Connect with us

TNI AL

Menghadapi Pemilu Tahun 2024, Prajurit Bersama Keluarga Besar Lanal Bintan Menerima Penyuluhan Netralitas TNI

Published

on

TNI AL, Bintan,- Dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2024, Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., didampingi Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Tika Gita Muharam, menyelenggarakan Penyuluhan Netralitas TNI pada Pemilu 2024, kepada Personel beserta Keluarga Besar Lanal Bintan sekaligus acara tasyakuran HUT Lanal Bintan yang jatuh pada tanggal 05 Desember 2023, bertempat di Halaman Mako Lanal Bintan, Rabu (13/12/2023).

Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan paparan oleh Komandan Pomal Lanal Bintan Mayor Laut (PM) Jusak N.A. Pardede, S.S., M.Han., tentang “Netralitas TNI Pada Pemilu Tahun 2024,” yang menekankan tentang aturan dan larangan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Prajurit TNI beserta keluarganya apabila memihak, memberikan fasilitas, memberi arahan dalam memilih bagi istri maupun anak, memberi tanggapan maupun komentar, mengaploud hasil quick count yang dikeluarkan lembaga survey dan lain sebagainya termasuk ancaman hukuman pidana dan hukuman disiplin serta hukuman scorsing bagi personel TNI yang melanggar.

Dalam sambutannya Danlanal Bintan mengatakan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Netralitas TNI merupakan prinsip yang sangat penting dalam menjaga demokrasi dan kelangsungan politik negara. TNI memiliki peran strategis dalam memastikan keamanan dan stabilitas, namun dalam konteks pemilu, sangat penting untuk memastikan bahwa TNI tetap berada dijalur netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. Pemilihan Umum adalah salah satu bentuk pelaksanaan demokrasi, dimana suara rakyat menjadi penentu arah dan kepemimpinan negara. Oleh karena itu, Netralitas TNI menjadi kunci utama agar proses demokrasi berjalan dengan lancar, adil, dan transparan. Netralitas TNI tidak hanya sekadar janji, tetapi sebuah komitmen nyata untuk menjaga integritas dan keutuhan negara.

Pertama-tama, anggota TNI dan keluarganya harus memahami dengan baik bahwa netralitas adalah bentuk dedikasi kepada negara. Dalam konteks pemilu, ini berarti tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, baik secara terbuka maupun tersembunyi. Anggota TNI dan keluarganya harus menjauhi segala bentuk kampanye atau dukungan terhadap calon tertentu, serta tidak memberikan pendapat atau komentar politik di media sosial. Seiring berkembangnya teknologi informasi, media sosial menjadi salah satu wadah ekspresi yang sangat luas. Apa yang disampaikan di media sosial dapat dengan cepat menjadi sorotan masyarakat atau viral. Oleh karena itu, sangat penting bagi anggotaTNI dan keluarga terutama pasangan untuk menahan diri dalam memberikan pandangan politik, mengingat peran strategis dan netralitas yang harus dijaga. Media sosial bukan hanya sekadar tempat berbagi pendapat pribadi, tetapi juga merupakan cermin bagi institusi TNI dan keluarganya. Setiap kata dan tindakan yang diungkapkan di media sosial dapat menciptakan opini publik.

Oleh karena itu, saya ingin mengajak seluruh prajurit Lanal Bintan dan anggota Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I untuk memahami beberapa hal yaitu Netralitas adalah kunci utama, anggota TNI harus tetap memahami dan memegang teguh prinsip netralitas. Memberikan pandangan politik secara terbuka dapat dianggap sebagai sikap mendukung salah satu pihak, yang dapat merusak citra Netralitas TNI. Hindari kata-kata yang provokatif atau merendahkan pihak lain. Kita sebagai anggota TNI harus memberikan contoh ketenangan dan kedewasaan.

Hindari kontroversi, dalam suasana politik yang kadang panas, hindarilah kontroversi yang tidak perlu. Fokuslah pada tugas pokok TNI dan peran positif dalam masyarakat. Edukasi diri dan keluarga, saling mengingatkan antara sesama anggota TNI dan keluarga tentang pentingnya menjaga netralitas, termasuk didunia maya. Edukasi diri dan keluarga tentang risiko dan konsekuensi yang mungkin timbul dari tindakan tidak netral.

Melalui kesadaran dan disiplin diri, kita dapat menjaga Netralitas TNI dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi ini. Mari kita bersama-sama menjaga integritas dan martabat TNI. Saya yakin, dengan kesadaran dan komitmen bersama, anggota TNI beserta keluarganya dapat menjaga netralitas dengan baik. Netralitas TNI bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi merupakan kontribusi nyata dalam memastikan berjalannya pemilu yang adil, bersih, dan demokratis.

Selesai acara penyuluhan kepada prajurit Lanal Bintan dan anggota Jalasenastri Lanal Bintan, dilanjutkan acara tasyakuran dan potong tumpeng dalam rangka HUT ke-I Lanal Bintan tahun 2023, yang disaksikan seluruh personel Lanal Bintan serta seluruh anggota Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I.

(Pen Lanal Bintan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

PESAN KASAL KEPADA PERWIRA REMAJA AAL-69 : JADILAH PERWIRA YANG SELALU DICARI DAN DIBUTUHKAN, BUKAN PERWIRA YANG DITOLAK DAN DIHINDARI

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 16 Juli 2024 ——- Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Irna Krisno Utomo, turut hadir dan mengikuti Pembekalan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. kepada Perwira Remaja Akademi Angkatan Laut (Paja AAL) Angkatan Ke-69 Tahun 2024, bertempat di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (16/7).

Dalam kesempatan tersebut, kegiatan diawali dengan pembekalan Kasal, yang mengatakan bahwa sebagai Ksatria Jalasena Pengawal Samudera, tugas Paja AAL-69 tidaklah mudah. Berbagai tantangan sudah menghadang di depan mata sebelum terjun langsung dalam medan penugasan yang sesungguhnya.

Menurut Kasal, dengan berbagai tantangan yang dihadapi serta implikasinya, maka diharapkan Perwira Jalasena memiliki : Pertama kemampuan untuk menjadi manusia yang jujur, setia dan bermanfaat, kedua menjadi prajurit Jalasena yang Patriotis, berani, disiplin dan berdedikasi. Ketiga menjadi pemimpin yang adil, bijaksana dan berwibawa, keempat memiliki kemampuan pemecah masalah (Problem Solving), memiliki kemampuan beradaptasi, mampu berkolaborasi, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki kreativitas dan inovasi, memiliki humanisme dan kepekaan sosial yang tinggi.

“Sebagai bekal dalam penugasan, saya sampaikan pesan berupa pelajaran dari kehidupan, bagaimana menjadi Perwira dan Pemimpin yang baik, yakni bangunlah stigma yang positif dengan perilaku baik setiap hari, jadilah Perwira yang selalu dicari dan dibutuhkan, bukan Perwira yang ditolak dan dihindari“, ucap Kasal dihadapan seluruh Perwira Remaja Akademi Angkatan Laut Angkatan Ke-69 Tahun 2024. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

SANDAR DI DERMAGA KOLINLAMIL, PANGLIMA KOLINLAMIL KUNJUNGI KRI DEWARUCI

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 16 Juli 2024 ——- Selepas melaksanakan olah raga pagi, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP bersama Pejabat Utama Kolinlamil mengunjungi Kapal legendaris TNI Angkatan Laut, KRI Dewaruci yang saat ini tengah sandar di Dermaga Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada hari Selasa (16/7). Kedatangan orang nomor satu di Kolinlamil ini, tidak lain ingin bernostalgia mengingat momen sewaktu menjadi Taruna AAL. Dalam kunjungannya, Panglima Kolinlamil beserta Pejabat Utama Kolinlamil melaksanakan ship tour dan melihat dokumentasi pelayaran jalur rempah 2024 dan diakhiri dengan foto bersama di anjungan KRI Dewaruci.

Kehadiran KRI Dewaruci di Dermaga Kolinlamil setelah melaksanakan program Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 yang berakhir di Jakarta. Sebagai informasi, kapal cagar budaya ini sebelumnya telah mengarungi jalur rempah di lautan Sumatera selama 38 hari, dengan membawa 150 laskar rempah yang terdiri dari anak-anak muda, para ahli dan media. Dengan rute pelayaran berangkat dari Jakarta – Belitung Timur – Dumai – Sabang – Melaka (Malaysia) – Tanjung Uban – Lampung – dan kembali lagi ke Jakarta. Dengan jarak tempuh pelayaran sejauh 2.962 NM, dengan lama pelayaran selama 38 hari mulai dari tanggal 7 Juni sampai dengan 15 Juli 2024. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

Danlanal Bengkulu Hadiri Penutupan Festival Tabot 2024

Published

on

By

TNI AL, Bengkulu,– Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Yudo Mewah Angkasa, M.Tr.Opsla., menghadiri Penutupan Festival Tabut 2024 yang ditutup Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di Lapangan Merdeka Bengkulu, pada Senin malam (15/7/2024).

Festival Tabut ini diadakan sebagai tradisi turun temurun masyarakat Bengkulu dan masih dilestarikan hingga saat ini dalam bentuk festival dan juga merupakan tradisi khusus dalam menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram. Acara tersebut menampilkan sejumlah kegiatan budaya tradisional Bengkulu, seperti prosesi budaya ritual “Ambil Tanah”, kegiatan musik dol, tari kesenian daerah, dan arak-arakan bangunan tabut, serta telong-telong.

Acara yang merupakan Event Nasional tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain nampak hadir Kabakamla RI Laksdya TNI Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., dan Forkopimda Provinsi Bengkulu, serta Bupati dan Walikota se-Provinsi Bengkulu.

Danlanal Bengkulu mendukung penuh dan sangat mengapresiasi atas pelaksanaan event Festival Tabut 2024 yang menampilkan perpaduan antara nuansa kebudayaan, wisata dan potensi Bengkulu, yang juga berturut-turut masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Ini merupakan acara tradisi turun temurun masyarakat Bengkulu dan masih dilestarikan hingga saat ini dan dikemas dalam bentuk festival serta dipadukan sebagai tradisi khusus dalam menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram. Kegiatan ini juga mengundang animo masyarakat Provinsi Bengkulu ataupun dari luar Provinsi Bengkulu untuk menyaksikan Festival Tabut setiap tahunnya, dengan atraksi dan penampilan yang semakin menarik dan berkualitas,” ujar Danlanal Bengkulu.

Rangkaian kegiatan Festival Tabut 2024 diakhiri dengan tradisi Pelepasan arak-arakan Tabot Tebuang yang dilepas oleh Gubernur Bengkulu untuk menuju Komplek Pemakaman Umum Karabela. Tempat ini menjadi lokasi acara ritual Tabot Terbuang karena disana dimakamkan Imam Senggolo (Syeh Burhanuddin) Pelopor Upacara Tabot di Bengkulu. Dengan berakhirnya Tabot Terbuang maka berakhirlah semua prosesi ritual upacara Tabot.

(Pen Lanal Bengkulu)

Continue Reading

Trending