Connect with us

TNI AL

PERTAHANKAN KESIAPSIAGAAN TEMPUR, KRI DIPONEGORO-365 LAKSANAKAN GUNNERY EXERCISE DI ZONA BARBARA, LAUT MEDITERANIA

Published

on

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 25 Mei 2024 – Guna mempertahankan kesiapsiagaan tempur, KRI Diponegoro-365 yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, melaksanakan Gunnery Exercise (GUNNEX) atau latihan penembakan di Zona Barbara, Laut Mediterania, Lebanon pada Selasa (21/05), pekan ini.

Gunnex dilaksanakan sebanyak 4 sesi yaitu penembakan Meriam OSRG 76 mm dengan metode remote Pusat Informasi Tempur (PIT) dan metode manual dari Target Designated Sight (TDS), penembakan Mitraliur Vector G2 20 mm kanan dan kiri, dilanjutkan dengan penembakan SKWS Terma Decoy secara remote PIT dan manual (CU anjungan) sebagai simulasi menetralisir ancaman incoming missile, serta diakhiri dengan penembakan sniper tipe AX 7,62 mm dalam skenario menghadapi ancaman asimetris.

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menjelaskan bahwa latihan penembakan ini merupakan sarana yang sangat penting dalam menguji fungsi dari sistem Sensor, Weapon and Command (Sewaco) yang dimiliki oleh kapal dan mempertahankan profesionalisme serta naluri tempur prajurit pengawak dalam menghadapi perkembangan situasi yang sangat kompleks dan dinamis terutama di daerah misi perairan Lebanon.

Bentuk latihan seperti ini selaras dengan visi Panglima TNI “PRIMA”, yang salah satunya adalah TNI harus profesional dalam memenuhi segala tuntutan tugas yang diberikan terutama di daerah konflik seperti Lebanon yang sampai dengan saat ini belum ada tanda-tanda akan menuju ke arah yang lebih kondusif.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam berbagai kesempatan menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang saat ini tengah menjalankan misi perdamaian dunia untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam situasi apapun guna menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Lantamal I Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Qurban

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Senin (17/6/2024).

Bertindak selaku Imam dan Penceramah pada pelaksanaan yakni Ustadz Untung Auliya, S.S., M.Ag., yang menyampaikan isi Hutbahnya yakni, Idul Adha dinamakan Hari Raya Haji, juga dinamakan Hari Raya Qurban karena merupakan Hari Raya yang menekankan pada arti berkorban.

Qurban itu sendiri artinya dekat, sehingga Qurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala, diberikan kepada fuqoro’ wal masaakiin.

Selesai Shalat Idul Adha dilaksanakan ramah tamah di Gedung Yos Soedarso Mako Lantama I. Kemudian acara dilanjutkan penyerahan Hewan Qurban oleh Danlantamal I didampingi Ketua Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, sejumlah 2 ekor sapi dan 17 ekor kambing kepada Panitia Qurban di Dermaga Lantamal I Untuk dilaksanakan penyembelihan dan dibagikan kepada masyarakat sekitar Belawan, anak yatim piatu dan tukang becak, serta Phl Mako Lantamal I.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wadan, para Prjanat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal I, para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal I, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Masyarakat Berbondong-Bondong Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Mako Lanal Bintan Bersama Forkopimda Bintan

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Bintan bersama jajaran Forkopimda Bintan melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 H/ 2024 M, bertempat di Lapangan Hang Tuah Mako Lanal Bintan, Jalan Jenderal Sudirman No.10, Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau. Bertindak sebagai Khatib adalah Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K., dan Iman Ustadz Beni Pratama, S.H., Senin (17/06/2024).

Dalam khotbahnya Khatib menyampaikan bahwa keagungan hari ini ditandai dengan bergemanya takbir, tahmid, dan tahlil dari orang-orang mukmin seantero dunia, sejak diawali malam 10 Zulhijjah, terus bergema, menembus hati yang suci orang-orang yang beriman, kita memuji keagungan Allah, kita menyadari bahwa kita adalah makhluk-Nya hamba-Nya yang lemah, penuh dengan noda dan dosa. Semoga hari ini dapat kita jadikan sebagai momentum indah untuk menanamkan kembali akan eksistensi diri sebagai raga yang wajib mengabdi kepada-Nya.

Hari Raya Haji ini, juga dikenal dengan Hari Raya Qurban, disebut demikian karena hari ini, umat Islam setelah melaksanakan Sholat Idul Adha, disunahkan memotong hewan qurban. Memang, qurban bukanlah merupakan ibadah yang wajib, namun sangat diutamakan bagi yang mempunyai kemampuan, sehingga Rasulullah menganggap tidaklah sepantasnya, seorang mukmin yang mampu namun enggan berqurban untuk mendekati tempat Shalat Idul Adha. Shalat dan Qurban adalah dua perintah yang sejajar harus dilakukan, sebagai pertanda rasa syukur atas berbagai nikmat yang diberikannya.

Selesai pelaksanaan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan acara penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Bupati Bintan yang didampingi Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., beserta Forkopinda lainnya kepada Ketua Panitia Ibadah Qurban Dansatma Lanal Bintan Kapten Laut (PM) Hadi Kuswanto, untuk selanjutnya dilaksanakan pemotongan hewan qurban dan penyaluran daging kurban kepada masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih kepada Bupati atau Pemerintah Kabupaten Bintan yang telah menyelenggarakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Mako Lanal Bintan, serta ucapan terima kasih kepada Panitia Perayaan Idul Adha dari Pemda Kabupaten Bintan, personel TNI, swasta maupun masyarakat yang telah turut serta berpartisipasi dalam merayakan Sholat Idul Adha. Selanjutnya hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada yang berhak menerima.

Demikian juga ucapan Alhamdulillah bahwa tahun ini kita semua dapat menyelenggarakan Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban, serta ramah tamah jajaran Forkopimda Bintan bersama masyarakat sekitar yang ada di Tanjung Uban, sehingga hubungan harmonis antara aparat pemerintah di Bintan dengan masyarakat semakin terasa.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Teladani Sikap dan Perilaku Nabi Ibrahim A.S, Lanal Sabang Selenggarakan Qurban

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., ikut serta merayakan Hari Raya Idul Adha bersama Prajurit Lanal Sabang, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (17/6/2024).

Hari Raya Idul Adha atau yang familiar disebut dengan Hari Raya Qurban merupakan salah satu point dalam bermuamalah kepada Allah SWT, datangnya Hari Raya Qurban memberikan kebahagiaan bagi seluruh umat Islam diseluruh dunia, tak terkecuali umat Islam yang ada di Indonesia.

Perayaan Hari Raya Qurban di Kota Sabang dan momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M Tahun ini terasa sangat spesial dikarenakan Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., beserta keluarga dapat berkumpul bersama Prajurit Lanal Sabang sekaligus halal bihalal guna mempererat silaturahmi serta membangun hubungan harmonis.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanal (Danlanal) Sabang memberikan contoh dan teladan kepada Prajurit dengan ikut serta berqurban 1 (satu) Ekor Sapi jenis Brahma dan 1 (satu) Ekor Kambing, juga turut serta memotong hewan qurban yang sudah diniatkan karena Allah SWT.

Sebagaimana Nabi Ibrahim A.S memberikan tauladan dengan melakukan perintah Allah SWT (Qurban) tidak lain kecuali diniatkan untuk Taqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

Turut hadir dalam kegiatan sebagai berikut, Komandan Lanal Sabang, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab I DJA I, Perwira Staf, Bintara, Tamtama, PNS, dan P3K Lanal Sabang.

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

Trending