Connect with us

Uncategorized

Respon Keluhan Masyarakat, Prajurit Ajusta Bangun Jembatan Darurat di Daerah Operasi

Published

on

 

Jakarta. Salah satu wujud nyata dari kemanunggalan TNI-Rakyat yaitu dengan berjalannya sinergitas antara TNI dengan masyarakat dimanapun bertugas. Seperti yang dilakukan oleh para Prajurit Satgas Yonarmed 1 Kostrad hadir membantu masyarakat Waesama membangun jembatan darurat yang berlokasi di atas Sungai air Nala, Dusun Waeula, Desa Waemasing, Kec. Waesama, Kab. Buru selatan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M. dalam keterangan tertulisnya di Pos Waesama, Kec. Waesama, Kab. Buru Selatan. Minggu (26/03/2023).

Dansatgas mengatakan, TNI AD Manunggal bersama rakyat merupakan suatu slogan yang harus dibuktikan melalui tindakan nyata di lapangan.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh prajurit di bawah pimpinan Danpos Waesama Lettu Arm Angga Eka ini, merupakan implementasi dari Tujuh Perintah Harian Kasad poin kelima dan keenam, yaitu “TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi serta melakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD,” ungkap Dansatgas

Selain itu, berawal dari banyaknya keluhan masyarakat akan kesulitan akses transportasi untuk menuju ke kabupaten Namrole, Pos Waesama Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad bersama warga bergotong-royong bahu membahu membangun mulai dari penyiapan lahan, pengangkutan material, pembuatan kerangka dan badan jembatan, hingga tahap penyempurnaan sampai dengan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat sekitar.

Jafar Wael selaku Tetua Adat setempat mengaku sangat senang dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggota Pos satgas dalam membantu masyarakat Waesama untuk mengatasi kesulitan rakyat terutama berkaitan dengan akses transportasi untuk membantu sistem perekonomian di daerah tersebut.

“Kami mewakili seluruh masyarakat Waesama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI lebih khususnya Pos Waesama, yang telah membantu kami semua. Semoga Bapak-bapak TNI senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan selama bertugas di Pulau Buru ini. Sekali lagi terima kasih, kami semua sangat senang. TNI AD selalu ada dihati rakyat,” pungkas Jafar Wael. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Uncategorized

Derap Langkah Kowad Kodam Jaya Warnai Upacara Hari Senin

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Kodam Jaya_Jakarta Timur. Upacara bendera hari Senin ini ada yang unik bertepatan dengan Hari Kartini dan Hari Wan TNI dengan semboyan, “bukan mawar penghias taman tetapi melati pagar bangsa”, sebagai petugas upacara bendera dari Prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan PNS Wanita Kodam Jaya/Jayakarta, bertempat di Lapangan Jayakarta Makodam Jaya, Senin (22/4/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Tatang Subarna, Adapun nama-nama Prajurit Kowad Kodam Jaya yang menjadi petugas upacara, mulai dari Komandan Upacara (Dan Up) Irdyalog Itutum Itdam Jaya Letnan Kolonel Caj (K) Noor Afifah, S.E., M.M., Perwira upacara (Pa Up) Kasi Perslog Denmadam Jaya Mayor Caj (K) Ririn Muchzawarni sedangkan pembaca UUD 45, Lettu Cba (K) Leni Marlina dan pengucap Saptamarga Letda Cba (K) Tasya Nabila dari Bekangdam Jaya serta Pembaca Panca Prasetya Korpri PNS Salma Kalau, S.IP, S.H dari Kumdam Jaya.  Sementara untuk pembaca Do’a Serma (K) Anik Wijayanti dari Slogdam Jaya dan pengibaran bendera dari Kowad satuan Pomdam Jaya.

Upacara Bendera kali ini ada yang berbeda, dengan petugas perempuan baru pertama kali ini dilakukan, dalam rangka memperingati hari Kartini dan Hari Wan TNI, dengan tujuan untuk menunjukkan peran serta Kowad dalam melaksanakan tugas yang bersifat non-tempur sesuai kodrat dan emansipasi.

“Kowad sebagai perwujudan Kartini masa kini yang harus terus belajar dan mengembangkan wawasan, sehingga kemampuannya sejajar dengan prajurit pria. Melalui kecerdasan dan ketangguhannya, Kowad dapat mengharumkan nama kaum perempuan yang dahulunya dianggap sebagai makhluk lemah,”.

Sumber (Pendam Jaya)

Continue Reading

Uncategorized

Pangkostrad Pimpin Sertijab Pejabat Kostrad dan Tradisi Korps Prajurit Kostrad

Published

on

By

Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa memimpin langsung upacara serah terima jabatan (Sertijab) pejabat Kostrad, antara lain Kaskostrad, Irkostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asops, Aslog, Aster Kaskostrad, Danpom Kostrad, Kazi Kostrad dan Kapal Kostrad serta Tradisi Korp Prajurit Kostrad, bertempat di Ruang Mandala, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024).

Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., menyerahkan jabatan Kaskostrad Kepada Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Mayjen TNI Reza Utama, menyerahkan jabatan Irkostrad kepada Mayjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., Brigjen TNI Budi Kusworo menyerahkan jabatan Kapok Staf Ahli Pangkostrad kepada Brigjen TNI Hamim Tohari, M.A., Brigjen TNI Christian Tehuteru menyerahkan jabatan Asops Kaskostrad kepada Kolonel Inf Maychel Asmi, P.S.C., S.E., M.Han., Brigjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., menyerahkan jabatan Aslog Kaskostrad kepada Brigjen TNI Esy Suharto, S.Sos, Brigjen TNI Clement Siahaan menyerahkan jabatan Aster Kaskostrad kepada Kolonel Inf Mokhamad Yasin, S.Sos.

Selain itu beberapa Dan/Kabalak Kostrad yang melaksanakan sertijab diantaranya Kolonel Cpm Tugino menyerahkan jabatan Danpom Kostrad kepada Kolonel Cpm Faisal Amin Lubis, Kolonel Czi Asep Rahmat, S.I.P, M.H., menyerahkan jabatan Kazi Kostrad kepada Kolonel Czi Santy Karsa Tarigan, S.E., M.M., dan Kolonel Cpl Adolf Simanjuntak, S.Sos., menyerahkan jabatan Kapal Kostrad kepada Kolonel Cpl Heri Purwanto, S.I.P.

Dalam sambutannya, Pangkostrad mengatakan jika Serah terima jabatan merupakan dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan. Hal ini bertujuan sebagai kaderisasi, kinerja dan produktivitas satuan serta pengembangan karier Perwira yang bersangkutan.

Pangkostrad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para pejabat lama atas kinerja, dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya, sehingga organisasi yang diawakinya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga pengalaman selama bertugas di satuan Kostrad dapat menjadi bekal dalam menjalankan tugas di tempat yang baru.

“Kepada pejabat baru saya ucapkan ”Selamat datang” dan selamat atas kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh Pimpinan TNI AD untuk menjabat sebagai Kaskostrad, Irkostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asops, Aslog, Aster Kaskostrad, Waasren Kostrad, Waasops, Waaspers, Waaslog Kaskostrad, Danpom, Kazi dan Kapal Kostrad,” kata Pangkostrad.

“Saya yakin dan percaya, dengan berbagai pengalaman dan penugasan sebelumnya, para Perwira akan mampu mengemban tugas jabatan baru, semoga dapat mendorong motivasi dan kreativitas serta dedikasi dan loyalitas tinggi bagi terwujudnya satuan lebih baik, sehingga keberhasilan yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya dapat ditingkatkan,” tambah Pangkostrad.

Selain itu, Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan jika pada kegiatan ini juga kita melaksanakan Acara Tradisi Korps Prajurit Kostrad, yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa korsa, semangat dan rasa bangga terhadap satuan, karena dalam kehidupan prajurit jiwa korsa sangat diperlukan, sehingga perlu dipupuk dan dikembangkan dalam rangka membina kecintaan dan tanggung jawab yang pada akhirnya akan terwujud soliditas yang baik.

“Kepada para Pati dan Pamen yang mengikuti Tradisi Korps, saya selaku pribadi dan atas nama prajurit Kostrad, mengucapkan “selamat” atas kehormatan menjadi keluarga besar Kostrad, sikapi kepercayaan dan kehormatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan menghadirkan karya-karya terbaik sepanjang masa pengabdian saudara nantinya di Kostrad maupun di luar Kostrad,” ujar Pangkostrad.

Diakhir sambutannya, Pangkostrad berharap agar serah terima jabatan ini dijadikan sebagai upaya untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih responsif terhadap dinamika lingkungan dan tantangan tugas mendatang, dengan membawa semangat dan penyegaran, pemikiran baru untuk menghasilkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas dari waktu ke waktu. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

Uncategorized

Danlanal Nias Hadiri Penyambutan Jenazah Almarhum Iwan Sutrisman Telaumbanua

Published

on

By

TNI AL, Nias,- Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr Hanla., M.M., CHRMP., didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab II DJA I Ny. Indria Wishnu Ardiansyah menghadiri acara Penyambutan Jenazah Almarhum Iwan Sutrisman Telaumbanua (Casis Bintara TNI AL Tahun 2022), bertempat di Rumah Duka, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Jumat (19/4/2024)

Penyambutan jenazah juga dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, S.H., beserta Ibu, Kapolres Nias Selatan diwakilkan oleh Kapolsek Gomo, Dandim 0213/Nias diwakilkan oleh Danramil II/Gomo.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu rohani, Doa oleh Pastor Paroki, Sepatah Kata dari keluarga Almarhum Iwan Sutrisman Telaumbanua, Kata Sambutan dari Komandan Lanal Nias, Kapolres Nias Selatan yang diwakili oleh Kapolsek Gomo, Komandan Kodim 0213/Nias diwakili oleh Danramil II/Gomo, Kepala Desa Orahili Gomo, Arahan dan Bimbingan dari Wakil Bupati Nias Selatan, Kebaktian yang dipimpin oleh Pastor Paroki Lahusa-Gomo, Nias Selatan.

(Pen Lanal Nias)

Continue Reading

Trending