Connect with us

MABES TNI

Panglima TNI: TNI Gunakan Strategi Konkret Hadapi Ancaman Potensial

Published

on

Fokusindonesia.com (Puspen TNI). Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margo, S.E., M.M. bertindak selaku inspektur upacara pada Upacara Penutupan Pendidikan Reguler Angkatan ke-51 Sesko TNI Tahun Anggaran 2023, bertempat di Gedung Serasan Sesko TNI Jl. R.A.A. Martanegara No. 11, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/11/2023)

Dalam sambutannya Panglima TNI menyampaikan, situasi dan perkembangan ancaman yang semakin dinamis dan tugas ke depan yang semakin berat, TNI-Polri harus terus beradaptasi dalam menghadapinya. Ancaman di tataran global dan regional berupa potensi konflik terbuka, serangan siber, gejolak ekonomi, dan perubahan iklim harus menjadi kewaspadaan.

“Di lingkup nasional, potensi kerawanan berupa ancaman terorisme, separatisme, radikalisme, bencana alam, konflik sosial, dan keamanan perbatasan juga harus terus kita antisipasi secara serius. Kesemuanya membutuhkan strategi yang konkret dari TNI dan seluruh komponen bangsa. Kita harus fokus dalam menyiapkan diri untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia yang kita miliki,” jelas Laksamana Yudo.

Laksamana TNI Yudo juga menjelaskan bahwa Sesko TNI sebagai Centre of Excellence di bidang operasi gabungan TNI, baik operasi militer perang maupun operasi militer selain perang, diharapkan dapat mencetak kader-kader pimpinan terbaik yang dapat menjawab seluruh tantangan yang ada.

“Disinilah tempat terbaik untuk mengembangkan potensi diri, guna menjadikan prajurit dan kader pemimpin bangsa yang profesional, dengan tujuan agar kedaulatan bangsa tetap terjaga, keutuhan wilayah NKRI tidak terganggu, dan keselamatan segenap bangsa serta seluruh tumpah darah tetap terjamin,” harap Panglima TNI.

Adapun jumlah siswa pendidikan reguler angkatan ke-51 Sesko TNI, sebanyak 159 orang Perwira Siswa (Pasis) yang terdiri dari TNI AD 61 orang, TNI AL 41 orang, TNI AU 36 orang, Polri 14 orang dan 7 orang Pasis negara sahabat (Arab Saudi, Australia (2), India, Malaysia, Pakistan dan Singapura).

Sedangkan untuk lulusan terbaik dan karya tulis terbaik diraih oleh Kolonel Inf Nurul Yakin, M.A. dengan judul Konsepsi Pengembangan Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI Berbasis Pendekatan Defense-Diplomacy Development (3ds) Guna Meningkatkan Diplomasi Pertahanan Indonesia Dalam Rangka Mendukung Pencapaian Kepentingan Nasional. Pasis Polri berprestasi adalah Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, S.I.K., M.H., M.SI. serta Pasis negara sahabat yang berprestasi adalah Colonel Army Poh Tze Yuen Danny dari Singapura.

Turut hadir dalam upacara penutupan pendidikan diantaranya, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Dansesko TNI Marsdya TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr.(Han), Ketum Dharma Pertiwi Ny.Vero Yudo Margono serta Pejabat Utama TNI Polri lainnya.

tnipatriotnkri

nkrihargamati

tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi:
Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Pangdivif 2 Kostrad Kunjungi Universitas Brawijaya, Bahas Kerjasama Ketahanan Pangan Nasional

Published

on

By

Nomor : SP-211/VI/2024/Pen

Jakarta. Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad, Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.(Han)., melaksanakan kunjungan ke Universitas Brawijaya Malang pada Kamis siang, 20 Juni 2024. Kunjungan ini didampingi oleh para Asisten Kasdivif 2 Kostrad dan Bapak Rudi, tenaga ahli pertanian Divif 2 Kostrad.

Kunjungan ini merupakan bagian dari program kerjasama ketahanan pangan nasional yang telah dijalankan oleh Menteri Pertanian Indonesia (Mentan RI) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman bersama TNI AD. Program ini merupakan strategi pertahanan negara, melalui komitmen Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang dikenal sebagai “Bapak Pangan” yang siap membantu pemerintah dalam membuka lahan baru dan memanfaatkan lahan tidur untuk sektor pertanian.

Universitas Brawijaya, yang dikenal memiliki banyak tokoh profesional dalam bidang pertanian dan risetnya, menjadi mitra strategis dalam program ini. Dalam kunjungan tersebut, Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro bertemu dengan Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., dan beberapa pejabat penting universitas, termasuk Prof. Dr. Muchamad Ali Safaat, SH., MH., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya, Bapak Agung Sugeng Widodo, ST., MT., Ph.D., Direktur Kerjasama dan Internasionalisasi, serta Dr. Afifuddin Latif Adiredjo, S.P., M.Sc., Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Pertanian UB.

Pertemuan ini membahas rencana kerjasama ketahanan pangan nasional, khususnya di wilayah Jawa Timur. Mayjen TNI Anton Yuliantoro menyatakan bahwa Divif 2 Kostrad akan menjadi proyek percontohan dalam program ketahanan pangan nasional jika kerjasama ini berhasil. Divif 2 Kostrad menjamin keamanan, tenaga kerja, kelompok tani, hingga investor, sementara bibit dan pupuk akan disediakan oleh Kementerian Pertanian. Rektor UB dan timnya menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung proyek ini dengan tenaga ahli riset, pembibitan, dan teknologi.

Selain membahas ketahanan pangan, pertemuan ini juga menjajaki kembali kerjasama yang telah terjalin sebelumnya, termasuk pelatihan kepemimpinan, kedisiplinan, dan bela negara untuk mahasiswa baru. Kedua belah pihak sepakat bahwa penting untuk menjauhkan generasi muda dari hal-hal negatif seperti narkoba, radikalisme, dan perilaku destruktif lainnya. Pelatihan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sikap saling menghargai, jiwa korsa, serta rasa cinta dan bela tanah air.

Dalam wawancara dengan media UBTV, Mayjen TNI Anton Yuliantoro menyampaikan harapannya agar tercipta sinergi yang baik antara TNI AD, kementerian terkait, dan Universitas Brawijaya, sehingga program ketahanan pangan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. “Kami juga ingin memberikan perhatian kepada generasi muda mahasiswa baru agar mereka tidak terpengaruh oleh ancaman radikalisme dan lainnya,” pungkasnya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI AD

Yonif 303 Kostrad Adakan Bazar Mingguan, Senam Bersama dan Pengobatan Gratis untuk Masyarakat

Published

on

By

Nomor : SP-210/VI/2024/Pen

Jakarta. Yonif 303 Kostrad mengadakan acara Bazar yang dilengkapi dengan senam bersama, live musik, dan pengobatan gratis untuk masyarakat umum. Kegiatan ini berlangsung di Asmil Yonif 303/SSM dan terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, termasuk keluarga prajurit. Minggu (23/6/2024).

Bazar yang diselenggarakan oleh Yonif 303/SSM menawarkan berbagai macam jajanan dan kebutuhan sehari-hari yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Selain itu, senam bersama yang diadakan bertujuan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan masyarakat sekitar. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan live musik yang memberikan hiburan bagi para pengunjung.

Selain berbelanja dan berolahraga, masyarakat yang hadir juga dapat memanfaatkan layanan pengobatan gratis yang disediakan oleh Yonif 303/SSM. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga sekitar.

Letkol Inf Angga Anugrah, M.IP., selaku Danyonif 303/SSM, menyampaikan bahwa tujuan dari bazar ini adalah untuk memfasilitasi warga sekitar agar dapat berbelanja dengan mudah di satu tempat yang nyaman, sekaligus menikmati hiburan dan layanan kesehatan gratis. “Memberi bukan soal jumlah tetapi soal ketulusan dan keikhlasan,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Yonif 303 Kostrad berharap dapat terus mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar serta memberikan manfaat yang nyata bagi mereka. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI AL

Satgas Yonif 509 Kostrad Berbagi Keceriaan di Kampung Holomama, Intan Jaya

Published

on

By

Nomor : SP-209/VI/2024/Pen

Jakarta. Satgas Yonif 509 Kostrad kembali menunjukkan dedikasi dan kepedulian mereka terhadap masyarakat Papua dengan melaksanakan bantuan di Kampung Holomama, Intan Jaya. Kegiatan yang berlangsung pada hari ini disambut dengan kegembiraan oleh masyarakat setempat, yang tampak semakin akrab dengan anggota satgas. Senin (24/06/2024)

Dalam kegiatan tersebut, Satgas Yonif 509 Kostrad memberikan berbagai bentuk bantuan, termasuk sembako, pakaian, serta layanan kesehatan gratis. Selain itu, prajurit juga mengadakan kegiatan sosial seperti permainan dan edukasi untuk anak-anak, yang berhasil menciptakan suasana ceria dan penuh keceriaan.

Dantim Satgas Yonif 509 Kostrad di Kampung Holomama, Letda Inf Satrio, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara prajurit dan masyarakat. “Kami ingin membangun hubungan yang lebih dekat dan harmonis dengan warga Kampung Holomama. Melalui bantuan ini, kami berharap bisa meringankan beban mereka dan memberikan kebahagiaan,” ujar Letda Satrio.

Salah satu warga Kampung Holomama, Bapak Yohanes, menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Satgas Yonif 509 Kostrad. “Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak tentara yang sudah membantu kami. Kehadiran mereka sangat berarti dan kami merasa lebih dekat dengan mereka,” ungkapnya dengan penuh rasa syukur.

Kegiatan ini juga menjadi momen bagi prajurit dan warga untuk saling berbagi cerita dan pengalaman, yang semakin mempererat ikatan kekeluargaan di antara mereka. Anak-anak yang mengikuti permainan dan edukasi terlihat sangat antusias dan bahagia. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

Trending