Connect with us

TNI AL

Wujudkan Personel yang Handal di Bidang Hukum, TNI AL Gelar Bintek Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan Tahun 2024

Published

on

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 04 Maret 2024—Sebagai upaya pembinaan personel TNI AL terhadap pengembangan kemampuan dan keterampilan di bidang perundang-undangan dan hukum, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskumal) menggelar Pembinaan Teknis (Bintek) Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan Tahun 2024 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung bertempat di Ruang Rapat (Rupat) Diskumal, Gedung B4 Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (04/03).

Bintek yang merupakan program kerjasama antara Diskumal dengan Ditjen Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) ini dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 4 – 8 Maret 2024 secara tatap muka.

Kadiskumal dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara hukum, dimana segala aspek kehidupan baik dalam bidang kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan termasuk dalam bidang pemerintahan harus berdasarkan hukum yang berlaku sesuai dengan sistem hukum nasional.

“Sebagaimana diketahui bahwa reformasi birokrasi salah satu aspeknya adalah reformasi di bidang deregulasi kebijakan yang berupa penataan perundang-undangan”, pungkas Kadiskumal

Diikuti oleh Perwira TNI AL berpangkat Letda sampai dengan Letkol serta PNS sederajat berjumlah 30 orang perwakilan dari satker-satker TNI AL di seluruh Indonesia, kegiatan Bintek Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan Tahun 2024 kali ini dilaksanakan secara bertahap, berlanjut dan berkesinambungan dengan pembekalan kemampuan, berupa keterampilan dalam penyusunan draft peraturan perundang-undangan yang bertujuan agar para peserta nantinya mampu memahami proses penyusunan peraturan perundang-undangan mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan sampai dengan pengundangan khususnya di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Beberapa materi pembelajaran secara umum akan diberikan oleh tenaga pengajar dari Kementerian Hukum dan HAM serta Perwira menengah (Pamen) Diskumal meliputi pemahaman UU No. 12 Tahun tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan beserta perubahannya, Metodologi Penyusunan Peraturan Perundang-undangan, Teknik Perundang-Undangan (PUU), Perumusan Norma, Pengharmonisan Peraturan Perundang-undangan, Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AL, Mekanisme penyusunan produk hukum dan Sistematika Teknik Penyusunan Produk Hukum dan Penyusunan Doktrin dan Petunjuk.

Penyelenggaraan Bintek Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan Tahun 2024 ini selaras dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali bahwa personel TNI AL harus dapat menguasai kemampuan kompetensinya dan terus mengembangkan keterampilannya sebagai contoh teladan guna menjadikan TNI AL yang semakin handal dan berdaya guna.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

TAKLIMAT AWAL AUDIT KINERJA ITJENAL TAHUN 2024 DI KOLINLAMIL

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 22 April 2024 ——- Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) selama 12 hari terhitung mulai hari ini, Senin 22 April sampai dengan 08 Mei 2024, menerima Tim Itjenal, yang akan melaksanakan kegiatan Audit Kinerja Itjenal Tahun 2024 di Kolinlamil dan Jajaran. Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP didampingi Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Mochammad Riza, S.E., M.Tr. Opsla., CRMP, Inspektorat Kolinlamil Laksma TNI Tjatur Hendrawidjaja, S.T beserta Pejabat Utama Kolinlamil menyambut kedatangan Tim Itjenal yang dipimpin Iropslat Itjenal Laksamana Pertama TNI Nursyawal Embun., M.Tr.Opsla selaku Pengendali Teknis (Dalnis) di Ruang Rapat Panglima Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (22/4) dan juga diikuti oleh Kasatker Kolinlamil melalui Video Conference.

Berkaitan dengan Audit Kinerja Itjenal Tahun 2024 ini, Pangkolinlamil telah memerintahkan kepada seluruh Staf jajaran Kolinlamil untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada Tim Wasrik Itjenal dalam melaksanakan tugas di Kolinlamil. Sementara itu Iropslat Itjenal dalam hal ini membacakan Taklimat Awal Irjenal Laksamana Muda TNI Rubiyanto mengatakan, kegiatan audit kinerja Itjenal Tahun 2024 dilaksanakan berdasarkan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Itjenal Tahun 2024. Tujuan dari audit kinerja di Kolinlamil dan jajarannya adalah untuk menilai efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan guna memberikan keyakinan memadai, sehingga tugas pokok entitas dapat tercapai sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis. “diharapkan satuan kerja Kolinlamil dan jajarannya dapat memanfaatkan kegiatan audit kinerja kali ini sebagai sarana untuk melakukan konsultasi dua arah dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja dan mewujudkan tata kelola organisasi yang baik dan bersih” Kata Irjenal dalam sambutannya yang dibacakan Iropslat Itjenal.

Selanjutnya Tim Itjenal menerima paparan perkembangan kegiatan Kolinlamil yang disampaikan oleh Asrena Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr(Han)., M.M. Paparan ini dimaksudkan untuk mempermudah Tim Itjenal dalam melakukan pendalaman pada masing-masing obyek yang akan diperiksa. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

ASKOMLEK KOLINLAMIL, TRISILA TNI AL SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN PRAJURIT ANGKATAN LAUT

Published

on

By

Berita Kolinlamil TNI AL, 22 April 2024 ——- Pelaksanaan upacara bendera menjadi salah satu upaya untuk memelihara dan meningkatkan rasa nasionalisme, disiplin serta rasa bangga menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di lingkungan TNI, upacara bendera dapat pula dijadikan sebagai jam Komandan di mana seorang Atasan akan menyampaikan berbagai informasi terkait kebijakan Pemimpin serta hal-hal yang menjadi penekanan yang harus dilaksanakan. Bertempat di Lapangan Moeljono Silam Mako Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (22/4). Seluruh Prajurit dan PNS Kolinlamil mengikuti upacara bendera dengan Inspektur Upacara Asisten Komunikasi Elektronika Pangkolinlamil (Askomlek Pangkolinlamil) Kolonel Laut (P) Agustinus Djoko Priyanto, S.E., M.Si dengan Komandan Upacara Mayor Laut (P) Pama yang sehari-hari berdinas di Diskomlek Kolinlamil.

Dalam kesempatan tersebut, Askomlek Pangkolinlamil memberikan beberapa penekanan diantaranya mengenai penerapan nilai-nilai kehidupan Prajurit TNI Angkatan Laut yang terkandung dalam Trisila TNI Angkatan Laut (Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer) agar setiap Prajurit memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak sesuai dengan Trisila TNI AL yang berpedoman pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Tingkatkan Jiwa Korsa antar sesama prajurit baik antar TNI AL maupun dengan Matra lain, mengingat baru saja terjadi konflik antar TNI AL dengan Satuan Samping, untuk itu para prajurit juga harus dibekali dengan bela diri taktis sebagai bentuk tindakan pertahanan diri dan akan dilaksanakan di Kolinlamil secara rutin. Aplikasi Matros Kolinlamil juga diharapkan dapat dipedomani oleh seluruh prajurit dan tidak lupa diingatkan kembali kepada para prajurit dan PNS dapat menjaga kesehatan diri masing-masing, pasalnya wabah Demam Berdarah (DBD) kembali meningkat serta agar dihindari perjudian online dan diwaspadai kebocoran berita yang bisa merugikan, baik kepada diri sendiri maupun Instansi TNI AL. (Dispen Kolinlamil)

tni_prima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Continue Reading

TNI AL

LANTAMAL III JAKARTA HADIRI PRAKTEK KERJA DALAM NEGERI (PKDN) SESPIMTI POLRI TA 2024

Published

on

By

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H. menghadiri Praktek Kerja Dalam Negeri (PKDN) Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-33 TA 2024 dipimpin Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurcholis, S.I.K., M.Si. mewakili Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.I.K. bertempat di Aula Lt. 2 Gedung Promoter Polda Metro Jaya Jl. Jend. Sudirman 55, Jakarta Selatan, Senin (22/04/2024).

Kapolda Metro Jaya dalam sambutannya yang dibacakan Irwasda Polda Metro Jaya mengatakan “Tema kegiatan PKDN Sespimti Polri Dikreg ke-33 TA 2024 adalah Strategi Kamtibmas dalam Pesta Demokrasi 2024 Menuju Indonesia Emas. Sebagaiman diketahui bersama bahwa bangsa Indonesia melalui beberapa tahap pemilihan umum (Pemilu) baik itu Presiden dan Wakil Presiden maupun legislatif berjalan cukup baik dan lancar. Mengingat pesta demokrasi yang diselenggarakan di Indonesia adalah salah satu pesta demokrasi yang terbesar di dunia, hambatan-hambatan dan gangguan sampai sejauh ini masih dapat terkendali serta dapat kita atasi bersama-sama. Sesuai fakta di lapangan dukungan dan peran seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali sangat mendukung keberhasilan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, tidak lupa juga peran aktif TNI dan Polri sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolda Metro Jaya menjelaskan “Pendidikan dan pelatihan bagi Perwira Tinggi merupakan hal yang sangat penting dalam mempersiapkan mereka untuk mengemban tugas kepemimpinan dengan baik. Sespimti merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bertujuan untuk membekali Perwira Tinggi Polri dengan kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang baik. Melalui PKDN ini para peserta didik akan memperoleh pengalaman dan wawasan langsung dalam berbagai bidang tugas di institusi Polri sehingga para peserta PKDN Polri dapat mengimplementasikan pengetahuan yang telah dipelajari selama pendidikan di Sespimti Polri”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

Trending