Connect with us

TNI AL

RSPAL dr. RAMELAN JADI RUMAH SAKIT TNI PERTAMA YANG MELAKSANAKAN TRANSPLANTASI GINJAL

Published

on

Jalesveva Jayamahe—
Jakarta, 21 Februari 2024 — Setelah berhasil melaksanakan berbagai tindakan operasi dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan melewati rangkaian kegiatan termasuk syarat medis dan administratif, Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan bekerjasama dengan RSUP Dr. Kariyadi Semarang berhasil melaksanakan operasi transplantasi organ (ginjal) pertama di RSPAL dr. Ramelan, Surabaya, Selasa (20/02).

Hal ini menjadikan RSPAL dr. Ramelan yang merupakan rumah sakit type A atau tingkat I sekaligus sebagai pusat rujukan di wilayah timur, menjadi Rumah Sakit TNI pertama yang melaksanakan transplantasi organ ginjal. Momentum keberhasilan ini sebagai tanda grand launching transplantasi organ ginjal oleh Rumah Sakit Pusat TNI AL tersebut.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam sambutannya secara daring menyampaikan bahwa rendahnya jumlah transplantasi di dalam negeri salah satunya disebabkan karena masih terbatasnya rumah sakit yang mampu menyelenggarakan pelayanan tersebut. “Oleh karena tu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, RSPAL dr. Ramelan mampu menyelenggarakan transplantasi ginjal secara mandiri”, ungkap Kasal.

Legalitas pelayanan transplantasi ginjal diawali dengan visitasi oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Komite Transplantasi Nasional serta Tim Ad-HOC pada tanggal 17 Mei 2023 terhadap bidang manajemen, administrasi, ketenagaan, sarana prasarana, peralatan, dan kelengkapan regulasi pelayanan kesehatan transplantasi organ.

Pada kesempatan yang sama, Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Sujoko Purnomo menyampaikan bahwa, pelaksanaan transplantasi ginjal yang dilaksanakan saat ini pada hakikatnya adalah suatu terobosan RSPAL dr. Ramelan guna meningkatkan kontribusi TNI AL dalam pelayanan kesehatan bagi bangsa dan negara, terutama bagi prajurit, keluarga, serta masyarakat.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlanal Bintan Hadiri Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Bintan Kw XIII TA. 2024

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan, Kecamatan Bintan Timur, Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri undangan Bupati Bintan dalam rangka Pawai Ta’aruf Musabaqah Tiwatatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Kabupaten Bintan ke XIII Tahun 2024, Senin (22/04/2024).

Untuk memeriahkan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) Ke XIII Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024 juga diisi dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut berupa Pawai Ta’aruf Kafilah, Rangkaian Lomba, Pelantikan Dewan Hakim, dan Bazar UMKM. Pawai Ta’aruf dilaksanakan dengan berjalan kaki dan kendaraan hias dengan rute disekitar wilayah Kecamatan Bintan Timur dimulai dari Jalan Barek Motor Kijang Kota hingga Finish di depan Gedung LAM Bintan, sekitar Kawasan Relief Antam Kijang.

MTQH Ke XIII Tingkat Kabupaten Bintan akan digelar selama 5 (lima) hari tanggal 22 hingga 26 April 2024. Pesertanya dari seluruh perwakilan kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan. Dari kegiatan tersebut tentunya akan mempererat tali silahturahmi antara masyarakat dengan seluruh jajaran FKPD Bintan.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., Bupati Bintan Roby Kurniawan, SPWK, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsit, S.Ip., Sekda Kabupaten Bintan Ronny Kartika, M.M., Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., Kafasharkan Mentigi diwakili Letkol Laut (P) Falatehan, Danlanud RHF diwakili Lettu Lek Hadi Sutikto, Kapolres Bintan Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., Kajari Bintan Fajrian, Lurah dan Kades Se-Kecamatan Bintan Timur, dan Tokoh Masyarakat Bintan Timur.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Komandan Lanal Bandung Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI Angkatan Udara Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Bandung,– Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI Angkatan Udara dengan tema “TNI AU Yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul dan Humanis Serta Dicintai Rakyat Dalam Menjaga Kedaulatan Nasional”. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kadislitbangau Marsekal TNl Tjatur Pudji H, bertempat di Depo Har 10 Lanud Husen Sastranegara Bandung, Senin (22/04/2024).

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa selaku Panglima TNI dan atas nama Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia, saya menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-78 kepada segenap Prajurit, Pegawai Negeri Sipil, dan Keluarga Besar TNI Angkatan Udara dimanapun kalian berada dan bertugas. Selanjutnya masih dalam suasana Idul Fitri, saya juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Minal ‘Aizin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin kepada segenap personel TNI Angkatan Udara yang beragama Islam.

Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya, saya berikan kepada seluruh Prajurit TNI Angkatan Udara atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas. Khususnya saya sangat bersyukur dan berbangga terhadap capaian Prajurit TNI Angkatan Udara yang telah berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusiaan ke Palestina baru-baru ini. Misi yang dilaksanakan adalah logistik air drop di Jalur Gaza, dengan menggunakan pesawat C-130 J Super Hercules, dalam rangka membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina. Partisipasi TNI dalam misi bantuan kemanusiaan ke Palestina dengan tajuk Solidarity Path Operations bersama dengan 8 negara lainnya.

Sedangkan pada tataran regional, Laut China Selatan hingga saat ini masih memiliki konflik yang belum dapat diselesaikan hingga tuntas. Kepentingan setiap negara atas wilayah Laut China Selatan memberikan dampak terhadap keseimbangan
politik di Kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Kondisi global dan regional yang saya sebutkan tadi secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak pada negara kita. TNI Angkatan Udara sebagai pengawal dirgantara nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya ingin memberikan beberapa penekanan pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI Angkatan Udara ini sebagai berikut, Bekerjalah dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas, Wujudkan TNI yang PRIMA dan TNI AU yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, Humanis), Pertahankan tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh Alutsista dengan tetap mengedepankan budaya safety, Lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Udara yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, pupuk dan perteguh komitmen sinergitas dan soliditas TNI dengan Polri serta Kementerian/Lembaga lain dengan berbasis Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

(Pen Lanal Bandung)

Continue Reading

TNI AL

Pandanglah Kelaut Agar Menjadi Kejayaan, Exit Briefing Danlantamal XII Kepada Prajurit dan PNS Lantamal XII

Published

on

By

Mempawah, TNI AL- Lantamal XII- Menjelang serah terima jabatan dari Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS kepada Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan yang akan berlangsung tanggal 23 April 2024 besok, hari ini Danlantamal XII memberikan exit briefing kepada seluruh prajurit dan PNS Lantamal XII di Lapangan Apel Mako Lantamal XII. Jl.Wajok Hilir KM 17.Mempawah Kalimantan Barat, Senin 22/04/2024.

Exit briefing merupakan salah satu sarana kesempatan yang digunakan oleh seorang pejabat/pemimpin yang akan berakhir masa jabatannya untuk menyampaikan capaian yang telah diraih selama masa jabatannya sekaligus ucapan terima kasih dan apresiasi serta moment untuk berpamitan.

Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS, pada exit briefing menyampaikan
Tugas pokok Lantamal XII Pontianak adalah menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi unsur – unsur TNI Angkatan Laut, pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di bidang kemariman.

Tugas pokok ada di lautan sehingga wawasan kemampuan dan cara pandang kita pandanglah kelaut agar menjadi kejayaan, dukung teman kita yang sedang operasi di laut dan berikan layanan kelas 1 yang terbaik bila meraka sedang berada disini.

Selain itu teruslah berlatih dan jaga kesehatan, jangan arogan dijalan atau tempat umum, jaga fisik, tingkatkan kemampuan serta jaga keluarga dengan baik.

Diakhir amanatnya Danlantamal XII menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dukungan selama menjabat sekaligus permohonan maaf atas nama dinas maupun pribadi dan keluarga apabila ada perkataan, ucapan atau perbuatan yang kurang baik sengaja maupun tidak sengaja yang menyebabkan rasa ketersinggungan.( Dispen Lantamal XII )

Continue Reading

Trending