Connect with us

Otomotif

Waspada! Kenali Penyebab Kerusakan Baterai Motor Listrik dan Estimasi Biaya Penggantiannya

Published

on

Fokusindonesia.com, Jakarta – Popularitas motor listrik yang beranjak makin naik, khususnya dalam memperhatikan dampak lingkungan, karena motor listrik dipercaya memiliki keunggulan dalam emisi yang rendah dan efisiensi energi. Dalam hal energi, baterai pada motor listrik adalah komponen yang krusial. Seiring berjalannya waktu baterai pada motor listrik juga akan mengalami degradasi. Dan POLYTRON memahami hal ini.

Dengan memahami masalah tersebut, oleh karena itu Fox-R menjamin kendala pada baterai motor listrik garapannya, dengan demikian maka tidak akan menimbulkan beban keuangan yang tak terduga di kemudian hari.

Mengapa Baterai Motor Listrik Dapat Rusak?
Pada umumnya, semua baterai lithium mempunyai masa usia pakai dimana nantinya akan mengalami degradasi (drop). Baterai motor listrik sendiri umumnya menggunakan sel lithium-ion atau lifepo4. Apa saja hal yang bisa menyebabkan baterai motor listrik rusak?

  1. Siklus Pengisian dan Pengosongan Berlebihan (Overcharging/Overdischarging)
    Jika baterai motor listrik terlalu sering diisi daya melebihi kapasitas maksimum atau dikosongkan hingga level yang sangat rendah, hal ini dapat merusak sel baterai dan mengurangi umur pakai baterai.
  2. Suhu Ekstrem
    Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat merusak kinerja baterai. Pemanasan berlebihan selama pengisian atau penggunaan dapat menyebabkan degradasi baterai.
  3. Penggunaan yang Intensif atau Pemakaian Berat
    Motor listrik yang digunakan secara intensif, seperti penggunaan dalam kondisi lalu lintas berat atau beban berat, dapat meningkatkan keausan baterai.
  4. Umur Pakai (Aging)
    Seperti semua baterai, baterai motor listrik memiliki umur pakai terbatas. Setelah jumlah siklus pengisian dan pengosongan tertentu, kapasitas baterai akan mulai menurun.
  5. Ketidakseimbangan Sel
    Ketidakseimbangan kapasitas antara sel-sel individu dalam baterai dapat terjadi, menyebabkan beberapa sel mengalami stres lebih tinggi daripada yang lain.
  6. Arus Lebih (Excessive Current)
    Arus yang melebihi batas yang ditentukan untuk baterai dapat menyebabkan pemanasan berlebih dan merusak sel baterai.
  7. Kondisi Lingkungan yang Tidak Sesuai
    Faktor-faktor lingkungan, seperti kelembaban ekstrem atau paparan air, dapat merusak baterai. Juga, baterai yang disimpan dalam kondisi terlalu panas atau dingin dapat mengalami kerusakan.
  8. Penggunaan Perangkat Lunak yang Tidak Tepat
    Beberapa motor listrik memiliki sistem manajemen baterai (Battery Management System/BMS). Penggunaan perangkat lunak yang tidak sesuai atau kurang tepat dapat menyebabkan ketidakseimbangan sel atau overcharging.
  9. Kualitas Baterai yang Rendah
    Baterai yang kurang berkualitas atau tidak sesuai dengan spesifikasi motor listrik dapat mengalami kerusakan lebih cepat.
  10. Kondisi Fisik yang Tidak Baik
    Goncangan atau benturan berlebih pada baterai dapat merusak struktur internal dan sel baterai.

Perkiraan Biaya Penggantian Baterai
Biaya penggantian baterai motor listrik bervariasi, tergantung berdasarkan beberapa faktor seperti merek, model, dan kapasitas baterai. Secara umum, biaya penggantian baterai motor listrik Fox-R berkisar Rp18 jutaan.

Sangat penting untuk diingat bahwa biaya tersebut mungkin tidak hanya melibatkan baterai itu sendiri, tetapi juga biaya pemasangan serta kemungkinan biaya tambahan terkait.

Salah satu merek motor listrik yang tidak perlu khawatir tentang kerusakan baterai adalah POLYTRON. Pada motor listrik besutannya, POLYTRON Fox-R, POLYTRON menawarkan skema sewa baterai (battery subscription), di mana pengguna hanya perlu membayar Rp200 ribu per bulan. Jika baterai mengalami kerusakan, POLYTRON akan menggantinya dengan unit baterai yang baru.

“Sewa baterai ini sangat membantu pengguna motor listrik POLYTRON untuk meminimalisir beban biaya penggantian baterai di masa depan. Jadi, penting bagi kita mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi kesehatan baterai, sehingga kita dapat mengambil tindakan untuk meminimalkan risiko yang mungkin akan terjadi.” Ucap Christoper A. Wirawan, selaku Business Development POLYTRON EV.

“Kesadaran akan estimasi biaya yang tinggi, ini sangat diperlukan agar dapat memberikan pandangan yang jelas bagi pengguna untuk mempertimbangkan memilih motor listrik POLYTRON Fox-R. Dengan demikian, maka bisa lebih tenang dan bebas khawatir saat menghadapi permasalahan pada motor listrik.” Christopher menutup.

POLYTRON tidak mengesampingkan #QualityThatMatters yaitu produk yang berkualitas, durabilitas dan inovasi yang tinggi. Untuk informasi dan pembelian silahkan mengunjungi Instagram @polytron.ev atau @polytronindo. Atau layanan telepon di nomor 1500833.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Otomotif

Baru! Pembukaan Showroom POLYTRON EV Ke Dua di Pulau Dewata

Published

on

By

Fokusindonesia.com, Jakarta – Kabar gembira bagi penggemar motor listrik POLYTRON di Bali! Baru-baru ini, merek motor listrik POLYTRON, membuka lagi showroom di pulau Bali yang menawarkan pengalaman lengkap bagi pelanggan. Outlet baru ini tidak hanya menawarkan berbagai model motor listrik yang inovatif dan ramah lingkungan, tetapi juga menyediakan layanan purna jual dan fast charging station, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi siapa pun yang tertarik dengan masa depan transportasi yang berkelanjutan.

Dengan pembukaan outlet showroom terbaru ini, POLYTRON EV menegaskan komitmennya untuk memperluas jangkauan dan aksesibilitas kendaraan listrik di Indonesia. Konsumen sekarang dapat melihat langsung dan mencoba berbagai model motor listrik terbaru yang ditawarkan. Dengan berbagai fitur canggih dan desain yang menarik, motor listrik Fox series tidak hanya memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan tetapi juga mengurangi jejak karbon yang dapat merusak lingkungan.

Selain itu, outlet showroom ini juga menyediakan layanan perbaikan dan pemeliharaan motor listrik. Dengan tim teknisi yang terlatih dan berpengalaman, pengguna dapat yakin bahwa motor listrik mereka akan selalu dalam kondisi optimal. Layanan perbaikan yang cepat dan efisien di outlet ini juga memberikan kepercayaan ekstra bagi para pemiliki motor listrik POLYTRON.

Namun, yang membuat outlet showroom ini benar-benar istimewa adalah adanya fast charging station. Dengan fasilitas ini, pengguna motor listrik Fox series dapat mengisi daya baterai mereka dengan cepat dan nyaman saat berkunjung ke outlet secara gratis. Hal ini memungkinkan mereka untuk perjalanan jauh tanpa khawatir tentang kehabisan daya, menjadikan motor listrik POLYTRON sebagai pilihan yang praktis dan dapat diandalkan untuk mobilitas sehari-hari.

“Dengan segala fasilitas dan layanan yang ditawarkan, outlet showroom motor listrik POLYTRON terbaru ini menjadi tujuan yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang tertarik dengan kendaraan listrik dan gaya hidup yang berkelanjutan. Showroom juga melayani pembelian motor listrik baik secara tunai maupun dengan pembiayaan, ditambah dengan program bantuan pemerintah berupa potongan sebesar Rp7 juta untuk setiap NIK/KTP.” Kata Ilman Fachrian Fadly selaku Head of Product POLYTRON EV baru-baru ini.

Showroom ini menghadirkan pengalaman lengkap dari pembelian hingga perawatan, dan motor listrik Fox series dari POLYTRON menjanjikan masa depan transportasi yang lebih hijau dan berkelanjutan di Indonesia #QualityThatMatters.

Lokasi showroom terbaru ini berada di Jalan Cokroaminoto No.379 Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Untuk operasional showroom adalah:

  • Senin – Jumat buka mulai pukul 08.30 – 16.30 WITA.
  • Sabtu buka mulai pukul 08.30 – 14.30 WITA.
  • Minggu tutup.
  • Hari besar – keagamaan tutup.

Informasi lengkap mengenai showroom yang ada saat ini Anda dapat mengunjungi polytron.co.id atau sosial media Instagram @polytron.ev. Atau Anda dapat menghubungi sambungan telepon di nomor 1500833.

Continue Reading

Otomotif

Hadapi Musim Panas dengan Nyaman dan Ramah Lingkungan: AC Smart Neuva Pro dengan Refrigerant R32 yang Hemat

Published

on

By

FokusIndonesia.com, Di musim panas ini, Indonesia sedang dihadapkan pada fenomena yang semakin umum terjadi, hot spells, periode panas yang ekstrem yang dapat memberikan tantangan bagi kesehatan dan kenyamanan. Diperkirakan dari bulan Mei hingga Juni mendatang, suhu udara di beberapa wilayah di Indonesia akan meningkat signifikan, meningkatkan risiko panas yang berlebihan dan dampak negatif terhadap kesejahteraan masyarakat.

Dalam menghadapi kondisi cuaca yang ekstrem ini, peran pendingin udara atau AC menjadi semakin penting. AC tidak hanya memberikan kesejukan di dalam ruangan, tetapi juga memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan selama periode panas yang ekstrem. Dengan dukungan teknologi yang terus dikembangkan oleh POLYTRON, AC modern terbaru ini mampu menurunkan suhu ruangan dengan cepat, tetapi juga dapat mengatur kelembapan udara, menjaga kualitas udara di dalam ruangan, serta mengurangi risiko terkait panas.

AC Smart Neuva Pro selain pendinginan yang cepat yaitu 40% faster cooling, juga memiliki teknologi low voltage yang mengontrol penggunaan energi tetap hemat. Disisi lain, penggunaan AC Smart Neuva Pro dengan refrigerant R32 dapat menjaga lingkungan tetap terjaga. Karena R32 minim potensi merusak lapisan ozon jika dibandingkan dengan refrigerant lain. R32 dikenal sebagai refrigerant yang lebih efisien yang berarti AC Neuva dengan R32 cenderung lebih hemat energi, ini tidak hanya mengurangi dampak lingkungan secara langsung dengan mengurangi konsumsi energi tetapi juga dapat mengurangi biaya energi bagi pengguna #QualityThatMatters.

AC Smart Neuva Pro merupakan AC pintar yang pengaturannya dapat dilakukan jarak jauh melalui smartphone. Pengontrolan ini berupa menyalakan dan mematikan AC, mengatur suhu, dan mengatur jadwal operasinya yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Hingga dapat mengontrol dan memantau informasi kerusakan pada AC atau leakage detector.

AC Smart Neuva Pro memiliki empat ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan luasan ruangan.

  1. PAC 05 VZS berukuran 0,5PK
    Ukuran ini cocok digunakan untuk ruangan dengan luas sekitar 5 hingga 9 meter persegi. Biasanya untuk penggunaan di kamar tidur atau ruang kerja yang berukuran kecil.
  2. PAC 09 VZS berukuran 1PK
    Ukuran ini cocok digunakan untuk ruangan sekitar 10 hingga 15 meter persegi. Ideal untuk kamar tidur yang agak besar, ruang tamu kecil – sedang, hingga ruang kerja sedang.
  3. PAC 12 VZS berukuran 1,5PK
    Ukuran ini cocok digunakan untuk ruangan seluas 16 hingga 21 meter persegi. Biasanya digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan.
  4. PAC 18 VZS berukuran 2PK
    Ukuran ini cocok untuk ruangan besar seluas 22 hingga 30 meter persegi, misal untuk ruang keluarga yang besar, ruang rapat, ruang kantor dan lain sebagainya.

“Dengan menggunakan AC Smart Neuva Pro dari POLYTRON selain pengguna dapat merasakan manfaat pendinginan yang optimal tetapi pengguna juga dapat berkontribusi pada perlindungan lingkungan dan kesehatan planet Bumi. Ini adalah langkah kecil tetapi sangat penting menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.” Kata Albert Fleming sebagai General Manager Home Appliances dari POLYTRON ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

POLYTRON telah melengkapi pelayanan AC Smart Neuva Pro dengan layanan perbaikan selama 1 x 24 jam (untuk area tertentu) guna memberikan kemudahan dan kenyamanan penggunaan secara menyeluruh. Informasi lengkap mengenai AC Smart Neuva Pro dengan refrigerant R32, dapat Anda temui melalui website polytron.co.id atau sosial media Instagram @polytron.homes atau layanan telepon di nomor 1500833.

Continue Reading

Otomotif

Terobosan Terbaru POLYTRON: Motor Listrik dengan Battery dan Electric Motor Bersertifikasi IP67

Published

on

By

Di dunia teknologi, ketahanan terhadap lingkungan eksternal seperti air dan partikel debu merupakan faktor krusial dalam memastikan kehandalan sebuah produk, terutama kendaraan yang kita pakai sehari-hari di jalan raya. Salah satu keseriusan POLYTRON dalam mengembangkan produk otomotif-nya adalah pengembangan teknologi motor listrik yang tahan air dan debu dengan meraih sertifikasi IP67.

Ditemui di Jakarta, Ilman Fachrian Fadly selaku Head of Product POLYTRON EV menyampaikan bahwa sertifikasi IP67 pada produk motor listrik POLYTRON berdasarkan hasil uji yang dilakukan oleh Sucofindo, sebuah lembaga sertifikasi yang telah diakui secara internasional.

“Dengan sertifikasi IP67 pada battery dan electric motor, menandakan bahwa motor listrik POLYTRON memiliki uji ketahanan terhadap debu, juga air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit dan tetap berfungsi.” Kata Ilman.

POLYTRON melakukan sertifikasi IP67 pada produk motor listriknya, karena ini diperlukan sesuai dengan iklim dan cuaca yang ada di Indonesia. Dampak positif lainnya dari sertifikasi IP67 adalah kinerja dan umur pemakaian. Dengan perlindungan yang kuat terhadap elemen ekternal, maka motor cenderung lebih awet.

Selain sertifikasi IP67 pada battery dan electric motor, POLYTRON juga memfasilitasi penggunanya dengan penyediaan infrastruktur fast charging station yang tentunya mendukung program pemerintah untuk beralih menggunakan motor listrik.

POLYTRON menyediakan fast charging station di lokasi strategis, yang saat ini tersedia dalam Pulau Jawa di 15 titik lokasi, dan kedepannya akan merambah kota-kota lainnya di luar Pulau Jawa, guna memberikan kemudahan dan efisiensi yang dapat membuka jalan menuju era di mana motor listrik menjadi pilihan utama dalam transportasi berkelanjutan.

“Fast charging station yang disediakan oleh POLYTRON sangat berperan dalam kenyamanan dalam penggunaan motor listrik sehari-hari. Dengan adanya fasilitas pengisian daya cepat dan mudah diakses, kekhawatiran mengenai jarak tempuh dan waktu pengisian baterai dapat dikurangi secara signifikan. Hal ini tentu akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan motor listrik dalam mobilitas sehari-hari.” Kata Ilman menambahkan.

Dan ketika keunggulan motor listrik Fox-R dan Fox-S, sertifikasi IP67 dan fast charging dipadukan, maka pengguna motor listrik POLYTRON tidak perlu khawatir akan kondisi cuaca yang ekstrim selama perjalanan, didukung dengan teknologi terbaru yang mendukung, tentu membuat motor listrik Fox-R dan Fox-S semakin menarik bagi para pengguna di berbagai sektor yang peduli terhadap kondisi lingkungan.

“Dengan demikian, penyediaan infrastruktur fast charging serta sertifikasi IP67 menjadi salah satu langkah awal menuju masa depan mobilitas yang lebih bersih, efisien dan berkelanjutan.” Kata Ilman menutup dengan senyuman.

Continue Reading

Trending