Connect with us

TNI AL

Posal Muara Kubu Jajaran Satrol Lantamal XII, Evakuasi 8 Pemancing Yang Terdampar di Perairan Padang Tikar

Published

on

Kubu Raya, TNI AL-Lantamal XII. Tim SAR gabungan terdiri dari Basarnas Kayong Utara, Polairud Teluk Batang, Polairud Muara Kubu, KPLP Muara Kubu dan Pos Angkatan Laut Muara Kubu mengevakuasi delapan orang pemancing yang terdampar akibat mesin perahunya mati di Perairan Padang Tikar Kabupaten Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat. Senin 1 Januari 2024.

“Alhamdullilah delapan pemancing berhasil kami evakuasi menggunakan Rigit Inflateable Boat (RIB) dalam kondisi selamat ke Pos Angkatan Laut pagi tadi” kata koordinator SAR Akhyar dalam keterangannya di Pos Angkatan Laut Muara Kubu.

Peristiwa itu bermula ketika delapan para pemancing berangkat dari Sungai Kakap menggunakan KM. Sinar Pagi menuju titik pemancingan di perairan Padang Tikar, namun kemudian mengalami mesin perahu mati dan terombang ambing gelombang.

Selanjutnya supaya tidak terbawa arus lebih jauh lagi maka salah satu pemancing yang juga sebagai nakhoda kapal melepaskan jangkar dan berusaha tetap mencoba menyalakan mesin perahu tersebut akan tetapi karena upaya tidak berhasil, akhirnya meraka pasrah.

Dalam keadaan seperti itu, salah satu pemancing menghubungi keluarganya untuk meminta bantuan, kami dari Pos Angkatan Laut mendengar info dari radio bahwa ada informasi minta bantuan evakuasi, selanjutnya kami berkoordinasi dengan Marnit Patroli Airud Muara Kubu, KPLP Muara Kubu dan Basarnas Pontianak untuk mengambil tindakan pertolongan.

Selanjutnya Basarnas Kayong Utara menuju Perairan Padang Tikar untuk membawa delapan orang pemancing ke Pos Angkatan Laut Muara Kubu terdekat untuk diserahkan, selanjutnya delapan orang pemancing ini kami mintakan diperiksa ke Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan ringan kondisi kesehatannya.

Setelahnya itu kami serahkan ke Pos Marnit Patroli Airud Muara Kubu untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan beristirahat, besok pagi rencana mereka akan dipulangkan menuju rumah masing-masing menggunakan kapal Tambang Penumpang dari Padang Tikar menuju Rasau Jaya Pontianak”. Ucap Danposal Muara Kubu Peltu Jas Gunawan. ( Dispen Lantamal XII )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Antar Keberangkatan Kadiskual

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Asrena Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, S.E., dan Kakuwil Lantamal I Kolonel Laut (S) Irwan Kurniawan, M.Tr. Hanla., mengantar keberangkatan Kadiskual Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., beserta istri dan rombongan, bertempat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (20/7/2024).

Adapun keberangkatan Kadiskual beserta rombongan, telah selesai melaksanakan kunjungan kerja di Lantamal I yakni kegiatan Rekonsiliasi Internal Semester I Tahun 2024 TNI AL, untuk selanjutnya kembali ke Jakarta.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Dampingi Ketua Cabang IV DJA I Laksanakan Kunjungan Budaya

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto mendampingi Ketua Korcab IV DJA I Ny. Erni Tjatur Soniarto bersama pengurus melaksanakan kunjungan budaya ke Vihara Budha Darma Galang Batang Gunung Kijang, Bintan, Jum’at (19/07/2024).

Vihara Budha Dharma atau Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dikenal dengan “Vihara Patung Seribu” atau Patung Lohan. Vihara Patung Seribu atau Patung Seribu terletak di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva merupakan tempat ibadah umat Budha dan objek wisata religi. Banyak wisatawan yang datang pada akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I mendampingi Ketua Korcab IV DJA I bersama rombongan menyempatkan melihat dan menyimak penjelasan dari penjaga Vihara tersebut, atas kemegahan bangunan yang saat ini juga dijadikan salah satu destinasi wisata di Bintan Kepulauan Riau, sehingga kawasan tersebut sudah mulai dikenal khalayak ramai baik lokal maupun mancanegara.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I Lanal Bintan Bersama TK Hang Tuah Tanjung Pinang Adakan Lomba Mewarnai Back To School

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Untuk memupuk dan menggali potensi siswa-siswi anak didik serta untuk membangkitkan kreativitas anak-anak, Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I Lanal Bintan bersama TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang mengadakan ajang lomba mewarnai “Back To School” untuk siswa-siswi TK yang ada di Kota Tanjung Pinang. Kegiatan Back To School tersebut dilaksanakan di Kota Tanjung Pinang, Sabtu (20/07/2024).

Lomba yang diadakan ini dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional. Anak-anak tidak sekedar mewarnai tetapi juga menambahkan gambar dari gambar yang sudah disediakan panitia.

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto yang juga hadir mendampingi siswa-siswi TK di Kota Tanjung Pinang mengatakan bahwa lomba mewarnai yang diselenggarakan kali ini bertujuan untuk mengali potensi dan bakat anak-anak, meningkatkan kualitas dan memperluas wawasan anak-anak TK di Kota Tanjung Pinang.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat mempercayakan anak-anaknya sekolah di TK Hang Tuah Tanjung Pinang.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending