Connect with us

TNI AD

Seminggu 2 Kali Gelar Pos Senyum, Mama Papua : Kita Senang Terima kasih Pasukan Pandawa Kostrad

Published

on

Jakarta. Sore itu, pukul 15.30 WIT cauca di langit Keneyam tampak cerah, puluhan personil Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad tampak sibuk mempersiapkan paket Sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang melintas di depan Pos Kotis Keneyam, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Selasa (7/11/2023).

Kegiatan berbagi dalam program “Pos Senyum” siap digelar, dipimpin langsung oleh Pasiter Satgas atau yang sering kita panggil bapak teritorial yakni Lettu Inf Sunariyo, pria kelahiran Blora Jawa Tengah itu ternyata sudah mempersiapkan 200 paket Sembako, 100 baju baru dan 10 pack gula-gula untuk masyarakat.

Setelah semuanya siap, Bapak teritorial pimpin doa dan brifing untuk kelancaran kegiatan “Pos Senyum”, selanjutnya 3 kendaraan lapis baja milik Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad di bawah komando driver Kopda Febri Mugi Raharjo segera masuk menempati kedudukan masing-masing sebagai unsur pengamanan.

Lima karung paket sembako, satu karung baju baru dan satu kardus gula-gula di keluarkan dari dalam Mobil Hilux baja, berjejer digelar Ksatria Pandawa Kostrad siap diberikan untuk warga.

Tidak pakai lama, baru dibuka masyarakat yang terdiri dari Bapa, Mama dan Anak-anak berbondong-bondong mendatangi Mobil Hilux warna hijau khas TNI Angkatan Darat.

“Mama sini mama, anak ada Sembako dan baju baru untuk Mama, lalu ini Mama dari manakah bawa noken isi belanjaan, pulang pasar kah, ini sembako untuk Mama masak di rumah yo, baju juga ini baju baru untuk Mama,” itulah ucapan yang dilontarkan oleh Praka Ali Rifai.

Lettu Inf Sunariyo, selaku Pasiter Satgas menyampaikan bahwa kegiatan berbagi Sembako ini bertujuan untuk membantu mengurangi beban warga sekitar.

“Kalau kita boleh jujur, dulu masyarakat pada awal kami datang kesini takut mendekat ke Pos TNI, kita kasih Sembako kadang tidak mau, tapi sekarang sudah berjalan 5 bulan bertugas, masyarakat itu sudah tau kalau kita di pinggir jalan bawa karung bagi Sembako paket pos senyum,” tegas pria yang biasa dipanggil dengan Pakde Naryo ini memberikan penjelasan.

Kalau di hitung-hitung mungkin sudah hampir empat ton beras habis untuk kegiatan pos senyum ini, dari awal bulan Juli – November, hampir lima bulan kegiatan ini rutin dilaksanakan.

“Ini program di gagas oleh Bang Alex Komandan Satgas kita, prinsip Letkol Subandi nama asli Bang Alex itu untuk membantu masyarakat, untuk menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat, tidak boleh absen, seminggu dilaksanakan dua kali,” terang Pasiter.

Komitmen menghadirkan kebahagiaan ini di implementasikan dalam banyak hal, semuanya itu tidak sedikit modalnya, barang-barang yang di gunakan biasa dikirim lewat helikopter, kadang pesawat sipil, lewat jalur kapal motor yang turun di Dermaga Amor, Mumugu, Kabupaten Asmat.

“Perjuangan dan keseriusan Letkol Subandi untuk masyarakat tidak main-main, sampai hari ini tidak pernah kita kehabisan stok sargal, di datangkan terus, ada itu numpuk di tempat brifing, barang berkarung-karung,” jelas bapak teritorial di sela-sela kegiatan.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan rakyat di daerah penugasan, dimana hal tersebut selalu ditekankan oleh pimpinan Kostrad dalam ini Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, bahwa kehadiran Satgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad harus bisa memberikan solusi, bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

“Kita ini datang kesini tulus untuk membantu kelancaran pembangunan di Kabupaten Nduga, membantu kesulitan masyarakat, kita tau sendiri daerah ini daerah rawan KST Papua, tapi kita bilang kita disini untuk membantu warga, puji tuhan semuanya lancar dan aman, masyarakat juga antusias dan mengapresiasi kegiatan kita,” tutup Lettu Sunariyo sebelum kegiatan selesai. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AD

Rayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H Kodim 0501/JP Bagikan Hewan Qurban Kepada Warga

Published

on

By

Jakarta Pusat_Sambut perayaan Idul Adha 1445 H tahun 2024, Kodim 0501/JP bagikan hewan kepada warga masyarakat, bertempat di Makodim 0501/JP Jl. Selaparang Gunung Sahari Utara Kemayoran, Jakarta Pusat. Senin (17/6/2024).

Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Bangun I.E. Siregar, S.H., MIPOL. Mengatakan kegiatan ini merupakan wujud dari nilai ketaatan, pengorbanan, kebersamaan, dan kepedulian yang di wujudkan dengan berbagi kepada sesama.

Kolonel Inf Bangun I.E. Siregar, S.H., MIPOL. menambahkan dalam pelaksanaan kegiatan ini kami berharap daging kurban ini dapat memberikan manfaat dan membantu meringankan beban warga yang membutuhkan, sehingga penyalurannya bisa tepat sasaran”, imbuhnya.

Ada sebanyak 100 warga penerima hewan qurban kali ini, yang secara langsung di serahkan oleh Perwira Seksi Personalia Mayor Inf Endra Krismanto, semoga momen Idul Adha 1445 H dapat mencontohkan dan memberikan tauladan tentang pengorbanan dan keikhlasan dalam berbagi adalah inti dari perayaan Idul Adha”, tutup Dandim 0501/JP

(Sumber Kodim 0501/JP)

Continue Reading

TNI AD

Menjaga Lingkungan Bersih, Babinsa Balimester Bersama Warga Kerja Bakti

Published

on

By

Kodim 0505/Jakarta Timur – Menjaga Kebersihan lingkungan, Babinsa Sertu Hermawanto, Serda Andryansah bersama warga Balimester bersihkan saluran air di lingkungan RT.02/03 Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Senin (17/06/24).

Pembersihan lingkungan ini dilakukan seusai Sholat Idul Adha 1445 H ini, Babinsa bersama warga RT.02/03 Balimester bertujuan untuk membersihkan sampah daun dan plastik yang menumpuk disekitar lingkungan warga.

Pada kegiatan kerja bakti tersebut Danramil Mayor Arh M. Sianturi mengatakan, bahwa kerja bakti pembersihan di wilayah RW.03 Balimester ini dilakukan oleh Babinsa Sertu Hermawanto, Serda Andryansah bersama warga setempat merupakan wujud nyata kepedulian Babinsa Balimester dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Dengan diadakannya kerja bakti yang baik dari berbagai unsur, baik dari warga dan Tiga pilar Kelurahan Balimester, kegiatan kerja bakti pembersihan saluran air dan pengangkutan sampah di wilayah binaannya, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan juga meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, ungkapnya.

Sumber Pendim 0505/JT

Continue Reading

TNI AD

Peringati Hari Raya Idul Adha,Korem 052/Wijayakrama Gelar Shalat Ied dan penyembelihan hewan kurban

Published

on

By

Korem 052 – Tangerang. Dengan mengambil tema “Semangat berqurban untuk ketaatan dan kepedulian kepada sesama” Korem 052/Wkr gelar peringatan hari raya Idul Adha dengan melaksanakan shalat Ied di Masjid Jami Al-Hidayah dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban bertempat di Komplek Rumdis Korem 052/Wkr, Desa Legok,Kec Legok Kabupaten Tangerang. Senin (17/6/2024)

Dalam peringatan hari raya Idul Adha kali ini Korem 052/Wkr menerima 10 ekor sapi dan 14 ekor kambing.Penyerahan hewan Qurban dilakukan secara simbolis oleh Kasrem 052/Wkr, Kol. Inf Bram Pramudia ,S.E. kepada Kabintal, Lettu Arh Armyn Hari selaku ketua panitia. Sedangkan untuk pendistribusian daging korban di peruntukan bagi Yayasan Yatim Piatu,pondok Pesantren dan Warga di sekitar Rumdis Korem 052/Wkr.

Dalam sambutannya Kasrem yang membacakan sambutan Danrem 052/Wkr menyampaikan Berkenaan dengan hari raya idul Adha ini secara pribadi dan atas nama komandan Korem 052 wijayakrama saya mengucapkan “selamat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 Hijriyah 2024 Masehi”.

“Kita dapat memaklumi bersama bahwa hari raya qurban atau hari raya idul Adha adalah sebuah hari di mana kita memperingati peristiwa penyembelihan nabi Ismail AS putra nabi Ibrahim AS dalam rangka menguji sampai di mana ukuran ketakwaan nabi Ibrahim AS kepada Tuhan, atas kehendak Tuhan juga nabi Ibrahim AS menyembelih putranya nabi Ismail AS kemudian atas kekuasaannya nabi Ismail AS diganti dengan seekor domba.Dari kisah tersebut kita dapat mengambil sebuah hikmah yang baik bahwa setiap manusia hendaklah rela berqurban baik dengan harta benda , jiwa raga jika diperlukan baik itu untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara serta khususnya bagi agama kita.”terangnya.

“Yang menjadi pertanyaan di sini adalah apakah kita sudah mengukur kadar rasa pengorbanan pada diri kita masing-masing? Apakah kita sudah siap kehilangan harta dan tenaga kita jika ada seseorang yang memerlukan pertolongan kita? Apakah kita sudah siap untuk berqurban apabila bangsa dan negara membutuhkannya? Apakah kita sudah siap untuk kehilangan harta dan tenaga apabila agama kita membutuhkan? Tentu jawaban semua pertanyaan tersebut hanya terletak di dalam hati kita masing-masing.”

“Tetapi apabila yang kita lakukan dengan berqurban menyembelih binatang ternak ini adalah salah satu wujud perbuatan amal dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. “Ujarnya.

“Jika kita mau melihat secara nyata dalam kehidupan masyarakat masih banyak saudara-saudara kita yang tidak mampu memberi daging untuk dikonsumsi. Karena harganya relatif mahal dan dengan melakukan qurban ini kita mencoba berbagi dengan saudara-saudara kita tersebut agar mereka juga dapat merasakan kenikmatan daging tersebut seperti yang telah kita rasakan dan tentu saja hal ini adalah sebuah amal perbuatan baik yang akan mendapatkan imbalan di akhirat kelak.”

“Dengan berqurban kita dapat mengambil hikmah dari hari raya Idul qurban yaitu sifat keteladanan kerelaan dan ketakwaan nabi Ibrahim AS dan Ismail AS .Nilai ketakwaan beliau kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang begitu tinggi beliau rela mengorbankan harta yang paling berharga dalam kehidupan untuk menyembelih nabi Ismail AS sebagai kurban.”

“Demikian halnya tentang masalah qurban ini kita tidak hanya dituntut untuk berqurban hanya dalam hari raya idul Adha saja, tetapi dalam kehidupan keseharian Kita juga harus selalu melakukan jika kita mampu dan ada yang membutuhkan. Jadi dengan hari raya Idul Adha ini mari kita tingkatkan nilai keimanan dan ketakwaan kita kepada Tuhan yang maha esa. Jalankan semua perintah Allah subhanahu wata’ala dengan keimanan dan keikhlasan serta tinggalkan jauh-jauh segala yang menjadi larangannya insya Allah amal baik saudara diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.”

“Sebelum mengakhiri amanat ini sekali lagi saya mengajak seluruh warga Korem 052/Wkr untuk selalu meneladani pengorbanan nabi Ibrahim AS dan mari kita memetik makna berqurban untuk senantiasa peduli terhadap nasib orang lain yang mungkin perlu uluran bantuan kita semua.”tutupnya

Sumber penrem52

Continue Reading

Trending