Connect with us

Pendidikan

Satu Langkah Pendidikan untuk Gasong sebagai Sarana Pemerataan Pendidikan oleh Mahasiswa/i LSPR Communication and Business Institute

Published

on

Fokusindonesia.com, JAKARTA, 5 Juli 2024 – Membangun sumber daya manusia (SDM) unggul untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang disegani dunia harus dimulai dari pendidikan yang kokoh, mencakup aspek ilmu pengetahuan, sikap, dan akhlak. Tantangan yang dihadapi sangat beragam, mulai dari biaya, ketersediaan akses terhadap fasilitas dan layanan pendidikan, kurikulum yang tidak relevan, hingga rendahnya angka literasi. Oleh karena itu, program ‘Satu Langkah Pendidikan untuk Gasong’ hadir untuk memberikan dorongan kepada siswa, orang tua, dan guru di Kampung Sepatan, dengan harapan dapat menciptakan masyarakat yang lebih terdidik dan berpengetahuan serta mampu bersaing ditingkat global. Kata Gasong menurut KBBI adalah ungkapan harfiah untuk kumuh, kotor atau dekil. Dan dalam hal ini merupakan metafora dari “ketertinggalan dan kemiskinan” terutama di sektor pendidikan.

Kampung Sepatan, yang terletak di wilayah Cilincing, Jakarta Utara, masih menghadapi tantangan dalam sektor pendidikan. Akses terhadap sumber daya pendidikan yang terbatas, serta rendahnya sarana pendukung proses pembelajaran masih menjadi perhatian utama. Selain itu, dikarenakan anak-anak dari Kampung Sepatan sebagian besar bersekolah di SD Islam Darut Tauhid di Kampung Bedeng. Karena itu, program ini juga dilaksanakan di Kampung Bedeng yang difokuskan pada SD Islam Darut Tauhid. Oleh karena itu, PRIME Public Relations Consultant yang terdiri dari 30 mahasiswa/i jurusan Public Relations  dalam kelas 25 PRDC 5-SP dari LSPR Communication and Business Institute berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sana sebagai kontribusi untuk program pengabdian masyarakat.

Konferensi Pers program ‘Satu Langkah Pendidikan untuk Gasong’ telah dilangsungkan pada hari Jumat, 5 Juli 2024, pukul 10.00 yang dihadiri oleh 15 media untuk membantu publikasi program ini. Selain itu, program ini juga telah berhasil mendonasikan 601 buku pada tanggal 14 Juni 2024, sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi di Kampung Sepatan. Oleh karena itu peresmian Revitalisasi Taman Bacaan Cerah juga telah dilakukan pada 5 Juli 2024 di depan Masjid Al-Ikhlas, Kampung Sepatan, menandai langkah penting dalam memajukan pendidikan di komunitas tersebut.

“Ada banyak daerah di Indonesia yang belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, khususnya di bidang pendidikan, salah satunya adalah Kampung Sepatan. Setelah menjalankan riset, kekurangan dan ketertinggalan yang kami temukan di Kampung Sepatan menggerakkan saya dan teman-teman LSPR untuk mengabdi disini.” ujar Ivana Yahzeya, selaku Ketua Program Satu Langkah Pendidikan untuk Gasong, saat konferensi per. “Kami percaya bahwa perubahan harus dimulai dari diri sendiri, anak-anak muda yang kreatif, inovatif, dan memiliki hati untuk mengabdi. Oleh karena itu, kami memakai tagline ‘Dimulai Dari Kita’” lanjutnya.

Selanjutnya, PRIME Public Relations Consultant dengan bangga mengumumkan program les gratis untuk anak-anak SD yang akan berlangsung pada bulan Juli 2024. Program ini akan berfokus pada empat mata pelajaran utama, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika. Anak-anak akan menerima makanan ringan dan satu set alat tulis gratis. Program ini dijadwalkan berlangsung pada hari Senin, 8 Juli 2024, Rabu, 10 Juli 2024, Senin, 15 Juli 2024, dan Rabu, 17 Juli 2024 pada pukul 10.00-12.00 WIB. Kami berharap program ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di lingkungan sekitar.

Pada Jumat, 12 Juli 2024, SD Islam Darut Tauhid di Kampung Bedeng akan menjadi tuan rumah bagi Program Perlombaan yang ditujukan untuk anak-anak SD dari Kampung Sawah, Kampung Sepatan, dan Kampung Bedeng. Program ini menyajikan serangkaian perlombaan yang menarik, meliputi Mewarnai untuk kelas 1-3, Storytelling & Cerdas Cermat untuk kelas 4-6. Setiap kategori lomba akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk berkompetisi dalam mengasah bakat dan kreativitas mereka. Pemenang dari setiap kategori akan mendapatkan hadiah yang menarik serta merchandise eksklusif sebagai penghargaan atas prestasi mereka dalam acara ini.

Program terakhir merupakan program Pelatihan Guru yang akan didukung oleh Yayasan Cahaya Guru. Program ini bertujuan untuk meningkatkan metode pengajaran dan kepemimpinan di SD Islam Darut Tauhid. Program ini dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 25 Juli 2024, dan terbuka bagi Kepala Sekolah, guru, dan staf sekolah. Selain mendapatkan pengetahuan baru dalam mengajar, para guru juga akan mendapatkan merchandise eksklusif sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini.

Dengan demikian, program ‘Satu Langkah Pendidikan untuk Gasong’ diharapkan akan berjalan dengan lancar dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kampung Sepatan. PRIME Public Relations Consultant berterima kasih kepada Yayasan Cahaya Guru dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program ini. Kami berharap program ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pendidikan

Ahmad Dion, Imam dan Khatib Sholat Jumat Hafizh Qur’an SKOBA Madani, Wakil Kontingen Kabupaten Bogor di Turnamen Pencak Silat Pelajar Antar Negara

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – Ahmad Dion Putra Saepudin, 14 tahun, santri penghafal Qur’an dari Ma’had Sunnah Homeschooling SKOBA Madani, Parung, Bogor mewakili kontingen Kabupaten Bogor di kejuaraan pencak silat tingkat pelajar internasional antar negara.

Dion, yang beberapa kali menyabet prestasi medali emas di berbagai kejuaraan pencak silat tingkat nasional juga rutin tercatat sebagai imam dan khatib sholat Jumat di pondok pesantren tempatnya menimba ilmu, MSH SKOBA Madani, Warujaya, Parung, Bogor.

Dion siap membawa pulang medali emas pada kejuaraan yang berlangsung 8 – 11 Juli 2024, di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta.

Dari informasi yang dihimpun, kejuaraan tingkat internasional ini diikuti lebih dari 3.500 atlet pencak silat dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam dan beberapa negara lainnya.

“Dion adalah santri atlet yang aktif di kegiatan prestasi pencak silat. Alhamdulillah, selain punya semangat tinggi dan disiplin latihan yang bagus, Dion juga rutin jadi imam dan khatib sholat Jumat,” jelas Ustadz Yusuf, (cand) S. Pd., Wakil Kepala Sekolah SMP MSH SKOBA Madani, Parung.

Dion beberapa kali mewakili Kabupaten Bogor dalam berbagai event kejuaraan pencak silat level nasional dan menyumbangkan lebih dari 10 medali emas dan perak untuk Kabupaten Bogor.

Santri penghafal Qur’an yang multi talenta ini juga telah menjadi pelatih pencak silat di sebuah pondok pesantren di Bogor dan memiliki berbagai keahlian di cabang olahraga seperti renang, badminton, memanah, dan wall climbing.

Dion menjelaskan, dirinya menjalani latihan intensif selama 2 pekan dengan bobot yang cukup berat.

“Saya berusaha akan memberikan hadiah medali terbaik yang saya persembahkan untuk ibu saya, ibu saya, ibu saya dan ayah saya. Lalu saya persembahkan untuk Indonesia, untuk Ma’had SKOBA Madani dan untuk Disdik Kabupaten Bogor. Semoga Allah mudahkan saya bisa terus membawa harum Indonesia, Disdik Kabupaten Bogor dan Ma’had SKOBA Madani tercinta di dunia internasional,” jelas Dion dengan nada antusias.

Continue Reading

Pendidikan

Sukses Siapkan Dana Pendidikan Anak,

Published

on

By

Ini Caranya ala Astra Life

FokusIndonesia.com, Jakarta, 18 Juni 2024 – Menghadapi tahun ajaran baru 2024 -2025 pada bulan Juli mendatang, para orang tua sudah mulai aktif mempersiapkan kebutuhan untuk anak masuk sekolah ke jenjang berikutnya. Bahkan pendaftaran di beberapa sekolah swasta untuk tahun ajaran 2025 – 2026 pun sudah dibuka. Untuk mendaftarkan anak masuk sekolah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi untuk menyiapkan dana pendidikan sampai anak kuliah nanti. Agar orang tua tidak terbebani perlu persiapan sedini mungkin untuk bisa mengumpulkan dana pendidikan anak. Terlebih menurut Badan Pusat Statistik (BPS), uang pangkal sekolah swasta rata-rata naik sebanyak 10–15% per tahun dan inflasi pendidikan nasional mencapai 2,83%. Alhasil, dana pendidikan jadi salah satu tujuan keuangan yang krusial dan perlu direncanakan sedini mungkin.

Heckhel, CFP selaku Head of Bancassurance Astra Life mengatakan, “Perencanaan keuangan untuk pendidikan anak merupakan rencana keuangan jangka panjang. Dalam mewujudkannya, orang tua sebaiknya melakukan investasi pada instrumen keuangan dengan risiko rendah dan imbal balik hasil  yang pasti. Idealnya, dalam mempersiapkan dana pendidikan ini, orang tua wajib memiliki proteksi khususnya asuransi jiwa bagi pencari nafkah. Baik proteksi jiwa maupun kebutuhan untuk mengembangkan dana untuk pendidikan anak, terdapat pada manfaat produk asuransi dwiguna dari Astra life, yaitu AVA Proteksi Pasti. Dengan manfaat utama, proteksi untuk pencari nafkah, AVA Proteksi Pasti juga menyediakan manfaat tahapan yang bisa digunakan sebagai dana pendidikan anak, karena manfaat tahapan tersebut dijamin untuk cair pada periode yang telah dipilih oleh orang tua, misalnya ketika anak mau masuk kuliah. Hal ini menjadikan AVA Proteksi Pasti sebagai produk asuransi jiwa yang cocok untuk membantu mewujudkan dana pendidikan anak.”     

Continue Reading

Pendidikan

Acara Ciputra Film Festival 2024 Dimeriahkan Kreativitas Anak SLB Tunas Kasih

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Surabaya, 3 Juni 2024. Ciputra Film Festival (CFF) 2024 kembali menggelar acara tahunan untuk ketiga kalinya. Acara diramaikan dengan kehadiran puluhan anak dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunas Kasih yang mengasah kemampuan kreativitasnya melukis tas. Kegiatan berlangsung di Atrium Ciputra World Mall Surabaya, kemarin.

Mengambil tema ‘Unseen’ atau ‘Tidak Terlihat’, CFF 2024 juga menghadirkan pelukis muda berbakat, Vincent Prijadi Purnomo dari Vinautism Gallery yang akan memperagakan proses melukisnya secara langsung dan memberikan wawasan mendalam tentang kreativitasnya yang luar biasa.

Selama kegiatan berlangsung para peserta dapat menikmati karya Vincent Prijadi Purnomo dan berkesempatan untuk bertukar pikiran bagaimana berekspresi yang tidak mengenal batas.

Menurut Festival Director CFF 2024, Rosihan Amril Farouqi mengatakan kehadiran Vincent dan partisipasi dari anak-anak dari SLB Tunas Kasih diharapkan dapat memberikan inspirasi serta memperlihatkan bahwa kreativitas tidak mengenal batas. “CFF 2024 tidak hanya menjadi ajang apresiasi film, tetapi juga merayakan kreativitas tanpa batas, termasuk dari para penyandang disabilitas”, ujar Rosihan Amril Farouqi.

Dengan menyelenggarakan kegiatan ini, Ciputra Film Festival telah mendukung inklusi dan memberikan platform bagi individu dengan kebutuhan khusus untuk menampilkan bakat dan kreativitas mereka sesuai dengan tema yang diusung.

Continue Reading

Trending