Connect with us

TNI AL

Perkuat Kemitraan, Danlanal Palembang Laksanakan Kunjungan Kerja ke Pj. Bupati Banyuasin

Published

on

TNI AL, Banyuasin Palembang,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan lakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Dalam hal ini Danlanal Palembang didampingi Palaksa Letkol Laut (P) Yusan Taufik, Dandenpomal Mayor Laut PM Reza Ali Aksha, Paspotmar Mayor Laut (K/W) Dewi Tresnawati, S.Kep.Ners., Pasintel Mayor Laut (E) Dedyan Basnur, A.Md., S.AP., Pasops Kapten Laut (P) Agus Heriyansyah serta Papen Lanal Palembang Kapten Laut (P) Agus Toha.

Tiba di Rumah Dinas Bupati Banyuasin sekira pukul 13.30 Wib, Danlanal Palembang disambut langsung oleh Pj. Bupati Hani Syopiar Rustam, S.H., didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ir. Izro Maita, Sekda Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, S.T., M.BA., IPU., Asean Eng., Kadis PMD Rayan Nurdinsa, S.STP., M.Si., Kadis Kominfo DR. Salni Fajar, S.Ag., Kadis Propar Drs. M. Yusuf , M.Si., Kadis Perkebunan Idil Fitriadi, S.P., M.Si., Kabag Tapem Pujiyanto, S.IP., M.Si., beserta para Asisten.

Kunjungan Danlanal Palembang ke Banyuasin tersebut selain merajut silaturahmi antar lembaga, juga bertujuan menyampaikan beberapa hal penting terkait ruang lingkup wilayah kerja Lanal Palembang sekaligus mengenalkan beberapa Pos TNI AL yang berada di wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Wilayah kerja Lanal Palembang ini tidak hanya Palembang, tetapi meliputi dua Provinsi yakni Sumsel dan Jambi. Dalam wilayah kerja ini, kami punya 21 Pos, 5 Pos Angkatan Laut dan 16 Pos Pembinaan Potensi Maritim, bahkan dari 21 Pos itu ada 9 Pos di wilayah Banyuasin,” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam bincang santai bersama Pj. Bupati Banyuasin tersebut, Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan mengenalkan beberapa program unggulannya selama menjabat sebagai Danlanal Palembang, salah satunya membangun kampung binaan yang disebut Kampung Bahari Nusantara yang sejauh ini sudah berdiri di dua wilayah yakni 1 Ilir dan 15 Ulu Palembang.

Masih kata Danlanal, bahwa nantinya Lanal Palembang juga akan membangun Kampung Bahari Nusantara 3 yang kali ini masuk wilayah Kabupaten Banyuasin tepatnya di Desa Sungsang II Kecamatan Banyuasin II.

“Untuk kampung binaan yang ketiga ini nantinya akan kita bangun di Desa Sungsang II, jadi desa ini memang desa nelayan yang menjadi potensi untuk kita lakukan pembinaan, apalagi tempatnya itu sangat padat penduduk. Target kita adalah memberikan sosialisasi serta edukasi, membantu kehidupan masyarakat disana agar bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal Palembang juga turut mengundang Pj. Bupati Banyuasin beserta jajaran untuk hadir dalam peresmian Kampung Bahari Nusantara 3 di Desa Sungsang II yang dijadwalkan pada 1 Desember 2023 mendatang.

Sementara itu, Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam berharap dengan silahturahmi Danlanal Palembang ini, dapat terus memperkuat koordinasi dalam meningkatkan sinergi antara pemerintah daerah dengan TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Palembang.

“Dengan dipilihnya Desa Sungsang II sebagai Kampung Bahari Nusantara 3 kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Danlanal Palembang, Insha Allah saya akan hadir semoga tidak ada yang menghalangi”, tegasnya.

Hani juga menambahkan ada potensi kemaritiman yang ada di Kabupaten Banyuasin yaitu Taman Nasional Sembilang dengan potensi Migrasi Burung Migran atau Burung Siberia yang akan berkumpul di Taman Nasional Sembilang setiap tahunnya.

“Dengan potensi tersebut merupakan awal sinergitas antara Pemkab Banyuasin dengan Lanal Palembang dalam pengembangan pariwisata dengan cara menarik Turis Mancanegara untuk singgah di Kabupaten Banyuasin. Kami berharap melalui kunjungan ini dapat memperkuat koordinasi dalam meningkatkan sinergi dan kekompakan antara TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Palembang bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.

(Pen Lanal Palembang)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Terima Courtesy Call (CC) Kapolres Pelabuhan Belawan

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menerima Courtesy Call (CC) Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban, S.H., S.K.K., M.K.P., bertempat di Ruang Kerja Danlantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Jumat (19/7/2024).

Adapun tujuan keunjungan Kapolres Pelabuhan Belawan tersebut dalam rangka bersilaturahmi dan perkenalan diri sebagai pejabat yang baru, sekaligus untuk meningkatkan hubungan dan soliditas yang telah terjalin baik selama ini serta sebagai salah satu sarana untuk menjalin komunikasi dan koordinasi antar pimpinan di jajaran Lantamal I dalam upaya mewujudkan stabilitas keamanan yang kuat di wilayah Belawan sekitarnya.

Komandan Lantamal I menyambut baik dengan penuh rasa keakraban dan persaudaraan atas kunjungan tersebut, serta berharap sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri yang selama ini sudah sangat erat terjalin antara Lantamal I dengan Polres Pelabuhan Belawan terus terbina dan lebih ditingkatkan untuk menjaga serta menjamin situasi yang kondusif.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asintel Danlantamal I, Danpomal Lantamal I, Danyonmarhanlan I, Kasat Intelkam Polres Pelabuhan Belawan Iptu Teguh Raya Putra Sianturi, KBO Sat Intelkam Polres Pelabuhan Belawan Iptu M. Sibagariang.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

KASAL : LEMDIK TNI AL TIDAK HANYA CETAK PRAJURIT PENGAWAK ALUTSISTA NAMUN LAHIRKAN CALON PEMIMPIN BANGSA

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 19 Juli 2024,—- “Lembaga pendidikan TNI AL dituntut untuk tidak hanya mencetak prajurit guna mengawaki Alutsista dan organisasi, melainkan juga melahirkan calon pemimpin TNI AL dan sekaligus pemimpin nasional yang berwawasan luas, berpikiran kritis dan strategis serta dilandasi integritas moral yang tinggi.”

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda program Magister, program Sarjana dan program Diploma 3 di Auditorium Gedung Pulau Marore, Kampus Prajurit Teknokrat Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/07).

Upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda adalah suatu tradisi akademik yang merupakan peristiwa penting di setiap Perguruan Tinggi. Sebagai acara puncak dari penyelenggaraan program pendidikan, dimana hasil yang dicapai oleh setiap peserta didik merupakan refleksi dari kerja keras dan perjuangan peserta didik selama mengikuti pendidikan sesuai program studi serta kurikulum yang telah ditetapkan

STTAL pada tahun ini meluluskan sebanyak 122 Perwira dan Bintara yang terdiri dari 18 wisudawan program Magister Angkatan 10, 31 wisudawan program Sarjana Angkatan 43, 38 wisudawan program Diploma 3 Angkatan 16 dan 35 wisudawan program Diploma 3 Angkatan 17.

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa kekuatan TNI AL sejatinya tidak hanya bertumpu pada Alutsista, melainkan juga personel pengawaknya. Untuk itu, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan landasan utama dari pembangunan kekuatan TNI AL, karena akan mampu meningkatkan produktivitas, daya saing dan kinerja organisasi dalam jangka panjang.”

“Dengan kompleksitas tantangan tugas masa depan, STTAL sebagai sebuah perguruan tinggi di lingkungan TNI AL harus mampu berperan aktif dan berkontribusi nyata dalam membangun SDM yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi,” ujar Kasal.

Selain itu, STTAL juga dituntut untuk mampu mencetak pejuang-pejuang matra laut, prajurit-prajurit Jalasena yang tanggap, tanggon dan trengginas, untuk bertempur di peperangan laut masa depan yang terus berevolusi seiring kemajuan teknologi.

Lulusan terbaik program Magister Angkatan 10 diraih Mayor Laut (T) Amri Rahmatullah dari Prodi S-2 Oseanografi, dengan judul tugas akhir Varibilitas Mixed Layer Depth dan Best Operation Depth Kapal Selam terhadap El Nino Southern Oscillation di Wilayah Kolom Air Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Lulusan terbaik program Sarjana Angkatan 43 diraih Kapten Laut (E) Faiza Haikal dari Prodi S-1 Teknik Elektro, dengan judul tugas akhir Rancang Bangun Sistem Informasi Database Kapal Perang Dengan Implementasi Natural Language Processing (NLP) Guna Optimalisasi Pencarian Data.

Sementara lulusan terbaik program Diploma 3 Angkatan 16 diraih Serka Nav Dany Eko Nurcahyanto dari Prodi D-3 Hidro Oseanografi, dengan judul tugas akhir Rancang Bangun Body Armor Menggunakan Komposit Aramid Fiber (Kevlar) dengan Aditif Nano Titanium Dioksida (TIO2 NP) dan lulusan terbaik program Diploma 3 Angkatan 17 diraih Serka Bah Suliyono dari Prodi D-3 Teknik Informatika, dengan judul tugas akhir Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Peserta Beasiswa TNI AL Berbasis Website.

Dalam kegiatan ini turut serta Pejabat Utama Mabesal, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, Pemimpin Kotama Wilayah Barat dan Timur, Ketua Umum Jalasenastri, Rektor Perguruan Tinggi mitra STTAL, Ketua DPRD Jawa Timur, Walikota Surabaya, Ketua IKA STTAL, Kadisdik Provinsi Jawa Timur, Direktur Pelindo Regional Jawa, Direktur TPS beserta jajaran Civitas Akademika STTAL.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

TNI AL

GERAK CEPAT, PRAJURIT TNI AL BANTU EVAKUASI JENAZAH NAHKODA KAPAL DI PERAIRAN TELUK KUPANG

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe,

Jakarta, 19 Juli 2024,—— Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang melalui unsur kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Pulau Semau, bergerak cepat membantu proses evakuasi jenazah nahkoda kapal KMN. Halifah Sarifa 01 yang meninggal dunia di Perairan Teluk Kupang, pada Kamis (18/07).

Kejadian bermula saat Patkamla Pulau Semau yang dikomandani oleh Letda Laut (P) Purmono sedang melaksanakan patroli di Perairan Teluk Kupang dan melihat KMN. Halifah Sarifa 01 melintas. Pada awalnya, Patkamla Pulau Semau mendekati KMN. Halifah Sarifa 01 untuk melakukan pengecekan dan pendataan terhadap kapal yang melintas di wilayah patroli, tetapi saat dilakukan pemeriksaan ditemukan jenazah nahkoda KMN. Halifah Sarifa 01 yang ternyata akan diantar ke dermaga terdekat untuk evakuasi. Selanjutnya Patkamla Pulau Semau mengawal KMN. Halifah Sarifa 01 menuju Dermaga Lantamal VII untuk segera dilaksanakan evakuasi lebih lanjut terhadap jenazah.

Menanggapi laporan adanya kejadian tersebut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Kupang Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna melalui Komandan Satrol Lantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo segera meninjau langsung proses evakuasi pemindahan jenazah dari kapal ke mobil jenazah yang kemudian dibawa menuju RSAL Samuel J. Moeda untuk dilakukan visum, guna mengetahui lebih lanjut tentang penyebab yang sebenarnya terjadi. Sementara para ABK KMN. Halifah Sarifa 01 tetap berada di Dermaga Lantamal VII Kupang guna dilakukan pengambilan keterangan oleh Satrol Lantamal VII Kupang.

Sementara itu, dalam berbagai kesempatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran personelnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menerima informasi yang diterima, serta dapat memberikan pertolongan dengan cepat dan sigap terhadap permasalahan di lingkungan masyarakat terutama yang terjadi di perairan Indonesia.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

Trending