Connect with us

Bakamla RI

Special Response Team Bakamla RI Jalani Latihan Tahap 1

Published

on

Batam, 24 Mei 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) — Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Ermawan Susilo melaksanakan kunjungan kerja ke Batam dalam rangka peninjauan Latihan Special Response Team (SRT) Tahap 1. Latihan tersebut bekerja sama dengan International Narcotics and Law Enforcement Affairs (INL) yang diadakan di Pangkalan Bakamla Batam, Kota Batam, Jumat (24/05/2024)

Pada tahap satu, para personel mendapatkan materi Narcotics I.D, Assa Vesel Search, Smuggling Trend and Methods dan lainnya. Nantinya, para personel yang telah mengikuti latihan ini akan ditempatkan di Kapal Negara (KN) milik Bakamla RI guna pemeriksaan kapal dengan skala berat.

Selain melakukan peninjauan latihan, Laksma Bakamla Ermawan turut melakukan Courtesy Call ke beberapa lokasi, meliputi Kantor Zona Bakamla Barat, Pangkalan Bakamla Batam dan Pangakalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV. (Humas Bakamla RI)

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.
Foto-foto: Humas Bakamla RI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bakamla RI

Bakamla RI Ketuai Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas di WLM HACGAM ke-20

Published

on

By

Incheon, 20 Juni 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) –— Bakamla RI turut serta dalam kegiatan Working-Level Meeting of Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (WLM HACGAM) ke-20 Tahun 2024. Pada kesempatan ini, Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Eka Satari menjadi Ketua dalam Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas. Kegiatan diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan, Kamis (20/6/2024).

Pertemuan yang berlangsung sejak Senin (17/6) ini membahas isu-isu keamanan dan keselamatan laut. Dalam praktiknya, peserta terbagi dalam 5 kelompok kerja antara lain: Kelompok Kerja Pencarian dan Penyelamatan, Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas, Kelompok Kerja Pencegahan dan Pengendalian Pelanggaran Hukum di Laut, Kelompok Kerja Perlindungan Lingkungan, dan Kelompok Kerja Pertukaran Informasi.

Dalam kesempatan ini, Laksma Bakamla Eka Satari merupakan Ketua dalam Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas. Kelompok kerja ini membahas upaya-upaya yang dilakukan seluruh anggota untuk membekali dan meningkatkan kapasitas personel dalam menjalankan tugas sebagai aparat penegak hukum di laut. Selain itu, disampaikan pula rencana pelaksanaan Capacity Building Program for HACGAM pada bulan Agustus 2024 mendatang, dan juga undangan kepada seluruh anggota HACGAM untuk menghadiri Coast Guard Symposium dalam ajang Indo Defence Expo & Forum di Indonesia, bulan November 2024.

Lebih lanjut, pertemuan ini juga membahas beberapa inisiasi baru, diantaranya keikutsertaan Inggris sebagai observer pada pertemuan High-Level Meeting of HACGAM ke-20, dan usulan Pembentukan Kelompok Kerja baru yang akan diintegrasikan dengan Kelompok Kerja Pertukaran Informasi. Inisiasi ini kemudian akan diajukan pada pertemuan HLM HACGAM ke-20 pada bulan September 2024 mendatang, untuk mendapatkan persetujuan dalam pertemuan di level Pimpinan.

Untuk diketahui, WLM HACGAM merupakan pertemuan tingkat operasional antar coast guard se-Asia yang diselenggarakan setiap tahun. Pada tahun ini, WLM HACGAM dihadiri oleh 17 negara anggota, meliputi Australia, Bahrain, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Pakistan, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, Thailand, Turki, dan Vietnam.

Tak hanya itu, Inggris turut hadir sebagai observer, serta The Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery against Ships in Asia Information Sharing Centre (ReCAAP ISC) dan Global Maritime Crime Programme United Nations Office on Drugs and Crime (GMCP-UNODC) sebagai associated members. (Humas Bakamla RI)

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.
Foto-foto: Humas Bakamla RI

Continue Reading

Bakamla RI

Bakamla Zona Tengah Gelar Latihan Selam Dasar Tahun 2024

Published

on

By

Minahasa Utara, 11 Juni 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Kepala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., membuka kegiatan latihan selam dasar bagi 25 personel Zona Bakamla Tengah Tahun 2024. Upacara pembukaan dilaksanakan di Pantai Firdaus, Kema, Minahasa Utara, pada Selasa (11/6/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan di Stasiun Bakamla Kema ini bertujuan untuk membekali personel Zona Bakamla Tengah dengan kemampuan menyelam guna mendukung tugas-tugas Bakamla RI seperti kegiatan pertolongan dan pencarian yang memerlukan kemampuan selam serta tugas-tugas lainnya yang menjadi tugas pokok Bakamla RI.

Kegiatan diselenggarakan selama lima hari kedepan dengan berbagai macam materi selam dasar seperti pengenalan peralatan selam, penggunaan alat selam dan komunikasi bawah air, physical training, keterampilan renang laut, praktik dan berbagai macam materi lainnya yang diberikan kepada peserta yang terlibat dalam kegiatan menyelam ini.

Di awal sambutan, Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., menyampaikan ucapan salam kepada para pejabat Zona Bakamla Tengah, Para Instruktur, dan seluruh peserta yang terlibat pada kegiatan ini. Sambutan ditutup dengan penekanan kepada para peserta latihan untuk melaksanakan latihan dengan serius, perhatikan keamanan dan keselamatan, patuhi semua instruksi yang disampaikan oleh instruktur dan jaga kekompakan sesama peserta dan instruktur.(Humas Bakamla RI)

Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S. Pd
Foto-foto : Humas Bakamla RI

Continue Reading

Bakamla RI

Bakamla RI Bersama APMM Jalankan Patkor Optima Malindo 31A

Published

on

By

Malaysia, 6 Juni 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Bakamla RI bersama Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) mengadakan Patroli Terkoodinasi (Patkor) Optima Malindo 31A. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Basri Mustari bersama Pengarah Bahagian Keselamatan & Pengawasan Maritim APMM Laksda Maritim Mohd Zawawi Bin Abullah Rashid selaku Ketua Bersama Tim Perancang Operasi Maritim (TPOM) Malindo. Kegiatan dilaksanakan di Georgetown, Pulau Pinang, Malaysia, Kamis (6/6/2024).

Kegiatan dibuka dengan sambutan para Ketua, dilanjutkan dengan Paparan Kesiapan dan Taklimat Patkor Optima Malindo 31A/2024 oleh Sekertaris TPOM Kepten Maritim Nor Bakari Bin Abubakar selaku Ketua Sekretariat. Dalam kesempatan ini, ditanda tangani pula Revisi Prosedur Tetap (Protap) Patkor Optima Malindo 31A yang berisikan Visi dan Misi Patkor, Konsep operasi, Aset yang terlibat, Jaring komunikasi, serta Sektor Patroli.

Kemudian, turut diadakan peninjauan ke Aset Kapal Patkor Optima Malindo 31A di Dermaga SCPT Pulau Pinang. Aset patroli milik Indonesia yang tergabung meliputi, KN Belut Laut-406 milik Bakamla RI, KRI Clurit 641 milik TNI AL, serta KP Hiu 16 milik KKP.

Di awal sambutan, Laksma Bakamla Basri menyampaikan ucapan salam dari Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., kepada seluruh jajaran TPOM dan pihak yang terlibat pada Patkor tersebut. Sambutan ditutup dengan penekanan kepada seluruh komandan unsur terlibat agar bersungguh-sungguh dalam pelaksanaan, jaga keamanan personel dan materil, serta patuhi SOP yang berlaku.

Patkor ini dilaksanakan dengan dasar Indonesia dan Malaysia sebagai negara yang berbatasan langsung, memiliki kepentingan yang sama besarnya dalam menjaga keamanan dan keselamatan di Selat Malaka. (Humas Bakamla RI)

Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S. Pd
Foto-foto : Humas Bakamla RI

Continue Reading
Advertisement

Trending