Connect with us

TNI AD

Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad dan Forkopimda Sulsel Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel

Published

on

Jakarta. Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad, Mayjen TNI Bangun Nawoko, bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel. Sabtu (1/6/2024).

Upacara peringatan tersebut dipimpin oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam upacara ini, Zudan Arif Fakrulloh membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sulsel mengingatkan kembali pentingnya peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni. “Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” ujar Zudan.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.” Tema ini, menurut Pj. Gubernur Sulsel, mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pada momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tambah Zudan. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Serbuan Teritorial, Danramil 02/Matraman Bantu Masyarakat Penyiapan Sholat Idul Adha 1445 H.

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Danramil 02/Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, S,Sos,M,Si, memimpin pengurus DKM Masjid Baiturrahim untuk penyiapan Sholat Idul Adha 1445 H, bertempat di depan Makoramil Matraman jln.Utan Kayu Raya No.14, RW.15, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kecamatan Matraman, Minggu (16/06/24).

Danramil Matraman mengatakan bahwa rapat kordinasi penyiapan lokasi tempat tambahan dengan menggunakan sarana badan jalan untuk Sholat Idul Adha ini bertujuan untuk membantu Pengurus DKM Masjid Baiturrahim agar bisa menampung jumlah jamaah sholat Idul Adha 1445 H yang diperkirakan berjumlah 2000 orang pria dan wanita.

Pentingnya keterlibatan seluruh pihak, baik perangkat RT/RW, Polsek Matraman, Babinsa dan Mitra Koramil, untuk penyiapan lokasi tempat Sholat dan juga menjamin kenyamanan warga selama dalam pelaksanaan kegiatan Sholat Idul Adha tersebut.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun ini sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pada tanggal 17 Juni 2024.

Dengan penyiapan yang matang dan kordinasi yang baik antara Koramil Matraman dengan pengurus DKM Masjid Baiturrahim, diharapkan perayaan Sholat Idul Adha diwilayah Matraman dapat berjalan dengan khidmat, lancar dan Kondusif, tutup Danramil.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AD

Babinsa Koramil 07/Kemayoran Bersama Sudin Pertamanan Dan Kehutanan Laksanakan Penopingan Pohon

Published

on

By

Kemayoran_Antisipasi pohon tumbang Babinsa Koramil 07/Kemayoran Sertu Supriyono bersama Sudin Pertamanan dan Kehutanan melaksanakan kegiatan Penopingan pohon, bertempat di Jl. Harapan Mulia Barat RW. 05, Kel. Harapan Mulia, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat. Jum’at (14/6/2024).

Wadanramil 07/Kemayoran Kapten Czi Sefanye Banik menuturkan pelaksanaan penopingan pohon ini dilaksanakan secara rutin dan bertahap, guna untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang dapat mengakibatkan korsleting Listrik maupun mengganggu stabilitas pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat dalam perjalanan.

Disamping itu kegiatan ini sudah menjadi agenda setiap hari Jum’at, dengan tajuk jum’at bersih dengan tujuan menjaga serta menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, asri dan nyaman”, ungkap Wadanramil 07/Kemayoran di Makoramil.

Kegiatan ini merupakan suatu langkah maupun cegah dini dari dampak pohon tumbang serta mencegah terjadinya kebakaran maupun kecelakaan terhadap masyarakat serta pengguna jalan dengan salah satunya melaksanakan penopingan pohon secara bertahap,” tegas Wadanramil.

(Sumber Kodim 0501/JP)

Continue Reading

TNI AD

Sabtu Bersih, Koramil Cipayung Bersama Warga Bersihkan Lingkungan

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Ciptakan Lingkungan yang bersih, Danramil Cipayung Mayor Inf Agus pimpin kerja bakti pembersihan saluran air di Jln. Kramat Aris RT.06/03 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Sabtu (15/06/24).

Danramil Cipayung Mayor Inf Agus pada kesempatan tersebut mengatakan, Kegiatan Sabtu Bersih ini dilaksanakan oleh Koramil Cipayung dengan sasaran pembersihan saluran air di jalan Kramat Aris tersebut dilakukan oleh Babinsa bersama warga dan PPSU, yang nampak semangat dalam membersihkan tumpukan sampah yang ada di saluran air.

“Kerja bakti yang dilakukan hari Sabtu ini bertujuan untuk membersihkan selokan serta menguras genangan air yang berdampak pada berkembang biaknya Nyamuk (menjadi sarang nyamuk) sehingga bisa mencegah penyakit demam berdarah diwilayah RW.03 Kelurahan Setu.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Setu juga mengajak para tokoh masyarakat dan warga sekitar yang hadir pada kegiatan kerja bakti untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan, yang dapat menggangu kelancaran saluran air dan juga dengan menguras atau menimbun bekas kaleng atau ember, bisa mencegah berkembang biaknya Nyamuk Aedes aegypti, sehingga lingkungan tempat tinggal warga menjadi bersih, pungkasnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

Trending