Connect with us

TNI AL

“SPECIAL MISSION COMBAT BOAT” KARYA ANAK BANGSA PERKUAT TNI AL

Published

on

Fokusindonesia.com, Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 25 Oktober 2023 — TNI Angkatan Laut (TNI AL) kembali diperkuat oleh Alutsista karya anak bangsa, kali ini 1 unit Special Mission Combat Boat yaitu Patkamla Yapero III – 11 – 17 karya industri anak bangsa yaitu P.T. Tesco Indomaritim secara resmi masuk ke jajaran TNI AL dalam acara Delivery Ceremony yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, bertempat di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Rabu (25/10).

Penggunaan nama Yapero sendiri diambil dari nama pulau yang berada di Kampung Otakwa, distrik Mimika Timur Jauh, Papua. Kegiatan diresmikan secara simbolis dengan pemotongan pita, pemecahan kendi dan penekanan tombol sirine sebagai tanda diberikannya nama Patkamla Yapero III – 11 – 17 kepada kapal tersebut. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan berita acara yang disaksikan langsung oleh Wakasal dan diakhiri dengan uji coba Patkamla Yapero III – 11 – 17 dengan melakukan beberapa manuver di sekitar perairan Pantai Mutiara.

Wakasal dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa ini adalah inovasi karya anak bangsa, yang merupakan produksi dalam negeri, dibuat dengan mempertimbangkan konstelasi geografi Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan selat-selat kecil yang menuntut kehadiran kapal-kapal TNI AL. “Nantinya kapal ini akan digunakan di sungai-sungai maupun di selat-selat di wilayah Koarmada III. Kedepan kita rencanakan 11 Patkamla seperti ini akan kita produksi untuk ditempatkan di wilayah jajaran Koarmada III”, ujar Wakasal.

Wakasal menambahkan bahwa, kapal ini memang didesain untuk menghadapi berbagai kerawanan dan penyelundupan yang melalui selat-selat kecil dan pulau-pulau kecil sehingga harapannya dengan adanya kapal ini akan mampu untuk bergerak lebih dinamis dalam melaksanakan kegiatan patroli dan operasi.

Kapal ini juga dikembangkan agar mampu digunakan untuk melaksanakan Gerakan Kapal Ke Pantai (GKK) dalam mendukung operasi amphibi. “Saya yakin kita mampu untuk membangun alutsista yang sesuai untuk kebutuhan yang kita inginkan yang tentunya harus sesuai dengan perkembangan zaman saat ini”, ungkap Wakasal.

Special Mission Combat Boat ini akan di distribusikan ke Koarmada III dibawah jajaran Lantamal XI Merauke. Kapal ini memiliki panjang 18,30 meter dengan lebar 4,2 meter, kendaraan tersebut memiliki kecepatan maksimal 35 knot, kecepatan jelajah 30 knot, serta kecepatan ekonomis 15 knot. Memiliki kapasitas fuel tank 3.600 Liter, dengan kapasitas fress water tank 300 liter. Dilengkapi akomodasi untuk 7 crew dan ditambah dengan akomodasi untuk 14 pasukan.

Boat ini memiliki sistem navigasi Radar Furuno type 1835, Magnetic Compas Voyager, dan Echo Sounder Furuno type FCV-688. Selain itu boat ini juga dilengkapi dengan persenjataan satu senjata kaliber 12,7 mm, serta dua senjata kaliber 7,62 mm. Special Mission Combat Boat memiliki fungsi asasi untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan seperti operasi keamanan laut, peperangan khusus anti teror aspek laut dan kegiatan infiltrasi melalui laut serta di design untuk mampu melaksanakan Search and Rescue (SAR).

Special Mission Combat Boat ini memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sekitar 45%. Kapal ini dapat bermanuver berbelok dengan tiba-tiba dan bermanuver zig-zag, karena memang dirancang untuk melaksanakan patroli dan pengejaran kapal-kapal pelaku tindak illegal. Pengadaan kapal Special Mission Combat Boat karya anak bangsa tersebut, merupakan salah satu implementasi dari komitmen TNI AL dalam mendukung Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Hal ini akan mendorong pertumbuhan industri pertahanan dalam negeri serta meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Selain itu, P3DN juga akan membantu meningkatkan devisa negara karena mengurangi impor barang dan jasa.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali juga menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk terus meningkatkan produksi dan penggunaan produk dalam negeri. Tujuannya guna mendukung program pemerintah dalam menjadikan Indonesia yang mandiri serta mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Tanamkan Cinta Tanah Air, Siswa SDN 20 Simpang Mandong Wisata Edukasi di KRI Karotang-872 di Satrol Lantamal XII

Published

on

By

Pontianak, TNI AL, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 20 Simpang Mandong Kecamatan Tayan Hulu mengunjungi Kapal Perang Republik Indonesia KRI Karotang-872 di Dermaga Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Rabu (29/05/2024).

Dalam kunjungan tersebut, sejumlah 49 orang siswa kelas VI didampingi oleh Kepala Sekolah SDN 20 Simpang Mandang Ibu Fathonah Nilawidi, M.Pd. beserta guru pendamping dalam rangka wisata edukasi dengan diperkenalkan terkait TNI Angkatan Laut serta alutsistanya oleh Personel Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal XII dan para ABK kapal KRI Karotang-872.

Disamping itu, tujuan dari program tersebut agar dapat menumbuh kembangkan karakter Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan membuka wawasan serta menginspirasi peserta didik agar dapat meminimalisir putus sekolah.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan terkait TNI Angkatan Laut dan tugas pokoknya, pengenalan Lantamal XII dan diakhiri dengan meninjau Kapal Perang KRI Karotang-872 dengan memperkenalkan tugas peralatan yang dimilikinya.

Kepala Sekolah SDN 20 Simpang Mandang mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII yang telah mewadahi program cinta tanah air berharap dapat bermanfaat bagi para siswa.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penyambutannya dari TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII yang telah menerima peserta didik kami untuk melakukan wisata edukasi di tempat ini. Kami berharap dengan berkunjungnya kami di tempat ini, semakin tumbuh rasa cinta anak-anak kami kepada NKRI, dapat membuka wawasan, dan mengimplementasikan di kehidupan mereka,” pungkasnya.

Dispen Lantamal XII

Continue Reading

TNI AL

Wujudkan Tujuan Negara Melalui Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Menata Wilayah Pertahanan Guna Mendukung Ssistem Pertahanan Negara

Published

on

By

PENHUMAS-SESKO TNI,- Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Arif Widianto, M.B.A., M.Tr. (Han)., CHRMP., diwakili Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., mengikuti Diskusi Panel MK Manajemen Pertanahan Negara Dikreg LII Sesko TNI TA 2024 dengan tema “Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Menata Wilayah Pertahanan Guna Mendukung Sistem Pertahanan Negara”, yang dipimpin oleh moderator Pasis Dikreg LII Sesko TNI Kolonel Tek Agustinus Subagyo, bertempat di Gedung Graha Widya Adibarata Sesko TNI, Bandung, Senin (27/5/2024).

Yang menjadi narasumber pada acara Diskusi Panel Manajemen Pertahanan Negara adalah Edi Prasetyono, M.I.S., Ph. D., Dosen Universitas UI sebagai Panelis 1, Brigjen TNI Edi Pribadi Dirjen Pothan Kemhan RI sebagai Panelis 2, dan Gunawan Eko Movianto, M.M., Plh. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri sebagai Panelis 3.

Dilanjutkan paparan dari masing-masing panelis, yang pertama paparan Dosen Universitas UI dengan tema Pembangunan Wilayah Pertahanan dan Pemerintah Daerah. Sejauh ini secara umum aspek pertahanan kurang menjadi prioritas dalam pembangunan daerah, baik dalam skala nasional/pemerintah pusat. Semua itu terbatas terhadap beberapa faktor diantarannya anggaran, penyiapan infrastruktur, logistik, antisipasi keadaan darurat/emergensi, pendidikan bela negara baik formal maupun in/non-formal.

Dilanjutkan paparan Panelis 2 Dirjen Pothan Kemhan RI, dengan tema tentang Integritas Penataan Wilayah Pertahanan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional dan Daerah. Beliau menjelaskan bahwa pengelolaan wilayah negara digunakan untuk kepentingan kesejahteraan, pertahanan keamanan, dan kelestarian lingkungan hidup dalam rangka mewujudkan tujuan nasional dan kepentingan nasional, sistem pemerintahanan daerah dan rencana tata ruang daerah merupakan bagian dari pelaksanaan pemerintahanan (urusan konkuren) dalam rangka percepatan pembangunan, serta TNI di daerah memiliki tugas dan tanggungjawab dalam sinkronisasi kepentingan penataan wilayah pertahanan dan Rencana Tata Ruang Daerah.

Terakhir paparan Panelis 3 Plh. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, dengan tema Sinergitas Pemerintah Daerah dan TNI dalam Pembangunan Daerah. Untuk meningkatkan sinergi Pemerintah Daerah dan TNI dalam penyusunan dan penetapan Rencana Tata Ruang (RTR) Daerah, perlu dilaksanakan beberapa langkah diantaranya adanya koordinasi yang dilaksanakan antara Pemerintah Daerah dan unsur TNI dalam penyusunan, peninjauan kembali dan revisi RTRD serta adanya pembinaan terhadap pelaksanaan koordinasi dan pelibatan unsur TNI di Kabupaten/Kota dari pejabat Pemerintah Daerah. Kegiatan diakhiri tanya jawab dan foto bersama.

Kegiatan diikuti para Pejabat Utama Sesko TNI, para Kadep dan para Patun/Dosen Sesko TNI.

Continue Reading

TNI AL

Asrena Danlantamal I Hadiri Pelantikan Pejabat Walikota Tebing Tinggi

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Asisten Perencanaan (Asrena) Danlantamal I Kolonel Laut (S) Nanda Cahyono Pribadi, menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Walikota Tebing Tinggi Dr. Moettaqien Hasrimi, dipimpin oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jendral Sudirman No.14 Medan, Sumatera Utara, Selasa (28/5/2024).

Dalam amanat Pj. Gubernur Sumatera Utara menyampaikan, saya yakin bahwa dengan pengalaman dan dedikasi Moettaqien, roda pemerintahan Kota Tebing Tinggi akan bergerak semakin dinamis. Kita berharap, dibawah arahan Pj. Walikota yang baru, program-program pemerintah akan segera terlaksana, percepatan pencapaian target RPJMD akan tercapai, dan kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending