Connect with us

Fokus Nusantara

Terang di Papua Pegunungan,Yonif R 321 Kostrad Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro

Published

on

Fokusindonesia con, Jakarta. Dalam rangka HUT ke-62 Kostrad Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad membuat perubahan besar di Wilayah Papua Pegunungan terutama di Distrik Mbua dan Distrik Dal, Kabupaten Nduga, Papua.

Seperti yang dilakukan oleh Personel Pos Kotis Mbua dan Pos Dal Satgas Yonif Raider 321 Kostrad melalui program teritorial unggulan yakni menerangi bumi Papua dan membuat masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat dengan membangun PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321 Kostrad Letkol Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., dalam rilis tertulisnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua (09/03/2023).

“Kegiatan pembangunan ini merupakan suatu bentuk perhatian kami terhadap masyarakat di Papua Pegunungan, dengan memberikan karya terbaik guna menunjang keberlangsungan hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apa yang dilakukan oleh personel Pos Kotis Mbua dan Pos Dal merupakan bukti nyata bahwa kami hadir untuk menjadi solusi bagi masyarakat salah satunya kendala tentang minimnya pencahayaan,” tutur Dansatgas.

Dansatgas menambahkan, seperti diketahui, jarak dan juga kerawanan di Papua Pegunungan ini membuat timbulnya kendala yang mengakibatkan masyarakat hidup dalam kegelapan sehingga Pos terdekat yang berada di kawasan dengan pemukiman masyarakat membuat suatu inovasi berupa pembangunan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) dengan memanfaatkan arus sungai yang ada di sekitar Pos sehingga pada akhirnya masyarakat dapat menikmati aliran listrik selama 24 jam,” tambah Dansatgas.

Sementara itu, Pasiter Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Letda Inf Sobirin mengatakan bahwa jauh hari sebelum berangkat ke medan operasi kami telah memikirkan dan menyiapkan hal-hal yang dapat membantu kesulitan masyarakat salah satunya ialah masalah pencahayaan yang dari dulu diketahui menjadi salah satu kendala utama bagi masyarakat Papua Pegunungan.

“Proses pembangunan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) di Distrik Mbua memakan waktu sekitar 2 bulan sedangkan untuk di Distrik Dal memakan waktu sekitar 5 bulan, dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi namun karena kekompakan dan tekad untuk membuat suatu perubahan besar sehingga membuat Personel Satgas dan masyarakat tidak pernah mengenal lelah guna mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan di Papua Pegunungan ini. Mesin PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) tersebut mampu memberikan daya dan mendukung pencahayaan ke semua honai dan rumah yang ada di Distrik Mbua dan Distrik Dal. Tentunya dengan berhasilnya program tersebut masyarakat saat ini dapat menikmati listrik selama 24 jam,” ungkap Letda Inf Sobirin.
.
Sementara itu, Bapak Yohanes Kosumbre (49) selaku Pendeta di Distrik Mbua yang mewakili seluruh masyarakat Distrik Mbua mengaku terharu dan bangga dengan kepedulian Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad terhadap masyarakat Mbua.

“Puji Tuhan, Terima kasih kepada Satgas TNI 321, ini sangat luar biasa, Kami sangat senang sekarang honai dan rumah sudah tidak gelap lagi, semoga Tuhan membalas kebaikan Bapak TNI 321, Naura..Naura..Naura,” ucap Yohanes Kosumbre.

Dilain tempat, Bapak Robert Gwijangge selaku Anggota DPRD Kabupaten Nduga Komisi B, mewakili pemerintahan Kabupaten Nduga dan bagian dari masyarakat Distrik Dal mengucapkan

“Terima kasih kepada Satgas Yonif Raider 321 Pos Dal yang telah menciptakan karya terbaik untuk masyarakat Distrik Dal karena saat ini masyarakat sudah bisa menikmati penerangan selama 24 jam layaknya daerah maju lainnya. Saya sangat bangga,” pungkas Robert Gwijangge. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fokus Nusantara

Taman Baca Satgas Yonif 143/TWEJ Disambut Gembira Masyarakat Papua

Published

on

By

Folusindonesia.com, (Keerom). Kehadiran Satgas Yonif 143/TWEJ di perbatasan Papua sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, yang mana mereka selalu berupaya membantu memberikan solusi kepada warga di wilayah penugasan.

Sebagaimana yang dilakukan anggota Pos Yuruf Satgas Yonif 143/TWEJ yang menyulap pendopo menjadi taman baca guna meningkatkan minat baca bagi anak-anak pedalaman di Pos Yuruf, Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kab. Keerom, Papua, Sabtu (20/5/2023). Demikian disampaikan Dankipur II Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf M. Supriyono dalam keterangannya.

Lettu Inf M. Supriyono mengatakan, terjalinnya hubungan komunikasi yang harmonis menjadikan warga kampung menganggap Pos adalah rumah kedua mereka, khususnya anak-anak untuk bermain dan berolahraga disaat waktu luang.

“Supaya mereka tidak hanya bermain maka Satgas berinisiatif menjadikan pendopo Pos Yuruf menjadi taman baca guna mengasah keterampilan dan menambah pengetahuan anak-anak,” ucap Dankipur II.

Kegiatan yang dimotori oleh Danpos Yuruf Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf Sukamto ini mendapat sambutan gembira dari masyarakat, mereka sangat mendukung gagasan Satgas untuk mewujudkan anak-anak Kampung Yuruf terampil membaca dan mempunyai pengetahuan yang luas.

“Warga menyambut dan mendukung gagasan Satgas untuk membantu anak-anak mereka terampil membaca walau sambil bermain,” jelas Dankipur II Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf M. Supriyono.

Sementara itu, Kepala Kampung Yuruf Bapak Marthin Pohway (53) mengucapkan terima kasih kepada anggota Pos Yuruf Satgas Yonif 143 yang telah membantu mengarahkan anak-anaknya pada kegiatan-kegiatan positif. Pihaknya meyakini dengan terampil membaca wawasan dan pengetahuan anak-anak di kampungnya menjadi berkembang dan semangat untuk bersekolah.

“Sa ucapkan terimakasih kepada Bapak TNI yang telah turut andil mencerdaskan anak-anak kami dengan menyediakan pendopo pos menjadi ruang baca anak-anak, terimakasih telah mengarahkan anak kami kepada kegiatan-kegiatan yang sangat positif sebagai bekal mereka kelak,” ujarnya.

Autentifikasi : Pen Satgas Yonif 143/TWEJ

Continue Reading

Fokus Nusantara

Danlantamal XII Kunjungi Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Mempawah, TNI AL, Lantamal XII,* Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto mengunjungi masyarakat perbatasan Indonesia – Malaysia di Pendopo Villa Yusri Igas Dusun Belubu Desa Nanga Bayan Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang, Jumat (19/05/2023).

Danlantamal XII bersama dengan rombongan mengunjungi masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia dalam rangka Kunjungan Kerja dan mempererat silaturahmi bersama dengan masyarakat Sei Kelik.

Dalam kesempatan ini Danlantamal XII berkunjung bersama dengan Pangdam XII/Tpr, Kapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Wamen LHK, dan Ka Kanwil ATR/BPN Kalbar.

Rombongan disambut hangat oleh Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko, S.Hub.Int., M.A. bersama dengan jajaran dan masyarakat setempat.

Dispen Lantamal XII

Continue Reading

Fokus Nusantara

Berantas Buta Huruf Untuk Anak Papua Gemar Membaca, Yonif R 754 Bagikan Buku Peringati Hari Buku Nasional

Published

on

By

 

Jakarta. Bertepatan tanggal 17 Mei 2023 yang merupakan Hari Buku Nasional, Yonif Raider 754/ENK/20/3 Kostrad menumbuhkan semangat baca dan membagikan puluhan buku kepada anak – anak di kampung Inamco distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Rabu (17/05/2023).

Kegiatan pembinaan Teritorial Yonif Raider 754/ENK yang di pimpin oleh Letnan Dua Inf Amirul, selain mengajak anak – anak untuk membaca buku – buku cerita namuns juga membagikan puluhan buku – buku bacaan tersebut kepada mereka.

Yolina (42) mengatakan ” kami berterimakasih kepada bapak – bapak anggota yang sudah membagikan buku bacaan kepada anak anak kami”.

Letnan Kolonel Inf Sriyono S.IP. Selaku Danyonif Raider 754/ENK Kostrad menyampaikan “Dalam Memperingati Hari Buku Nasional mari kita tumbuhkan semangat membaca dan kesadaran membaca sedari dini”. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

\

Continue Reading

Trending