Connect with us

MABES TNI

Pengurus Keuskupan TNI Polri Gelar Ziarah Rohani Sekaligus Napak Tilas Sejarah

Published

on

Jakarta – Pengurus Keuskupan Umat Katolik di Lingkungan TNI-Polri atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) menggelar kegiatan Ziarah Rohani sekaligus Napak Tilas menelusuri sejarah OCI ke wilayah Jawa Tengah selama tiga hari dua malam, berangkat Jumat (15/2) pagi, dari Gereja Katolik St. Agustinus Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur dan kembali ke Jakarta, Minggu (17/12) malam.

Menurut Wakil Uskup OCI, Romo Kolonel Sus. Yos M.M. Bintoro, Pr., Ziarah Rohani yang dipimpinnya itu untuk menghidupi inspirasi iman agar boleh menjadi bagian dari perjalanan sejarah pelayanan Keuskupan Militer.

“Sekaligus melawan lupa atas saksi sejarah dan meneruskan estafet tanggung jawab sejarah menghadirkan simbolik 100% Katolik dan 100% Patriotik. Semoga menjadi berkat untuk pelayanan OCI,” terang Romo Yos.

Rombongan pengurus OCI yang mengikuti Ziarah Rohani terdiri dari, Romo Kolonel Sus. Yos M.M. Bintoro, Pr (Mabesau), Kolonel Dwi Basuki (RSPAD), Kolonel Condro Nugroho (RSPAD), Kombes Pol. Ucok Silalahi (Mabes Polri), Kolonel Inf. Tri Jono (Kemhan RI), Kolonel Laut (P) Redemptus Suryoko (Kemhan RI), Letkol Laut (KH) Ignatius M. Pundjung (Mabesal) dan PNS Purbiantoro (Mabesau).

Ziarah Rohani sekaligus Napak Tilas menelusuri sejarah OCI agar dapat menjadi spirit dalam pelayanan dan iman, dimulai dari makam Alm. Romo Kanjeng Mgr. Albertus Soegijapranata, S.J.(25 November 1896 – 22 Juli 1963) yang berada di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, Jawa Tengah.

Makam Uskup Militer Pertama Indonesia yang mendapat gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah itu berada di areal tersendiri yang cukup luas dan tertata asri dengan dilengkapi bangunan Pendopo untuk menyenggarakan misa ataupun doa bersama. Soegijapranata menjadi Vicaris Militer Indonesia sejak 25 Desember 1949 hingga 22 Juli 1963.

Usai dari situ, ziarah dilanjutkan ke makam Uskup Militer Kedua Indonenesia, Alm. Romo Kanjeng Mgr. Justinus Kardinal Darmojuwono, Pr (2 November 1914 – 3 Februari 1994) yang berada di pemakaman Kerkop Muntilan, Jawa Tengah. Darmojuwono menjadi Vicaris Militer Indonesia atau Uskup ABRI sejak 8 Juli 1964 hingga 31 Desember 1983. Di pemakaman yang sama juga terdapat makam para Tokoh Katolik diantaranya Romo Richardus Kardis Sandjaja dan Romo Van Lith.

Rombongan Ziarah Rohani para Pengurus OCI itu juga berkesempatan bersilaturahmi dengan Romo Kanjeng Julius Riyadi Kardinal Darmaatmadja, S.J di Wisma Girisonta Ungaran, Jawa Tengah. Kardinal Julius menjadi Uskup Militer/TNI sejak 28 April 1984 hingga 2 Januari 2006. Kedatangan rombongan OCI disambut hangat dengan penuh syukur dan suka cita oleh Uskup Militer Ketiga Indonesia yang pada 20 Desember 2023 genap berusia 89 tahun.

Dalam perjumpaan itu, Romo Kardinal Julius Riyadi Kardinal Darmaatmadja menceritakan berbagai pengalamannya selama menjadi Uskup Militer baik suka maupun duka. Selain itu beliau juga menyampaikan wejangan kepada para Pengurus OCI agar tetap semangat dalam memberikan pelayanan Umat Katolik di Lingkungan TNI dan Polri. Juga mengucapkan terima kasih atas pelayanan yang telah diberikan guna kemajuan OCI. Kegiatan dilanjutkan Ziarah ke Pemakaman Pastor dan Uskup Jesuit Girisonta.

Ziarah Rohani juga dilaksanakan ke Gua Maria Sendangsono dengan mengadakan misa yang dipimpin Wakil Uskup OCI, Romo Kolonel Sus Yos M.M Bintoro, Pr. Kemudian dilanjutkan ziarah ke Gereja Katolik Ganjuran, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilengkapi Candi Hati Kudus Tuhan Yesus. Kemudian ke Pertapaan Bunda Pemersatu Gedono yang merupakan biara para rubiah dari Trapis Ordo (OCSO) di Desa Jetak, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa tengah. Perayaan Ekaristi hari Minggu (Adven ketiga) dilaksanakan di Pendopo Puri Brata Bantul dipimpin Romo Yos.

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam kesempatan Ziarah Rohani kali ini adalah tatap muka dengan 34 Siswa SMA Taruna Nusantara beragama Katolik, dipimpin Kepala Sekolah Mayjen TNI (Purn) V. Tono Suratman, S.Ip di ruang pertemuan Gereja Katolik St. Mikael Panca Arga Magelang, Jawa Tengah. Selain itu juga berkunjung ke Seminari Mertoyudan yang merupakan tempat cikal bakal berdirinya Polri dan ke Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner yang menyimpan jejak sejarah agama Katolik di Jawa Tengah.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Komandan Lanal Sabang Selaku Dansubsatgas Pam Laut Ikuti Apel Gelar Kesiapan Pasukan PAM VVIP RI 1

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang (Danlanal Sabang) Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., ikut serta menghadiri Apel Gelar Pasukan PAM VVIP dalam rangka Kunjungan Kerja RI 1 (Ir. H. Joko Widodo) transit ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) melalui Provinsi Aceh, bertempat di Lapangan Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Kota Banda Aceh, Senin (15/07/2024).

Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) menggunakan Pesawat Kepresidenan, terlebih dahulu melaksanakan Transit di Provinsi Aceh dan untuk memastikan Kesiapan Pengamanan.

Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr. Han., (Pangdam IM) selaku Pimpinan Apel dalam amanatnya menyampaikan bahwa “Apel Gelar Pasukan yang akan kita laksanakan ini adalah sebagai bentuk pengecekan kesiapan satuan-satuan yang terlibat serta terintegrasi antara TNI, Polri dan Pemda guna pengamanan kunjungan kerja presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo ke Provinsi Aceh”.

“Tugas PAM VVIP jangan hanya dijadikan tugas rutin, namun jadikan tugas ini sebagai suatu operasi baru yang merupakan tugas kehormatan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar tercipta sinergitas yang solid dalam mengawal dan mengamankan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia beserta rombongan, sehingga semua kegiatan dapat berlangsung dengan baik, sukses, aman dan lancar”.

Diakhir kegiatan Apel Pasukan, Komandan Lanal Sabang beserta Pangkogasgabpad PAM VVIP melakukan pengecekan Pasukan, guna memastikan kesiapan dan kesiapsiagaan serta totalitas dalam mengamankan RI 1, selama malaksanakan Transit Kunjung Kerja di Provinsi Aceh.

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI AL

Danlantamal I Hadiri Rapat Koordinasi PB PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Rapat Koordinasi PB (Panitia Besar) PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, Wilayah Sumatera Utara, dipimpin oleh Menpora Dito Ariotedjo melalui vicon, bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jendral Soedirman No. 41 Medan, Sumatera Utara, Senin (15/7/2024).

Dalam sambutannya, Menpora mengungkapkan apresiasinya pada Pj. Gubernur Sumut yang mampu menyelesaikan masalah pada persiapan PON. Dirinya juga mengapresiasi Bupati/Walikota yang telah mendukung langkah cepat Pj. Gubernur Sumut tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Sumatera Utara Fatoni menegaskan agar setiap bidang diminta untuk meninjau ulang relevansi tim kerja yang sudah terbentuk. Menurutnya, apabila terdapat anggota yang tidak berfungsi dengan baik maka segera diganti, sehingga mampu mempercepat kerja yang barangkali selama ini terhambat. Sebagai informasi, hingga saat ini secara keseluruhan progress pembangunan atau penyelesaian venue sudah mencapai 80%.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Ucok Enrico Hutadjulu, Kejati Sumut Idianto, Sekda Provinsi Sumut Arief Sudarto Trinugroho, Kasat Pol PP Pemprov Sumut Mafullah Pratama Daulay, beserta para Pengurus PB PON.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

MABES TNI

Babinsa Koramil 1710-02/Timika Sertu Rusdin Wali Hadiri Musyawarah Desa Bahas Penetapan Calon Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD TA. 2024

Published

on

By

Timika – Selalu aktif di setiap kegiatan di desa binaan, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Sertu Rusdin Wali menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk Triwulan I dan 2 TA. 2024, bertempat di Balai Kp. Mawokau Jaya Distrik Wania Kab. Mimika, Senin (15/07/2024).

Dalam keterangannya, Sertu Wali mengatakan musyawarah desa ini dilaksanakan bersama-sama dengan melibatkan perangkat desa, untuk menetapkan calon penerima BLT-DD Triwulan 1 dan 2 TA. 2024. Tujuannya agar bantuan benar-benar tepat sasaran dalam membantu warga masyarakat yang kurang mampu.

“Musdes khusus dalam rangka validasi data penerima BLT-DD adalah untuk memaksimalkan data penerima agar tepat sasaran. Dimana penerima bantuan adalah orang yang berhak dan benar-benar kurang mampu. Sebagaimana kita ketahui bersama pula, bahwa BLT-DD ini merupakan langkah untuk membantu warga yang kurang mampu, untuk itu jangan sampai salah sasaran dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, transparansi dan keterbukaan terhadap program-program yang akan menyentuh langsung kepada masyarakat sangat diperlukan, sehingga masyarakat merasa ada peningkatan taraf hidupnya dan terasa hasil pembangunannya.

“Kami para Babinsa akan siap mendukung semua program yang akan dilaksanakan aparat Kampung Mawokau Jaya yang penting tujuannya adalah untuk kepentingan warga masyarakat. Untuk itu kami berharap, untuk hasil penetapan penerima BLT pada hari ini agar semua pihak menerima, karena ini adalah untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Autentikasi: Pen Kodim 1710/Mimika
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Continue Reading

Trending