Connect with us

TNI AL

Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Simeulue

Published

on

TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana S.T., M.T., M.Tr. Opsla., diwakili Pasintel Lanal Simeulue Kapten Laut (P) Amir Husin Lubis menghadiri kegiatan Upacara Bendera dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, bertempat di Lapangan Pendopo Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Sabtu (01/06/2024).

Pj. Bupati Simeulue Ahmadlyah, S.H., selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D, yang menyampaikan para Patriot NKRI sekalian yang saya banggakan, pada hari ini tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (PUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang
dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”. Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia, selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara
kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa, dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, ditengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya, kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahr Pancasila inii dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Hadir dalam kegiatan, Pj. Bupati Simeulue Ahmadlyah, S.H., Dandim 0115/Sml Letkol Kav Mahdan Almahirsyah, S.Sos., M.Si., Kapolres Simeulue AKBP Sujoko, S.I.K., M.H., Kajari Simeulue Yuriswandi S.H., M.H., Waka Pengadilan Negeri Sinabang Riswandi S.H., Ketua Mahkamah Syariah Kabupaten Simeulue Muhammad Lukman Hakim S.Ag., M.Si., Asisten II Bupati Simeulue Dedi Arisma, S.E., Kepala SKPK dan seluruh tamu undangan yang hadir.

(Pen Lanal Simeulue)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Wadan Lantamal I Hadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Event

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., yang diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., beserta Forkopimda Sumatera Utara menghadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Event yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo melalui vicon, bertempat di Ruang Vicon Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan bahwa objek wisata di Indonesia sangat bagus, yang paling baik adalah mendatangkan wisatawan mancanegara dalam jumlah yang besar, salah satu caranya ialah menggelar banyak event berskala internasional mulai dari konser dan event olahraga sehingga kemudahan perizinan perlu dilakukan.

Kegiatan dihadiri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Olahraga Dito Ariotedjo, Menkominfo Budi Ari, dan Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

KETUA KORCAB III DJA I MENGUNJUNGI PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENYAMBUT HUT KE-78 JALASENASTRI

Published

on

By

Ketua Korcab III DJA I, Ny. Neneng Harry Indarto mendampingi Kasi sosial Pengurus Pusat Jalasenastri Ny Aviani Akmal mengunjungi kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenastri Ke-78 tahun 2024 bertempat di Lapangan RT 09 RW 01 Komplek TNI AL Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Senin (24/06/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut : Wadan Lantamal III beserta PJU dan Kasatker Lantamal III. Turut serta Ur Sosial PP Jalasenastri,
Pengurus Korcab III DJA I, Ibu Ketua RW 01,
Ibu Ketua RT 09 dan Pengurus RT 09.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dilanjutkan dengan penyuluhan kriteria lingkungan rumah Sehat, serta pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat kepada warga.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga kunjungan ke Posyandu RT 09 RW 01.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

TNI AL

Fahami Tugas Dan Tanggung Jawab, Harapan Babinsa Jakasampurna Saat Hadiri Bimtek Dan Pelantikan Anggota PPS Kelurahan

Published

on

By

Kodam Jaya, Kota Bekasi – Dalam rangka memperkuat sinergitas antara TNI Bersama aparat pemerintahan Kelurahan dan masyarakat demi menjaga integritas serta keberhasilan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Peltu Romi dan Serda Wulanggia Babinsa Jakasampurna Koramil 01/Kranji Kodim 0507/Bekasi hadiri acara penting yang berlangsung di kantor Sekretariat RW. 017 Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Senin, (24/6/2024).

Acara penting tersebut meliputi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS), serta bimbingan teknis mengenai pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) menggunakan aplikasi Sidalih dan E-Coklit.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan perwakilan penting, antara lain Komisioner KPU kota Bekasi, Ridwan (Camat Bekasi Barat), Edi Junaedi. ST (Lurah Jakasampurna), Abdul Azis (PPK Bekasi Barat), Mustarik (Panwascam Bekasi Barat), H. Mustafa (Panwaslu Kelurahan Jakasampurna), Hanna (Ketua PPS Bekasi Barat), Ketua FKRW kelurahan Jakasampurna, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jakasampurna serta seluruh anggota PPS baru yang akan dilantik dan disumpah.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pembacaan Surat Keputusan (SK) dari KPU tentang penetapan petugas Pantarlih Kelurahan Jakasampurna, yang kemudian diikuti dengan penandatanganan SK tersebut. Serta dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan pelantikan anggota PPS baru Kelurahan Jakasampurna, yang disambut dengan sambutan hangat dari Ketua PPS, Hanna.

Ketua PPS Bekasi Barat dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang baru dilantik, serta menekankan pentingnya profesionalitas dalam melaksanakan tugas tanpa adanya praktik manipulasi data. Harapan besar diungkapkan agar semua pihak dapat bekerja sama dengan baik demi kelancaran dan keberhasilan Pemilu Serentak tahun 2024 di Kelurahan Jakasampurna.

Kehadiran Peltu Romi dan Serda Wulanggia, Babinsa Kelurahan Jakasampurna, dalam kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPS serta bimbingan teknis pemuktahiran data pemilih sangatlah penting. Sebagai ujung tombak dari TNI di tingkat desa, kehadirannya tidak hanya sebagai representasi keamanan namun juga sebagai dukungan aktif dalam menjaga ketertiban dan kelancaran proses demokrasi lokal. Dengan memastikan bahwa semua tahapan berjalan dengan baik.

Serda Wulanggia, Babinsa Kelurahan Jakasampurna, berharap bahwa melalui pelantikan dan bimbingan teknis yang dilaksanakan hari ini, anggota PPS Kelurahan Jakasampurna dapat lebih memahami tugas dan tanggung jawab mereka dalam menjalankan proses pemilu secara transparan dan profesional.

Di tempat lain Wadanramil 01/Kranji Kapten Cba Misul mengatakan bahwa dirinya juga berharap agar setiap langkah yang diambil oleh anggota PPS didasari oleh integritas tinggi serta komitmen untuk memastikan pemilu berlangsung adil dan akuntabel, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi.

“Dengan adanya komitmen dan integritas yang tinggi, sudah dapat di pastikan pemilu bias berlangsung secara adil dan akuntabel, serta bisa mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi di wilayah Kota Bekasi,”tutup Kapten Cba Misul.

(Sumber Kodim 0507/Bekasi).

Continue Reading
Advertisement

Trending