Connect with us

MABES TNI

Presiden RI Didampingi Menhan Prabowo Resmikan Dua Rumah Sakit TNI di Surabaya

Published

on

Fokusindonesia.com, Surabaya – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan 2 Rumah Sakit (RS) TNI di RS. Tk. III Brawijaya dan RSAL Tk. II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

“Peningkatan dalam bidang kesehatan harus menjadi prioritas dalam pertahanan negara. Upaya tersebut ditindaklanjuti dengan peningkatan kemampuan pelayanan RS Tk III Brawijaya dengan kapasitas total 133 bed, 4 ruang VVIP/VIP, 10 bed ICU, 7 ruangan MCU, 14 ruangan poli, 2 unit ruang transfusi darah, 2 unit ruang kebidanan, 2 unit ruangan laboratorium, 2 unit ruangan sterilisasi, 2 unit ruangan farmasi dan 6 unit ruangan operasi,” kata Menhan Prabowo saat menyampaikan laporan kepada Presiden.

Sementara itu, kemampuan pelayanan RS Tk. II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal juga telah ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya memiliki kapasitas 20 bed dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama rawat inap menjadi berkapasitas 100 bed dilengkapi 6 ruangan VVIP/VIP, 16 unit ruangan kelas I, 13 ruangan kelas standar, 7 ruangan ICU, 3 ruangan operasi dan 11 poliklinik.

Program Kementerian Pertahanan dalam bidang kesehatan ini secara keseluruhan adalah program dalam rangka pembangunan peningkatan kemampuan pelayanan pada 25 rumah sakit jajaran Kemhan/TNI, serta peningkatan kapabilitas RSPAD dengan pembangunan Proton Beam untuk penanganan cancer dengan teknologi Proton. Khusus untuk pembangunan fasilitas Proton Beam ini adalah merupakan salah satu pelayanan kesehatan terbaik di kawasan Asia Tenggara saat ini.

Peningkatan pelayanan fasilitas rumah sakit Kemhan/TNI yang dicanangkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo juga merupakan upaya peningkatan pelayanan di bidang kesehatan untuk prajurit serta masyarakat umum.

“Salah satu indikator kemajuan dan kesejahteraan bangsa dapat diukur dari pencapaian tingkat kesehatan melalui pelayanan kesehatan yang optimal. Wujud nyata Kementerian Pertahanan dalam memberikan dukungan kesehatan sebagai salah satu komponen pertahanan negara adalah dengan semakin luas dan terbukanya akses pelayanan kesehatan,” tegas Menhan.

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti peresmian Rumah Sakit (RS) Kemhan/TNI di RS. Tk. III Brawijaya dan RS Tk II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal. Hal tersebut menandai secara resmi pengoperasian dua rumah sakit tersebut. Selain peresmian dan penandatangan prasasti, Presiden RI Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo melakukan meninjau ruang rawat inap, ruang operasi, ruang Medical Check Up (MCU), dan ruang poli Rumah Sakit Tk. III Brawijaya. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI RAKOR RENAKU I TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2024

Published

on

By

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan Anggaran dan Keuangan (Rakor Renaku) I tahun 2024 yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dan dihadiri Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., bertempat di Auditorium Yos Sudarso Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/05/2024).

Kasal dalam sambutannya mengatakan “Tahun 2025 merupakan tahun pertama dari Rencana Strategis (Renstra) tahun 2025 s.d. 2029 dan merupakan Renstra permulaan dari tahapan Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025 s.d. 2045. Saat ini kita juga dihadapkan pada tantangan lain yaitu penyusunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025 s.d. 2044 yang sejalan dengan rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025 s.d. 2045. Di samping itu pemerintah merumuskan tahun 2025 sebagai tahun Indonesia Emas, di mana tahun 2025 tepat berusia seratus tahun bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan bonus demografi usia produktif 70%. Visi Indonesia Emas 2045 yakni sebagai Negara Nusantara Berdaulat Maju dan Berkelanjutan. Visi tersebut menyiratkan tataran besar sebagai harapan untuk mewujudkan cita-cita kita membangun kekuatan TNI Angkatan Laut yang berdaya gentar tinggi serta disegani baik regional maupun internasional. Untuk itu, saya berharap perencanaan tahun 2025 ini akan menjadi sangat strategis untuk meletakkan dasar-dasar transformasi yang kuat dan bahkan menjadi basis untuk tingkat pertumbuhan pada tahapan berikutnya sekaligus menjadi window of opportunity sebelum kita melangkah pada pembangunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025 s.d. 2044 guna mendukung visi Indonesia Emas 2045”.

Selanjutnya Kasal menjelaskan “Kata-kata dari visi Indonesia Emas yaitu Negara Nusantara harus disosialisasikan sebagai lanjutan dari Poros Maritim Dunia. Visi Nusantara ini adalah visi laut atau visi kemaritiman yang lebih kuat. Penyusunan Rencana Kerja TNI Angkatan Laut tahun 2025 diarahkan untuk mendukung program prioritas yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 yang mengusung tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan. Dalam RKP tahun 2025 tersebut anggaran negara akan difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas infrastruktur serta ekonomi inklusif dan berkelanjutan dengan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas, menurunkan ketimpangan, dan menciptakan produk yang ramah lingkungan. Berkaitan dengan tema tersebut, forum Rakor Renaku I TNI Angkatan Laut tahun 2024 harus benar-benar dimaksimalkan sebagai media sinkronisasi bagi seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk merencanakan program kerja beserta dukungan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 secara sinergis dan tepat sasaran”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI EXIT MEETING PEMERIKSAAN BPK ATAS LK KEMHAN DAN TNI TAHUN 2023 PADA UO TNI ANGKATAN LAUT

Published

on

By

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri Exit Meeting Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan (LK) Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan TNI pada Unit Organisasi (UO) TNI Angkatan Laut yang ditutup oleh Inspektur Jenderal Angkata Laut (Irjenal) Laksda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, C.Fr.A. selaku Penanggung Jawab, dihadiri Wakil Penanggung Jawab I Tim Pemeriksa BPK RI Dr. Edy Witono, S.E., M.M., CSFA, CertDA, CIISA bertempat di Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/05/2024).

Irjenal dalam sambutannya mengatakan “Harus ada kesesuaian antara laporan keuangan kementerian dan lembaga dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) sehingga perlu adanya pemeriksaan BPK untuk meyakinkan bahwa laporan keuangan yang telah disusun sesuai dengan SAP dan perundang-undangan. Pengawasan dan pemeriksaan pengelolaan anggaran pertahanan negara di TNI sesuai peraturan perundang-undangan dilaksanakan oleh BPK RI. Pemeriksaan terinci BPK atas laporan keuangan TNI Angkatan Laut tahun 2023 yang merupakan pemeriksaan lanjutan dari pemeriksaan interim atas laporan keuangan yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober s.d. 22 Desember 2023 di Jakarta, Surabaya, Kupang, dan Labuan Bajo. Pemeriksaan terinci BPK atas laporan keuangan Kemhan RI dan TNI pada UO TNI Angkatan Laut dilaksanakan pada tanggal 23 Januari s.d. 27 Mei 2024, dari pemeriksaan ini nanti akan diperoleh opini atas laporan keuangan Kemhan RI dan TNI pada UO TNI Angkatan Laut tahun 2023. Kita semua berharap dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang tentunya opini ini dapat diperoleh dengan usaha dan kerja keras kita bersama dengan mematuhi ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan”.

Wakil Penanggung Jawab I Tim Pemeriksa BPK RI dalam sambutannya mengatakan “BPK RI sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara melaksanakan exit meeting yang merupakan bentuk komunikasi audit BPK RI setelah melaksanakan pemeriksaan. BPK RI setiap tahun mempunyai mandatori melakukan pemeriksaan yang dinamakan general audit baik diminta maupun tidak diminta sesuai peraturan perundang-undangan sebagai bentuk pengelolaan anggaran. Laporan keuangan yang dilaksanakan oleh BPK RI akan menghasilkan opini yang merupakan suatu pernyataan profesional dari pemeriksa atas laporan keuangan yang disajikan oleh TNI Angkatan Laut dengan empat kriteria yaitu sesuai dengan SAP, kecukupan pengungkapan, laporan realisasi anggaran (LRA), dan efektifitas sistem pengendalian internal (SPI). BPK RI dalam melaksanakan general audit melihat dengan fokus implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), manajemen kas, stock opname, aset tetap dan aset lainnya, serta belanja barang dan belanja modal”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AD

848 Catar Mengikuti Tes kesegaran jasmani mani (Garjas )

Published

on

By

Fokusindonesia.com, JAKARTA, – Sebanyak 848 peserta seleksi Calon Taruna ( Catar) mengikuti tes Kesamaptaan Jasmani di lapangan Mako Brigif 1 Kalisari jalan Raya Bogor Jakarta Timur Rabu (29/5/24)

Peserta yang terdiri
212 kelompok peserta yang dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal (25/5) yang mengikuti tes fisik Garjas diantaranya.(a)  Lari dengan waktu 12 menit
kemudian kesegarannya (b)
Full up waktunya 1 menit lanjut ke sit up waktu 1 menit lanjut lagi ke push up 1 menit ditambah shutteran itu lari angka 3 lari angka 8 3 kali setelah itu postur terakhir ketangkasan renang 25 meter dengan gaya bebas

Irjen TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto menyampaikan,dirinya
bersama dengan Calon taruna yang mengikuti kegiatan ini.dirinya
berkesempatan untuk memberikan sebuah motivasi langsung kepada para Catar yang tergabung mengikuti tes tersebut.

“saya mengajak Calon taruna (Catar ) yang kebetulan sedang mengikuti
untuk memberikan motivasi langsung kepada para peserta seleksi Calon Taruna untuk berkesepatan mengikuti Jasmani dagar mereka mendapat suntikan semangat untuk memberikan seluruh kemampuannya agar mendapatkan hasil yang terbaik dari tes tersebut”, ujar nya

Hal Senada disampaikan ,Kajasdam jaya Kolonel inf, Ardianto.
Dalam Penerimaan calon taruna ini Panitia Seleksi menjalankan tugasnya sesuai dengan Prinsip Transparan, Akuntabel, dan Humanis yang nantinya bisa mencetak generasi taruna yang kuat, tangguh, dan Prima dalam melakukan pengabdian melayani masyarakat.ucap Kolonel Ardianto.

Pihaknya berharap kedepan
dapat melahirkan Taruna yang memiliki kondisi yang Prima. tungkasnya (Egi)


Kirim dari Fast Notepad

Continue Reading

Trending