Connect with us

POLRES

Polsek Metro Gambir Tangkap Pelaku Peredaran Dollar Palsu

Published

on

Jakarta Pusat – Polsek Metro Gambir, Polres Metro Jakarta Pusat menggagalkan peredaran uang Dollar (USD) palsu, berawal dari temuan segepok uang di Hotel. 

Kapolsek Metro Gambir Kompol Jamalinus Nababan mengatakan, dari pengungkapan tersebut pihaknya mengamankan tiga tersangka yang masing-masing berinisial HTS, (40), SD (42), AW (34), MAW (27), dan BH (51).

Jamalinus menuturkan, terbongkarnya kasus pemalsuan uang tersebut bermula ketika pengelola hotel di kawasan Gambir menemukan tas berisi gepokan uang Dollar dari dalam kamar nomor 637 pada 26 Mei 2024, sekira pukul 14.00 Wib.

Mendapati hal itu, pengelola Hotel pun segera melaporkan penemuannya ke Polsek Metro Gambir.

Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata uang palsu tersebut milik seorang tamu berinisial AW yang merupakan warga negara asing (WNA) asal Nigeria.

Uang Dollar palsu tersebut tertinggal di dalam laci lemari.

“Kita melakukan pengecekan keaslian dari uang Dollar tersebut ternyata diketahui bahwa uang tersebut adalah palsu,” kata Jamalinus di Mapolres Metro Jakarta Pusat pada Senin, 3-5-2024.

Setelah melakukan penyelidikan, Polisi berhasil menemukan lokasi keberadaan AWH.

“Pada hari Senin tanggal 27 Mei pelaku inisial AW berada di apartemen kawasan Menteng, Jakarta Pusat kemudian kita bergerak ke sana dan berhasil mengamankan 3 orang di Apartemen tersebut,” tambahnya.

Tiga pelaku yang diamankan yakni masing-masing berinisial AW, BH, dan MAW. 

Dari penangkapan tiga tersangka, kemudian Polisi melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan dua tersangka lain yakni HTS dan SD, keduanya ditangkap di Apartemen kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dari tangan keduanya, Polisi menyita amplop coklat berisi 49 lembar black Dollar, kantong plastik hitam berisi 127 lembar uang Dollar, dan kantong plastik putih berisi 1.364 lembar uang Dollar yang diduga palsu.

Jamalinus mengungkapkan, jika di Rupiahkan uang Dollar palsu tersebut bernilai sekitar Rp 300 juta.

Atas perbuatannya kelima tersangka dijerat Pasal 244 KUHP tentang pemalsuan dan peredaran uang palsu dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

(Polres Metro Jakarta Pusat)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

POLRES

Iptu Aang Suryana Mengantarkan Pulang Seorang Tuna Netra

Published

on

By

Jakarta Pusat – Iptu Aang Suryana melaksanakan kunjungan di Pos Kamling RW 08 Jl. Matraman Dalam Kelurahan Pegangsaan Menteng, kemudian memberikan pelayanan kepada warga Sudarmani seorang tuna netra yang akan pulang kerumahnya. Senin, (17/7/2024).

Meneruskan pesan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, melalui Kapolsek Metro Menteng Kompol Bayu Marfiando, kepada Iptu Aang Suryana agar membantu warga masyarakat yang memerlukan bantuan Polisi.

Iptu Aang Suryana mengantarkan pulang kerumah Sudarmani (seorang tunanetra) yang berjalan di malam hari melintas di Pos Rw. 008 serta memantau Pos Kamling bersama petugas untuk bersama-sama ikut menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan agar tetap aman.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Continue Reading

POLRES

Patroli Ke Pusat Perbelanjaan Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Published

on

By

Jakarta Pusat – Kapolsubsektor Rawasari Aiptu Prayogo bersama Panit Sabhara Bripka Suroto melaksanakan patroli ke pusat perbelanjaan Lottemart Green Pramuka Square Cenpaka Putih Jakarta Pusat. Selasa (18/6/2024)

Meneruskan pesan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro untuk antisipasi adanya gangguan kamtibmas.

Prayogo menyampaikan agar antisipasi peningkatan jumlah pengunjung yang datang. Ingatkan pengunjung agar selalu menjaga barang bawaanya. Apabila mengajak putra putrinya agar selalu didampingi jangan sampai terpisah. Jika menemukan hal hal yang mencurigakan dan memerlukan bantuan Polisi hubungi Polsek Cempaka Putih atau Call Center 110.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Continue Reading

POLRES

Sambang Dan Patroli Dialogis Kapolsusektor Cempaka Putih Barat

Published

on

By

Jakarta Pusat – Kapolsubsektor Cempaka Putih Barat Aiptu Ahmad Zaini melaksanakan sambang dan patroli dialogis di Jalan Cempaka Putih Barat XXI Cempaka Putih Jakarta Pusat. Selasa (18/6/2024)

Meneruskan pesan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro melalui Aiptu Ahmad Zaini agar warga masyarakat turut serta menjaga keamanan dan ketertiban.

Dalam kegiatan tersebut Zaini tidak lupa memberikan himbauan kamtibmas kepada Aji dan warga lainya. Zaini menghimbau agar warga selalu waspada karena pelaku tindak pidana mengenal waktu dan tempat. Salah satunya selalu memarkirkan kendaraan ditempat yang aman dan tambahkan kunci pengaman.

Zaini juga berharap kepada para orang tua untuk selalu menjaga anak anaknya jangan sampai terlibat tawuran, pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba. Selalu ingatkan putra putrinya agar jangan keluar rumah sampai larut malam. Apabila memerlukan bantuan Polisi hubungi Polsek Cempaka Putih atau Call Center 110.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Continue Reading

Trending