Connect with us

TNI AL

WASPADA TERHADAP SEGALA SITUASI, KRI TELUK CALANG-524 TETAP BERLATIH MESKI KAPAL TENGAH DALAM PELAYARAN

Published

on

Fokusindonesia com, Berita Kolinlamil TNI AL, 18 September 2023 – Belajar dari insiden yang pernah terjadi pada alutsista TNI AL membuat prajurit Komando Lintas Laut Militer untuk lebih waspada agar kejadian tersebut tidak terulang lagi. Upaya tersebut dilakukan prajurit KRI Teluk Calang-524 yang saat ini sedang menjalankan penugasan operasi dukungan angkutan laut militer pergeseran personel dan materiil Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL dengan melaksanakan berbagai latihan peran ketika pelayaran atau lintas laut.

Saat melintas di perairan Selat Malaka, KRI Teluk Calang-524 mengadakan latihan peran kebakaran sampai pada latihan peran peninggalan yang juga turut melibatkan prajurit TNI AD yang on board KRI, Minggu (17/9). Dalam latihan tersebut sebelumnya disampaikan materi singkat tentang standar operasional prosedur sejumlah peran yang ada di KRI, pengenalan alat keselamatan kapal dan pembagian life raft atau sekoci penolong kepada prajurit Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata.

Prajurit KRI maupun prajurit Yonkav 6/Naga Karimata dengan penuh semangat menjalankan latihan ini. Mereka saling bahu membahu mengangkat barang-barang yang harus diselamatkan bilamana KRI tidak dapat diselamatkan bilamana terjadi musibah baik kebakaran ataupun kebocoran. Bagi pasukan TNI AD tentunya menjadi pengalaman baru saat mereka dihadapkan pada situasi darurat namun harus tetap berfikir cepat dan tepat. Latihan tersebut juga menjadi sarana yang efektif untuk menjalin soliditas prajurit TNI dari dua matra yang berbeda.

Komandan KRI Teluk Calang-524 Letkol Laut (P) Yanuar Rizky Widjaja mengatakan bahwa kegiatan latihan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. agar unsur KRI tetap melaksanakan pembinaan profesionalisme prajurit saat lintas laut dengan tetap mengedepankan keamanan dan keselamatan. Lebih lanjut Letkol Yanuar menambahkan bahwa pembinaan prajurit di saat lintas laut harus selalu dilatihkan guna membiasakan prajurit untuk tetap ‘aware’ dengan segala situasi yang terjadi. Hal tersebut sejalan dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr Opsla dimana prajurit TNI AL dimanapun berada selalu tingkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

JELANG SERTIJAB DANLANAL SIMEULUE LAKSANAKAN EXIT BRIEFING

Published

on

By

TNI AL, Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., didampingi Ibu Ketua Cabang 8 Korcab I DJA I Ny. Mirna Dwi Herdian Saputra melaksanakan Exit Briefing secara tatap muka dan Video Conference (Vicon) kepada seluruh personil Lanal Simeulue bertempat di Gedung Malahayati Mako Lanal Simeulue. Sabtu (13/04/2024).

Komandan Lanal Simeulue dalam sambutannya mengucapkan bahwa sangat bangga kepada seluruh prajurit Lanal Simeulue yang telah berdedikasi serta profesional dalam melaksanakan tugas dan dalam kesempatan itu, Komandan Lanal Simeulue mengucapkan terimakasih dan undur diri untuk melanjutkan tugas di penempatan yang baru.

Selama acara tersebut, Komandan Lanal Simeulue juga memberikan pesan dan arahan, diantaranya untuk para prajurit serta ASN di lingkungan TNI AL untuk selalu meningkatkan Iman dan Taqwa, memahami kembali makna prajurit yang selalu rendah hati serta tidak mudah terlena dan menekankan kepada seluruh prajurit untuk meningkatkan Profesionalisme dalam menjalankan tugas. Danlanal Simeulue juga menghimbau untuk selalu jalin Soliditas dan Sinergitas dengan Institusi lain.

Turut hadir dalam kegiatan, Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 8 Korcab I DJA I, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta ASN Lanal Simeulue.

Continue Reading

TNI AL

ARUS BALIK MUDIK GRATIS TNI AL DENGAN KAPAL PERANG DI BERANGKATKAN DARI SURABAYA

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 13 April 2024,—— Antusias masyarakat terhadap program TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan pemerintah yaitu mudik gratis sangat dirasakan saat pelepasan arus balik pemudik dari Surabaya dan Semarang menuju Jakarta menggunakan KRI Banda Aceh-593 (KRI BAC-593) yang dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S.H., M.Han., di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Sabtu (13/04).

Pelaksanaan mudik bersama yang diselenggarakan oleh TNI AL merupakan salah satu bentuk perhatian, kepedulian dari pimpinan TNI AL dalam rangka memfasilitasi masyarakat umum dan keluarga besar TNI AL agar dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman.

KRI BAC-593 berlayar dari Surabaya dengan membawa penumpang 356 orang serta 72 kendaraan sepeda motor dengan rute Semarang dan Jakarta. Selanjutnya akan tiba di Semarang pada hari Minggu, 14 April 2024 dan akan membawa peserta mudik gratis yang sudah terregistrasi dari Semarang sebanyak 462 orang serta 107 kendaraan sepeda motor dan akan tiba di Jakarta pada hari Senin, 15 April 2024.

Mudik gratis dengan kapal perang tahun 2024 ini TNI AL bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, BAZNAS, dan sejumlah bank diantaranya Bank Mandiri, BRI, dan BNI dimana kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung himbauan Pemerintah agar kegiatan mudik lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar serta mengurangi kepadatan dan angka kecelakaan pada arus balik lebaran.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan bahwa mudik gratis ini arahan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang bertujuan untuk membantu para pemudik dan untuk mengurangi terjadinya kemacetan di jalan”, ungkap Danlantamal V.

Sebelum melepas para pemudik, Danlantamal V melaksanakan peninjauan ke KRI BAC-593, dan menyampaikan agar para penumpang tetap menjaga kesehatan dan berhati-hati serta tidak lupa senantiasa berdoa.

Pada kesempatan terpisah, Kasal menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, dalam hal ini memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

TNI AL

SUASANA PERAYAAN IDUL FITRI 1445 H/ 2024 M PRAJURIT TNI AL DI PERBATASAN

Published

on

By

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 13 April 2024,—— Suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M bagi prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pasmar 2 Korps Marinir yang tergabung dalam Satgasmar Pam Ambalat XXIX TA. 2023 terasa berbeda di Pos Kotis Satgasmar Pam Ambalat XXIX Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Rabu (10/04) kemarin.

Pada Lebaran kali ini personel Satgasmar Pam Ambalat XXIX merayakannya di perbatasan. Meski jauh dari keluarga hal ini tidak menurunkan moril seluruh prajurit, itu karena tugas yang diemban oleh prajurit sebagai pasukan penjaga perbatasan.

Diawali dengan melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Habul Hasanah Sebatik, seluruh personel melaksanakan sholat Idul Fitri dengan sangat khusyuk dan membaur dengan masyarakat setempat.

Lettu Mar Presly Brisky Musak selaku Dansatgasmar mengucapkan selamat Hari Raya Idhul Fitri 1445 H/ 2024 M kepada seluruh prajurit yang merayakannya. “Dihari yang Fitri ini mari kita tingkatkan silaturahmi antar personel dan masyarakat sekitar, jaga hubungan baik tiap-tiap personel, meskipun jauh dari orang tua, anak, istri dan saudara, jangan menjadikan moril kita turun. Disini kita juga merupakan keluarga besar Satgasmar Pam Ambalat XXIX”, jelas Dansatgasmar.

Seusai kegiatan sholat ied, para prajurit melanjutkan dengan halal bihalal antar prajurit dan silahturahmi ke masyarakat sekitar pos Kotis Satgasmar Pam Ambalat XXIX serta menyantap menu makanan khas Hari Raya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah menjalankan tugas untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT sebagai langkah untuk mencapai tugas-tugas pokok TNI, khususnya TNI AL agar dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Continue Reading

Trending