Connect with us

TNI AU

Perkuatan Dua Pangkalan Angkatan Laut Baru, TNI AL Terus Bangun Kekuatan

Published

on

Jalesveva Jayamahe,

Jakarta, 10 November 2023— Dalam mengimplementasikan perencanaan strategis TNI AL dalam membangun kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan kekuatan secara profesional, modern dan tangguh, TNI AL menambah kekuatan dengan membangun dua Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Kamis (09/11).

Pangkalan Angkatan Laut yang berada di Samudera Hindia adalah Lanal Pacitan yang berada di bawah Lantamal V ini dibangun, bertujuan untuk mengembangkan potensi maritim wilayah pesisir pantai, mendorong pemberdayaan nelayan melalui pengamanan laut dan pengawasan keamanan, serta membangun pertahanan laut yang dimulai dari masyarakat maritim. Selain peresmian Lanal Pacitan, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin sebagai Komandan Lanal Pacitan yang pertama.

“Pangkalan TNI AL Pacitan bertugas melaksanakan dukungan operasi, dukungan logistik, dan administrasi serta dukungan khusus kepada satuan-satuan operasional TNI AL di wilayah kerja Lanal Pacitan serta menjaga keamanan dan melaksanakan penegakan hukum di laut sesuai wilayah kerjanya, pemberdayaan wilayah pertahanan laut menjadi kekuatan pertahanan negara di laut”, ujar Pangkoarmada II.

Selanjutnya juga diresmikan Lanal yang berada di Samudera Pasifik adalah Lanal Nabire. Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan, letak wilayah kerja Lanal Nabire berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik yang merupakan salah satu jalur pelayaran nasional dan internasional, serta mencakup wilayah pesisir yang terletak pada dua Provinsi, yaitu Papua Barat dan Papua Tengah, maka tantangan keamanan di wilayah ini kedepan akan semakin kompleks.

“Sejarah pembangunan Pos TNI AL (Posal) Nabire yang didirikan pada tahun 2005 di daerah Kampung Samabusa, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire, adapun berdirinya Posal ini adalah keinginan dari masyarakat dan Bupati Nabire periode 2004-2009, yaitu Anselinus Petrus Youw, yang juga dilanjutkan oleh Isaias Douw, Bupati Nabire periode selanjutnya”, terang Pangkoarmada III.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa, peresmian ini merupakan implementasi nyata dari pembangunan pertahanan negara, serta merupakan wujud dari terjalinnya sinergitas TNI AL bersama dengan komponen pemerintah daerah dan institusi lainnya dengan sangat baik, Kasal juga berpesan agar di manapun prajurit TNI AL berada mampu memberikan manfaat pada masyarakat.

Demikia berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AU

Kasau Kunjungan Kerja di Lanud Sultan Hasanuddin

Published

on

By

Makassar – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. lsa M. Tonny Harjono melaksanakan Kunjungan kerja (Kunker) ke Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (14/6/2024).

Tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, Kasau disambut langsung Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7/D.II Lanud Sultan Hasanuddin, Ny. Liska Bonang Bayuaji.

Selanjutnya, Kasau menerima paparan dari Danlanud Sultan Hasanuddin terkait kesiapan Alutsista TNI AU yang berada di Lanud Sultan Hasanuddin terkait beberapa pencapaian dan permasalahan yang dihadapi.

Usai menerima paparan, Kasau didampingi Danlanud Sultan Hasanuddin dan Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc.,meninjau Wing Udara 5, Skadron Udara 11, Skadron Udara 5, Skadron Udara 33, Skadron Teknik 044, Detasmen Pertahanan Udara (Denhanud) 472 Kopasgat dan Batalyon Komando 466 Kopasgat.

Dalam kunjungan tersebut, Kasau didampingi oleh sejumlah pejabat Utama Mabes TNI AU. Kunjungan kerja Kasau ke Lanud Sultan Hasanuddin untuk melakukan peninjauan kesiapan operasional ke beberapa satuan yang berada dibawah Lanud Sultan Hasanuddin. (Pen Hnd)

Continue Reading

TNI AU

Aspotdirga Kasau Bersama Danlanud Sultan Hasanuddin Audensi Dengan Pj Gubernur Sulsel, Bahas Progres Pembangunan Renovasi Kesiapan Karya Bakti Di Sulsel

Published

on

By

Makassar – Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos., bersama Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., melaksanakan Audiensi dengan Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh, membahas progres pembangunan dan renovasi kesiapan Karya Bakti dalam rangka peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU, bertempat di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin (10/6/2024).

Pertemuan Aspotdirga Kasau, Danlanud Sultan Hasanuddin dengan Pj. Gubernur Sulsel tersebut membahas beberapa kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan pada peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU. Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-77 seperti donor darah, sunatan massal, pengobatan umum dan gigi, pelayanan KB, operasi bibir sumbing, pengobatan spesialis (penyakit dalam, jantung serta anak-anak). Selain itu juga akan dilaksanakan pemberian bantuan berupa kacamata baca, alat bantu dengar dan tongkat (kruk).

Peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-77 tahun 2024, dipusatkan di Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar pada tanggal 20 Juli 2024, akan dimeriahkan juga dengan berbagai kegiatan seperti Bazar Murah dan berbagai kegiatan hiburan yang akan hadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M.

Dalam kunjungan Aspotdirga Kasau bersama Danlanud Sultan Hasanuddin, disampaikan juga perkembangan progres pembangunan dan renovasi yang dilaksanakan di Kabupaten Maros dan Takalar seperti renovasi dan pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD), Taman Kanak-Kanak (TK), Posyandu, Mesjid, Sumur bor, Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) dan Bina Keluarga Balita (BKB) yang sedang di kerjakan.

Selain melaksanakan kunjungan Ke Pj Gubernur Sulawesi Selatan Tim Spotdirga Kasau yang dipimpin Paban IV/Bakti TNI AU Spotdirga Kasau, Kolonel Pas Roy R.F.M. Bait, S.I.P. juga melaksanakan audiensi dengan Pemda Kabupaten Maros dan diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Maros, Amiruddin, S. Sos., membahas terkait pelaksanaan Karya Bakti, khususnya di Kabupaten Maros.

Kegiatan Karya Bakti merupakan salah satu program TNI AU bidang pembinan potensi dirgantara sekaligus sebagai wujud Darma Bakti TNI AU, khusunya Lanud Sultan Hasanuddin dalam membantu pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Maros dan Takalar. (Pen Hnd)

Continue Reading

TNI AU

The Roulettes Visit : Everlasting Bonding from Jogja

Published

on

By

(Puspen TNI). Bermalam di Kota Istimewa Jogjakarta, Tim Aerobatic Angkatan Udara Australia (RAAF) “The Roulettes” disambut hangat oleh Jupiter Aerobatic Team, di Lanud Adisucipto, Jogyakarta, beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, The Jupiters dan The Roulettes juga melaksanakan program Subject Matter Expert Exchange (SMEE) yang membahas berbagai topik tentang manuver aerobatik yang baru di kedua tim, prosedur manuver di berbagai bentuk display area,  serta bertukar pengetahuan tentang sistem pengajaran siswa Sekolah Penerbang khususnya “Z” Generation.  Hal ini merupakan momen yang saat baik untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman antara  tim aerobatik kedua negara ini.

Setelah pertemuan yang hangat tersebut “The Roulettes”, pada keesokan harinya kembali melanjutkan home flight menuju Australia.

#tniprima

#profesional

#responsif

#integratif

#modern

#adaptif

Autentikasi: Kabidpeninter Letkol Cba Tedi Rudianto

Continue Reading
Advertisement

Trending