Connect with us

TNI AD

Mentan RI dan Kasad Panen Raya Bawang Merah di Wilayah Kodam Jaya

Published

on

Kodam Jaya_Kab. Bekasi. Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P dan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bersama melakukan Panen Raya bawang merah di lahan pertanian terpadu Korem 051/Wkt, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Selasa (11/6/2024).

Setibanya dilokasi Lahan Pertanian Terpadu Korem 051/Wkt, Mentan RI dan Kasad langsung disambut Kasdam Jaya Brigjen TNI Tatang Subarna didampingi Danrem 051/Wkt Brigjen TNI Riyanto, S.I.P., dan diikuti PJU Kodam Jaya, para pejabat Forkopimda Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Setelah menerima Paparan Singkat Danrem 051/Wkt tentang kondisi lahan pertanian terpadu dan keberhasilan penanaman bawang merah, rombongan langsung menuju perkebunan bawang merah, kemudian Mentan RI bersama Kasad melakukan Vicon dengan satuan Jajaran Kodam Jaya yang secara serentak melaksanakan program urban farming di lokasi masing-masing, dilanjutkan panen raya bawang merah secara bersama-sama.

Dihadapan Awak Media yang hadir, setelah melaksanakan panen, Mentan RI sampaikan mewakili Pemerintah dan Petani Indonesia, mengapresiasi dan memberikan penghargaan serta ucapan terimakasih kepada Kasad, Pangdam Jaya dan jajarannya atas keberhasilan program urban farming, dalam hal ini panen bawang merah yang dilaksanakan dilokasi lahan pertanian terpadu Korem 051/Wkt.

“Pemerintah mendapat energi baru dan suatu kehormatan yang luar biasa bahwa inflasi kita saat ini terjaga dengan baik, jika dibandingkan negara-negara di dunia, berkat kerja keras kita semua dan seluruh anak bangsa yang bergerak di sektor pertanian, Ingat tidak ada pangan tidak ada negara dan tidak ada peradaban, mati hidupnya negara pertama ditentukan oleh pangan dan sangat vital bila ini bermasalah”, Jelas Mentan RI.

Selanjutnya Mentan RI dan Kasad beserta rombongan meninjau stand UMKM yang menampilkan berbagai macam hasil pertanian dan perkebunan serta aneka makanan dari kelompok tani Desa Wanajaya.

Sementara itu dalam sambutannya Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan yang di bacakan Kasdam Jaya, bahwa kegiatan Panen Raya merupakan wujud keberhasilan program urban farming yang di canangkan oleh Kodam Jaya di wilayah teritorial Korem 051/Wkt dan Kodim 0509/Kab. Bekasi, panen raya komoditi bawang merah ini sudah yang kelima kalinya, dari total luas lahan urban farming yang telah dikerjakan seluruh Satuan jajaran Kodam Jaya 87,0317 Ha, yang sudah jelas tujuannya untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat, serta upaya meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian sesuai program pemerintah dalam Swasembada Pangan.

Pada kesempatan yang sama Kasad menyampaikan bahwa TNI AD telah mengembangkan dan mengolah lahan pertanian ini di banyak tempat, bukan hanya di Jawa, tetapi di daerah-daerah di Indonesia seperti halnya Merauke, Kalimantan, Sumatera dan daerah lainnya, serta ucapan terimakasih kepada Pangdam Jaya dan jajaran serta seluruh anggota jajaran TNI AD yang telah menginisiasi luar biasa dengan memanfaatkan lahan-lahan yang kurang produktif dalam mendukung program-program pemerintah untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.” Ujarnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan pupuk dari Dirut PT Pupuk Indonesia didampingi Kasad dan pemberian bingkisan berupa paket sembako kepada kelompok tani.

Hadir dalam kegiatan ini, Pj. Gubernur Jawa Barat, Pj. Walikota Bekasi, Danrem 052/Wkr, Irdam Jaya, Kapoksahli Pangdam Jaya, PJU Kodam Jaya, Bupati Kab. Bekasi, Kapolres Metro Bekasi, Forkopimda Kab. Bekasi, Dirut PT Pupuk Indonesia, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Sumber (Pendam Jaya)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Babinsa Koramil 07/Kemayoran Bersama Sudin Pertamanan Dan Kehutanan Laksanakan Penopingan Pohon

Published

on

By

Kemayoran_Antisipasi pohon tumbang Babinsa Koramil 07/Kemayoran Sertu Supriyono bersama Sudin Pertamanan dan Kehutanan melaksanakan kegiatan Penopingan pohon, bertempat di Jl. Harapan Mulia Barat RW. 05, Kel. Harapan Mulia, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat. Jum’at (14/6/2024).

Wadanramil 07/Kemayoran Kapten Czi Sefanye Banik menuturkan pelaksanaan penopingan pohon ini dilaksanakan secara rutin dan bertahap, guna untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang dapat mengakibatkan korsleting Listrik maupun mengganggu stabilitas pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat dalam perjalanan.

Disamping itu kegiatan ini sudah menjadi agenda setiap hari Jum’at, dengan tajuk jum’at bersih dengan tujuan menjaga serta menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, asri dan nyaman”, ungkap Wadanramil 07/Kemayoran di Makoramil.

Kegiatan ini merupakan suatu langkah maupun cegah dini dari dampak pohon tumbang serta mencegah terjadinya kebakaran maupun kecelakaan terhadap masyarakat serta pengguna jalan dengan salah satunya melaksanakan penopingan pohon secara bertahap,” tegas Wadanramil.

(Sumber Kodim 0501/JP)

Continue Reading

TNI AD

Sabtu Bersih, Koramil Cipayung Bersama Warga Bersihkan Lingkungan

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Ciptakan Lingkungan yang bersih, Danramil Cipayung Mayor Inf Agus pimpin kerja bakti pembersihan saluran air di Jln. Kramat Aris RT.06/03 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Sabtu (15/06/24).

Danramil Cipayung Mayor Inf Agus pada kesempatan tersebut mengatakan, Kegiatan Sabtu Bersih ini dilaksanakan oleh Koramil Cipayung dengan sasaran pembersihan saluran air di jalan Kramat Aris tersebut dilakukan oleh Babinsa bersama warga dan PPSU, yang nampak semangat dalam membersihkan tumpukan sampah yang ada di saluran air.

“Kerja bakti yang dilakukan hari Sabtu ini bertujuan untuk membersihkan selokan serta menguras genangan air yang berdampak pada berkembang biaknya Nyamuk (menjadi sarang nyamuk) sehingga bisa mencegah penyakit demam berdarah diwilayah RW.03 Kelurahan Setu.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Setu juga mengajak para tokoh masyarakat dan warga sekitar yang hadir pada kegiatan kerja bakti untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan, yang dapat menggangu kelancaran saluran air dan juga dengan menguras atau menimbun bekas kaleng atau ember, bisa mencegah berkembang biaknya Nyamuk Aedes aegypti, sehingga lingkungan tempat tinggal warga menjadi bersih, pungkasnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AD

Sampaikan Arahan Pimpinan, Wadanramil 03/Teluk Pucung Berikan Pengarahan Melalui Jam Komandan

Published

on

By

Kodam Jaya, Kota Bekasi – Jam Komandan merupakan bentuk kepedulian seorang atasan kepada bawahannya, dimana didalamnya terdapat arahan-arahan dan instruksi yang perlu dipedomani serta dilaksanakan dengan komunikasi dua arah antara atasan dengan bawahan.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Wadanramil 03/Teluk Pucung Kapten Inf Budi Kiswanto dalam melaksanakan Jam Komandan kepada seluruh anggotanya, bertempat Makoramil 03/Teluk Pucung, Jalan Perjuangan, Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, kota Bekasi. Jumat (14/6/2024) pagi.

Dalam arahannya, Wadanramil mengajak kepada seluruh anggota prajurit dan PNS di jajarannya, agar setiap menjalankan tugasnya untuk selalu berdoa dan ingat kepada Tuhan YME, lebih lanjut Ia memberikan arahan dan mengingatkan kembali untuk seluruh anggota agar selalu menjaga kesehatan, keharmonisan keluarga, jauhi narkoba dan judi online, karena hal itu bisa merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan.

Diakhir arahannya, juga memberikan penekanan agar saling membantu sesama rekan, laporkan setiap permasalahan sekecil apapun kepada atasan untuk dicarikan solusi jalan keluarnya sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan lancar dan ciptakan kerjasama yang baik dengan intansi lain agar satuan ini semakin maju dan profesional, pungkasnya.

(Sumber Kodim 0507/Bekasi)

Continue Reading

Trending