Connect with us

TNI AD

Satgas Natal dan Tahun Baru di Perbatasan, TNI AL Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sejumlah Barang Ilegal

Published

on

Jalesevava Jayamahe,
Jakarta, 25 Desember 2024,——Tim Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru jajaran TNI AL dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, baru-baru ini berhasil menggagalkan penyelundupan sejumlah barang illegal dari Filipina yang akan masuk ke wilayah Indonesia melalui Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Barang illegal yang berhasil digagalkan masuk pada operasi tersebut antara lain, Ayam Aduan Ras Filipina sebanyak 120 ekor, Minuman Keras 104 Botol dan 5 paket Miras yang masih terbungkus, minuman ringan sebanyak 24 krat botol kecil, dan 4 krat dalam ukuran besar, satu paket bubuk putih yang saat ini jenisnya tengah dikonfirmasi ke BNN dan barang muatan kapal lainnya.

Keberhasilan ini bermula saat tim TNI AL melaksanakan operasi pada Sabtu, 23 Desember malam, dengan menggunakan perahu karet milik KAL Pulau Sangihe II-8-31 di wilayah Perairan Angges. Satgas TNI AL kemudian melaksanakan pemeriksaan Kapal Jenis Pamboat bernama Nato Star yang diduga kuat melintas ilegal dari Filipina menuju Indonesia. Kapal tersebut berukuran 2 GT, dengan panjang 12 meter, memiliki 2 mesin dan 1 mesin cadangan.

Dari hasil pemeriksaan, kapal tersebut membawa sejumlah muatan illegal dan 3 orang Anak Buah Kapal atas nama TM (39 tahun), MS (31 tahun), serta W (32 tahun) saat ini telah diamankan. Diduga kuat ketiganya memiliki dua identitas kewarganegaraan.

Dari hasil pemeriksaan juga diperoleh informasi bahwa barang illegal berupa Ayam Aduan Ras Filipina tersebut milik seseorang berinisial JK dan aktifitas ini diduga kuat di back up oleh oknum aparat yang bertugas di Kepulauan Sangihe dan sudah berlangsung lama.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali telah menegaskan bahwa, seluruh jajaran prajurit TNI AL agar senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan merespon cepat informasi yang diterima, melaksanakan kerjasama dan bersinergi dengan instansi terkait, guna menjamin keamanan, terlebih di wilayah perbatasan.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Apel Cipkon dan Patroli oleh Koramil Jatinegara Bersama Forkopimcam Empat Pilar

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta timur – Jaga kampung, Danramil 01/Jatinegara, Mayor Arh M. Sianturi bersama Babinsa dan Forkopimcam empat pilar, gelar apel gabungan operasi cipta kondusif bertempat di jln. Basuki Rahmat RT.08 Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Sabtu (20/07/24) malam.

Apel kesiapan operasi cipta kondusif (Cipkon) dipimpin Wakil Walikota Jakarta Timur Iin Mutmainnah dan didampingi Camat, Danramil dan Kapolsek Jatinegara yang diikuti oleh 138 orang personel gabungan untuk antisipasi tawuran remaja antar warga dan gangguan masyarakat bersama empat pilar tersebut terdiri dari jajaran Koramil 01/Jatinegara, Polsek, Satpol PP, para Lurah, Wakil Camat Jatinegara, Sekcam, Mitra Koramil, Pokdar, Siskomas, FBR, FKDM, LMK, Karang taruna dan perangkat RT/RW.

Wakil Walikota Jakarta Timur menyampaikan arahan nya, Ucapan terimakasih kepada Empat pilar Forkopimcam Jatinegara yang telah mengikuti kegiatan Apel cipta kondusif untuk Kamtibmas wilayah Kecamatan Jatinegara.

Setelah Apel ini kita akan melaksanakan kegiatan patroli dalam rangka mengantisipasi terjadinya tawuran, mari kita bersama-sama menjaga Kamtibmas, para tokoh masyarakat agar berperan aktif dalam menyampaikan hal yang baik kepada warga masyarakatnya agar tidak mudah terbakar emosi untuk melakukan tawuran yang dapat menimbulkan kerugian pribadi dan keluarga.

Pengarahan Danramil, Mayor Arh M. Sianturi pada kegiatan apel Cipkon di wilayah Kecamatan Jatinegara ini, kita perketat lagi pengawasan anak -anak kita dari pergaulan bebas, diharapkan peran orang tua lebih peduli terhadap anak-anaknya serta lingkungan, sehingga dengan ketatnya pengawasan tersebut dapat mengurangi terjadinya tawuran antar warga diwilayah Kecamatan Jatinegara.

Hadir pada kegiatan Apel dan Patroli Kamtibmas Kecamatan Jatinegara yakni Wakil Walikota Jakarta Timur Iin Mutmainnah, Danramil Jatinegara Mayor Arh M. Sianturi, Kasudin Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan, Kepala Kepegawaian, Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik, Camat Jatinegara, Kapolsek Jatinegara dan Ormas 4 Pilar.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AD

Patroli Siang Hari Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Published

on

By

Jakarta Pusat – Petugas Patroli melaksanakan Patroli Dialogis Siang Hari dan sambangi Hotel BW di Jalan Jati Baru Kelurahan Kampung Bali Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Sabtu (20/04/2024).

Dalam kegiatan patroli tersebut bertemu Irfan selaku security memberikan imbauan tetap waspada dalam menjalan tugas, antisipasi selalu curanmor dan kejahatan lainnya, agar laksanakan patroli dan monitoring CCTV, Ujar Budiyono.

Aiptu Budiyono menyampaikan pesan dari Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan di sekitar gedung.

Segera melaporkan ke Polsek Metro Tanah Abang apabila ada gangguan kamtibmas atau Call Center 110, untuk di tindak lanjuti oleh petugas kepolisian.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Continue Reading

TNI AD

Bersama PPSU, Babinsa Koramil Matraman Bersihkan Wilayah RW.02 Utan Kayu Utara

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Upaya Menjaga lingkungan tetap bersih, Babinsa Koramil 02/Matraman, Sertu Dede Kurniawan, Kopda Yasid bersama PPSU Kelurahan Utan Kayu Utara, Kecamatan Matraman melaksanakan pembersihan sampah di jln. Pramuka Raya RT.09/02 Uku, Sabtu (20/07/24).

Pada kesempatan kegiatan Pembersihan wilayah oleh Babinsa tersebut, Danramil Mayor Arm Ahmad Budiman, S,Sos,M,Si, mengatakan, kegiatan karya bakti ini merupakan upaya bersama dalam mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di wilayah perumahan RW.1
02 Utan Kayu Utara.

“Kegiatan pembersihan wilayah lingkungan tingkat RW diwilayah UKU yang dilaksanakan oleh Babinsa Sertu Dede Kurniawan, Kopda Yasid bersama PPSU karena banyaknya sampah yang menumpuk di atas parit selokan sisi kiri jalan Protokol Pemuda.

Kegiatan Pembersihan ini juga sebagai upaya agar warga dan perangkat RT.09 UKU peduli dengan kebersihan lingkungan terutama dilokasi sarana dan prasarana umum.

“Kerjasama yang baik antara Babinsa UKU dengan PPSU selaku petugas yang mengawaki dibidang kebersihan wilayah dengan baik, kedepannya akan lebih baik lagi guna meningkatkan Silaturahmi, kebersamaan antara Babinsa, PPSU dan Warga sekitar dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

Trending