Connect with us

TNI AL

TNI AL Kembali Bangun Satu Kapal Harbour Tug Buatan Dalam Negeri

Published

on

Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 3 Oktober 2023, – Setelah sebelumnya melaksanakan delivery 2 Kapal jenis Harbour Tug dengan memanfaatkan Industri Dalam Negeri yaitu PT. Noahtu Shipyard pada bulan Agustus 2023 lalu, TNI Angkatan Laut kembali melaksanakan Shipnaming dan Launching satu Kapal Harbour Tug yaitu H-405 dipimpin oleh Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal), Laksamana Muda TNI Agus Santoso, di galangan kapal PT. Noahtu Shipyard, Tanjung Priok, Selasa (03/10).

Kapal yang akan diberi nama “Gunung Ranai” ini, merupakan Kapal Harbour Tug TNI AL yang dirancang untuk memberikan pelayanan pemanduan dan penundaan dalam membantu pergerakan manuver Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) keluar masuk pelabuhan.

“TNI AL berkomitmen untuk mendukung program pemerintah melaksanakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)”. Hal tersebut diungkapkan oleh Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Agus Santoso, seusai acara shipnaming. Ditambahkan oleh Aslog Kasal, bahwa galangan kapal dalam negeri saat ini tidak kalah dengan galangan di luar negeri. Galangan dalam negeri sudah banyak yang dapat membangun bukan saja tugboat, bahkan sudah dapat membangun Kapal Perang Republik Indonesia.

Tugboat ini nantinya akan berada di jajaran Koarmada I, hal tersebut dilatarbelakangi dengan bertambahnya unsur KRI di Koarmada I, dimana saat ini sudah diperkuat kapal jenis Angkut Tank, Bantu Rumah Sakit dan Patroli, sehingga dibutuhkan adanya kapal Harbour Tug. Kapal tersebut memiliki panjang 30 meter, dengan lebar 12 meter, serta tinggi 5,10 meter. Memiliki kecepatan hingga 12 knot dengan endurance hingga 5 hari, serta dilengkapi dengan akomodasi untuk 10 orang personel.

Selain sebagai kapal Harbour Tug juga berfungsi sebagai kapal Search and Resque (SAR) karena dilengkapi dengan External Fire Fighting untuk membantu pemadaman serta evakuasi korban di laut, dengan Independent Engine Drive kapasitas 650 m3/jam dengan jangkauan 90 meter untuk penanggulangan kebakaran di laut atau pelabuhan, dan kapal ini juga memiliki Sistem Oil Dispersant kapasitas tanki 3 m3/jam untuk penanggulangan pencemaran air laut oleh tumpahan minyak di laut.

Sejumlah kemampuan juga dimiliki oleh kapal tersebut diantaranya, Bollard Pull 35 ton, Sudut pandang Rumah Kemudi hingga 360˚, pemindahan kapal dan escorting services dengan menggunakan winch yang ada di haluan dan buritan, dilengkapi dengan Sistem Propulsi Azimuth Stern Drive sehingga kapal dapat bermanuver 360˚ diam di tempat.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa komitmen TNI AL pada P3DN, guna mendukung pemerintah dalam meningkatkan perekonomian, sekaligus sebagai wujud kemandirian bangsa dalam pemenuhan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) serta meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI RAKOR RENAKU I TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2024

Published

on

By

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan Anggaran dan Keuangan (Rakor Renaku) I tahun 2024 yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dan dihadiri Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., bertempat di Auditorium Yos Sudarso Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/05/2024).

Kasal dalam sambutannya mengatakan “Tahun 2025 merupakan tahun pertama dari Rencana Strategis (Renstra) tahun 2025 s.d. 2029 dan merupakan Renstra permulaan dari tahapan Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025 s.d. 2045. Saat ini kita juga dihadapkan pada tantangan lain yaitu penyusunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025 s.d. 2044 yang sejalan dengan rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025 s.d. 2045. Di samping itu pemerintah merumuskan tahun 2025 sebagai tahun Indonesia Emas, di mana tahun 2025 tepat berusia seratus tahun bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan bonus demografi usia produktif 70%. Visi Indonesia Emas 2045 yakni sebagai Negara Nusantara Berdaulat Maju dan Berkelanjutan. Visi tersebut menyiratkan tataran besar sebagai harapan untuk mewujudkan cita-cita kita membangun kekuatan TNI Angkatan Laut yang berdaya gentar tinggi serta disegani baik regional maupun internasional. Untuk itu, saya berharap perencanaan tahun 2025 ini akan menjadi sangat strategis untuk meletakkan dasar-dasar transformasi yang kuat dan bahkan menjadi basis untuk tingkat pertumbuhan pada tahapan berikutnya sekaligus menjadi window of opportunity sebelum kita melangkah pada pembangunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025 s.d. 2044 guna mendukung visi Indonesia Emas 2045”.

Selanjutnya Kasal menjelaskan “Kata-kata dari visi Indonesia Emas yaitu Negara Nusantara harus disosialisasikan sebagai lanjutan dari Poros Maritim Dunia. Visi Nusantara ini adalah visi laut atau visi kemaritiman yang lebih kuat. Penyusunan Rencana Kerja TNI Angkatan Laut tahun 2025 diarahkan untuk mendukung program prioritas yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 yang mengusung tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan. Dalam RKP tahun 2025 tersebut anggaran negara akan difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas infrastruktur serta ekonomi inklusif dan berkelanjutan dengan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas, menurunkan ketimpangan, dan menciptakan produk yang ramah lingkungan. Berkaitan dengan tema tersebut, forum Rakor Renaku I TNI Angkatan Laut tahun 2024 harus benar-benar dimaksimalkan sebagai media sinkronisasi bagi seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk merencanakan program kerja beserta dukungan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 secara sinergis dan tepat sasaran”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI EXIT MEETING PEMERIKSAAN BPK ATAS LK KEMHAN DAN TNI TAHUN 2023 PADA UO TNI ANGKATAN LAUT

Published

on

By

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri Exit Meeting Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan (LK) Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan TNI pada Unit Organisasi (UO) TNI Angkatan Laut yang ditutup oleh Inspektur Jenderal Angkata Laut (Irjenal) Laksda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, C.Fr.A. selaku Penanggung Jawab, dihadiri Wakil Penanggung Jawab I Tim Pemeriksa BPK RI Dr. Edy Witono, S.E., M.M., CSFA, CertDA, CIISA bertempat di Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/05/2024).

Irjenal dalam sambutannya mengatakan “Harus ada kesesuaian antara laporan keuangan kementerian dan lembaga dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) sehingga perlu adanya pemeriksaan BPK untuk meyakinkan bahwa laporan keuangan yang telah disusun sesuai dengan SAP dan perundang-undangan. Pengawasan dan pemeriksaan pengelolaan anggaran pertahanan negara di TNI sesuai peraturan perundang-undangan dilaksanakan oleh BPK RI. Pemeriksaan terinci BPK atas laporan keuangan TNI Angkatan Laut tahun 2023 yang merupakan pemeriksaan lanjutan dari pemeriksaan interim atas laporan keuangan yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober s.d. 22 Desember 2023 di Jakarta, Surabaya, Kupang, dan Labuan Bajo. Pemeriksaan terinci BPK atas laporan keuangan Kemhan RI dan TNI pada UO TNI Angkatan Laut dilaksanakan pada tanggal 23 Januari s.d. 27 Mei 2024, dari pemeriksaan ini nanti akan diperoleh opini atas laporan keuangan Kemhan RI dan TNI pada UO TNI Angkatan Laut tahun 2023. Kita semua berharap dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang tentunya opini ini dapat diperoleh dengan usaha dan kerja keras kita bersama dengan mematuhi ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan”.

Wakil Penanggung Jawab I Tim Pemeriksa BPK RI dalam sambutannya mengatakan “BPK RI sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara melaksanakan exit meeting yang merupakan bentuk komunikasi audit BPK RI setelah melaksanakan pemeriksaan. BPK RI setiap tahun mempunyai mandatori melakukan pemeriksaan yang dinamakan general audit baik diminta maupun tidak diminta sesuai peraturan perundang-undangan sebagai bentuk pengelolaan anggaran. Laporan keuangan yang dilaksanakan oleh BPK RI akan menghasilkan opini yang merupakan suatu pernyataan profesional dari pemeriksa atas laporan keuangan yang disajikan oleh TNI Angkatan Laut dengan empat kriteria yaitu sesuai dengan SAP, kecukupan pengungkapan, laporan realisasi anggaran (LRA), dan efektifitas sistem pengendalian internal (SPI). BPK RI dalam melaksanakan general audit melihat dengan fokus implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), manajemen kas, stock opname, aset tetap dan aset lainnya, serta belanja barang dan belanja modal”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AL

Tanamkan Cinta Tanah Air, Siswa SDN 20 Simpang Mandong Wisata Edukasi di KRI Karotang-872 di Satrol Lantamal XII

Published

on

By

Pontianak, TNI AL, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 20 Simpang Mandong Kecamatan Tayan Hulu mengunjungi Kapal Perang Republik Indonesia KRI Karotang-872 di Dermaga Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Rabu (29/05/2024).

Dalam kunjungan tersebut, sejumlah 49 orang siswa kelas VI didampingi oleh Kepala Sekolah SDN 20 Simpang Mandang Ibu Fathonah Nilawidi, M.Pd. beserta guru pendamping dalam rangka wisata edukasi dengan diperkenalkan terkait TNI Angkatan Laut serta alutsistanya oleh Personel Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal XII dan para ABK kapal KRI Karotang-872.

Disamping itu, tujuan dari program tersebut agar dapat menumbuh kembangkan karakter Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan membuka wawasan serta menginspirasi peserta didik agar dapat meminimalisir putus sekolah.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan terkait TNI Angkatan Laut dan tugas pokoknya, pengenalan Lantamal XII dan diakhiri dengan meninjau Kapal Perang KRI Karotang-872 dengan memperkenalkan tugas peralatan yang dimilikinya.

Kepala Sekolah SDN 20 Simpang Mandang mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII yang telah mewadahi program cinta tanah air berharap dapat bermanfaat bagi para siswa.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penyambutannya dari TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII yang telah menerima peserta didik kami untuk melakukan wisata edukasi di tempat ini. Kami berharap dengan berkunjungnya kami di tempat ini, semakin tumbuh rasa cinta anak-anak kami kepada NKRI, dapat membuka wawasan, dan mengimplementasikan di kehidupan mereka,” pungkasnya.

Dispen Lantamal XII

Continue Reading

Trending