Connect with us

TNI AL

WUJUDKAN KONSEP NCW TNI AL, PUSKODAL KOLINLAMIL GELAR LATIHAN FUNGSIONAL

Published

on

Berita Kolinlamil TNI AL, 29 November 2023 ——- Pusat Komando dan Kendali (Puskodal) Komando Lintas Laut Militer mengadakan Latihan Fungsional Puskodal Triwulan IV tahun 2023 dengan materi konsep Network Centric Warfare (NCW) TNI AL. Latihan fungsional Puskodal yang berlangsung di ruang rapat Diskomlek Kolinlamil Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara dibuka oleh Pjs Kapuskodal Kolinlamil Mayor Laut (P) Buas Sudibyo, Rabu (29/11). Salah satu sasaran yang hendak dicapai dalam latihan fungsional Puskodal adalah terwujudnya koordinasi, komunikasi serta kerja sama antar prajurit Kolinlamil dalam suatu operasi sehingga data-data yang ditampilkan dapat menjadi referensi bagi Pemimpin dalam mengambil suatu keputusan lebih lanjut.

Menyampaikan arahannya saat membuka latihan, Pjs Kapuskodal Kolinlamil mengungkapkan konsep NCW TNI AL sebagai sebuah konsep operasi yang dibentuk untuk meningkatkan daya tempur dengan menghubungkan berbagai sensor, pengambilan keputusan, sistem penembakan dan pembagian situasi pertempuran dengan mengedepankan keunggulan komunikasi informasi pada kekuatan tempur dengan tetap menjunjung efektifitas dan efisiensi sistem pertempuran. Tugas dan fungsi NCW TNI AL adalah sebagai penyelenggara yang berada di tingkat TNI AL harus mampu memberikan informasi operasi serta latihan dalam bentuk kompilasi data lingkungan operasi unsur SSAT secara cepat, akurat dan terkini dalam rangka pengambilan keputusan oleh Pemimpin TNI AL dalam rangka pencapaian hasil operasi secara optimal.

Lebih lanjut Mayor Buas menyampaikan bahwa pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini menuntut prajurit Kolinlamil untuk mampu beradaptasi secara cepat dengan cara mempelajari dan menguasai teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung kedinasan. Kegiatan operasi dan latihan pada dasarnya bertujuan untuk menguji kesiapan prajurit dan alutsista TNI AL, dalam hal ini personel dan materiil harus siap di-deploy ke medan penugasan setiap saat dan target yang hendak dicapai harus dapat diraih.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC (J)., M.A., M.M.S., CHRMP melalui Pjs Kapuskodal menyampaikan pesannya kepada seluruh personel yang terlibat latihan baik peserta maupun penyelenggara melaksanakan kegiatan latihan dengan penuh semangat dan bersungguh-sungguh sehingga tujuan dari Latihan Fungsional Puskodal dapat tercapai. Latihan adalah bagian dari pembinaan dan kesejahteraan prajurit, dengan meningkatnya kompetensi prajurit maka profesionalisme yang diharapkan dapat terwujud. Kesemuanya itu akan memberikan dampak positif pada peningkatan kinerja organisasi. (Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Satgas Trisila 2024 Laksanakan Kerja Bakti Bersih Pantai Lampung

Published

on

By

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Jakarta 4 Maret 2024

Satuan Tugas (Satgas) Trisila 2024 Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) yang dipimpin Laksamana Pertama TNI Laksamana Pertama TNI Tony Hardijanto yang sehari-hari menjabat Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I melaksanakan kerja bakti pembersihan pantai, bertempat di pantai Klara Lampung, kemarin 3 Maret 2024.

Kerja bakti pembersihan pantai melibatkan selain anggota Satgas Trisila 2024 yang terdiri prajurit KRI dan Pasmar 1 Jakarta, juga dibantu prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanal lampung, Prajurit Brigif 4 Mar BS, Saka Bahari Binaan Lanal Lampung dan siswa-siswi SMKN 6 Bandar Lampung.

Setelah melaksanakan kerja bakti, siswa-siswi SMKN 6 Bandar Lampung, Pramuka Binaan Lanal Lampung yang membantu pembersihan diberikan kesempatan rekreasi naik Tank Marinir dari pantai klara ke dermaga beaching pantai chakara Lanal Lampung.

Bakti sosial kerja bakti ini merupakan wujud kepedulian TNI AL dalam menjaga lingkungan alam terutama wilayah laut, pantai dan pesisir. Ikut serta dalam kerja bahti ini Komandan Satgas Trisila 2024, Danyon Tankfib I dan Palaksa Lanal Lampung.

Operasi Trisila 2024 merupakan salah satu tugas menegakkan hukum dan menjamin keamanan, membina kemampuan unsur-unsur Sistem Senjata Armada terpadu (SSAT) dan membina potensi maritim di pangkalan yang akan disinggahi. Selama pelayaran Satgas Trisila akan melaksanakan operasi, sekaligus melaksanakan latihan untuk meningkatkan kemampuan profesionalitas prajurit.

Alutsista yang dilibatkan dalam Satgas Trisila 2024, yaitu KRI, tank dan kendaraan amfibi Korps Marinir, serta pesawat udara heli dan fix wing dari Puspenerbal. KRI yang tergabung dalam Satgas Trisila, yaitu KRI Teluk Celukan Bawang-532, KRI Kerambit-627, KRI Cucut-866, KRI Cakalang-852, KRI Parang-647, 1 Hely Phanter, 1 Pesawat Cassa dan 1 Pesawat CN 235. Selama singgah di Pelabuhan KRI-KRI yang terlibat akan melaksanakan kegiatan open Ship.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Continue Reading

TNI AL

KS KOLINLAMIL HADIRI ACARA KEGIATAN PELEPASAN JEMAAH UMRAH, ZIARAH ROHANI DAN TIRTAYATRA TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2024

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 04 Maret 2024 ——- Kepala Staf Kolinlamil LaksmaTNI Mochammad Riza, S.E., M.Tr. Opsla., CRMP dalam hal ini mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j)., M.A., M.M.S., CHRMP menghadiri undangan acara pelepasan ibadah jemaah Umrah, Ziarah Rohani dan Tirtayatra TNI Angkatan Laut Tahun 2024 pada hari Senin (04/03) bertempat di Gedung Auditorium Yos Sudarso Denma Mabesal Cilangkap Jakarta Timur, yang dilepas secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla serta dihadiri sejumlah Pejabat Utama Mabesal, Para Pimpinan Kotama TNI Angkatan Laut serta para peserta ibadah Umrah, Ziarah Rohani dan Tirtayatra.

Para peserta yang mengikuti pelepasan ibadah jemaah Umrah, Ziarah Rohani dan Tirtayatra TNI Angkatan Laut Tahun 2024 ini terdiri dari prajurit dan PNS TNI AL yang beragama Muslim, Kristen Protestan dan Katolik serta Hindu dengan jumlah keseluruhan 83 peserta dengan rincian antara lain, 64 peserta melaksanakan ibadah Umrah ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, 15 personel akan melaksanakan Ziarah Rohani ke Kota Suci Betlehem dan Yerusalem serta 4 personel akan melaksanakan Tirtayatra ke Bangkok dan New Delhi. Dengan jadwal keberangkatan ibadah diawali dengan keberangkatan peserta Umrah pada tanggal 17 Februari, 4 s.d 12 Maret, keberangkatan peserta Tirtayatra pada 14 s.d 24 Maret dan keberangkatan peserta Ziarah Rohani 16 s.d 27 Maret.

Kasal dalam amanatnya mengatakan Ibadah Ke Tanah Suci maupun Kota Suci merupakan jawaban atas panggilan Tuhan untuk melakukan perjalanan spiritual guna mencapai tingkat keimanan dan ketakwaan yang lebih tinggi sehingga dapat memberikan manfaat yang berarti terhadap nilai kehidupan, ahlak dan perilaku. Setiap orang harus menyadari bahwa hal tersebut dapat terlaksana atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa melalui petunjuk dan hidayah-Nya. “Saya berpesan kepada seluruh jamaah untuk tetap menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah Negara setempat, untuk menjaga nama baik Indonesia. Disamping itu, pelihara rasa persaudaraan di antara para jamaah sehingga dapat saling menolong dan bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan ibadah tidak kalah pentingnya, agar para jamaah senantiasa menjaga kesehatan, mengingat pelaksanaan rangkaian kegiatan ibadah ke tanah suci membutuhkan kondisi fisik yang prima” pungkas Kasal dalam sambutannya. (Dispen Kolinlamil).

tniprima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

KOWAL KOLINLAMIL AMBIL ALIH UPACARA BENDERA

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 04 Maret 2024 ——- Pelaksanaan upacara bendera menjadi salah satu upaya untuk memelihara dan meningkatkan rasa nasionalisme, disiplin serta rasa bangga menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di lingkungan TNI, upacara bendera dapat pula dijadikan sebagai jam Komandan di mana seorang Atasan akan menyampaikan berbagai informasi terkait kebijakan Pemimpin serta hal-hal yang menjadi penekanan yang harus dilaksanakan.

Demikian halnya dengan Komando Lintas Laut Militer yang secara rutin setiap hari Senin menggelar upacara penaikan bendera yang berlangsung di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (4/3). Upacara Bendera hari ini tidak biasa, karena semua pejabat diambil alih oleh Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) mulai dari Danton, Danki, Danup, pengucap Sapta Marga sampai petugas liputan Dinas Penerangan, hal ini sebagai bentuk persamaan gender di dalam penugasan dikedinasan, sebagai Inspektur Upacara Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ronald Rarun dan sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (KH/W) Rini Aryani Jabatan sehari-hari sebagai Kasubdisdik Disminpers Kolinlamil.

Asops Pangkolinlamil dalam amanatnya menyampaikan upacara bendera adalah suatu kewajiban bagi seluruh prajurit dimana seorang pimpinan akan menyampaikan informasi terkait kebijakan dengan situasi, operasi maupun latihan yang akan dilaksanakan, sehingga diharapkan prajurit akan selalu siap dalam setiap pelaksanaan penugasan, seperti yang ditampilkan Kowal pada kesiapan dan pelaksanaan upacara bendera saat ini semuanya dikerjakan oleh Kowal baik dari perangkat upacara maupun petugas lapangannya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam waktu dekat Satgas Muhibah Port Visit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992, dengan 214 personel sebentar lagi akan tiba di Indonesia selesai melaksanakan satgas bantuan kemanusiaan, diharapkan Mako dan personil Kolinlamil agar mempersiapkan untuk penyambutan kedatangannya” Ungkap Asops Pangkolinlamil. (Dispen Kolinlamil).

tni prima

kasal

tni_angkatan laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

Trending