Connect with us

Uncategorized

TNI AL, Lanal Tarempa Diserang Dua Pesawat Tempur Musuh

Published

on

Fokusindonesia.com,TNI AL, Lanal Tarempa,- Alarm peringatan ancaman udara berbunyi di Kota Tarempa setelah Lanal Tarempa menerima informasi intelijen dari satuan samping mengenai pergerakan 2 (dua) pesawat tempur musuh berkecepatan tinggi yang memasuki wilayah ruang udara teritorial Indonesia di Laut Natuna Utara mengarah ke Wilayah Pulau Siantan, Jumat (3/3/2023).

Sebagai respon cepat, Lanal Tarempa melaksanakan Peran Tempur Bahaya Udara untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman serangan udara oleh dua pesawat tersebut. Seluruh Prajurit menempati dan bersiaga tempur di pos masing-masing mengamati dan bersiap untuk melakukan pertahanan Pangkalan dari ancaman serangan udara musuh.

Uraian diatas merupakan skenario pertahanan Pangkalan yang disimulasikan dalam salah satu materi latihan yang dilaksanakan oleh seluruh Prajurit Lanal Tarempa dalam Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan 1 dan 2 (P1/P2), yaitu Latihan Pertahanan Pangkalan dalam menghadapi Bahaya Ancaman Serangan Udara. Selain itu, dilaksanakan juga materi-materi latihan lainnya seperti Peraturan Dinas Khas TNI AL, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Kebaharian, Keterampilan Penguasaan Senjata seperti Bongkar Pasang Senjata Laras Panjang dan Pistol, Pengendalian dan Penindakan Huru Hara, serta Penanggulangan Bahaya Kebakaran dan materi lainnya. Latihan tersebut adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Lanal Tarempa setiap tahun untuk membina, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme Prajurit Lanal secara terukur dengan mendatangkan Tim Uji/Penilai dari Komando Latihan Koarmada I.

Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Ibni Jauhari dalam pengarahannya kepada seluruh Prajurit Lanal Tarempa mengatakan, “Uji Terampil Glagaspur Pangkalan ini adalah sebagai sarana untuk mengukur kesiapan Lanal secara obyektif dalam pelaksanaan tugasnya. Kita sebagai Prajurit TNI harus mempersiapkan diri untuk berbagai kemungkinan ancaman atau permasalahan yang dihadapi oleh Pangkalan, sehingga untuk itu kita perlu berlatih secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Sehingga kemampuan yang dilatihkan dan diujikan ini adalah suatu kebutuhan standar, dan mutlak harus kita kuasai sebagai prajurit Lanal Tarempa.”

Tidak lupa Letkol Ibni juga menambahkan motivasi kepada prajuritnya, “Sebagai Tentara yang profesional, yang utama adalah berlatih, dengan sasaran agar Prajurit Muda dapat menyerap dan memahami seluruh materi latihan yang sudah diberikan oleh para Perwira sebagai bekal pelaksanaan tugasnya ke depan melalui drill dan pengalaman latihan di lapangan, sekaligus memberikan penyegaran bagi Prajurit Senior,” ujarnya.

Walaupun rangkaian materi latihan berlangsung ditengah kondisi cuaca ekstrim dengan curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Tarempa dan sekitarnya, namun hal ini tidak menyurutkan kesungguhan seluruh Prajurit yang melaksanakan Latihan Glagaspur ini. Dalam briefing penutup latihan, Danlanal menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya kepada seluruh Prajurit Lanal Tarempa yang telah melaksanakan latihan dengan semangat dan serius.

“Terima kasih saya ucapkan atas pelaksanaan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan ini, setelah mengikuti dari awal hingga akhir latihan, terlihat sekali hasilnya, ada perbedaan saat sebelum dan sesudah latihan, yaitu menjadi semakin baik. Saya bangga karena inilah bukti pembinaan prajurit berjalan dengan baik. Untuk itu, apa yang telah dilatihkan oleh Perwira dan Pelatih mari kita jaga dengan cara menerapkannya dalam dinas agar ilmunya tidak hilang begitu saja. Selain itu, banyak manfaat lainnya dari latihan ini seperti memupuk rasa disiplin, tanggung jawab, kepercayaan diri, dan naluri tempur sebagai seorang prajurit,” ucap Letkol Ibni.

Menutup arahannya, Danlanal Tarempa memberikan semangat kepada prajuritnya dengan yel-yel ”Lanal Tarempa, Pijak Sakti Panglima Samudra, Jalesveva Jayamahe”, yang disambut pekikan semangat dan tepuk tangan puas oleh seluruh prajurit.

(Pen Lanal Tarempa)

Uncategorized

Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 60 Perwira Tinggi TNI

Published

on

By

Fokusindonesia.com, (Puspen TNI). Guna mengoptimalkan Tugas Pokok TNI, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono kembali merotasi jabatan strategis di lingkungan TNI. Mutasi dan promosi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1324/XI/2023 tanggal 17 November 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 60 Pati TNI terdiri dari 25 Pati TNI AD, 10 Pati TNI AL dan 25 Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI, Laksda TNI Julius Widjojono dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/11/2023).

25 Pati TNI AD yaitu Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, S.E., M.M., dari Danjen Akademi TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, S.I.P., dari Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Mayjen TNI Joko Purwo Putranto, M.Sc., dari Dankoopssus TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI, Brigjen TNI Suhardi dari Dir D Bais TNI menjadi Dankoopssus TNI, Kolonel Inf Toyib Anwari dari Wadan Satintel Bais TNI menjadi Dir D Bais TNI, Brigjen TNI Heru Langlang Buana, S.I.P., dari Wadan PMPP TNI menjadi Dirdik Akademi TNI, Brigjen TNI Dody Muhtar Taufik, S.E., M.Si., dari Dirdik Akademi TNI menjadi Wadan PMPP TNI, Brigjen TNI Eko Setiawan Airlangga dari Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI menjadi Staf Khusus Kasad.

Mayjen TNI Joko Purnomo dari Pa Sahli Tk.III Kasad Bid. Polkamnas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Edy Sutrisno, S.E. dari Kasdam Jaya menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Polkamnas, Brigjen TNI Tatang Subarna dari Danrem 064/MY (Serang) Kodam III/Slw menjadi Kasdam Jaya, Kolonel Inf Fierman Sjafirial Agustus dari Ajudan Wapres RI menjadi Danrem 064/MY (Serang) Kodam III/Slw, Mayjen TNI Djashar Djamil, S.E., M.M. dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Komsos menjadi Staf Khusus Kasad (Utk. Ka BP TWP), Brigjen TNI Supriyono, S.I.P, M.M. dari Danrem 042/Gapu (Jambi) Kodam II/Swj menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Komsos, Kolonel Inf Rachmad dari Pamen Denmabesad menjadi Danrem 042/Gapu (Jambi) Kodam II/Swj, Brigjen TNI Kus Arisena dari Kapoksahli Pangkostrad menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Budi Kusworo dari Kapoksahli Pangdam IV/Dip menjadi Kapoksahli Pangkostrad, Kolonel Inf Bambang Sujarwo, S.H., M.Sos., M.M. dari Pamen Denmabesad menjadi Kapokshli Pangdam IV/Dip, Mayjen TNI Henra Hari Sutaryo dari Dansecapaad menjadi Staf Khusus Kasad.

Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P. dari Pangdivif 1 Kostrad menjadi Dansecapaad, Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E., M.M. dari Waaspers Kasad Bid. Binpers menjadi Pangdivif I Kostrad, Kolonel Inf Krido Pronomo, S.H, M.Si. dari Paban V/Binkar Spersad menjadi Waaspers Kasad Bid. Binpers, Brigjen TNI Chanlan Adilane, S.I.P dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpres menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Inf Asep Dedi Darmadi, S.I.P. dari Kasetumad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpers, Brigjen TNI Tahan Sopian Parulian Silaban, S.H, M.H. dari Kabinda Papua Barat pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Staf Khusus Kasad.

10 TNI AL yaitu Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla. dari Setjen Wantannas menjadi Danjen Akademi TNI, Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S. dari Deputi Bid. Pengkajian dan Penginderaan Sesjen Wantannas menjadi Setjen Wantannas (Sertijab Menunggu Keppres), Laksda TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si. dari Tenaga Ahli Pengkaji Bid. Wawasan Nusantara Lemhannas menjadi Deputi Bid. Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas (Sertijab Menunggu Keppres), Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA. dari Staf Khusus Kasal menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bid. Wawasan Nusantara Lemhannas (Sertijab Menunggu Keppres), Brigjen TNI (Mar) Citro Subono, S.M. dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI, Laksma TNI Basri Mustari, M.Han., CIQnR., CIQaR. dari Pa Sahli Tk. II Was Afrika dan Timteng Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Direktur Operasi Laut pada Deputi Bid. Operasi dan Latihan Bakamla, Laksma TNI Dr. Aria Cakra Wibawa, M.Tr.(Han)., GDAIS., M.A., СТМР. dari Kapoksahli Kogabwilhan I menjadi Pa Sahli Tk. II Was Afrika dan Timteng Sahli Bid. Hubint Panglima TNI.

Laksma TNI Friche Flack dari Direktur Operasi Laut pada Deputi Bid. Operasi dan Latihan Bakamla menjadi Kapoksahli Kogabwilhan I, Laksma TNI R. Kukuh Sulistijono, M.M., M.Si. (Han). dari Pa Sahli Tk. II Kumham dan Narkoba Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal, Kolonel Laut (P) Gunardi, M.Si.(Han)., M.Tr.Opsla. dari Sahli C Straops Pok Sahli Koarmada RI menjadi Pa Sahli Tk. II Kumham dan Narkoba Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI.

25 TNI AU yaitu Marsdya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si.(Han) dari Wakasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P. dari Pangkogabwilhan II menjadi Wakasau, Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., dari Pangkoopsudnas menjadi Pangkogabwilhan II, Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. dari Dankodiklatau menjadi Pangkoopsudnas, Marsda TNI Dr. Arief Mustofa, M.M., dari Deputi Bid. Koord Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam menjadi Dankodiklatau, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr (Han) dari Irjenau menjadi Deputi Bid. Koord Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam (Sertijab menunggu Keppres, Marsda TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr. (Han) dari Koorsahli Kasau menjadi Irjenau.

Marsda TNI M. Fadjar Sumarijadji, M.Sc., dari Aspers Kasau menjadi Koorsahli Kasau, Marsma TNI Mohammad Syafii, S.I.P., M.M., dari Kadisminpersau menjadi Aspers Kasau, Marsma TNI Danet Hendriyanto, S.Sos., dari Aspers Kaskoopsudnas menjadi Kadisminpersau, Marsma TNI Djohn Amarul dari Danpuslat Kodiklat TNI menjadi Aspers Kaskoopsudnas, Marsma TNI Didik Kristyanto, S.E., M.Sc., dari Staf Khusus Kasau menjadi Danpuslat Kodiklat TNI, Marsma TNI dr. Paulus Supriono, Sp. Rad., M.M., dari Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Kolonel Kes Dra. V. Triastuti Widyaningrum, M.A., dari Dosen Gol. IV AAU menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem.

Marsma TNI Fairlyanto, S.E., M.A.P., dari Danlanud Abd menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Firman Wirayuda S.T., M.Soc.Sc., dari Dirlat Kodiklatau menjadi Danlanud Abd., Marsma TNI Prasetya Halim, S.H., dari Danlanud Spo menjadi Dirlat Kodiklatau.

Marsma TNI Reka Budiarsa, dari Dan Kosek I Koopsud I menjadi Danlanud Spo, Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J) dari Dirjianstraops Seskoau menjadi Dan Kosek I Koopsud I, Marsma TNI Ali Gusman, S.T., M.M., dari Dansekkau menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo S.Ap., M.Si., dari Danlanud Sdm menjadi Dansekkau, Kolonel Pnb Sapuan, S.Sos., M.M., dari Sesdisopslatau menjadi Danlanud Sdm, Marsma TNI Ian Faudy dari Asops Kaskoopsudnas menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI David Yohan Tamboto, S.Sos., dari Dankosek III Koopsud III menjadi Asops Kaskoopsudnas, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, MMOAS dari Danlanud Smh menjadi Dankosek III Koopsud III.

tnipatriotnkri

nkrihargamati

tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel (P) Agung Saptoadi

Continue Reading

Uncategorized

Simbol Pengabdian TNI, Satgas Yonif 433 Kostard Bangunan Jembatan Penghubung Antar-Distrik di Papua

Published

on

By

Jakarta. Pedalaman Pegunungan Tengah Papua kini menyaksikan wujud nyata pengabdian TNI, khususnya Prajurit Satgas Yonif 433 Kostrad dari Divif 3 Kostrad. Mereka bersama masyarakat setempat telah berhasil membangun jembatan penghubung antara Distrik Dal dan Distrik Mbua di atas Sungai Pan-Pan, Distrik Dal. Pembangunan jembatan sepanjang 8 meter dan lebar 4 meter ini merupakan solusi konkret untuk mengatasi keterlambatan distribusi logistik dan bahan makanan yang kerap terjadi di wilayah ini.

Sebelumnya, ketiadaan jembatan sering kali menyebabkan penundaan kegiatan sehari-hari masyarakat, termasuk aktivitas pendidikan anak-anak, pertanian, hingga terganggunya arus transportasi hewan ternak. Kondisi ini diperparah dengan seringnya terjadi banjir yang membuat sungai menjadi tak terlalui.

Kehadiran jembatan ini disambut gembira oleh masyarakat lokal. “Kami sangat berterima kasih kepada Prajurit Pos Dal 433 Julu Siri karena telah membangun jembatan ini. Sekarang anak-anak kami bisa bersekolah dengan aman, dan transportasi kami menjadi lebih lancar,” ujar Plapen Wasiangge, warga Distrik Dal.

Danpos Dal Satgas Yonif 433 Julu Siri, Lettu Inf Bara Warna, menegaskan bahwa pembangunan jembatan ini adalah bukti dukungan dan persatuan antara TNI dan masyarakat lokal. Dalam proses pembangunannya, tak hanya pria dewasa yang terlibat, tetapi juga anak-anak sekolah dan para ibu. Harapannya, jembatan ini akan berdampak positif jangka panjang bagi kehidupan masyarakat Distrik Dal. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

TNI AD

Petembak Yonif 328 Kostrad Sukses Raih Juara Pada Kejuaraan Menembak Dankopasgat Cup-10

Published

on

By

Jakarta. Tim Petembak Yonif 328 Kostrad sukses naik podium dan meraih juara di beberapa kategori pada Kejuaraan Menembak Dankopasgat Cup-10 Tahun 2023 yang diikuti peserta dari beberapa Satuan TNI-Polri dan beberapa Club Petembak Indonesia bertempat di Lapangan Tembak Kopasgat, Lanud Sulaiman, Bandung. Minggu (3-5 November 2023).

Hasil dari kejuaraan ini, Yonif 328 Kostrad berhasil meraih juara pada kategori :

  1. Ring Standart 100 M dengan 3 sikap

a. Juara 1 Beregu dengan petembak :

1) Praka Hamzahad
2) Praka Budiman Walowa
3) Praka Abdul Karim

b. Juara 3 Perorangan a.n Praka M. Abdul Karim

  1. Plat Standar 100 M dengan 3 sikap

a. Juara 1 Beregu dengan petembak :

1) Praka Hamzahad
2) Praka Budiman Walowa
3) Praka Abdul Karim

b. Juara 1 Perorangan a.n Praka Hamzahad

Danyonif 328 Kostrad, Mayor Inf Ardiansyah Okta Putra Siregar, S.I.P. sangat bangga dan mengapresiasi para petembak Yonif 328 Kostrad yang telah berprestasi dan mengharumkan nama baik Dirgahayu pada Kejuaraan Menembak Dankopasgat Cup-10 Tahun 2023.

“Selamat atas prestasi yang telah diraih, semoga performa saat ini bisa lebih ditingkatkan lagi. Jangan mudah puas tetap berlatih dengan sabar dan tekun serta libatkan Allah SWT dalam kondisi apapun. Jadilah Prajurit Dirgahayu yang Setia Perkasa dan Rendah Hati,” pungkas Mayor Inf Ardiansyah Okta Putra. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Jakarta, 6 November 2023

Nomor : SP-53/XI/2023/Pen

Petembak Yonif 328 Kostrad Sukses Raih Juara Pada Kejuaraan Menembak Dankopasgat Cup-10

Jakarta. Tim Petembak Yonif 328 Kostrad sukses naik podium dan meraih juara di beberapa kategori pada Kejuaraan Menembak Dankopasgat Cup-10 Tahun 2023 yang diikuti peserta dari beberapa Satuan TNI-Polri dan beberapa Club Petembak Indonesia bertempat di Lapangan Tembak Kopasgat, Lanud Sulaiman, Bandung. Minggu (3-5 November 2023).

Hasil dari kejuaraan ini, Yonif 328 Kostrad berhasil meraih juara pada kategori :

  1. Ring Standart 100 M dengan 3 sikap

a. Juara 1 Beregu dengan petembak :

1) Praka Hamzahad
2) Praka Budiman Walowa
3) Praka Abdul Karim

b. Juara 3 Perorangan a.n Praka M. Abdul Karim

  1. Plat Standar 100 M dengan 3 sikap

a. Juara 1 Beregu dengan petembak :

1) Praka Hamzahad
2) Praka Budiman Walowa
3) Praka Abdul Karim

b. Juara 1 Perorangan a.n Praka Hamzahad

Danyonif 328 Kostrad, Mayor Inf Ardiansyah Okta Putra Siregar, S.I.P. sangat bangga dan mengapresiasi para petembak Yonif 328 Kostrad yang telah berprestasi dan mengharumkan nama baik Dirgahayu pada Kejuaraan Menembak Dankopasgat Cup-10 Tahun 2023.

“Selamat atas prestasi yang telah diraih, semoga performa saat ini bisa lebih ditingkatkan lagi. Jangan mudah puas tetap berlatih dengan sabar dan tekun serta libatkan Allah SWT dalam kondisi apapun. Jadilah Prajurit Dirgahayu yang Setia Perkasa dan Rendah Hati,” pungkas Mayor Inf Ardiansyah Okta Putra. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Continue Reading

Trending