Connect with us

MABES TNI

Menhan Prabowo Pimpin Pertemuan Para Menhan Negara Anggota ASEAN Ke-17

Published

on

Fokusindonesia.com, Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membuka dan sekaligus memimpin jalannya sidang pertemuan para Menteri Pertahanan Negara Anggota ASEAN ke-17 (The 17th ASEAN Defence Ministers’ Meeting / The 17th ADMM) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (15/11/2023).

Menteri Pertahanan RI secara otomatis menerima estafet Keketuaan The 17th ADMM dan The 10th ADMM-Plus. Merujuk pada tema Keketuaan Indonesia ASEAN 2023: “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Kementerian Pertahanan RI menetapkan tema Keketuaan Indonesia dalam ADMM 2023 adalah “Peace, Prosperity, and Security.” Perdamaian, kemakmuran, dan keamanan saling berkaitan erat dan merupakan fondasi yang kuat bagi stabilitas kawasan. Oleh karena itu melalui kerja sama dalam ADMM, Indonesia berkomitmen untuk mempromosikan dialog dan kerja sama dalam hal pertahanan dan keamanan guna mencapai tujuan bersama.

Di awal sambutannya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto selaku Ketua ADMM ke-17 menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran para Menteri Pertahanan Negara-Negara ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN pada acara ADMM ke-17. Timor Leste turut hadir dalam pertemuan ini sebagai pengamat (observer), diwakili oleh Menteri Pertahanan Prof. Donaciano Do Costa Gomes.

“ADMM memegang peran yang sangat penting dalam mengatasi tantangan keamanan, melalui dialog yang bermakna, pertukaran gagasan, dan menjalin kemitraan dengan prinsip saling percaya, transparansi, dan kolaborasi. Pertemuan ini juga dapat menjadi katalisator untuk mencapai hasil yang dapat diimplementasikan,” kata Menhan.

Menhan Prabowo berharap semua delegasi agar terlibat dalam diskusi konstruktif, mencari solusi inovatif, dan mengidentifikasi langkah-langkah nyata untuk mengatasi tantangan keamanan di kawasan.

“Saya yakin bahwa pemahaman dan komitmen kolektif kita akan membuka jalan menuju komunitas ASEAN yang lebih aman, sejahtera, dan tangguh,” tegas Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo dalam kesempatan tersebut, turut menyampaikan rasa keprihatinannya atas konflik yang terjadi di Myanmar dan situasi di Gaza. Pemerintah Indonesia akan berupaya semaksimal mungkin melanjutkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina dan solusi damai bagi Myanmar.

Dalam kegiatan ADMM ke-17 dibahas sejumlah isu pertahanan dan keamanan yang menonjol seperti dinamika geopolitik dan geostrategi dalam konteks regional dan global, kerja sama pertahanan dalam kerangka ASEAN, serta kerja sama antara ASEAN dan Plus Country.

Hadir mendampingi Menhan Prabowo dalam sidang ADMM Ke-17 adalah Sekjen Kemhan, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Negara, Dirjen Strahan Kemhan, Ketua LP2M Unhan RI dan Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TNI AL

Danlantamal I Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Sumatera Utara

Published

on

By

TNI AL, Belawan, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni, dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, bertempat di Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan bahwa Agus Fatoni pantas menjadi Pj. Gubernur Sumut. Menurutnya, Agus memiliki pengalaman yang mumpuni, apalagi Agus pernah dua kali menjadi Pj. Gubernur, yakni di Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan. Agus juga merupakan seorang Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Pada kesempatan tersebut, Tito juga melantik Hassanudin yang sebelumnya menjabat Pj. Gubernur Sumut menjadi Pj. Gubernur Nusa Tenggara Barat. Bersama dengan Agus Fatoni dan Hassanudin, Elen Setiadi juga dilantik sebagai Pj. Gubernur Sumatera Selatan. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Ny. Tyas Agus Fatoni sebagai Pj. Ketua TP PKK Sumut oleh Ketua TP PKK Ny. Tri Tito Karnavian.

(Dispen Lanrmal I)

Continue Reading

TNI AL

Wadan Lantamal I Hadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Event

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., yang diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T., beserta Forkopimda Sumatera Utara menghadiri Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Event yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo melalui vicon, bertempat di Ruang Vicon Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan bahwa objek wisata di Indonesia sangat bagus, yang paling baik adalah mendatangkan wisatawan mancanegara dalam jumlah yang besar, salah satu caranya ialah menggelar banyak event berskala internasional mulai dari konser dan event olahraga sehingga kemudahan perizinan perlu dilakukan.

Kegiatan dihadiri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Olahraga Dito Ariotedjo, Menkominfo Budi Ari, dan Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI AL

KETUA KORCAB III DJA I MENGUNJUNGI PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENYAMBUT HUT KE-78 JALASENASTRI

Published

on

By

Ketua Korcab III DJA I, Ny. Neneng Harry Indarto mendampingi Kasi sosial Pengurus Pusat Jalasenastri Ny Aviani Akmal mengunjungi kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenastri Ke-78 tahun 2024 bertempat di Lapangan RT 09 RW 01 Komplek TNI AL Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Senin (24/06/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut : Wadan Lantamal III beserta PJU dan Kasatker Lantamal III. Turut serta Ur Sosial PP Jalasenastri,
Pengurus Korcab III DJA I, Ibu Ketua RW 01,
Ibu Ketua RT 09 dan Pengurus RT 09.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dilanjutkan dengan penyuluhan kriteria lingkungan rumah Sehat, serta pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat kepada warga.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga kunjungan ke Posyandu RT 09 RW 01.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Continue Reading

Trending