Connect with us

TNI AL

TNI AL GAGALKAN PEROMPAKAN DI PELABUHAN PORSITE FREEPORT PAPUA

Published

on

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 23 Mei 2024,—— TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Timika dibawah jajaran Lantamal XI Merauke, berhasil mengamankan 7 (tujuh) orang terduga pelaku penjarahan disertai pemerasan dan pengancaman terhadap ABK LCT. KNS 2 milik Kontraktor PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sedang memeriksa kondisi tanah disekitaran Perairan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua Tengah atau di area sekitar Pelabuhan Porsite milik PT Freeport Indonsia (PTFI). Rabu (22/05)

Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Benedictus Hery Murwanto, S.H., dalam Konferensi persnya di Aula Markas Lanal Timika mengatakan bahwa kejadian bermula pada hari Senin (20/5) yang lalu, dimana pihaknya menerima laporan dari Kapten Kapal tentang adanya tindakan pemerasan, pengancaman dan penjarahan yang dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan perahu kayu tradisional. Berdasarkan laporan tersebut Lanal Timika melakukan pengejaran, namun para pelaku berhasil melarikan diri menuju perairan dangkal dan pengejaran dihentikan dan tidak berhasil menangkap para pelaku.

Selanjutnya Tim Lanal Timika melaksanakan koordinasi dengan Kepala Kampung terduga pelaku untuk melaksanakan penangkapan, dari hasil koordinasi tersebut Tim Lanal Timika berhasil mengungkap dan mengamankan 7 (Tujuh) terduga pelaku yang berinisial YM, SK, AI, PE, AM, SM dan SJ yang kemudian diserahkan kepada Security Risk Management (SRM) PT Freeport Indonesia, Ohee Adolop dan Wilsol Mayai (Investigasi SRM) karena locus delicti-nya berada di wilayah kerja PT Freeport Indonesia, yang kemudian akan diserahkan ke pihak yang berwajib dalam hal ini Polres Mimika untuk proses hukum lebih lanjut.

Adapun dalam peristiwa tersebut kerugian yang ditimbulkan berupa 1 tas berisi dokumen kapal antara lain : SCRB (Survival Craft and Rescue Boats), SAT (Scholastic Aptitude Test), BIO CT, SDSD (Seafarers With Designated Security Duties), CCM (Crowd Crisis Management), Dompet, KTP, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu BPJS Tenaga kerja, dan Buku tabungan BRI, Beras 6 karung (@ 20 Kg), 3 rak telur, dan minuman bersoda, dari pengakuan terduga pelaku, barang bukti berupa tas yang berisi dokumen ditinggal di hutan Mangi-mangi saat pengejaran sedangkan seluruh beras dan telur telah mereka jual.

Komandan Lanal Timika mengatakan, “Walaupun barang-barang yang dijarah relatif tidak bernilai tinggi, tetapi jika kejadian itu dibiarkan, perbuatan tersebut akan meresahkan dan mengganggu pengguna laut/kapal lainnya”, jadi kita harus memastikan dan menjamin kepastian keamanan di Perairan Amamapare Kab Mimika harus terjaga dengan baik, apalagi di wilayah tersebut terdapat banyak pengguna laut/kapal yang beroperasi dan melintas.

Sementara itu Kasatpol Air Polres Mimika AKP Yakobus Sera Ayatanoi mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti atas diserahkannya para pelaku untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. “Atas nama Kapolres, kami sampaikan terima kasih atas kerjasama dan sinergitas dari TNI-Polri serta masyarakat, dan selanjutnya kami siap menjemput, mengawal dan menyerahkan kepada penyidik, untuk selanjutnya dilakukan proses hukum,” ungkapnya.

Kemudian dari pihak SRM PT Freeport Indonesia, Ohee Adolop mengatakan, atas nama PT Freeport Indonesia, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada TNI AL, Polri dan masyarakat atas kerjasamanya, sehingga para pelaku yang melakukan tindakan kejahatan di area PT Freeport Indonesia bisa diamankan.

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut diantaranya Pasops Lanal Timika Kapten Laut (P) Totok, Kasat Polairud AKP Sera mewakili Kapolres Mimika, Kepala Kampung Karaka (Bpk Fakundus), Security Risk Management (SRM) PT Freeport Indonesia Bapak Ohee Adolop dan Bapak Wilsol Mayai (Investigasi SRM)

Pada kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa setiap Prajurit Jalasena Samudera harus selalu sigap dalam menjaga kedaulatan dan keamanan laut nusantara seperti halnya penggagalan Perompakan di Perairan Mimika Papua.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Masyarakat Berbondong-Bondong Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Mako Lanal Bintan Bersama Forkopimda Bintan

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Bintan bersama jajaran Forkopimda Bintan melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 H/ 2024 M, bertempat di Lapangan Hang Tuah Mako Lanal Bintan, Jalan Jenderal Sudirman No.10, Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau. Bertindak sebagai Khatib adalah Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K., dan Iman Ustadz Beni Pratama, S.H., Senin (17/06/2024).

Dalam khotbahnya Khatib menyampaikan bahwa keagungan hari ini ditandai dengan bergemanya takbir, tahmid, dan tahlil dari orang-orang mukmin seantero dunia, sejak diawali malam 10 Zulhijjah, terus bergema, menembus hati yang suci orang-orang yang beriman, kita memuji keagungan Allah, kita menyadari bahwa kita adalah makhluk-Nya hamba-Nya yang lemah, penuh dengan noda dan dosa. Semoga hari ini dapat kita jadikan sebagai momentum indah untuk menanamkan kembali akan eksistensi diri sebagai raga yang wajib mengabdi kepada-Nya.

Hari Raya Haji ini, juga dikenal dengan Hari Raya Qurban, disebut demikian karena hari ini, umat Islam setelah melaksanakan Sholat Idul Adha, disunahkan memotong hewan qurban. Memang, qurban bukanlah merupakan ibadah yang wajib, namun sangat diutamakan bagi yang mempunyai kemampuan, sehingga Rasulullah menganggap tidaklah sepantasnya, seorang mukmin yang mampu namun enggan berqurban untuk mendekati tempat Shalat Idul Adha. Shalat dan Qurban adalah dua perintah yang sejajar harus dilakukan, sebagai pertanda rasa syukur atas berbagai nikmat yang diberikannya.

Selesai pelaksanaan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan acara penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Bupati Bintan yang didampingi Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., beserta Forkopinda lainnya kepada Ketua Panitia Ibadah Qurban Dansatma Lanal Bintan Kapten Laut (PM) Hadi Kuswanto, untuk selanjutnya dilaksanakan pemotongan hewan qurban dan penyaluran daging kurban kepada masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih kepada Bupati atau Pemerintah Kabupaten Bintan yang telah menyelenggarakan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Mako Lanal Bintan, serta ucapan terima kasih kepada Panitia Perayaan Idul Adha dari Pemda Kabupaten Bintan, personel TNI, swasta maupun masyarakat yang telah turut serta berpartisipasi dalam merayakan Sholat Idul Adha. Selanjutnya hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada yang berhak menerima.

Demikian juga ucapan Alhamdulillah bahwa tahun ini kita semua dapat menyelenggarakan Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban, serta ramah tamah jajaran Forkopimda Bintan bersama masyarakat sekitar yang ada di Tanjung Uban, sehingga hubungan harmonis antara aparat pemerintah di Bintan dengan masyarakat semakin terasa.

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI AL

Teladani Sikap dan Perilaku Nabi Ibrahim A.S, Lanal Sabang Selenggarakan Qurban

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., ikut serta merayakan Hari Raya Idul Adha bersama Prajurit Lanal Sabang, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (17/6/2024).

Hari Raya Idul Adha atau yang familiar disebut dengan Hari Raya Qurban merupakan salah satu point dalam bermuamalah kepada Allah SWT, datangnya Hari Raya Qurban memberikan kebahagiaan bagi seluruh umat Islam diseluruh dunia, tak terkecuali umat Islam yang ada di Indonesia.

Perayaan Hari Raya Qurban di Kota Sabang dan momen perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M Tahun ini terasa sangat spesial dikarenakan Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., beserta keluarga dapat berkumpul bersama Prajurit Lanal Sabang sekaligus halal bihalal guna mempererat silaturahmi serta membangun hubungan harmonis.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanal (Danlanal) Sabang memberikan contoh dan teladan kepada Prajurit dengan ikut serta berqurban 1 (satu) Ekor Sapi jenis Brahma dan 1 (satu) Ekor Kambing, juga turut serta memotong hewan qurban yang sudah diniatkan karena Allah SWT.

Sebagaimana Nabi Ibrahim A.S memberikan tauladan dengan melakukan perintah Allah SWT (Qurban) tidak lain kecuali diniatkan untuk Taqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

Turut hadir dalam kegiatan sebagai berikut, Komandan Lanal Sabang, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab I DJA I, Perwira Staf, Bintara, Tamtama, PNS, dan P3K Lanal Sabang.

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI AL

Lantamal XII melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H / 2024 dan Pemotongan Hewan Kurban di Mako Satrol

Published

on

By

Pontianak, TNI AL- Lantamal XII – Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan bersama Ketua Korcab XII DJA 1 dan keluarga besar Lantamal XII serta masyarakat sekitar melaksanaan Shalat Idul Adha1445 H / 2024 yang dipimpin Ust Ahmad Abdul Bari S.HI berlangsung khidmat di Lapangan Apel Satrol Lantamal XII, Jl. Yos Sudarso No.1 Pontianak, Kalbar. Senin (17/06/2024).

Setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha, Ust Ahmad Abdul Bari S.HI dalam khotbahnya menyampaikan bahwa pelaksanaan sholat Idul Adha tidak akan terlepas dengan sejarah Nabi Ibrahim AS yang diperinntahkan Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail AS. Peristiwa tersebut itulah yamg menjadi tolak ukur perintah untuk berkurban (hewan) yang dilakukan oleh umat Nabi Muhammad SAW hingga saat ini.

Sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW bagi yang mampu untuk berkurban agar dapat meraih derajat ketaqwaan, dimana kurban merupakan wujud ketaatan kepada perintah Allah SWT dan besar pahalanya karena pada satu helai bulunya Allah SWT akan beri 10 kebaikan, 10 penghapusan dosa, 10 pengangkatan derajat dan barang siapa yang menyenangkan hati orang mukmin, Allah SWT akan ciptakan 70 ribu malaikat yang memohon ampunan untuknya sampai hari kiamat.

Selain itu berkurban merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, serta sarana untuk mempererat hubungan sosial dalam masyarakat, sekaligus sebagai tanda syukur atas nikmat Allah SWT, oleh karena itu berkurban juga dapat menjadi motivasi bagi kita untuk berbagi kebahagian dengan orang-orang sekitar kita yang tidak mampu.

Selesai pelaksanakan sholat Idul Adha dilanjutkan acara ramah tamah di Gedung Malahayati dan dilanjutkan penyembelihan hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi dan 14 ekor kambing di halaman belakang Satrol Lantamal XII. Hewan kurban yang akan disembelih berasal dari berbagai pihak termasuk DanlantamaL XII, Asintel Danlantamal XII, Asops Danlantamal XII, Dansatrol Lantamal XII, beberapa para Kadis dan Kasatker Lantamal XII dan keluarga Lantamal XII.

Sementara itu, dari panitia kurban telah menyalurkan hewan kurban 1 ekor kambing dan 45 kg daging ke panti asuhan Al – Haq, Sungai Rengas, Kubu Raya. Letkol Laut (K) Herry Sugiarto, Pabanren Spers Lantamal XII selaku panitia kurban menjelaskan bahwa pendistribusian hewan kurban akan diutamakan kepada keluarga besar Lantamal XII dan masyarakat sekitar, diharapkan dapat membawa berkah bagi masyarakat penerima serta memperkuat tali silaturahmi antara keluarga besar Lantamal XII, panti asuhan dan masyarakat sekitar. (Dispen Lantamal XII)

Continue Reading
Advertisement

Trending