Connect with us

Olahraga

PRAJURIT KORPS WANITA ANGKATAN LAUT BERHASIL JUARAI AJANG BERGENGSI MMA FIGHTING CHAMPIONSHIP

Published

on

Fokusindonesia.com, Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 5 November 2023 — Prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yaitu Serda Jas/W Bella Aprillia berhasil menjuarai pertandingan ajang Combat Sport MMA Dankormar Fighting Championship “Tarungga Competition” di kelas 60 kg yang digelar di Balai Prajurit (Bapra) Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Sabtu (04/11).

Kegiatan Dankormar Fighting Championship Tarungga Competition ini merupakan event yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Korps Marinir TNI Angkatan Laut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 78 Korps Marinir.

Prajurit wanita yang berdinas di TNI AL sejak 2022 ini menekuni berbagai ilmu beladiri sejak usia dini. Dengan persiapan yang cukup matang, akhirnya bisa memenangkan ajang bergengsi ini.

Berbagai prestasi yang ditorehkan diantaranya Juara 1 Kejuaraan Nasional Karate BKC di Bandung 2022, Juara 2 Internasional Karate 3rd Open di Batam dan terakhir berhasil menyabet Juara 2 Cabor Wushu Sanda kelas 60 kg putri Pra PON di Aceh Sumut 2023

Tarungga Competition sendiri diikuti 78 peserta TNI Polri dan peserta umum dengan rincian Selebrity Match Exhibition 4 Orang Peserta, Profesional Fighter 4 Orang Peserta dan Amatir Fighter 70 Orang Peserta.

Tujuan dari Tarungga Competition adalah untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa, membina kemampuan diri pada bidang olahraga bela diri serta menguji keterampilan, ketangkasan, kreativitas dan menyatukan berbagai macam jenis keahlian bela diri.

Dalam amanat Dankormar Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, disampaikan bahwa Dankormar Fighting Championship Tarungga Competition pada dasarnya merupakan kegiatan kompetisi pertarungan MMA (Mixed Martial Arts) yang mengedepankan sportifitas dan daya juang sebagai seorang petarung atau fighter.

“Tarungga Competition merupakan suatu event yang dapat mengakomodir kemampuan para fighter sehingga dapat menyalurkan hobi dan skill ke arah yang positif sehingga dapat menciptakan prestasi yang baik”, jelasnya.

Pelaksanaan Dankormar Fighting Championship Tarungga Competition ini selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali untuk mengembangkan SDM TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh serta membentuk prajurit yang unggul dalam bidangnya, dalam hal ini kemampuan bela diri.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Olahraga

Olahraga Bersama dan Menembak Eksekutif Lanal Tarempa Bersama Forkopimda Kepulauan Anambas

Published

on

By

TNI AL, KepulauanAnambas,- Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr. Opsla., menggelar acara Olahraga Bersama dan Menembak Eksekutif bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepulauan Anambas yang diselenggarakan di Lapangan Tembak Sudi Mampir, Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (8/6/2024).

Mengawali acara, Danlanal Tarempa memberikan sambutan sebagai tanda dimulainya acara mengucapkan selamat datang kepada para undangan Forkopimda dan Stakeholder di Kepulauan Anambas, diantaranya Bupati Kepulauan Anambas, DPRD, Sekretaris Daerah, Polres Kepulauan Anambas, Kodim 0318/Natuna, Cabjari, Lanudal, Kemenag, Pengadilan Agama, BPN, Imigrasi, Bea Cukai, Syahbandar, Kesbangpol, Sat pol PP, HNSI, dan Persatuan Wartawan Indonesia di Kepulauan Anambas.

Sebelum melaksanakan menembak, seluruh undangan yang hadir melaksanakan Olahraga Senam Aerobik bersama guna tetap menjaga kebugaran. Selanjutnya seluruh tamu undangan dipandu salah satu Perwira Lanal Tarempa mengikuti dan melaksanakan jalannya Menembak Pistol jenis G2 Combat dengan kategori Menembak Pelan (Slow Fire) jarak 20 meter sikap berdiri.

Sebelum pelaksanan menembak, seluruh peserta mendapatkan arahan dan petunjuk teknis pelaksanaan menembak dengan benar yang diharapkan akan memeperoleh hasil bidikan yang tepat dan sesuai sasaran. Sebanyak 10 sasaran tembak laras pendek (Pistol) disiapkan guna pelaksanaan Menembak Eksekutif yang diselenggarakan Danlanal Tarempa kali ini.

Dalam sambutannya, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana menyampaikan bahwa “Kegiatan Olahraga Bersama dan Menembak Eksekutif ini merupakan ajang silaturahmi, sehingga diharapkan melalui salah satu kegiatan semacam ini saya berharap komunikasi antar pimpinan daerah di Kepulauan Anambas terus terjalin erat”.

Komandan Lanal Tarempa juga menambahkan bahwa kegiatan ini bukan mencari siapa yang terbaik dalam melaksanakan menembak, namun lebih ditekankan kebersamaan kita, kekeluargaan kita dan terus terjalinnya sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan Instansi vertikal di wilayah Kepulauan Anambas sehingga pembangunan daerah dan stabilitas daerah tercapai serta berjalan dengan harmonis.

Menutup kata sambutannya, Danlanal Tarempa menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali untuk menjaga Solidaritas dan Integritas TNI, Polri, serta Instansi Pemerintah lainnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Harus, S.H., M.H., dalam kesempatan kata sambutannya memberikan apresiasi kepada Danlanal Tarempa beserta segenap Prajurit yang telah menyelenggarakan kegiatan semacam ini yaitu Olahraga Bersama dan Menembak Eksekutif. Secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah saya berterima kasih kepada Lanal Tarempa yang telah eksis dan konsisten menjaga stabilitas keamanan daerah serta terus mendukung kebijakan Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas.

Bupati Kepulauan Anambas juga mengaitkan acara tersebut yang digelar Lanal Tarempa seiring menyambut HUT Ke-16 Kabupaten Kepulauan Anambas yang akan jatuh pada tanggal 24 Juni 2024 nanti.

Seluruh rangkaian acara Olahraga Bersama dan Menembak Eksekutif Lanal Tarempa bersama Forkopimda Kabupaten Kepulauan Anambas berjalan dengan aman dan lancar serta acara diakhiri dengan foto bersama.

(Pen Lanal Tarempa)

Continue Reading

Olahraga

UJI KETANGKASAN RENANG PRAJURIT SATLINLAMIL 3 LAKSANAKAN LATIHAN TINGKAT SATUAN RENANG LAUT TRIWULAN II TAHUN ANGGARAN 2024

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 7 Juni 2024 ——- Untuk menguji ketangkasan renang prajurit, Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 menggelar Latihan Tingkat Satuan Renang Laut Triwulan II Tahun Anggaran 2024, bertempat di Kolam Renang Tirto Sagoro 5 dan Pantai Jalaria Lantamal VI Makassar, Kamis (6/6/2024).

Latihan Tingkat Satuan Renang Laut Triwulan II TA 2024 dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 4 hingga 6 Juni 2024 dengan materi latihan teori dan praktek, diikuti sebanyak 67 prajurit, dan dibuka secara langsung oleh Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Si., M.Tr. Hanla., selaku Perwira Penyelenggara Latihan (Papelat).

Dansatlinlamil 3 menyampaikan bahwa kegiatan Latihan Renang Laut ini bertujuan untuk menguji ketangkasan renang prajurit, dimana renang merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit matra laut dalam mendukung penugasan.

“Latihan ini memiliki aspek risiko yang sangat tinggi, maka diperintahkan kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan seluruh materi latihan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan rencana yang telah ditetapkan agar kerugian baik personel maupun materiil dapat dieliminir sekecil mungkin atau Zero Accident,” ujar Dansatlinlamil 3.

Pada kegiatan tersebut, Komandan Satlinlamil 3 terjun langsung mengikuti Latihan Renang Laut bersama prajurit untuk memberikan motivasi dan semangat dalam berlatih. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

Olahraga

Jaga Kebugaran Tubuh, Anggota Lantamal XII Bina Fisik Dengan Jalan Sehat

Published

on

By

Pontianak – TNI AL- Dalam rangka meningkatkan dan membina stamina fisik serta menjaga kebugaran tubuh agar tetap prima, Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan bersama anggota Lantamal XII, usai apel pagi melaksanakan kegiatan jalan sehat menyusuri waterfront sungai Kapuas dengan route Jl.Komodor Yos Sudarso – Jl.Pak Kasih – Jl.Rahadi Usman. Rabu (05/06/2024).

Menurut ilmu kesehatan manfaat jalan kaki secara rutin dapat menjaga berat badan ideal, juga dapat mengontrol gula darah, meningkatkan suasana hati dan membantu melancarkan sistem pencernaan, selain itu dapat menguatkan tulang dan otot kaki, dapat memelihara kesehatan sendi serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal XII menyampaikan bahwa kegiatan olah raga ini penting untuk dilaksanakan karena dengan rajin berolahraga akan meningkatkan stamina kita guna menunjang tugas pokok dan tugas lainnya, salah satunya adalah berjalan kaki.

Dengan olah raga berjalan kaki secara rutin dan teratur, akan terpelihara kesehatannya, serta akan memiliki fisik yang prima sehingga selalu siap dalam melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. (Dispen Lantamal XII)

Continue Reading

Trending