Connect with us

TNI AL

Puncak Hari Nusantara 2023, jajaran Kapal Perang TNI AL Dikerahkan ke Tidore

Published

on

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 14 Desember 2023,—TNI AL mengerahkan sebanyak 9 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dalam Sailling Pass pada puncak acara Hari Nusantara tahun 2023, yang digelar di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Rabu (13/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi yang sekaligus merupakan Ketua Pelaksana Pusat Harnus 2023, serta Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Hari Nusantara tahun ini mengangkat tema “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”.

Menteri Perhubungan RI, dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa dengan adanya momen Harnus akan menjadi semangat baru bagi masyarakat, terutama masyarakat Indonesia bagian Timur, sebagai negara yang memiliki keragaman kebudayaan dan kekayaan kemaritiman yang perlu kita syukuri bersama, sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran melalui peningkatan peran dan daya saing daerah.

“Tujuan dari Harnus 2023 adalah untuk memperingati keberagaman budaya, meningkatkan rasa persatuan, menghargai kekayaan alam dan sumber daya, mendorong pariwisata domestik, serta meningkatkan semangat gotong royong dengan memahami arti penting Wawasan Nusantara”, ungkap Menteri Perhubungan.

Pada acara tersebut dilaksanakan penandatanganan Prasasti Tidore Titik Nol Jalur Rempah oleh Menteri Perhubungan yang didampingi oleh Kasal, Anggota DPR RI Ibu Irene Yusiana Roba Putri, Gubernur Maluku Utara K.H. Abdul Ghani Kasuba dan Walikota Tidore Kepulauan Bapak Ali Ibrahim.

Dalam pelaksanaan Sailling pass, TNI AL mengerahkan 9 unsur KRI yaitu KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355, KRI Iskandar Muda-367, KRI Fatahillah-361, KRI Kapak-625, KRI Posepa-870, KRI Layaran-854, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, KRI Dewa Ruci, serta satu Helicopter AS 565 Panther TNI AL. Selain itu para prajurit Jalasena juga menampilkan Demo Sea Cast dari Kopaska Koarmada III di atas KRI Kapak-625.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Antar Keberangkatan Kadiskual

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Asrena Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, S.E., dan Kakuwil Lantamal I Kolonel Laut (S) Irwan Kurniawan, M.Tr. Hanla., mengantar keberangkatan Kadiskual Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, S.E., M.M., beserta istri dan rombongan, bertempat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (20/7/2024).

Adapun keberangkatan Kadiskual beserta rombongan, telah selesai melaksanakan kunjungan kerja di Lantamal I yakni kegiatan Rekonsiliasi Internal Semester I Tahun 2024 TNI AL, untuk selanjutnya kembali ke Jakarta.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Dampingi Ketua Cabang IV DJA I Laksanakan Kunjungan Budaya

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto mendampingi Ketua Korcab IV DJA I Ny. Erni Tjatur Soniarto bersama pengurus melaksanakan kunjungan budaya ke Vihara Budha Darma Galang Batang Gunung Kijang, Bintan, Jum’at (19/07/2024).

Vihara Budha Dharma atau Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dikenal dengan “Vihara Patung Seribu” atau Patung Lohan. Vihara Patung Seribu atau Patung Seribu terletak di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva merupakan tempat ibadah umat Budha dan objek wisata religi. Banyak wisatawan yang datang pada akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I mendampingi Ketua Korcab IV DJA I bersama rombongan menyempatkan melihat dan menyimak penjelasan dari penjaga Vihara tersebut, atas kemegahan bangunan yang saat ini juga dijadikan salah satu destinasi wisata di Bintan Kepulauan Riau, sehingga kawasan tersebut sudah mulai dikenal khalayak ramai baik lokal maupun mancanegara.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I Lanal Bintan Bersama TK Hang Tuah Tanjung Pinang Adakan Lomba Mewarnai Back To School

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Untuk memupuk dan menggali potensi siswa-siswi anak didik serta untuk membangkitkan kreativitas anak-anak, Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I Lanal Bintan bersama TK Hang Tuah 2 Tanjung Pinang mengadakan ajang lomba mewarnai “Back To School” untuk siswa-siswi TK yang ada di Kota Tanjung Pinang. Kegiatan Back To School tersebut dilaksanakan di Kota Tanjung Pinang, Sabtu (20/07/2024).

Lomba yang diadakan ini dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional. Anak-anak tidak sekedar mewarnai tetapi juga menambahkan gambar dari gambar yang sudah disediakan panitia.

Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Erni Eko Agus Susanto yang juga hadir mendampingi siswa-siswi TK di Kota Tanjung Pinang mengatakan bahwa lomba mewarnai yang diselenggarakan kali ini bertujuan untuk mengali potensi dan bakat anak-anak, meningkatkan kualitas dan memperluas wawasan anak-anak TK di Kota Tanjung Pinang.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat mempercayakan anak-anaknya sekolah di TK Hang Tuah Tanjung Pinang.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending