Connect with us

TNI AL

Prioritaskan Karya Anak Bangsa, TNI AL Akan Bangun Kapal Patroli Produksi Dalam Negeri Pada Tahun 2024

Published

on

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 20 Desember 2023 — Guna memenuhi kebutuhan akan kapal-kapal patroli di wilayah perairan Indonesia yang begitu luas, TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan memprioritaskan pembangun kapal-kapal tersebut pada galangan kapal dalam negeri.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali saat memberikan keterangan pers kepada para awak media pada acara Delivery Ceremony KRI Marlin – 877, Patkamla Jefman dan Pengukuhan Komandan KRI Marlin – 877 Serta Penyematan Tanda Pangkat Komandan Patkamla Jefman di Dermaga Utara Baru I, Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kamis (20/12).

“Untuk pengadaan dari anggaran rutin TNI AL, kita akan membangun kapal lagi, tepatnya sekitar 2 sampai 3 kapal, sedangkan untuk Patkamla ada beberapa yang akan dibangun. Semuanya dibangun di dalam negeri sesuai dengan perintah Presiden untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri dan industri perkapalan dalam negeri”, ungkap Kasal.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan bahwa kapal-kapal tersebut akan dibangun pada galangan kapal berbagai wilayah di Indonesia seperti di Batam, Lampung dan beberapa wilayah di Pulau Jawa. Hal ini bertujuan untuk membuat seluruh industri pertahanan dalam negeri dapat berkembang.

Saat ini TNI AL telah banyak menggunakan kapal baik itu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Patroli Keamanan Laut (Patkamla)/Special Mission Combat Boat, Kapal Angkatan Laut (KAL) dan Harbour Tug buatan galangan kapal dalam negeri. Kualitas dari kapal-kapal buatan dalam negeri tidak kalah.

Banyak kapal buatan dalam negeri telah memenuhi standar yang telah ditetapkan, bahkan melebihi ekspetasi yang diinginkan. Seperti KRI Marlin-877 yang bisa mencapai kecepatan maksimal 28 knot dari kecepatan standar 24 knot dan berbagai keunggulan lainnya. Sedangkan Patkamla Jefman memiliki beberapa keunggulan yaitu memiliki Armour Protection Standard STANAG Level 2, mampu beroperasi di medan pesisir laut, alur sungai dan daerah rawa. Dengan kecepatan maksimal 47 Knots dan kelincahan yang dimiliki Special Mission Combat Boat ini mampu memenuhi berbagai misi operasi baik Infiltrasi, Eksfiltrasi maupun misi SAR sangat baik.

Kasal juga menyampaikan bahwa kebutuhan akan kapal-kapal patroli ini penempatannya akan diprioritaskan di wilayah Indonesia Timur tepatnya di wilayah operasi Koarmada III. Dimana pada saat ini pemenuhan akan kapal patroli di wilayah Koarmada III masih dirasa kurang, dihadapkan dengan luasnya wilayah operasi dan ancaman potensial yang dihadapi seperti permasalah wilayah perbatasan, penyelundupan, illegal fishing, narkotika dan ancaman-ancaman lainnya.

TNI AL akan terus berkomitmen untuk melaksanakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), serta mengurangi produk impor. Langkah ini diambil guna mendukung pemerintah dalam meningkatkan perekonomian, sekaligus sebagai wujud kemandirian bangsa dalam pemenuhan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Antar Keberangkatan Kadiskual

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Asrena Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, S.E., dan Kakuwil Lantamal I Kolonel Laut (S) Irwan Kurniawan, M.Tr. Hanla., mengantar keberangkatan Kadiskual Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., beserta istri dan rombongan, bertempat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (20/7/2024).

Adapun keberangkatan Kadiskual beserta rombongan, telah selesai melaksanakan kunjungan kerja di Lantamal I yakni kegiatan Rekonsiliasi Internal Semester I Tahun 2024 TNI AL, untuk selanjutnya kembali ke Jakarta.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Dampingi Ketua Cabang IV DJA I Laksanakan Kunjungan Budaya

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto mendampingi Ketua Korcab IV DJA I Ny. Erni Tjatur Soniarto bersama pengurus melaksanakan kunjungan budaya ke Vihara Budha Darma Galang Batang Gunung Kijang, Bintan, Jum’at (19/07/2024).

Vihara Budha Dharma atau Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dikenal dengan “Vihara Patung Seribu” atau Patung Lohan. Vihara Patung Seribu atau Patung Seribu terletak di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva merupakan tempat ibadah umat Budha dan objek wisata religi. Banyak wisatawan yang datang pada akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I mendampingi Ketua Korcab IV DJA I bersama rombongan menyempatkan melihat dan menyimak penjelasan dari penjaga Vihara tersebut, atas kemegahan bangunan yang saat ini juga dijadikan salah satu destinasi wisata di Bintan Kepulauan Riau, sehingga kawasan tersebut sudah mulai dikenal khalayak ramai baik lokal maupun mancanegara.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I Lanal Bintan Bersama TK Hang Tuah Tanjung Pinang Adakan Lomba Mewarnai Back To School

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Untuk memupuk dan menggali potensi siswa-siswi anak didik serta untuk membangkitkan kreativitas anak-anak, Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I Lanal Bintan bersama TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang mengadakan ajang lomba mewarnai “Back To School” untuk siswa-siswi TK yang ada di Kota Tanjung Pinang. Kegiatan Back To School tersebut dilaksanakan di Kota Tanjung Pinang, Sabtu (20/07/2024).

Lomba yang diadakan ini dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional. Anak-anak tidak sekedar mewarnai tetapi juga menambahkan gambar dari gambar yang sudah disediakan panitia.

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto yang juga hadir mendampingi siswa-siswi TK di Kota Tanjung Pinang mengatakan bahwa lomba mewarnai yang diselenggarakan kali ini bertujuan untuk mengali potensi dan bakat anak-anak, meningkatkan kualitas dan memperluas wawasan anak-anak TK di Kota Tanjung Pinang.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat mempercayakan anak-anaknya sekolah di TK Hang Tuah Tanjung Pinang.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending