Connect with us

TNI AL

Pelatihan Manajemen Resiko, TNI AL Bentuk Prajurit Yang Cepat Dan Dinamis

Published

on

Jalesveva Jayamahe,

Jakarta, 22 November 2023 —TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Disdikal) memberikan Pelatihan Certified Risk Management Professional (CRMP) khusus perwira Kowal TA 2023 yang dilaksanakan secara daring dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Sekdisdikal) Kolonel Laut ( E) Dr. Frankie Oktolim Madethen, S.T., M.Pd., CHRMP., mewakili Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksamana Pertama TNI Dodi Agus Prasetyo, S.Pi., M.A.P., CHRMP., CRMP., M.Tr.Opsla. di Ruang Vicon Disdikal Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Senin (20/11).

Program Pelatihan dan Sertifikasi merupakan pembinaan SDM untuk meningkatkan Kapasitas dan kapabilitas baik pengetahuan keterampilan dan perilaku membentuk SDM profesional dan berkinerja tinggi. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 20 sampai 25 November 2023.

Dalam sambutan tertulis Kadisdikal yang dibacakan Sekdisdikal menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk apresiasi serta kepedulian Pimpinan TNI AL terhadap keberadaan prajurit wanita dalam lingkungan kerjanya yang bekerjasama antara Disdikal dengan PT Menara Kadin Indonesia. Diberlakukannya gender equality untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender telah menempatkan Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) memiliki hak, kewajiban, tanggung jawab dan kesempatan yang sama dalam berkarier, mengemban tugas dan menduduki jabatan strategis seperti halnya prajurit pria.

“Kondisi ini tentunya berdampak pada munculnya resiko yang lebih, dibandingkan prajurit pria umumnya karena peran gandanya. Kowal harus mampu beradaptasi secara cepat dan dinamis. Oleh karena itu, pembekalan diri melalui penyelenggaraan pelatihan dianggap mampu meningkatkan profesionalisme Kowal sehingga Kowal dapat menjadi pribadi yang unggul”, ungkap Sekdisdikal.

Kegiatan diikuti sebanyak 70 perwira Kowal dari berbagai kotama menjadi perwakilan dalam sertifikasi ini yang terdiri dari strata Mayor hingga Perwira Tinggi (Pati) yang nantinya akan menerima materi dan pembekalan Instruktur dari Menara Kadin Indonesia.

Pelatihan CRMP bagi Kowal merupakan implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam mendukung kesetaraan gender di lingkungan TNI AL dengan harapan bahwa nantinya Kowal mampu menerapkan prinsip manajemen resiko dalam melakukan mitigasi terhadap segala macam resiko di dalam menjalankan perannya baik sebagai ibu ataupun sebagai anggota militer TNI AL. 

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlanal Bengkulu Hadiri Penutupan Festival Tabot 2024

Published

on

By

TNI AL, Bengkulu,– Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Yudo Mewah Angkasa, M.Tr.Opsla., menghadiri Penutupan Festival Tabut 2024 yang ditutup Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di Lapangan Merdeka Bengkulu, pada Senin malam (15/7/2024).

Festival Tabut ini diadakan sebagai tradisi turun temurun masyarakat Bengkulu dan masih dilestarikan hingga saat ini dalam bentuk festival dan juga merupakan tradisi khusus dalam menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram. Acara tersebut menampilkan sejumlah kegiatan budaya tradisional Bengkulu, seperti prosesi budaya ritual “Ambil Tanah”, kegiatan musik dol, tari kesenian daerah, dan arak-arakan bangunan tabut, serta telong-telong.

Acara yang merupakan Event Nasional tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain nampak hadir Kabakamla RI Laksdya TNI Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., dan Forkopimda Provinsi Bengkulu, serta Bupati dan Walikota se-Provinsi Bengkulu.

Danlanal Bengkulu mendukung penuh dan sangat mengapresiasi atas pelaksanaan event Festival Tabut 2024 yang menampilkan perpaduan antara nuansa kebudayaan, wisata dan potensi Bengkulu, yang juga berturut-turut masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Ini merupakan acara tradisi turun temurun masyarakat Bengkulu dan masih dilestarikan hingga saat ini dan dikemas dalam bentuk festival serta dipadukan sebagai tradisi khusus dalam menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram. Kegiatan ini juga mengundang animo masyarakat Provinsi Bengkulu ataupun dari luar Provinsi Bengkulu untuk menyaksikan Festival Tabut setiap tahunnya, dengan atraksi dan penampilan yang semakin menarik dan berkualitas,” ujar Danlanal Bengkulu.

Rangkaian kegiatan Festival Tabut 2024 diakhiri dengan tradisi Pelepasan arak-arakan Tabot Tebuang yang dilepas oleh Gubernur Bengkulu untuk menuju Komplek Pemakaman Umum Karabela. Tempat ini menjadi lokasi acara ritual Tabot Terbuang karena disana dimakamkan Imam Senggolo (Syeh Burhanuddin) Pelopor Upacara Tabot di Bengkulu. Dengan berakhirnya Tabot Terbuang maka berakhirlah semua prosesi ritual upacara Tabot.

(Pen Lanal Bengkulu)

Continue Reading

TNI AL

Kerja Bakti Babinsa Cakung Bersama PPSU dan Warga Bersihkan Lingkungan

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Kebersihan lingkungan tempat tinggal warga, Babinsa Koramil Cakung, di Pimpin Bati Tuud Pelda Haris bersama PPSU dan Warga Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung melaksanakan kerja bakti bersihkan lingkungan warga, Selasa (16/07/24).

Kapten Inf Hasim Ashari Hutabarat Danramil Cakung pada Giat Kerja bakti tersebut mengatakan, kegiatan kerja bakti ini merupakan upaya bersama dalam mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di wilayah RT.03/05 Kelurahan Rawa Terate.

“Kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil Cakung bersama PPSU dan Warga tersebut, karena banyaknya sampah ranting dan daun di sisi jalan Raya Bekasi yang menumpuk, sehingga harus segera diangkat menggunakan gerobak sampah dan mobil sampah yang diawaki oleh PPSU Rawa Terate.

Kerja bakti ini juga sebagai upaya mengedukasi serta mengajak warga, agar peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar lingkungan perumahan tempat tinggal warga.

“Kerja sama yang baik antara Babinsa Rawa Terate dengan PPSU dan warga yang terjalin dengan baik dalam kegiatan kebersihan, kedepannya akan lebih baik lagi guna meningkatkan Silaturahmi, kebersamaan antara Babinsa, warga masyarakat dan Tiga pilar Rawa Terate dalam meningkatkan kebersihan lingkungan, tandasnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AL

TNI AL BERHASIL GAGALKAN PENYELUNDUPAN LEBIH DARI 11KG NARKOBA JENIS SABU SENILAI 41 MILYAR

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 16 Juli 2024, —— TNI AL terus berkomitmen dalam memberantas upaya peredaran narkoba di Indonesia. Kali ini, upaya Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai bersinergi dengan Tim Penindakan dan Penyidikan KPP Bea Cukai TMP B Dumai kembali membuahkan hasil, dengan berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba berjenis Sabu-sabu dengan berat sekitar 11,668 Kg di Perairan Selinsing, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (15/07) kemarin.

Dihadapan awak media, Komandan Lanal (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel menyampaikan bahwa penggagalan tersebut berawal dari informasi bahwa akan adanya penjemputan barang yang diduga Narkoba menggunakan Speed Boat mesin 60 PK jenis Pompong dari Malaysia.

“Berdasarkan informasi tersebut, saya segera memerintahkan Tim F1QR Lanal Dumai bergerak dari Pos Babinpotmar Sungai Dumai menuju perairan Selinsing Kab. Bengkalis menggunakan speed boat patrol, mesin 200 PK yang dipimpin oleh Danposal Tj. Medang Letda Laut (P) Tuko Wijaya guna melaksanakan pendalaman, penyelidikan dan penyekatan di jalur yang akan dilalui sebagai perlintasan speed boat penyelundup narkoba,” ujar Danlanal Dumai.

Tidak berselang lama, Tim F1QR Lanal Dumai melihat ada speed boat yang mencurigakan sehingga terjadi aksi kejar-kejaran. Tim F1QR Lanal Dumai juga mencoba memberikan tembakan peringatan sebanyak 1 kali ke udara dan menabrakkan speedboat patroli ke speedboat pelaku, yang diduga membawa Narkoba. Kemudian salah satu personel F1QR Lanal Dumai melompat ke speedboat pelaku dan berhasil mengamankan 3 (tiga) orang ABK terduga pelaku.

Dari hasil pemeriksaan, terduga pelaku mengakui bahwa mereka menggunakan modus membawa barang masuk/diambil melalui Sungai Pak Itam, Selangor Malaysia dan dibawa di lokasi yang ditentukan dengan tanda kayu. Terduga tersangka juga mengakui bahwa barang diduga narkoba tersebut disembunyikan dalam tas bentuk karung warna biru dari Sungai Pak Itam Selangor Malaysia yang ditenggelamkan untuk mengelabui petugas.

Terduga pelaku mengaku telah meletakkan barang diduga narkoba tersebut pada sekitar 350 meter dari titik lokasi penangkapan. Dilokasi tersebut tim berhasil menemukan 1 buah tas berisi 11 bungkus teh cina yang diduga berisi narkoba jenis methamphetamine.

Dalam penangkapan ini, tim gabungan TNI AL berhasil mengamankan 3 (satu) orang terduga pelaku/kurir berinisial S (41 tahun), A (55 tahun) dan L (20 tahun) beserta barang bukti narkoba berjenis Sabu-sabu dengan berat ± 11,668 kg, satu unit speedbot pancung warna abu-abu Mesin 60 PK merk Yamaha, satu tas hitam, satu tas pinggang kecil warna hitam, satu tas karung warna biru, satu parang, serta satu hp merk Nokia.

Selanjutnya terduga tersangka dan barang bukti dibawa ke Mako Lanal Dumai untuk dilaksanakan pemeriksaan sebelum diserahkan ke pihak terkait guna pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut. Dari hasil Hasil penyelidikan awal terduga A dan S masing-masing mendapatkan upah Rp.5.000.000 per Kg, sedangkan L mendapatkan upah Rp.1.000.000 per Kg.

Dari hasil pemeriksaan laboratorium bersama dengan Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Kota Dumai terhadap barang bukti 11 bungkus teh cina, barang tersebut positif berisi Narkoba berjenis Sabu-Sabu dengan berat 11,668 Kg, dan prediksi nilainya hampir mencapai Rp 41 Miliar. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti akan diserahkan kepada BNN Provinsi Riau untuk proses lebih lanjut,

Keberhasilan dalam pengagalan penyelundupan ini merupakan implementasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan merespon cepat informasi yang diterima, dalam hal ini upaya penyelundupan narkoba di wilayah Perairan Indonesia.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

Trending