Connect with us

Bisnis

RUPS Tahunan dan Luar Biasa VENTENY 2024 Disetujui Pemegang Saham, VTNY Masuk ke Jajaran Papan Utama IDX Efektif Mei 2024

Published

on

Fokusindonesia.com, Jakarta, 29 Mei 2024 – PT VENTENY Fortuna International Tbk (VTNY) pada hari ini menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa. Pada RUPS yang diselenggarakan hari ini, selain melaporkan kinerja Perseroan di tahun buku 2023 juga perkembangan Perseroan dalam melengkapi ekosistem bisnisnya. Perseroan dengan ticker VTNY ini diketahui telah masuk ke jajaran Papan Utama efektif per Mei 2024 dari sebelumnya di Papan Pengembangan di IDX, hal ini menandakan kinerja Perseroan yang sangat baik dan terus menghasilkan profitability sejak awal didirikan.

Pada RUPS Tahunan di tahun kedua setelah perusahaan sukses melantai di bursa saham ini, memiliki 5 mata acara dan 2 mata acara untuk RUPS Luar Biasa. Salah satu agenda yang dipaparkan adalah persetujuan atas Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Keuangan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et decharge) kepada seluruh anggota Direksi atas Tindakan Pengurusan dan kepada Dewan Komisaris Perseroan atas Tindakan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Agenda lainnya yang dipaparkan adalah persetujuan atas penetapan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan untuk tahun buku 2024 kepada anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris Perseroan dan laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Perdana Saham per 31 Desember 2023.

“Di tahun kedua VENTENY menjadi perusahaan publik, kami dengan bangga mendedikasikan layanan terbaik kami untuk kemajuan perekonomian di Indonesia melalui pendanaan produktif untuk UMKM dan peningkatan kesejahteraan karyawan melalui VENTENY Employee Super App. Kesuksesan kinerja Perseroan sepanjang 2023, tidak lepas dari kepercayaan masyarakat serta dukungan para pemangku kepentingan. Dengan semangat terus maju, VENTENY akan menyongsong kinerja 2024 yang semakin cemerlang” Ungkap Jun Waide, Founder dan Group CEO VENTENY.

Laporan kerja di 2023 juga menunjukkan performa positif dengan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 181,9 miliar sepanjang 2023 atau meningkat sebesar 149% dari tahun 2022 sebesar Rp 73,2 Miliar. Laba kotor tercatat tumbuh 112% dari Rp 32,0 Miliar di tahun 2022 menjadi Rp 68,1 Miliar di tahun 2023.

Terdapat 2 mata acara pada RUPS Luar Biasa, yaitu Persetujuan penegasan pemegang saham dan penegasan status Perseroan serta Penyesuaian kegiatan usaha Perseroan. Pemegang saham menyetujui penegasan status Perseroan sebagai PMDN dari PMA. Perubahan yang terjadi dilakukan untuk menunjang strategi bisnis Perseroan dalam melengkapi ekosistem bisnisnya. Diketahui pada 2023 VENTENY telah melakukan beberapa strategi Perseroan diantaranya dengan kepemilikan saham sebesar 51% terhadap PT Lampung Berkah Finansial Teknologi (Lahan Sikam) dan di akhir tahun 2023  kepemilikan atas 30% saham dari PT Digitalisasi Perangkat Indonesia dengan 2 entitas di dalamnya yaitu Indofund dan Dipay.

Damar Raditya, COO Group dari VENTENY menambahkan “Perkembangan pesat yang diraih Perseroan sepanjang 2023 adalah hasil dari ekosistem bisnis perusahaan yang makin menjawab seluruh kebutuhan pemilik usaha, UMKM, karyawan baik swasta maupun pemerintahan. VENTENY saat ini menjadi tujuan utama dari perusahaan mitra ketika membutuhkan akses pendanaan produktif maupun untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan mereka. Dan di 2023 lalu kami juga dengan bangga memperluas jangkauan Perseroan dengan membuka anak perusahaan di Jepang dan kantor representatif di Palembang”.

VENTENY juga diketahui menerapkan strategi keberlanjutan pada setiap pelaksanaan bisnisnya. Salah satunya dengan memikirkan aspek keberlanjutan dalam setiap pengambilan keputusan sebagai bentuk untuk menjaga kepentingan dan aspirasi para pemangku kepentingan.

Pada tahun 2023, VENTENY bekerjasama dengan pihak ketiga, telah berhasil untuk mengelola 10.000 kg sampah plastik sebelum memasuki area perairan Indonesia. Selain itu strategi keberlanjutan untuk menjaga lingkungan juga dilakukan di internal perusahaan.

Jun Waide menambahkan, “VENTENY tumbuh besar secara pesat karena dukungan dan cinta yang diberikan banyak pihak. Kami berkomitmen bahwa pertumbuhan Perseroan harus sejalan dengan cita-cita kami untuk dapat giving back ke masyarakat baik dari sisi sosial, lingkungan dan juga tata kelola perusahaan yang baik. Pada akhirnya, setiap langkah yang kami jalankan adalah untuk kemajuan perekonomian Indonesia”.

Di tahun 2024, Perseroan akan makin memperluas jangkauan dengan membuka beberapa kantor representatif lainnya di beberapa wilayah di Indonesia. Perseroan mengambil andil dalam mempercepat proses digitalisasi dari bisnis proses UMKM yang ada di Indonesia dengan teknologi yang Perseroan kembangkan dengan menggandeng pemerintahan dan asosiasi. Selain itu, dengan strategi bisnis yang dilakukan Perseroan, makin memantapkan VENTENY Employee Super App sebagai go-to-app untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan di Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

Loopline Coffee Hadir di Pluit dengan Konsep Japanese Modern yang Unik

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – Loopline Coffee resmi membuka gerai pertamanya di Pluit, mengusung konsep Japanese Modern yang terinspirasi dari Yamanote Line Jepang. Menggabungkan estetika modern dan keunikan budaya Jepang, interior toko ini dirancang sangat instagramable, menjadikannya destinasi menarik bagi para pecinta kopi dan penggemar media sosial.

Owner coffee shop Loopline, Hernando Santoso mengatakan bahwa inspirasinya ini datang dari pengalamannya saat jalan-jalan ke Jepang, “pengalaman saya jalan-jalan ke Jepang menginspirasi saya dari jalur kereta Yamanote Line yang ikonik di Tokyo, dioperasikan oleh East Japan Railway Company. Jalur ini berbentuk melingkar dengan warna hijau gelap yang khas. Namun, setelah diteliti lebih lanjut, menemukan bahwa warna hijau cerah lebih cocok untuk menggambarkan konsep kecepatan, yang menjadi ide dasarnya,” kata Hernando, pada, Jumat, 14 Juni 2024.

“Untuk cara pembelian sendiri mirip dengan membeli tiket kereta, dan pembayaran hanya menggunakan QR atau cashless,” ujarnya.

Kopi di Loopline dikemas dalam kaleng yang disegel rapat, memudahkan pelanggan untuk membawanya ke mana saja. Mesin pembuat kopi otomatis memastikan kualitas espresso tetap konsisten.

Setelah Pluit, Loop Line Coffee berencana membuka gerai di berbagai lokasi strategis lainnya seperti Greenlake, Bekasi, PIK 2, Depok, dan BSD. Untuk Jam Operasional Loop Line Coffee adalah 07.00 – 21.00

Menu yang Ditawarkan, Loop Line Coffee menyajikan beragam pilihan kopi dan non-kopi. Signature coffee mereka, “Aren Latte,” dan signature non-coffee, “Matcha Latte,” telah mendapatkan banyak perhatian. Mereka menggunakan dua jenis biji kopi berkualitas tinggi: Preanger yang memiliki karakter Fruity Nutty dan Bajawa yang terkenal dengan rasa Smoky-nya.

Keunikan Loop Line Coffee:

  • 100% SOE (Single Origin Espresso) Arabica Grade #1 Commercial: Menyajikan kopi dengan kualitas terbaik.
  • Efficiency Labour Cost: Pengelolaan tenaga kerja yang efisien.
  • Coffee Subscription Pay Less Get More: Berlangganan kopi dengan harga lebih hemat.
  • Signature Beans Local Hero: Menggunakan biji kopi lokal berkualitas tinggi.
  • Thematic Japanese Concept Coffee Grab & Go: Konsep Jepang yang menarik dan praktis.

Inovasi Kemasan
Kopi di Loop Line disajikan dalam kemasan kaleng yang disegel rapat, memudahkan pelanggan untuk membawa kopi ke mana saja. Selain itu, penggunaan mesin pembuat kopi otomatis memastikan kualitas espresso yang konsisten.

Harga Menu
Semua menu kopi dan non-kopi dihargai Rp 28.000. Untuk periode soft opening (14 – 28 Juni), Loop Line menawarkan berbagai promo menarik:

  1. Rush Hour Promo (14.00-15.30): Aren Latte & Ice Chocolate dari harga Rp 28.000 menjadi Rp 19.000, dengan kuota 50 kaleng per hari.
  2. LLC Pass: 8 kaleng kopi dari harga Rp 228.000 menjadi Rp 149.000, bisa ditukar selama dua minggu setelah pembelian (periode 14 – 21 Juni).

Plinko Games
Setiap pelanggan dengan pembelian minimum Rp 50.000 berkesempatan memainkan Plinko untuk memenangkan hadiah menarik setelah mengisi survei Loop Line.

Lokasi Loop Line Pluit
Jl. Pluit Karang Utara No.50 A, RT.20/RW.2, Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450.

Kunjungi Loop Line Coffee di Pluit dan nikmati pengalaman unik menyantap kopi dalam suasana yang khas dan modern. Jangan lewatkan promo menarik dan kesempatan memenangkan hadiah seru!

Continue Reading

Bisnis

Memanfaatkan Digitalisasi Pertamina Menggandeng VENTENY Super Apps untuk Meningkatkan Layanan Benefit Pekerja

Published

on

By

FokusIndonesia.com, Jakarta, 12 Juni 2024 – PERTAMINA  resmi menggandeng PT VENTENY Fortuna International Tbk. melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa, 10 Oktober 2023 di Jakarta. Kerjasama strategis yang terjalin ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kesejahteraan Pekerja PERTAMINA melalui VENTENY Employee Super App. 

PERTAMINA sebagai salah satu Perusahaan BUMN di Indonesia, memiliki lebih dari 40.000 Pekerja, meyakini kemitraan ini menandai langkah strategis dalam memperkuat komitmen PERTAMINA untuk menjadikan kesejahteraan Pekerja sebagai prioritas utama, menjelang era kerja yang semakin dinamis dan agile. Program Employee Benefits yang digadangkan oleh VENTENY akan menjadi landasan kuat untuk memberikan layanan kesejahteraan Pekerja PERTAMINA secara profesional. 

Founder dan Group CEO VENTENY, Jun Waide mengatakan “Kami sangat bangga dan menyambut hangat atas kepercayaan yang diberikan oleh PERTAMINA kepada VENTENY. Kami berkomitmen untuk mendukung PERTAMINA dan seluruh jajaran perusahaan milik pemerintah di Indonesia dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan memberdayakan Pekerja. Bersama, kami merancang program keberlanjutan yang tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga memotivasi hingga meningkatkan kualitas hidup Pekerja di Indonesia.”

Sejalan dengan Jun Waide, melalui kerjasama ini, Saptiadi Nugroho selaku SVP Human Capital Management PERTAMINA berharap Pekerja PERTAMINA mendapatkan manfaat yang maksimal dari layanan VENTENY Employee Super App sehingga meningkatkan digital user experience dan engagement Pekerja .”

VENTENY Employee Super App menyediakan 4 layanan utama yang dapat dimanfaatkan oleh eksklusif member. Ada V-Nancial yang menyediakan akses untuk dana darurat berupa Earn Wage Access (EWA) dan Multi Purpose Loan, V-Merchant dengan lebih dari 100+ merchant didalamnya, V-Health untuk akses Pekerja ke layanan kesehatan mulai dari akses asuransi kesehatan hingga konsultasi dokter umum gratis dan terakhir V-Academy untuk menunjang Pekerja yang ingin mengembangkan softskill mereka. Saat ini sudah lebih dari 250.000 anggota eksklusif yang menikmati layanan dari VENTENY Employee Super App.

Kedua belah pihak percaya bahwa investasi dalam kesejahteraan Pekerja akan memberikan hasil positif jangka panjang, menciptakan budaya kerja yang suportif dan memotivasi Pekerja untuk berprestasi lebih baik. Dengan pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan, PERTAMINA dan PT VENTENY Fortuna International Tbk. melangkah bersama dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik untuk seluruh tim PERTAMINA.

Continue Reading

Bisnis

Anjani Edisi ke-4: P&G Indonesia Terus Dukung Pertumbuhan Bisnis Perempuan

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – P&G Indonesia kembali menggelar program Anjani (Gerakan Maju Perempuan Indonesia) edisi ke-4 dengan tema “Future-proof Womenpreneur”. Diselenggarakan dari tanggal 12 hingga 14 Juni, acara ini menegaskan komitmen P&G dalam mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan melalui peningkatan keterampilan dan akses pasar yang lebih luas bagi pelaku usaha perempuan.

Anjani, yang dikenal sebagai Women Entrepreneur Academy di negara-negara operasi P&G, menyediakan berbagai pelatihan yang meliputi kepemimpinan bisnis, rantai pasokan, literasi keuangan, konten kreatif dan teknologi, serta keterampilan lainnya. Program ini juga menegaskan komitmen P&G terhadap Keragaman Pemasok (Supplier Diversity), yang bertujuan untuk menciptakan peluang bisnis lebih luas bagi usaha perempuan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, sekitar 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan, dengan nilai ekonomi yang diproyeksikan mencapai USD 135 miliar pada tahun 2025. Namun, tantangan akses dan koneksi terhadap rantai pasokan yang lebih besar masih menjadi hambatan utama bagi kelangsungan bisnis perempuan.

Presiden Direktur P&G Indonesia, Saranathan Ramaswamy, mengatakan kesetaraan dan inklusi adalah bagian fundamental dari identitas kami. “Melalui Anjani, kami ingin memberikan akses dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha perempuan untuk terhubung dengan rantai pasokan yang lebih besar, sehingga mereka dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis mereka,” tuturnya Kantor Procter & Gamble Indonesia, Sentral Senayan, Rabu, 12 Juni 2024.

Sejak 2020 hingga 2023, Anjani telah memberdayakan 65 usaha yang dimiliki dan dipimpin oleh perempuan. Tahun ini, 25 pelaku usaha perempuan terpilih dari ratusan pendaftar untuk berpartisipasi dalam Anjani 2024. Mereka akan mendapatkan pelatihan berbasis digital kreatif yang sesuai dengan kemajuan teknologi, serta peluang berjejaring yang lebih luas.

Plt. Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Indra Gunawan mengapresiasi inisiatif ini progam seperti Anjani 2024, “memberikan dampak positif yang signifikan dalam memberdayakan perempuan pelaku usaha di Indonesia, mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi perempuan,” ujar di lokasi yang sama.

Direktur Purchasing dan Pemimpin Kesetaraan dan Inklusi P&G Indonesia, Annisa Darojati, mengatakan digitalisasi memiliki peran vital dalam bisnis modern. “Edisi keempat Anjani ini fokus pada pelatihan komprehensif dalam pembuatan konten digital, strategi pemasaran digital, serta pemanfaatan alat digital untuk pertumbuhan bisnis,” tuturnya

Founder and CEO Absolute Group dan alumni Anjani, Farida Achmad mengatakan Anjani memberikan akses ke sumber daya dan pelatihan yang berharga, serta dukungan moral dan inspirasi. “Program ini telah membantu saya dan banyak perempuan lainnya dalam mengembangkan bisnis kami,” ujarnya di lokasi yang sama.

P&G Indonesia optimis bahwa usaha yang dimiliki dan dijalankan oleh perempuan akan terus berkembang, berkontribusi pada percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dengan program ANJANI, P&G berkomitmen untuk terus memfasilitasi akses dan keterampilan yang lebih besar bagi pelaku usaha perempuan, sehingga mereka dapat berkembang dan sukses.

Continue Reading

Trending