Connect with us

MABES TNI

Panglima TNI Apresiasi Satgas Anti Mafia Tanah Selesaikan Sengketa 48 Hektare Tanah Milik TNI

Published

on

(Puspen TNI). Mafia tanah ini benar-benar ada dan terjadi di lingkungan TNI. Terkait penyelesaian tanah, banyak sekali tanah-tanah TNI yang bermasalah, baik bersengketa dengan masyarakat, maupun dengan pihak lain dan juga banyak yang diserobot oleh mafia tanah.

Demikian penegasan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. pada saat memberikan paparan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penyelesaian Tindak Pidana Pertanahan di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Laksamana TNI Yudo Margono lebih lanjut menyampaikan bahwa saat awal menjabat sebagai Panglima TNI dan melihat pelaksanaan pembangunan di tanah Jatikarya dengan luas 48 hektare, Dandenma Mabes TNI mengatakan tidak boleh dibangun karena tanah bermasalah. “Seingat saya punya TNI loh, kok ini bisa dikuasai orang lain, saya coba cek suratnya semuanya. Berdasarkan dari surat-surat yang ada saya yakin ini adalah lahan milik TNI,” ungkapnya.

Menurut Laksamana TNI Yudo, keberhasilan menyelesaikan sengketa tanah dapat berhasil karena adanya Satgas Mafia Tanah yang terdiri dari Kementerian ATR BPN, Kejaksaan Agung, dan Polri yang bertugas bersatu padu. “Hal ini sudah dibuktikan dengan penyelesaian tanah TNI 48 hektare yang bernilai Rp 10 triliun, ini prestasi membanggakan disaat terjadi banyak mafia tanah kita masih bisa menyelesaikan dengan baik dan pelakunya bisa diproses hukum dan tentunya ini merupakan prestasi yang membanggakan,” ungkapnya.

Terkait penyelesaian sengketa tanah tersebut, Laksmana TNI Yudo menjelaskan telah banyak dibantu oleh Satgas Mafia Tanah. “Saya sebagai pimpinan TNI sangat berterima kasih dan penghargaan kepada Menteri ATR, Jaksa Agung dan Kapolri serta seluruh Satgas yang bekerja keras untuk menyelesaikan ini dengan berbagai macam hambatan tantangan, hampir tiap hari saya dapat laporannya ternyata tidak mudah, tapi Alhamdulillah dengan kesabaran sehingga semuanya bisa dilaksanakan dengan baik. Ini tentunya menjadi pilot project untuk tanah-tanah TNI yang bermasalah, bisa diselesaikan semuanya sehingga tidak mengganggu tugas pokok TNI,” ucapnya.

tnipatriotnkri

nkrihargamati

tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

DUKUNG PERCEPATAN PEMBANGUNAN NASIONAL, KASAL HADIRI PELUNCURAN GEOPORTAL KEBIJAKAN SATU PETA DAN WHITE PAPER OMP BEYOND 2024

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 18 Juli 2024—Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali hadir dalam acara Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta dan White Paper OMP Beyond 2024 yang berlangsung di The St. Regis, Kuningan, Jakarta Selatan. Kamis (18/07).

Dalam acara tersebut juga hadir Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang mewakili Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan beberapa pejabat dari instansi lainnya seperti dari Kementerian dan Lembaga negara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pemerintahan daerah, beberapa badan dan pelaku usaha, mitra pembangunan, asosiasi serta akademisi.

Geoportal Satu Peta 2.0 merupakan sebuah peta canggih yang memuat berbagai data geospasial di seluruh Indonesia dan dapat diakses oleh publik yang berkenaan dengan hasil capaian pelaksanaan Percepatan Kebijakan Satu Peta (KSP), Proyek Strategis Nasional (PSN), dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta keberlanjutannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan nasional.

Kegiatan diawali dengan pemutaran Video Kaleidoskop Kebijakan Satu Peta, Proyek Strategis Nasional serta Kawasan Ekonomi Khusus dan dilanjutkan dengan Penyerahan Penghargaan KEK Terbaik juga Pemberian Apresiasi PSN kepada Pemda dan BUMN Oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Menhan menyampaikan ucapan selamat atas segala keberhasilan dalam upaya membuat suatu infrastruktur percepatan pembangunan selain fisik juga konektivitas dan pengelolaan yang diharapkan akan mempercepat proses pembangunan.

“Dengan program-program seperti ini kedepannya bangsa Indonesia sangat mungkin untuk mengurangi ketidak efisiensikan dan pastinya membuahkan hasil yang baik.” jelasnya diakhir sambutannya.

Dalam kesempatan ini Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga menyerahkan White Paper “One Map Policy Beyond 2024”, Laporan Hasil Capaian PSN, dan Laporan Hasil Capaian KEK kepada Presiden RI yang diterima oleh Menhan RI.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

TNI AL

BANGGA, SRIKANDI KOWAL IKUTI KURSUS INTERNASIONAL DI BRAZIL

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 18 Juli 2024 – Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) kembali mengharumkan nama TNI Angkatan Laut dikancah Internasional. Kali ini Letda Laut (P) Asfia Syadilla berkesempatan mengikuti Kursus Internasional Peace Operation Course Focusing on Women yang diselenggarakan oleh UNPOTZ Brazil di COpPazNav, Rio de Janeiro, Brazil. Kursus Internasional ini diikuti lebih dari 80 peserta wanita yang terdiri dari 37 negara yang masing-masing berprofesi sebagai entitas militer, polisi, sipil dan berbagai siswa termuka di Universitas Brazil. Jarak bukanlah alasan untuk menempuh ilmu, Letda Laut (P) Asfia Syadilla Saragih yang merupakan personil Kolinlamil dari jajaran Satlinlamil 2 Surabaya dan bertugas sebagai PadivNav KRI Banjarmasin-592 ini, berhasil melaksanakan kursus selama 5 hari di CopPazNav. Sebagai informasi O Centro de Operações de Paz de Caráter Naval atau yang disingkat COpPazNav adalah Pusat Operasi Perdamaian Angkatan Laut yang berkedudukan di Rio de Janeiro, Brazil. COpPazNav mempersiapkan personel militer dari Angkatan Laut Brazil, Pasukan Pembantu dan Personil Militer dari Negara Sahabat, serta lembaga lainnya guna mengikuti operasi perdamaian. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

Pushidrosal selenggarakan Pertemuan IC-ENC di Bali

Published

on

By

TNI AL dalam hal ini Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menyelenggarakan kegiatan pertemuan International Centre for Electronic Navigational Charts (IC-ENC Steering Committee-25 di di Hotel The Bali Dynasty Resort selama 3 hari tanggal 16-18 Juli 2024. Kegiatan tersebut dibuka oleh Danpushidrosal Laksamana Madya Dr. Budi Purwanto, S.T., M.M.

Kegiatan konferensi internasional IC-ENC Steering Committee ke-25 dihadiri oleh 50 Negara anggota IC-ENC dari seluruh dunia.
Konferensi ini membahas beberapa materi terkait tantangan ke depan Lembaga Hidrografi di seluruh dunia dalam kegiatan produksi dan distribusi ENC untuk kepentingan navigasi khususnya guna meningkatkan layanan serta menghadapi implementasi standar baru S-100 yang akan di berlakukan pada tahun 2029 dalam rangka meningkatkan efisiensi dalam bernavigasi dan meningkatkan keselamatan pelayaran.
International Centre for Electronic Navigational Charts (IC-ENC) adalah organisasi nirlaba yang beranggotakan Lembaga hidrografi dari seluruh dunia yang bertujuan membantu produsen Electronic Navigational Chart (ENC) dalam menyelaraskan produksi dan distribusi ENC berkualitas tinggi yang dicapai melalui proses validasi dan distribusi ENC sesuai dengan rekomendasi IHO.
Berdasarkan Resolusi IHO No. 1/1997 (IHO Resolution 1/1997 as amended) tentang prinsip Worldwide Electronic Navigational Charts Database (WEND), IHO menyarankan kepada seluruh negara anggota untuk bergabung dengan RENC (Regional ENC) yang salah satunya adalah IC-ENC untuk menyelaraskan standar ENC serta menghindari overlapping ENC antar negara yang dapat membahayakan keselamatan pelayaran.
Pushidrosal telah tergabung pada IC-ENC sejak tahun 2023 dengan jumlah ENC yang didistrbusikan sebanyak 623 yang meliputi seluruh wilayah Indonesia.
Dengan bergabungnya Indonesia di IC-ENC serta peran aktifnya dalam organisasi tersebut, akan memberikan manfaat yang sangat strategis dalam rangka menjamin ketersediaan produk ENC Pushidrosal ke seluruh dunia yang berkualitas, membangun jejaring international antara lembaga hidrografi, memperoleh pengetahuan, informasi dan perkembangan terkini dan ke depan terkait dengan perkembangan teknologi ENC maupun rencana pemberlakuan standar baru S-100.

Continue Reading

Trending