarenakan Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., beserta keluarga dapat berkumpul bersama Prajurit Lanal Sabang sekaligus halal bihalal guna mempererat silaturahmi serta membangun hubungan harmonis.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanal (Danlanal) Sabang memberikan contoh dan teladan kepada Prajurit dengan ikut serta berqurban 1 (satu) Ekor Sapi jenis Brahma dan 1 (satu) Ekor Kambing, juga turut serta memotong hewan qurban yang sudah diniatkan karena Allah SWT.

Sebagaimana Nabi Ibrahim A.S memberikan tauladan dengan melakukan perintah Allah SWT (Qurban) tidak lain kecuali diniatkan untuk Taqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

Turut hadir dalam kegiatan sebagai berikut, Komandan Lanal Sabang, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab I DJA I, Perwira Staf, Bintara, Tamtama, PNS, dan P3K Lanal Sabang.

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

Trending