Connect with us

Bisnis

Revitalisasi Ekonomi Melalui Kemasan Berkelanjutan: PackindoStar 2024 Kembali Digelar

Published

on

Kabar17.id, Jakarta – IPF (Indonesia Packaging Federation) berperan penting dalam mendorong perkembangan industri kemasan di dalam negeri melalui perhelatan bergengsi tahunan, PackindoStar 2024. Dalam acara ini, para pelaku industri kemasan, pemilik merek, dan mahasiswa bergabung untuk menciptakan desain kemasan yang tidak hanya berkualitas tinggi, tetapi juga dapat bersaing di panggung internasional seperti WorldStar dan AsiaStar.

Business Development Director, Ariana Susanti mengatakan PackindoStar 2024 menawarkan empat kategori menarik: Consumer Package, Transport Package, “Student Package, dan Sustainability Package. Dari perusahaan kemasan hingga pemilik merek yang ingin mengekspresikan kreativitas mereka, hingga mahasiswa yang ingin menunjukkan bakat mereka dalam desain kemasan, semua dapat berpartisipasi,” ujarnya di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 4 Juni 2024.

Kategori Sustainability Package, dengan dua sub-kategori yang menarik, memperluas cakupan partisipasi, mengundang industri, LSM, mahasiswa, serta lembaga terkait untuk berkontribusi dalam membangun masa depan kemasan yang lebih berkelanjutan.

Sustainability Award diadakan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi pemilik merek, pembuat regulasi, dan inovator material dalam hal kemasan yang mematuhi prinsip Ekonomi Sirkular. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi teknologi dengan dampak lingkungan minimal. Kategori Sustainability Package terbagi menjadi sub-kategori Komersial dan Konsep, dan desain yang sudah diikutsertakan dalam kategori lain dapat langsung ikut serta dalam Sustainability Awards,” tutur Ariana.

Pada sub-kategori Komersial, IPF bersama PEFC menyelenggarakan PEFC Forest-Positive Packaging Award 2024 untuk pengguna bahan kemasan berbahan dasar serat (kertas dan karton) yang bersertifikat PEFC. Sedangkan pada sub-kategori Konsep, fokusnya adalah pada deskripsi teknologi dan dampak positif dari kemasan berkelanjutan tanpa mengorbankan fungsionalitasnya. Para peserta diharapkan dapat menyampaikan gagasan inovatif dalam pengembangan kemasan berkelanjutan.

Selain itu, PackindoStar juga menyediakan kategori lain seperti Consumer Package, Transport Package, dan Student Package, yang memberikan penghargaan bagi para pemenang dengan sertifikat penghargaan, hadiah, dan kesempatan untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional seperti AsiaStar dan WorldStar. Timeline kegiatan PackindoStar 2024 mencakup registrasi, penjurian, pengumuman pemenang, dan acara pemberian penghargaan, yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada bulan November.

Kategori ini termasuk kategori komersial yang dapat diikuti oleh brand owner dan industry pengemasan.

Market Engagement Manager, Arie Putra menuturkan melalui PackindoStar kategori komersial ini, IPF memberikan ruang apresiasi bagi praktisi industry kemasan dan brand owner. Mereka secara konsisten terus berkarya menghasilkan kemasan yang semakin baik ditengah kendala yang ada. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan brand owner untuk mempromosikan produk mereka.

“Penilaian juri untuk kategori Consumer Package menitikberatkan pada tampilan packaging yang menarik dan kepraktisan bagi konsumen. Sementara untuk penilaian kategori Transport Package mengutamakan fungsi packaging dalam membantu proses supply chain (logistik, transportasi dan distribusi),” ujarnya.

Kategori Student Package, Kategori ini dapat diikuti oleh pelajar dan mahasiswa. Perkembangan design kemasan tidak lepas dari kreativitas tinggi kalangan muda terutama mahasiswa. Design yang diajukan mahasiswa sering kali sangat segar dan inovatif bahkan membawa trobosan yang tidak terpikirkan oleh kalangan industry. Untuk itu PackindoStar kategori mahasiswa ini menjadi kategori yang ditunggu tunggu oleh banyak pihak. Tidak jarang hasil karya finalis digunakan langsung oleh UMKM dan brand owner produk terkemuka.

Hal yang menarik dari penyelenggaraan PackindoStar kategori mahasiswa adalah, peserta tidak dikenakan biaya registrasi sama sekali, malah pemenangnya akan memperoleh hadiah puluhan juta rupiah dan sertifikat penghargaan dari IPF untuk bisa mengikuti lomba AsiaStar dan WorldStar. Diharapkan mahasiswa dapat lebih bersemangat dalam merampaikan kegiatan PackindoStar 2024 ini.

Apresiasi untuk Pemenang PackindoStar

  • Semua pemenang PackindoStar akan ditampilkan di situs web PackindoStar. 

Pemenang kategori Consumer package dan Transport Package yang diikuti oleh industry akan mendapatkan:

  • Certificate of recognition dari PackindoStar untuk mengikuti AsiaStar dan WorldStar Awards.
  • Trophy PackindoStar.
  • Pemenang berhak menggunakan logo.

PackindoStar pada kemasan produk dan media promosi lainnya sebagai wujud apresiasi IPF atas partisipasi peserta dalam kegiatan kompetisi ini.

Pemenang PackindoStar kategori Student Package yang diikuti oleh pelajar maupun mahasiswa akan mendapatkan:

  • Certificate of recognition dari PackindoStar untuk mengikuti AsiaStar dan WorldStar Awards.
  • Hadiah total puluhan juta rupiah untuk para pemenang.
  • Pemenang akan difasilitasi untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional yakni AsiaStar dan WorldStar.

Pemenang Sustainability Award (sub-kategori Commercial & Konsep)

  • Certificate of recognition dari PackindoStar untuk mengikuti AsiaStar, WorldStar Awards, dan Sustainability Awards – Packaging Europe.
  • Trophy Sustainability Award Timeline Kegiatan PackindoStar 2024.
  • Opening registrasi, 1 Juni 2024.
  • Closing registrasi, 30 Agustus 2024.
  • Deadline submission materi kelengkapan, pendaftaran, 30 Agustus 2024.
  • Penjurian, 5 September 2024.
  • Pengumuman pemenang, 10 September 2024.
  • Award ceremony, 8 November 2024 di Bali.

“PEFC Forest-Positive Packaging Award 2024”

Untuk category Sustainability Package dengan sub-category komersial, IPF Bersama PEFC menyelenggarakan PEFC Forewst Positive Packaging Awards 2024

Kriteria Kelayakan untuk Peserta

Bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para pengusaha di industri pengemasan yang telah

mendapat sertifikasi PEFC dalam mendorong pertumbuhan hutan yang berkelanjutan.

Setiap produsen kemasan, konverter, pencetak maupun brand owner dapat mengikuti kompetisi ini

apabila telah memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku. 

Pendaftar harus menunjukkan bahwa kemajuan dalam keberlanjutan telah diterapkan di dalamnya 18 bulan terakhir dan menunjukkan inisiatif signifikan yang berfokus pada keberlanjutan dan metrik yang dihasilkan.

Kriteria Peserta

  1. Sumber bahan baku yang bertanggung jawab: bahan yang berbahan dasar serat harus berasal Hutan yang dikelola lestari bersertifikat IFCC / PEFC.
  2. Bukti sumber: produk bersertifikat PEFC CoC

Jika diajukan oleh pemilik brand, maka harus menunjukan bukti bahwa suppliernya harus yang memiliki sertifikasi PEFC CoC atau sedang dalam proses.

Kriteria Penilaian

Para juri mempertimbangkan kriteria berikut:

  • Bahan berbasis serat bersertifikat PEFC: preferensi diberikan pada bahan kemasan yang 100% berbahan dasar serat yakni kertas dan karton.
  • Solusi Akhir Masa Pakai: Kemasan harus dirancang dengan mempertimbangkan solusi akhir masa pakainya, seperti didaur ulang/ dibuat kompos/dapat terurai secara hayati, untuk memastikannya pembuangan dan pengurangan limbah secara bertanggung jawab. 
  • Mengubah perilaku. Apakah kemasan memberikan dampak positif bagi konsumen perilaku tertentu dalam konteks keberlanjutan? misalnya telah bersertifikasi dengan pencantuman logo PEFC.
  • Inovasi dan Kreativitas: Desain kemasan inovatif dan kreatif yang bertujuan keberlanjutan dapat pula diakui.

Jika masuk kategori ini, Anda perlu menyertakan informasi pemegang sertifikat, dengan membuat ulasan mengapa kemasan ini berkelanjutan, termasuk bahan yang digunakan dan dampaknya terhadap lingkungan. Dewan Juri akan mencari bukti dari kemasan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

Loopline Coffee Hadir di Pluit dengan Konsep Japanese Modern yang Unik

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – Loopline Coffee resmi membuka gerai pertamanya di Pluit, mengusung konsep Japanese Modern yang terinspirasi dari Yamanote Line Jepang. Menggabungkan estetika modern dan keunikan budaya Jepang, interior toko ini dirancang sangat instagramable, menjadikannya destinasi menarik bagi para pecinta kopi dan penggemar media sosial.

Owner coffee shop Loopline, Hernando Santoso mengatakan bahwa inspirasinya ini datang dari pengalamannya saat jalan-jalan ke Jepang, “pengalaman saya jalan-jalan ke Jepang menginspirasi saya dari jalur kereta Yamanote Line yang ikonik di Tokyo, dioperasikan oleh East Japan Railway Company. Jalur ini berbentuk melingkar dengan warna hijau gelap yang khas. Namun, setelah diteliti lebih lanjut, menemukan bahwa warna hijau cerah lebih cocok untuk menggambarkan konsep kecepatan, yang menjadi ide dasarnya,” kata Hernando, pada, Jumat, 14 Juni 2024.

“Untuk cara pembelian sendiri mirip dengan membeli tiket kereta, dan pembayaran hanya menggunakan QR atau cashless,” ujarnya.

Kopi di Loopline dikemas dalam kaleng yang disegel rapat, memudahkan pelanggan untuk membawanya ke mana saja. Mesin pembuat kopi otomatis memastikan kualitas espresso tetap konsisten.

Setelah Pluit, Loop Line Coffee berencana membuka gerai di berbagai lokasi strategis lainnya seperti Greenlake, Bekasi, PIK 2, Depok, dan BSD. Untuk Jam Operasional Loop Line Coffee adalah 07.00 – 21.00

Menu yang Ditawarkan, Loop Line Coffee menyajikan beragam pilihan kopi dan non-kopi. Signature coffee mereka, “Aren Latte,” dan signature non-coffee, “Matcha Latte,” telah mendapatkan banyak perhatian. Mereka menggunakan dua jenis biji kopi berkualitas tinggi: Preanger yang memiliki karakter Fruity Nutty dan Bajawa yang terkenal dengan rasa Smoky-nya.

Keunikan Loop Line Coffee:

  • 100% SOE (Single Origin Espresso) Arabica Grade #1 Commercial: Menyajikan kopi dengan kualitas terbaik.
  • Efficiency Labour Cost: Pengelolaan tenaga kerja yang efisien.
  • Coffee Subscription Pay Less Get More: Berlangganan kopi dengan harga lebih hemat.
  • Signature Beans Local Hero: Menggunakan biji kopi lokal berkualitas tinggi.
  • Thematic Japanese Concept Coffee Grab & Go: Konsep Jepang yang menarik dan praktis.

Inovasi Kemasan
Kopi di Loop Line disajikan dalam kemasan kaleng yang disegel rapat, memudahkan pelanggan untuk membawa kopi ke mana saja. Selain itu, penggunaan mesin pembuat kopi otomatis memastikan kualitas espresso yang konsisten.

Harga Menu
Semua menu kopi dan non-kopi dihargai Rp 28.000. Untuk periode soft opening (14 – 28 Juni), Loop Line menawarkan berbagai promo menarik:

  1. Rush Hour Promo (14.00-15.30): Aren Latte & Ice Chocolate dari harga Rp 28.000 menjadi Rp 19.000, dengan kuota 50 kaleng per hari.
  2. LLC Pass: 8 kaleng kopi dari harga Rp 228.000 menjadi Rp 149.000, bisa ditukar selama dua minggu setelah pembelian (periode 14 – 21 Juni).

Plinko Games
Setiap pelanggan dengan pembelian minimum Rp 50.000 berkesempatan memainkan Plinko untuk memenangkan hadiah menarik setelah mengisi survei Loop Line.

Lokasi Loop Line Pluit
Jl. Pluit Karang Utara No.50 A, RT.20/RW.2, Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450.

Kunjungi Loop Line Coffee di Pluit dan nikmati pengalaman unik menyantap kopi dalam suasana yang khas dan modern. Jangan lewatkan promo menarik dan kesempatan memenangkan hadiah seru!

Continue Reading

Bisnis

Memanfaatkan Digitalisasi Pertamina Menggandeng VENTENY Super Apps untuk Meningkatkan Layanan Benefit Pekerja

Published

on

By

FokusIndonesia.com, Jakarta, 12 Juni 2024 – PERTAMINA  resmi menggandeng PT VENTENY Fortuna International Tbk. melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa, 10 Oktober 2023 di Jakarta. Kerjasama strategis yang terjalin ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kesejahteraan Pekerja PERTAMINA melalui VENTENY Employee Super App. 

PERTAMINA sebagai salah satu Perusahaan BUMN di Indonesia, memiliki lebih dari 40.000 Pekerja, meyakini kemitraan ini menandai langkah strategis dalam memperkuat komitmen PERTAMINA untuk menjadikan kesejahteraan Pekerja sebagai prioritas utama, menjelang era kerja yang semakin dinamis dan agile. Program Employee Benefits yang digadangkan oleh VENTENY akan menjadi landasan kuat untuk memberikan layanan kesejahteraan Pekerja PERTAMINA secara profesional. 

Founder dan Group CEO VENTENY, Jun Waide mengatakan “Kami sangat bangga dan menyambut hangat atas kepercayaan yang diberikan oleh PERTAMINA kepada VENTENY. Kami berkomitmen untuk mendukung PERTAMINA dan seluruh jajaran perusahaan milik pemerintah di Indonesia dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan memberdayakan Pekerja. Bersama, kami merancang program keberlanjutan yang tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga memotivasi hingga meningkatkan kualitas hidup Pekerja di Indonesia.”

Sejalan dengan Jun Waide, melalui kerjasama ini, Saptiadi Nugroho selaku SVP Human Capital Management PERTAMINA berharap Pekerja PERTAMINA mendapatkan manfaat yang maksimal dari layanan VENTENY Employee Super App sehingga meningkatkan digital user experience dan engagement Pekerja .”

VENTENY Employee Super App menyediakan 4 layanan utama yang dapat dimanfaatkan oleh eksklusif member. Ada V-Nancial yang menyediakan akses untuk dana darurat berupa Earn Wage Access (EWA) dan Multi Purpose Loan, V-Merchant dengan lebih dari 100+ merchant didalamnya, V-Health untuk akses Pekerja ke layanan kesehatan mulai dari akses asuransi kesehatan hingga konsultasi dokter umum gratis dan terakhir V-Academy untuk menunjang Pekerja yang ingin mengembangkan softskill mereka. Saat ini sudah lebih dari 250.000 anggota eksklusif yang menikmati layanan dari VENTENY Employee Super App.

Kedua belah pihak percaya bahwa investasi dalam kesejahteraan Pekerja akan memberikan hasil positif jangka panjang, menciptakan budaya kerja yang suportif dan memotivasi Pekerja untuk berprestasi lebih baik. Dengan pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan, PERTAMINA dan PT VENTENY Fortuna International Tbk. melangkah bersama dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik untuk seluruh tim PERTAMINA.

Continue Reading

Bisnis

Anjani Edisi ke-4: P&G Indonesia Terus Dukung Pertumbuhan Bisnis Perempuan

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – P&G Indonesia kembali menggelar program Anjani (Gerakan Maju Perempuan Indonesia) edisi ke-4 dengan tema “Future-proof Womenpreneur”. Diselenggarakan dari tanggal 12 hingga 14 Juni, acara ini menegaskan komitmen P&G dalam mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan melalui peningkatan keterampilan dan akses pasar yang lebih luas bagi pelaku usaha perempuan.

Anjani, yang dikenal sebagai Women Entrepreneur Academy di negara-negara operasi P&G, menyediakan berbagai pelatihan yang meliputi kepemimpinan bisnis, rantai pasokan, literasi keuangan, konten kreatif dan teknologi, serta keterampilan lainnya. Program ini juga menegaskan komitmen P&G terhadap Keragaman Pemasok (Supplier Diversity), yang bertujuan untuk menciptakan peluang bisnis lebih luas bagi usaha perempuan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, sekitar 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan, dengan nilai ekonomi yang diproyeksikan mencapai USD 135 miliar pada tahun 2025. Namun, tantangan akses dan koneksi terhadap rantai pasokan yang lebih besar masih menjadi hambatan utama bagi kelangsungan bisnis perempuan.

Presiden Direktur P&G Indonesia, Saranathan Ramaswamy, mengatakan kesetaraan dan inklusi adalah bagian fundamental dari identitas kami. “Melalui Anjani, kami ingin memberikan akses dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha perempuan untuk terhubung dengan rantai pasokan yang lebih besar, sehingga mereka dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis mereka,” tuturnya Kantor Procter & Gamble Indonesia, Sentral Senayan, Rabu, 12 Juni 2024.

Sejak 2020 hingga 2023, Anjani telah memberdayakan 65 usaha yang dimiliki dan dipimpin oleh perempuan. Tahun ini, 25 pelaku usaha perempuan terpilih dari ratusan pendaftar untuk berpartisipasi dalam Anjani 2024. Mereka akan mendapatkan pelatihan berbasis digital kreatif yang sesuai dengan kemajuan teknologi, serta peluang berjejaring yang lebih luas.

Plt. Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Indra Gunawan mengapresiasi inisiatif ini progam seperti Anjani 2024, “memberikan dampak positif yang signifikan dalam memberdayakan perempuan pelaku usaha di Indonesia, mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi perempuan,” ujar di lokasi yang sama.

Direktur Purchasing dan Pemimpin Kesetaraan dan Inklusi P&G Indonesia, Annisa Darojati, mengatakan digitalisasi memiliki peran vital dalam bisnis modern. “Edisi keempat Anjani ini fokus pada pelatihan komprehensif dalam pembuatan konten digital, strategi pemasaran digital, serta pemanfaatan alat digital untuk pertumbuhan bisnis,” tuturnya

Founder and CEO Absolute Group dan alumni Anjani, Farida Achmad mengatakan Anjani memberikan akses ke sumber daya dan pelatihan yang berharga, serta dukungan moral dan inspirasi. “Program ini telah membantu saya dan banyak perempuan lainnya dalam mengembangkan bisnis kami,” ujarnya di lokasi yang sama.

P&G Indonesia optimis bahwa usaha yang dimiliki dan dijalankan oleh perempuan akan terus berkembang, berkontribusi pada percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dengan program ANJANI, P&G berkomitmen untuk terus memfasilitasi akses dan keterampilan yang lebih besar bagi pelaku usaha perempuan, sehingga mereka dapat berkembang dan sukses.

Continue Reading

Trending